Diperbaharui pada Kamis, 11 November 2021 | 15:30

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike, Ini Alasannya

youtube sembunyikan dislikeFoto: Pexels

Tombol dislike yang biasanya ada di bawah setiap video pada situs dan aplikasi Youtube memang memiliki fungsi positif, namun tidak jarang fitur ini disalah gunakan untuk membuat satu video terlihat jelek. Youtube kabarnya akan menghilangkan angka dislike.

Menurut Youtube, menghilangkan tombol dislike bukan berarti tombol tersebut benar-benar dihapus. Tombolnya tetap ada, namun pengaturan privasinya saja yang berubah, sehingga hanya pemilik video yang bisa melihat jumlahnya, bukan penonton kanal tersebut.

Persoalan tombol dislike pada Youtube ini memang menjadi polemik bagi beberapa pengguna Youtube. Bukan hanya di dunia, namun juga di Indonesia. Kadang tombol ini digunakan untuk menjatuhkan kredibilitas pemilik kanal.

Hal ini berdampak pada pemilik kanal Youtube yang kerap membagikan konten positif original. Youtube juga menambahkan bahwa dari hasil eksperimen mereka, jumlah dislike yang banyak pada satu video, biasanya menjadi penentu bagi penonton untuk memutuskan akan memainkan videonya atau tidak.

Karena alasan ini lah, menurut Youtube, banyak kreator-kreator original yang memiliki konten positif, jadi turun motivasinya untuk mengunggah video baru, karena sering terkena serangan dari penggunaan tombol dislike yang tidak pada tempatnya.

Pembaruan pada Youtube ini akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 11 November 2021 dan seterusnya. Setelah pembaruan selesai, seluruh jumlah dislike pada video akan disembunyikan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.