Diperbaharui pada Kamis, 29 September 2022 | 12:20

Masih Pakai Aplikasi WhatsApp Versi Lama? Ini Bahayanya!

update whatsapp terbaruFoto: Pexels

WhatsApp merilis sebuah pernyataan bahwa telah terjadi sebuah isu yang cukup kritis pada aplikasi mereka. Walau telah diperbaiki di versi aplikasi WhatsApp terbaru. Sayangnya, isu ini masih berdampak pada pengguna versi lama yang belum update aplikasi WhatsApp mereka.

Pada pernyataan resminya, WhatsApp mengungkapkan bahwa isu ini pertama kali ditemukan pada 23 September 2022. Terdapat bug yang dapat menjadi celah bagi hacker untuk mengeksploitasi integer overflow di aplikasi WhatsApp.

Hacker bisa mendapatkan akses untuk mengeksekusi kode mereka di smartphone milik korban melalui sebuah panggilan video call. Bug ini ditemukan di WhatsApp untuk Android dan iOS

Versi yang terdampak adalah sbb:

Android

  • WhatApp for Android v2.22.16.12 ke bawah.
  • WhatsApp Business for Android prior to v2.22.16.12 ke bawah.

iOS

  • WhatsApp for iOS v2.22.16.12 ke bawah.
  • WhatsApp Business for iOS v2.22.16.12 ke bawah.

Skala serangan untuk bug ini cukup tinggi, 9.8 dari 10 berdasarkan skala CVE, sehingga cukup berbahaya dan semua pengguna aplikasi WhatsApp versi v2.22.16.12 dan di bawahnya, dihimbau untuk segera update ke versi paling baru.

Selain itu, khusus untuk pengguna aplikasi WhatsApp versi Android v2.22.16.2 dan iOS v2.22.15.9, juga ditemukan bug yang dapat digunakan oleh hacker untuk mengeksekusi kode secara remote untuk membajak akun korbannya. Skala ancamannya mendapat skor 7.8 dari 10 skala CVE.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1204 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.