Diperbaharui pada Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:42

WhatsApp Luncurkan 3 Update Fitur, Bisa Blokir Screenshot Chat!

fitur baru waFoto: Pixabay

WhatsApp melakukan peningkatan fitur dengan meluncurkan tiga update yang fokus pada privasi penggunanya. Ketiga fitur baru ini merupakan fitur-fitur yang selama ini banyak diminta oleh para pengguna WhatsApp, salah satunya adalah blokir screenshot chat.

Grup chat adalah ruang yang sulit untuk dihindari oleh setiap pengguna WhatsApp, karena siapa pun dapat mengundang nomor kita untuk masuk ke dalam grup WA tersebut. Karena perasaan tidak enak, banyak dari pengguna WA kemudian enggan untuk keluar dari grup chat.

Salah satu update baru WhatsApp menyorot pada situasi ini dengan meluncurkan fitur untuk keluar dari grup WA secara diam-diam. Selama ini pengguna WA menggunakan trik dan cara lain untuk keluar dari grup, namun kini fitur tersebut sudah resmi tersedia.

Fitur ini memungkinkan anggota grup WA untuk keluar dari grup chat tanpa diketahui oleh para anggota lainnya. Notifikasi yang menginformasikan bahwa pengguna telah keluar dari grup, tidak akan muncul di ruang chat milik anggota, karena hanya admin grup saja yang mengetahuinya.

fitur privasi baru whatsappFoto: Meta/WhatsApp

Fitur baru kedua adalah indikator yang menunjukkan bahwa kita sedang online atau offline. Pengguna WhatsApp dapat mengontrol siapa saja yang bisa melihatnya sedang online di WA. Akses bisa diberikan kepada semua, hanya kontak yang terdaftar, kontak khusus saja, atau tidak sama sekali (terlihat offline untuk semua pengguna WA).

Update fitur ketiga berkaitan dengan chat yang menggunakan opsi “View Once”, yaitu pesan yang akan hilang secara otomatis setelah dibaca sekali oleh penerima. Beberapa pengguna WhatsApp bisa mengakali fitur ini dengan screenshot chat sebelum pesan menghilang.

Dengan adanya update WA terbaru ini, maka penerima pesan “View Once” tidak akan bisa melakukan screenshot terhadap pesan yang hanya muncul sekali tersebut, alias akan otomatis terblokir.

Sayangnya, pihak WhatsApp belum mengonfirmasi kapan peluncuran fitur screenshot chat tersebut, sementara dua fitur lainnya dijadwalkan akan segera meluncur dalam beberapa minggu ke depan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1148 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.