Diperbaharui pada Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:35

5 Fitur Canggih Galaxy Z Flip4 5G yang Tidak Ada di Hp Lain

5 Fitur Canggih Galaxy Z Flip4 yang Tidak Ada di Hp Lain
Samsung Galaxy Z Flip4 5G merupakan smartphone foldable premium yang yang dilengkapi peningkatan pada fitur-fitur penting. Bahkan fitur-fitur ini mungkin tidak akan ditemukan pada smartphone lain.

Meneruskan kesuksesan form factor ikonik dari Samsung, Galaxy Z Flip4 5G menawarkan desain clamshell ikonik, layar berkualitas, cover screen untuk video selfie secara instan tanpa ribet, performa gahar serta baterai besar dan lebih hemat.

Secara desain, Galaxy Z Flip4 5G merupakan ultimate device untuk self-expression berkat desain clamshell ikonik. Pengguna juga akan nyaman menikmati berbagai konten melalui layar utamanya yang sudah menggunakan teknologi Dynamic AMOLED 2X seluas 6,7 inci.

Lalu adanya cover screen memungkinkan pengguna berekspresi lewat beragam cara, kemudian dengan prosesor terkuat sangat mendukung menjalankan aktivitas berat tanpa masalah.

Tidak ketinggalan, baterai Galaxy Flip4 5G kini lebih besar dan lebih hemat. Untuk penjelasan lengkapnya, berikut fitur-fitur keren di Samsung Galaxy Flip4 5G yang tidak ada di perangkat lain.

Fitur Canggih di Galaxy Z Flip4 5G

Desain Lebih Ramping, Paling Compact

5 Fitur Canggih Galaxy Z Flip4 yang Tidak Ada di Hp Lain
Secara desain, Samsung Galaxy Z Flip4 5G hadir dengan engsel yang lebih ramping, bobot yang lebih ringan, serta bezel yang lebih tipis dibanding generasi sebelumnya. Hal tersebut juga dilengkapi dengan tepi bodi yang diluruskan (boxy) serta bodi kaca beraksen hazed yang kontras dengan rangka metal yang glossy.

Dengan begitu, pengguna bisa lebih nyaman dalam menggenggam perangkat dan lebih mudah menggunakan perangkat dengan satu tangan, khususnya saat perangkat dalam kondisi tertutup.

Apalagi, Cover Screen Galaxy Z Flip4 5G juga 2,7 mm lebih lebar–tanpa eningkatan lebar keseluruhan perangkat–yang memudahkan pengguna melihat notifikasi hingga membalas pesan langsung dari Cover Screen.

Galaxy Z Flip4 5G mampu melengkapi gaya pengguna dengan desainnya yang premium serta warna yang telah menjadi ciri khas, yaitu Bora Purple dan Graphite, dan varian warna baru Pink Gold dan Blue.

Selain itu, hadir juga Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition yang menawarkan 75 kombinasi warna pada bodi kaca dan pilihan rangka perangkat, memungkinkan pengguna benar-benar mengatur tampilan dari perangkatnya.

Samsung pun menyediakan Bespoke Upgrade Care bagi pengguna Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition, jadi pengguna bisa mengubah warna perangkatnya kapan pun mereka mau. 

Material yang digunakan Galaxy Z Flip4 5G juga sangat terbuat dari material daur ulang. Dimana hp lipat Samsung ini menggunakan ocean-bound plastics seperti sisa jaring ikan pada berbagai komponen inti perangkat.

Selain itu, kemasan Galaxy Z Flip4 5G juga dibuat dari 100% kertas daur ulang, sama halnya dengan Galaxy S22 Series. Hal ini memungkinkan Samsung untuk menghindari penggunaan sekitar 51.000 pohon di tahun ini.

Selain itu, Galaxy Z Series terbaru juga memiliki volume kemasan hingga 58% lebih minim dibandingkan dengan foldable Galaxy generasi pertama. Dengan mengurangi volume kemasan perangkat, Samsung mampu mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari pengiriman produk, baik itu lewat truk, pesawat, maupun kapal.

Samsung memperkirakan, pada akhir 2022 mendatang, upaya ini mampu mengurangi sekitar 10.000 ton emisi karbon yang dapat dihasilkan dari pengapalan barang.

Layar Lebih Lebar dan Lebih Kuat

5 Fitur Canggih Galaxy Z Flip4 yang Tidak Ada di Hp Lain
Layar menjadi salah satu pembeda Galaxy Z Flip4 5G dengan smartphone lain. Karena flagship Samsung ini dibekali dua layar, satu  layar utama yang terlihat saat terbuka dan layar depan.

Spesifikasi layarnya pun tidak main-main, untuk layar utamanya sudah menggunakan teknologi Dynamic AMOLED 2X dengan bentang seluas 6,7 inci. Resolusinya mencapai 1080 x 2640p dan refresh rate 120Hz.

Konfigurasi ini tentunya akan memberikan tampilan gambar dan video yang sangat nyaman di mata, dan responsif saat digunakan untuk scrolling atau beralih dari satu menu ke menu lain.

Sedangkan untuk layar kedua menggunakan Super AMOLED berukuran 1,9 inci dengan resolusi 260 x 512. Tidak sampai disitu saja, Samsung menjamin bahwa layar Galaxy Z Flip4 5G didesain dengan daya tahan yang tak tertandingi.

Pengguna bisa melipat Galaxy Z Flip4 5G dengan lebih nyaman berkat teknologi Ultra Thin Glass yang telah melewati tes pelipatan ketat, sehingga layar perangkat mampu tahan dilipat lebih dari 200.000 kali.

Selain itu, Galaxy Z Series merupakan satu-satunya lini smartphone foldable yang memiliki sertifikasi IPX8. Jadi, perangkat akan tetap aman saat ketumpahan air minum, basah karena hujan, maupun tercebur.

Yang tak kalah penting, Galaxy Z Flip4 5G juga dibuat dengan material paling tangguh di industri layar, yaitu Corning Gorilla Glass Victus+. Dengan demikian akan membuat perangkat lebih tahan dari goresan benda saat disimpan di dalam tas dan lebih kuat ketika terjatuh.

Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan Galaxy Z Flip4 5G sebagai perangkat yang sangat bisa diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Cover Screen Bisa Berekspresi Sesuka Hati

5 Fitur Canggih Galaxy Z Flip4 yang Tidak Ada di Hp Lain
Jika suka bikin konten, memilih Galaxy Flip4 5G adalah pilihan yang tepat. Karena perangkat ini akan memberikan pengalaman bikin konten yang unik melalui fitur Quick Shot pada Cover Screen yang telah diperbarui.

Cukup ambil Galaxy Flip4 5G, lalu swipe ke kiri Cover Screen untuk memilih pengambilan Photo selfie, atau Potrait yang menghasilkan foto selfie berlatar belakang blur, atau video untuk rekam vlog selfie, pengguna bisa bikin berbagai konten foto dan video selfie dengan praktis. 

Apalagi, kini pengguna bisa memilih berbagai rasio (1:1, 4:3, 16:9, 22:9) langsung dari Cover Screen, tanpa membuka perangkat. Menariknya lagi, pengguna juga bisa merekam dengan kontinuitas yang seamless: dari Quick Shot saat perangkat tertutup, ke Flex Mode saat perangkat terbuka tanpa pause, atau stop video–ideal untuk kamu yang mau bikin vlog. 

Cover Screen benar-benar menjadi sarana mengekspresikan diri yang menyenangkan berkat fitur kustomisasi yang ditawarkan. Pengguna bisa memasang foto, GIF, hingga video sesuai keinginan sebagai latar belakang dari Cover Screen serta memilih desain antar muka dengan tampilan jam yang disuka untuk membuat Galaxy Z Flip4 5G miliknya benar-benar autentik dan beda dari yang lain. 

Cover Screen di Galaxy Z Flip4 5G kini lebih fungsional dibanding generasi sebelumnya. Bahkan pengguna bisa menelepon, balas chat dengan Quick Reply, hingga cek kalender tanpa harus membuka perangkat.

Jadi sangat memudahkan saat ingin membuat konten-konten untuk Instagram Reels atau TikTok pakai device ini. Pastinya menawarkan pengalaman yang lebih seru berkat adanya fitur Cover Screen yang lebih fleksibel saat merekam apapun aktivitas yang ingin dijadikan sebagai konten.

Puas dengan Performa Gahar

5 Fitur Canggih Galaxy Z Flip4 yang Tidak Ada di Hp Lain
Tidak hanya cantik di luar, tapi Galaxy Z Flip4 5G juga memiliki performa yang gahar. Didalam Galaxy Z Flip4 5G telah tertanam chipset terkuat Snapdragon 8+ Gen 1 yang untuk pertama kalinya hadir di Indonesia.

Hal ini membuat perangkat memiliki performa yang lebih ngebut dibanding generasi sebelumnya, jadi pengguna bisa mendapatkan pengalaman menjalankan aplikasi produktivitas, content editing, hingga heavy mobile gaming yang lebih lancar. 

Teknologi Snapdragon Elite Gaming yang tertanam di prosesor tersebut akan membuat pengguna menikmati pengalaman mobile gaming yang lebih real berkat efek dan visual yang lebih nyata, misalnya saat game menampilkan asap atau kabut.

Game dengan visual tinggi seperti Genshin Impact bahkan bisa dinikmati dengan efek yang jernih dan smooth tanpa patah-patah. Jadi pengguna bisa lebih semangat dalam menyelesaikan misi, menuntaskan side quest, hingga explore map yang tersedia.

Performa gahar dari Snapdragon 8+ Gen 1 sudah diimbangi dengan konsumsi baterai yang awet. Efisiensi daya Snapdragon 8+ Gen 1 30% lebih baik dari generasi sebelumnya berkat AI canggih yang tertanam di dalamnya, jadi bisa main game lebih lama tanpa khawatir baterai cepat lowbat.

Samsung pun memadukan Snapdragon 8+ Gen 1 dengan RAM 8 GB serta ruang penyimpanan hingga 512 GB, yang bisa ditambah sampai 1TB, jadi pengguna bisa bebas menyimpan berbagai game favorit tanpa perlu memikirkan berapa sisa kapasitas di storage.

Baterai Besar dan Hemat

5 Fitur Canggih Galaxy Z Flip4 yang Tidak Ada di Hp Lain
Lagi mabar tiba-tiba habis baterai? Tenang, Galaxy Z Flip4 ini walaupun bentuknya mungil, tapi baterainya sudah lebih besar dan lebih hemat. Pengguna pun bisa mengabadikan momen, menonton tayangan favorit, dan terhubung bersama orang-orang terdekat lebih lama berkat kapasitas baterai yang kini diperluas menjadi 3.700 mAh

Baterai ini bahakn memiliki daya tahan hingga 19 jam, yang artinya 3 jam lebih tahan lama dari seri sebelumnya. Ditambah lagi, sudah punya teknologi super-fast charging. Dalam waktu pengisian 30 menit, baterainya sudah terisi 50%, membuat pengguna bisa tetap terhubung dengan nyaman saat baterai hampir habis.

Dengan kapasitas baterai yang seawet ini, ditambah durability yang lebih kokoh, tahan gores, tahan banting, dan tahan air, sudah nggak ada yang perlu dikhawatirkan dari hp lipat ini.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2001 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.