Diperbaharui pada Selasa, 6 Juni 2023 | 10:43

Galaxy A54 5G, Maksimalkan Fotografi Malam dengan Hasil Pro

Galaxy A54 5G, Maksimalkan Fotografi Malam dengan Hasil Pro-0

Kemampuan Samsung Galaxy A54 5G dalam merekam foto dan video dalam berbagai kondisi pencahayaan tak perlu diragukan lagi. Pengaturannya sangat lengkap, mulai dari pengaturan default alias normal, hingga pengaturan pro dan mode malam untuk pemotretan dalam kondisi minim cahaya.

Memotret dengan pengaturan default/normal tergolong mudah. Namun, untuk menghasilkan foto-foto yang luar biasa, dibutuhkan trik-trik khusus.

Aktifkan Grid Lines

galaxy A54

Langkah pertama adalah mengaktifkan grid lines atau garis bantu kamera. Grid lines ini terdiri dari empat garis horizontal dan vertikal yang akan muncul di layar saat Anda menggunakan kamera. Grid lines akan membantu Anda dalam memposisikan objek foto dengan lebih mudah.

  • Buka aplikasi kamera.
  • Ketuk pengaturan kamera yang terletak di pojok kiri atas layar.
  • Geser tombol "Grid lines" untuk mengaktifkannya.

Dengan grid lines sudah aktif, mulailah mengamati berbagai momen yang menarik di sekitar Anda. Anda dapat mencoba teknik fotografi menarik seperti panning untuk menangkap suatu momen dan menghasilkan foto yang artistik. Teknik panning adalah teknik fotografi untuk menghasilkan foto dimana objek utama terlihat fokus atau tajam, sedangkan latar belakangnya terlihat kabur.

Lacak objek foto, tempatkan objek tersebut di tengah layar kamera gunakan panduan grid lines, lalu kunci fokus pada objek tersebut. Selanjutnya, ikuti pergerakan objek yang sedang bergerak dan usahakan agar tetap berada di tengah garis-garis grid lines. Ketika objek sudah berada pada posisi yang diinginkan, dengan tenang tekan tombol rana untuk mengambil foto.

Maksimalkan Fitur Samsung Galaxy A54 5G

galaxy a54 5g

Aplikasi kamera pada Samsung Galaxy A54 5G menyediakan beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan foto-foto luar biasa.

Misalnya, dalam Mode Potret, Anda dapat memanfaatkan sumber cahaya yang ada untuk memberikan efek dramatis pada objek foto. Gunakan Mode Wide untuk mendapatkan bidang pandang yang lebih luas dan memberikan kesan megah pada foto Anda.

Galaxy A54 5G juga dilengkapi dengan Mode Makro. Gunakan mode ini untuk memotret objek kecil seperti serangga, kelopak bunga, atau jika Anda ingin menampilkan detail dari suatu objek foto seperti urat daun, tetesan embun, makanan, dan sebagainya.

Jangan lupa dengan kemampuan kamera depan pada ponsel ini. Galaxy A54 5G dilengkapi kamera depan 32MP yang bisa Anda optimalkan untuk mengambil foto selfie yang terang, tajam, dengan efek bokeh yang dramatis.

Pertahankan Fokus dan Pencahayaan

galaxy a54 5g

Pastikan foto yang Anda ambil tetap fokus, tajam, tidak buram, dan memiliki pencahayaan yang cukup. Setiap kali Anda akan memotret, biasakan untuk menekan layar kamera saat lingkaran fokus muncul, lalu kunci fokus tersebut.

Hal ini akan memastikan agar fokus dan pencahayaan tetap konstan. Fokus dan pencahayaan yang tetap konstan akan membantu menghasilkan foto yang tajam dan terang.

Gunakan Fitur Photo Editor Galaxy A54 5G

galaxy a54 5g

Setelah mengambil foto-foto, Anda masih dapat mengolahnya untuk membuat hasil yang lebih menakjubkan. Misalnya, jika ada objek lain yang tak sengaja terjebak dalam foto, Anda dapat menggunakan fitur pengeditan bernama Object Eraser. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka foto yang ingin Anda edit dari Galeri.
  • Ketuk ikon pensil.
  • Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.
  • Lingkari objek yang ingin dihapus.
  • Ketuk tombol hapus.

Fitur Object Eraser pada Samsung Galaxy A54 5G akan secara otomatis menghapus objek yang telah Anda lingkari dengan rapi.

Ketika merekam video dengan Samsung Galaxy A54 5G, Anda dapat meningkatkan hasilnya dengan color grading. Caranya, buka Galeri, pilih file video yang ingin di-edit.

Pilih menu Edit, lalu pilih logo filter >> pilih tanda + dan kemudian Create Filter >> pilih foto dari Galeri yang memiliki referensi warna yang Anda inginkan. Filter siap digunakan, sehingga sorotlah.

Selanjutnya, atur Exposure untuk menyesuaikan tingkat kecerahan video dan Contrast agar intensitas warna berkurang. Kemudian, kurangi Shadows untuk meningkatkan kecerahan pada area bayangan yang terlalu gelap.

Langkah berikutnya, atur Tint menjadi negatif untuk mendapatkan efek warna agak hijau. Terakhir, atur temperatur ke arah Warm agar mendapatkan kesan warna kuning.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menghasilkan foto yang memukau menggunakan pengaturan default atau normal. Samsung Galaxy A54 5G dengan layar Super AMOLED 6,4 inci dan resolusi FHD+ hadir dengan kamera utama 50MP dilengkapi dengan OIS dan sensor All-Pixel AF, kamera ultra-wide 12MP, kamera makro 5MP, dan kamera depan 32MP.

Performanya didukung oleh prosesor Octa Core, RAM 8GB dengan RAM Plus 8GB, serta baterai 5.000 mAh yang tahan lebih dari sehari penggunaan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.