Diperbaharui pada Rabu, 1 Desember 2021 | 14:23
6 Keunggulan Jaringan 5G dari Ericsson dan Indosat Ooredoo

kelebihan jaringan 5gFoto: Pexels

Peluncuran 5G dan transformasi digital telah menjadi pembahasan utama di dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir. Kini jaringan ini sudah tersedia di Indonesia dan dapat dinikmati oleh beberapa pelanggan provider, termasuk Indosat Ooredoo.

Indosat Ooredoo, telah meluncurkan 5G di Tanah Air sejak Juni 2021 dan sudah menyediakan layanan 5G komersial di kota Solo, Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Beralihnya jaringan dari 4G ke 5G memberikan banyak sekali keuntungan. Teknologi generasi kelima ini dapat memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah, serta berbagai keunggulan lainnya.

Perpindahan dari 4G ke 5G berbeda dari peningkatan jaringan sebelumnya. 5G tidak menggantikan 4G, seperti bagaimana 4G menyalip 3G. Akan ada transisi yang mulus dari 4G ke 5G.

Kedepannya, jaringan 4G akan tetap ada bersama dengan 5G hingga ekosistem, jaringan, dan aplikasi berevolusi ke generasi terbaru. 

Ericsson Bersama memaparkan beberapa kelebihan dan keuntungan dari jaringan 5G, terutama di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini. Berikut keunggulan-keunggulannya.

1. Kecepatan Tinggi dan Kapasitas Besar

kelebihan jaringan 5gFoto: Dok. Ericsson

Selain memiliki kecepatan data yang tinggi, jaringan 5G juga dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, atau mudahnya, lebih banyak "ruang" untuk digunakan.

Sederhananya, teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus, yang tidak bisa dilakukan oleh jaringan 3G dan 4G.

Kapasitas yang besar ini mampu memberikan performa yang konsisten bila pengguna smartphone berada di keramaian seperti mall, restoran, konser musik, hingga acara-acara olahraga.

2. Mendukung Aktivitas Hiburan

kelebihan 5gFoto: Dok. Ericsson

Untuk mendukung ajang olahraga internasional yang akan digelar di Qatar pada 2022 mendatang, Ericsson dan Indosat Ooredoo akan memberikan pengalaman menonotn dengan enhanced mobile broadband 5G.

Teknologi ini memungkinkan kecepatan jaringan yang tinggi, dengan latensi rendah dan kapasitas data besar untuk menikmati tayangan streaming real-time pada resolusi berdefinisi tinggi, termasuk bermain game online.

3. Mendukung Teknologi IoT

keunggulan 5gFoto: Dok. Ericsson

Jaringan 5G menawarkan tingkat konektivitas berbeda berkat adanya teknologi IoT, sehingga berbagai macam perangkat yang terhubung, dapat dikontrol dengan baik.

Dengan jaringan 5G, pengguna dapat mengontrol dan terhubung dengan setiap perangkat yang mendukung konsep smart living.

4. Mendukung Konser Live Berformat 4K

keunggulan jaringan 5gFoto: Dok. Ericsson

Pandemi membuat acara-acara konser dilakukan secara online dan dapat diakses secara streaming. Jaringan 5G memungkinkan pengguna untuk menikmati konser dengan format 4K di mana saja, kapan saja tanpa hambatan. 

Teknologi jaringan 5G memungkinkan kita untuk menikmati konser musik selayaknya berada di depan panggung, dengan resolusi gambar tinggi dan tajam.

5. Mengurangi Waktu Buffering Video

keunggulan 5gFoto: Dok. Ericsson

Waktu buffering video akan jauh berkurang dengan jaringan 5G karena teknologi generasi kelima ini menawarkan speed internet berkecepatan tinggi, hingga 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G. 

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan streaming video dan film berkualitas tinggi seperti 4K atau bahkan 8K dengan lancar tanpa lag dan visual buram.

6. Mendukung Teknologi XR (VR, AR, dan MR)

keunggulan jaringan 5gFoto: Dok. Ericsson

Extender Reality (XR) adalah istilah umum yang mencakup teknologi Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality. Teknologi ini akan dapat mengoptimalkan segala kelebihan dari jaringan 5G.

Dengan menggunakan teknologi seperti 5G, teknologi XR diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bagi konsumen, perusahaan, dan lembaga publik di berbagai sektor seperti hiburan, training, pendidikan, remote support, remote control, komunikasi, dan virtual meeting.

Bagaimana, sudah siap menggunakan jaringan 5G?

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

924 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.