Diperbaharui pada Senin, 3 Oktober 2022 | 10:50

Flex mode Galaxy Z Fold4 5G Bekerja Lebih Produktif

samsung galaxy fold4 5g

Jika kalian mencari perangkat dengan layar lebih besar dari smartphone pada umumnya untuk kerja, tapi lebih ringan dan ramping dari tablet ataupun laptop, maka Samsung Galaxy Z Fold4 5G bisa menjadi solusinya.

Tak hanya bentuk fisik, tapi juga dukungan fitur dan software yang membuat pengalaman multi-tasking lebih totalitas. Perangkat ini cocok dengan kamu yang ingin produktivitas di mana saja, dan multi-tasking beragam aplikasi hanya dengan perangkat smartphone.

Salah satunya adalah Flex Mode yang menjadikan hp foldable ini diklaim sebagai Hp PC Like atau smarthphone yang mirip PC berkat performa dan juga fungsi fitur yang dimilikinya.

Galaxy Z Fold4 5G mendukung multi-tasking tidak hanya di layar ukuran jumbonya. Dari segi software, Samsung membekali split app yang seamless, serta integrasi berbagai aplikasi dengan konfigurasi layar belah atau split screen.

Hp Layar Besar Rasa Mini PC Full Taskbar

samsung galaxy fold4 5g

Dengan sistem operasi khusus perangkat foldable Android 12L plus ONE UI 4.1.1, Galaxy Z Fold4 5G mengintegrasikan aplikasinya dengan split screen, pengguna bisa bebas dan punya banyak pilihan entah menggunakannya ketika layar smartphone dalam mode terbuka atau mode ditekuk alias Flex Mode.

Versi Android 12L plus ONE UI 4.1.1 ini merupakan versi Android khusus yang didesain oleh Google untuk pengalaman menggunakan perangkat layar besar yang lebih baik, termasuk pada foldable. Saat bermain game bergrafis tinggi, Galaxy Z Fold4 5G menyuguhkan konten lebih immersive berkat layar utama berukuran 7,6 inci yang lebih cerah dengan adaptive fresh rate 120Hz, serta under display camera (UDC).

Galaxy Z Fold4 5G memungkinkan Anda multi-tasking dengan membuka tiga aplikasi sekaligus secara bersamaan, dan ditampilkan secara berdampingan. Kalian bisa nonton video di YouTube sambil buka aplikasi email untuk cek kerjaan, dan buka juga aplikasi WhatsApp buat balas chat.

Semua aktivitas itu bisa dilakukan dalam satu layar. Ditambah, pengguna juga dapat menambah satu lagi floating windows. Galaxy Z Fold4 5G membawa kapasitas terbaik untuk mendukung multi-tasking.

samsung galaxy fold4 5g

Fitur Taskbar baru menawarkan layout layaknya sebuah PC untuk akses langsung ke aplikasi favorit dan aplikasi yang baru digunakan. Perangkat ini juga memberikan multitasking experience yang lebih intuitif berkat swipe gesture terbaru.

Pengguna dapat beralih dari full screen ke pop-up windows maupun split screen secara instan. Pengguna hanya tinggal pencet logo aplikasi di taskbar untuk pindah aplikasi. Taskbar ini juga indikasi aplikasi yang sedang dibuka, dan benar-benar membantu dalam multi-tasking.

Google dan Microsoft dan S-Pen Beri Kesan PC Like Makin Kental

samsung galaxy fold4 5g

Kolaborasi Samsung dengan Google dan Microsoft memberikan definisi baru untuk multitasking, hal ini juga yang menjadikannya layak disebut Hp layar besar rasa mini PC. Berbagai aplikasi Google seperti Chrome dan Gmail kini mendukung drag-and-drop agar dapat copy-paste teks hingga foto dari satu aplikasi ke aplikasi lain semudah berkedip.

Pengguna juga dapat menggunakan Microsoft Office dan Outlook dengan lebih maksimal berkat tampilan di layar lebih besar dan interaksi konten yang lebih cepat. Samsung Galaxy Z Fold4 5G juga mendapat dukungan S Pen yang memudahkan pengguna untuk mencatat, menggambar, bahkan memberikan highlight dengan nyaman. Simpelnya, pengguna membawa PC berukuran dompet di kantong.

Meski tidak memiliki kompartemen penyimanan stylus, namun Galaxy Z Fold4 5G ini dijamin sudah mendukung S-Pen. Galaxy Z Fold 4 ini juga mendukung S Pen Pro yang memiliki form factor lebih panjang. Dengan menggunakan S-Pen, banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan Galaxy Z Fold4 5G.

samsung galaxy fold4 5g

Mulai dari mengedit gambar, menulis, mengedit hingga berinteraksi dengan kamera dari jarak jauh bisa dilakukan dengan menggunakan S-Pen, terlebih Hp Foldable Samsung ini sudah memiliki dukungan penuh dari Microsoft Office dan juga Outlook yang memudahkan pengguna bisa melakukan pekerjaan dimanapun berada.

Sebagai contoh, kami yang mencoba menggunakannya untuk mengetik dan menulis beragam jenis berita news seputar Samsung dan teknologi lain di Indonesia saat ini dengan cara WFH (Work from Home) atau WFA (Work From Anywhere). Penggunaan Galaxy Z Fold4 5G dengan stylus S-Pen ini cukup membuat lebih ringkas ketimbang harus membawa laptop yang berat.

Hal ini juga berlaku dengan efisiensi, terutama ketika harus mengerjakan beberapa revisi teks ketika sedang berada di tengah jalan atau saat sedang melakukan pekerjaan lain secara bersamaan. Hal ini juga tak luput dengan performa multitasking yang ditawarkan.

Flex Mode Bikin Produktivitas Meningkat

samsung galaxy fold4 5g

Fitur unggulan Flex Mode masih ada di Samsung Galaxy Z Fold4 5G. Berkat Flex Mode, Anda bisa menikmati konten video dengan lebih nyaman seperti nonton di laptop.

Tidak hanya itu, Flex Mode juga sangat berguna untuk proses bikin konten seperti potret foto atau merekam video sampai editing-nya. Saat buat konten, Anda bisa memanfaatkan fitur Capture View Mode di Galaxy Z Fold4 5G yang memungkinkan memeriksa hasil foto dan video saat pengguna membidik gambar.

Fitur tersebut bekerja dengan Flex Mode, sehingga pengguna dapat meninjau sampai lima gambar terakhir yang diambil di bagian bawah layar dari Layar Utama, sementara layar bagian atas menampilkan preview untuk pengambilan gambar berikutnya.

Flex Mode di Galaxy Z Fold4 5G kini dilengkapi dengan kontrol Touchpad, membuatnya semakin mirip dengan laptop. Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna punya kontrol lebih ketika membuka aplikasi dalam kondisi Flex Mode. Saat streaming Netflix, misalnya, Touchpad menghadirkan kontrol pause, rewind, dan play video maupun zoom in atau zoom out konten dengan akurat.

Samsung galaxy z fold4 5g

Flex Mode juga bisa digunakan saat Anda meeting online guna memaksimalkan pengalaman dan fungsi. Layar atas dapat digunakan untuk presentasi dan layar bawah menampilkan partisipan. Flex mode juga dapat mengaktifkan fungsi kursor, dengan layar bawah menjadi Touchpad.

Untuk fungsi touchpad sendiri selayaknya di laptop. Kamu bisa menggerakkan jari di area tersebut akan ada kursor yang bergerak di layar. Touchpad ini juga mendukung multitouch, salah satunya gunakan dua jari ke atas dan bawah untuk fungsi scroll.

Cara Menggunakan Flex Mode di Galaxy Z Fold4 5G

Samsung galaxy z fold4 5g

Untuk masuk ke mode Flex, pastikan orientasi dimatikan, kemudian buka aplikasi dan lipat layar ponsel setengah. Jika aplikasi mendukungnya, Anda akan melihat konten berpindah ke layar atas dan biasanya sekumpulan kontrol muncul di bagian bawah dan ini bervariasi sesuai aplikasi digunakan.

Sedikit catatan tidak semua aplikasi mendukung mode Flex di Galaxy Fold. Berikut ini aplikasi yang secara default mendukung Flex Mode di Galaxy Z Fold4 5G Mulai dari Calendar, Camera, Gallery, Google Meet, Phone, Settings, Samsung Free, YouTube.

Aplikasi yang sudah terinstal namun telah mendukung Flex Mode harus diaktifkan secara manual dengan cara berikut:

  • Buka Settings
  • Tekan Advanced Feature
  • Ketuk opsi Labs
  • Kemudian tekan Flex Mode Panel

Cari aplikasi yang ingin diaktifkan, kemudian geser tombol ke kanan. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut kemudian lipat ponsel setengah, dan Anda akan melihat konten berpindah ke bagian atas layar dan panel kontrol muncul di bagian bawah dengan deretan ikon seperti Notifikasi, Screenshot, Pengatur kecerahan layar, Pengaturan volume, dan juga Touchpad.

Untuk fungsi touchpad sendiri selayaknya di laptop, Anda bisa menggerakkan jari di area tersebut akan ada kursor yang bergerak di layar. Touchpad ini juga mendukung multitouch, salah satunya gunakan dua jari ke atas dan bawah untuk fungsi scroll.

Cara penggunaan Toucpad pun cukup mudah, tekuk layar 45 derajat, lalu gunakan layar bawah sebagai keyboard atau touchpad, hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa kami menyebut Samsung Galaxy Z Fold4 5G ini PC Like atau Hp Mini PC ataupun smartphone yang mirip laptop.

Samsung galaxy z fold4 5g

Samsung membekali smartphone foldable premium Galaxy Z Fold4 5G dengan all-day battery yang mampu menemani pengguna menjalani rutinitasnya sepanjang hari.

Berkat kapasitas baterai 4.400 mAh yang besar lengkap dengan prosesor canggih Snapdragon 8+ Gen 1 yang membuat konsumsi daya jadi lebih hemat dan efisien, pengguna bisa membuka berbagai aplikasi produktivitas tanpa khawatir baterai akan cepat habis.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.