Diperbaharui pada Rabu, 7 Juni 2023 | 11:40

3 Motor Vespa GTS Terbaru 2023, Semakin Canggih

3 Motor Vespa GTS Terbaru 2023, Semakin Canggih-0
PT Piaggio Indonesia meluncurkan keluarga New Vespa GTS. Motor Vespa GTS terbaru hadir dalam tiga versi yaitu Vespa GTS Classic, Vespa GTS SuperSport dan Vespa GTS Super Tech yang memiliki teknologi terkini.

Jajaran keluarga baru Vespa GTS mengalami peningkatan signifikan dengan menggabungkan gaya Vespa yang unik dan serangkaian peningkatan teknis untuk memastikan keselamatan kendaraan dan kenyamanan, disertai sentuhan yang khas pada detail gaya. 

Ketiga versi Vespa GTS terbaru 2023 ini masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri, yaitu Vespa GTS Classic yang berkelas dan elegan, Vespa GTS SuperSport yang tangguh, dan Vespa GTS Super Tech yang memiliki teknologi terkini. Berikut daftarnya.

Jajaran Motor Vespa GTS Terbaru

1. Vespa GTS Classic

3 Motor Vespa GTS Terbaru 2023, Semakin Canggih-1
Pilihan sempurna bagi mereka yang ingin berkendara dengan kenyamanan maksimal dengan tampilan yang elegan dan mewah. Desain sederhana dan minimalis Vespa GTS Classic terlihat melalui kombinasi warna metalik cerah yang mencerminkan keaslian Vespa yang sesungguhnya. 

Setiap detail diperhatikan dan dilengkapi dengan detail chrome baik dari profil bodi, detail pada bagian kemudi, pegas suspensi depan, bingkai lampu depan, hingga penutup knalpot. 

Jok berwarna abu-abu dengan jahitan senada serta motif vertikal yang diberikan dengan teknik heat-seal dan detail pegangan tangan, serta karet pijakan kaki berwarna abu-abu yang serasi dengan warna velg-nya memberikan kesan yang elegan. Vespa GTS Classic tersedia dalam pilihan warna Green Relax, Black Vulcano and Beige Sabbia. 

2. Vespa GTS Super Sport

3 Motor Vespa GTS Terbaru 2023, Semakin Canggih-2
Adalah kulminasi dari profil Vespa yang sporty, cocok bagi mereka yang berani dan aktif. Karakter kuat dan berani Vespa GTS Super Sport terlihat jelas melalui velg berwarna abu-abu dengan grafis khusus dan berbagai detail hitam, mulai dari profil yang melingkari bodi. 

Detail pada kemudi serta sentuhan tampilan karbon yang baru dan lebih agresif dengan dekorasi oranye berkilau. Jok hitam juga menonjol dengan motif horizontal yang didapat dengan teknik heat-seal dan jahitan ganda oranye neon yang kontras.

Terdapat empat pilihan warna yang diperkaya dengan grafis khusus baru yaitu White Innocenza, Orange Tramonto and Green Olive dan Black Opaco. 

3. Vespa GTS Super Tech

3 Motor Vespa GTS Terbaru 2023, Semakin Canggih-3
Merupakan varian teratas dari model Vespa GTS, menggabungkan karakter sporty yang paling tinggi dengan teknologi terkini. Vespa GTS Super Tech memberikan pengalaman berkendara luar biasa bagi mereka yang menghargai desain mutakhir, mesin canggih, dan teknologi terbaru. 

Dari segi tampilan, Vespa GTS Super Tech menonjol dengan sentuhan abu-abu satin chrome yang khas, velg berwarna senada dengan sentuhan akhir berlian, dan pilihan warna matte dengan grafis khusus, seperti Grey Quarzo matt dan Blue Deep. 

Beberapa elemen kontras yang unik termasuk dekorasi penutup kemudi dan pegas suspensi depan yang dicat dengan warna hijau neon. Joknya pun menampilkan detail "hi-tech" dengan lapisan ganda dan jahitan dua warna dengan bagian yang berwarna hijau neon.

Fitur-fitur Vespa GTS Terbaru

Teknologi Terbaru Vespa GTS

Teknologi pencahayaan pada Vespa GTS kini menggunakan lampu LED, mulai dari lampu daytime running light (DRL), lampu penunjuk arah di bagian depan, lampu utama serta kluster cahaya di bagian belakang. Tidak hanya itu, lampu penunjuk arah LED di bagian belakang juga mengalami perubahan ukuran. 

Jajaran Vespa GTS baru kini semakin terlihat clean, mulai dari bagian depan kendaraan di mana terdapat kemudi didesain ulang dengan ujung yang lebih kecil, begitu pula dengan kaca spion yang baru.

Di balik kemudi, Vespa GTS terbaru ini dilengkapi dengan sistem keyless yang mengganti saklar starter. Sementara itu, strip hitam pada instrumen kini digabungkan menjadi satu elemen yang mengintegrasikan kait tas di bagian tengahnya. 

Stang kemudi, yang mencakup lampu depan LED bulat yang khas, telah sepenuhnya didesain ulang. Stang kemudi lebih lebar dan tuas rem diposisikan ulang untuk meningkatkan kenyamanan pengendara, sementara kontrolnya kini dikelompokkan menjadi dua blok elektronik berlapis krom yang mengingatkan pada desain tuas gigi stang kemudi Vespa yang tradisional. 

Penataan dan desain stang kemudi yang baru ini memudahkan penggunaan kontrol dengan lebih sederhana dan intuitif. Untuk mempercantik tampilan, Vespa GTS terbaru juga dilengkapi dengan penyesuaian pada velg.

Selain itu, semua model, tanpa memandang ukuran mesinnya, memiliki desain penutup knalpot yang baru dengan tampilan yang menonjol.

Instrumen LCD baru dan sistem tanpa kunci

Sistem konektivitas VESPA MIA telah menjadi standar pada Vespa GTS Super Sport dan Vespa GTS Super Tech, namun menjadi aksesori opsional untuk Vespa GTS Classic.

Sistem konektivitas ini memungkinkan pengendara untuk menghubungkan smartphone dan aplikasi Vespa khusus ke sistem elektronik on-board Vespa GTS melalui Bluetooth. 

Dengan begitu, pengendara dapat menikmati fungsi eksklusif untuk pengalaman berkendara yang lebih memuaskan dan menyenangkan. Untuk mendukung sistem tersebut, Vespa Super Sport dan Vespa GTS Classic dilengkapi dengan dasbor Analog-LCD yang baru.

Dasbor Analog-LCD baru merupakan salah satu contoh dari kombinasi yang sempurna antara keanggunan historis instrumen Vespa dan inovasi. 

Dengan mempertahankan tampilan speedometer analog yang khas, Vespa GTS kini juga dilengkapi dengan layar LCD 3 inci yang dapat menampilkan berbagai data perjalanan.

Sebut saja seperti kecepatan maksimum, kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh, dan status pengisian baterai dan segala notifikasi termasuk panggilan, pesan dan musik dapat dengan mudah dikendalikan dengan joystick yang terletak pada sisi kanan stang kemudi.

Pada Vespa GTS Super Tech, layar TFT juga berfungsi sebagai sistem navigasi yang akan menemani pengendara sepanjang rute yang telah diatur sebelumnya dalam aplikasi Vespa. Navigasi ini akan memberikan petunjuk dalam bentuk piktogram.

Selain menawarkan fungsi infotainment dan navigasi, aplikasi ini juga merupakan sumber informasi yang berguna mengenai status kendaraan, parameter berkendara, dan statistik perjalanan yang dapat dilihat pada smartphone.

Dengan adanya teknologi VESPA MIA, pengendara dapat menikmati perjalanan dengan Vespa GTS lebih optimal, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Dengan sistem keyless, pengendara dapat menyalakan mesin dengan praktis tanpa perlu menggunakan kunci tradisional. Sistem ini juga memudahkan pengendara membuka jok dan mengunci kolom kemudi. Semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan remote control di saku pengendara.

Kenyamanan semakin ditingkatkan

Vespa GTS baru ini semakin menekankan kelebihannya untuk perjalanan jarak jauh, yang memang merupakan keunggulan Vespa berbadan besar.

Hal ini terlihat dari hadirnya jok baru yang menawarkan tingkat kenyamanan tinggi. Jok baru tersebut menawarkan pengendara manfaat berupa desain ergonomi yang lebih baik dan jangkauan kaki yang lebih rendah ke permukaan, sedangkan penumpang mendapatkan jok yang lebih besar dan lapang.

Kompartemen luas di bawah jok memaksimalkan penggunaan ruang dan dapat menampung helm half-face Vespa. Pada varian Vespa GTS Super Tech, kompartemen dilengkapi dengan alas dan lampu penerangan.

Selain itu, Vespa GTS juga dilengkapi dengan glove box yang dapat menambah kapasitas penyimpanan. Di dalamnya terdapat port USB yang berguna untuk mengisi daya smartphone atau perangkat elektronik lainnya.

Fitur keamanan maksimum

Rangka Vespa GTS secara eksklusif terbuat dari baja yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Hasilnya, Vespa GTS menawarkan pengalaman berkendara yang mengagumkan, baik dalam lalu lintas kota maupun di jalan-jalan pedesaan. Tidak hanya itu, Vespa GTS juga stabil dan lincah, didukung oleh roda berukuran 12 inci.

Meskipun tetap mempertahankan single-sided swingarm yang tradisional, kerangka operasional suspensi depan pada rangkaian Vespa GTS telah diperbarui agar dapat memberikan stabilitas yang lebih besar, terutama pada kecepatan tinggi. Hal ini memungkinkan penyesuaian suspensi yang direvisi, yang juga berkontribusi pada kenyamanan dan kemudahan pengendalian.

Sistem pengereman ganda pada Vespa GTS mengalami pembaruan dengan penggunaan kaliper dan pompa rem Brembo terbaru. Pembaruan ini tidak hanya menghasilkan pengurangan jarak pengereman yang signifikan, tetapi juga memberikan kemampuan deselerasi yang siap digunakan saat berkendara dengan gaya yang sporty dan memberikan kemampuan modulasi yang lebih baik.

Dengan begitu, pengendara yang kurang berpengalaman pun akan merasa nyaman saat menggunakannya.

Seluruh jajaran Vespa GTS dilengkapi dengan kontrol traksi elektronik ASR untuk mencegah slip roda belakang. Paket kontrol keamanan elektronik ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman ABS yang dikendalikan oleh ECU Bosch yang baru, yang memberikan performa yang lebih baik.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.