Diperbaharui pada Kamis, 15 Oktober 2020 | 13:34

Samsung PRO Plus dan Evo Plus, SD Card yang Tahan Dicelup Air Garam!

Samsung PRO Plus dan EVO PlusFoto: Samsung

Untuk memanjakan para penggemar fotografi, Samsung kembali meluncurkan SD Card, atau kartu SD dengan performa yang lebih cepat dan daya tahan lama. Kartu SD baru ini hadir dalam 2 varian, yaitu PRO Plus, dan EVO Plus.

Keduanya dirancang khusus oleh Samsung untuk memenuhi kebutuhan menyimpan data digital, terutama foto dan video, dengan berbagai peningkatan kecepatan kinerja maupun ketahanannya.  

Menyimpan Video 4K dengan Lebih Baik

Samsung PRO Plus dan EVO PlusFoto: Samsung

Kedua kartu SD tersedia dalam kapasitas 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 512 GB dengan dukungan UHS-I interface. Sebagian besar kartu SD ini menduduki rating kelas U3 yang diklaim mampu menyimpan rekaman video 4K secara lebih baik.

Adapun kartu SD yang memiliki rating kelas U3 adalah semua varian PRO Plus, serta EVO Plus 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Sedangkan, untuk EVO Plus 32 GB dan 64 GB, hanya mengantongi rating kelas U1 yang berkemampuan lebih rendah dibanding kelas U3.

Samsung mengklaim bahwa kartu PRO Plus terbaru milik mereka ini memungkinkan perekaman video 4K UHD dan pengambilan gambar brust dengan kualitas yang sangat baik. 

Samsung percaya kehadiran kedua kartu SD ini akan menjadi pilihan yang ideal untuk para fotografer profesional, film maker, dan para content creator. Sedangkan, pada kartu SD EVO Plus, Samsung menjanjikan pemutaran video yang sangat mulus, bahkan saat mengedit video dengan kualitas 4K.

Kinerja yang Lebih Cepat

Samsung PRO Plus dan EVO PlusFoto: Samsung

Kartu SD Samsung PRO Plus menjanjikan kecepatan baca hingga 100 MB per detik, serta kecepatan tulis hingga 90 MB per detik, dan 60 MB per detik, pada kartu PRO Plus 32 GB. 

Untuk EVO Plus, Samsung hanya menyebutkan kalau kartu SD ini memiliki kecepatan transfer mencapai 100 MB per detik.

Kedua kartu SD terbaru ini dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat perekam, termasuk kamera DSLR, kamera mirrorless dan compact, camcorder, serta laptop atau desktop PC.

Daya Tahan yang Ditingkatkan

Samsung PRO Plus dan EVO PlusFoto: Samsung

Hal yang paling menarik dari kartu SD ini adalah kekuatannya yang mampu bertahan di tempat ekstrim. Samsung Pro Plus dan Evo Plus memiliki ketahanan terhadap  air, guncangan, aus, serta tahan banting bila jatuh dari ketinggian 5 meter.

Keduanya bahkan mampu bertahan dikedalaman air hingga 1 meter selama tiga hari, bahkan di air yang mengandung garam (air laut). 

Kartu SD buatan Samsung ini juga tetap mampu bekerja pada suhu antara -25 ° C dan 85 ° C. Keduanya juga dapat bertahan dari radiasi seperti pada pemindai sinar-X di bandara dan magnet. 

Samsung berani memberikan garansi terbatas selama 10 tahun pada setiap pembelian SD card PRO Plus dan EVO Plus.

Harga PRO Plus dan EVO Plus

Samsung belum mengumumkan harga kedua kartu SD barunya. Namun, rumor mengatakan bahwa EVO Plus dengan kapasitas 32 GB akan dijual dengan harga $ 7 atau sekitar Rp 100 ribuan, dan $ 40 atau sekitar Rp 500 ribuan untuk kapasitas 256 GB.

Sementara untuk PRO Plus, sepertinya akan dijual seharga $ 10 atau Rp 147 ribuan untuk varian 32 GB, dan $ 50 atau sekitar Rp 736 ribuan untuk varian 256 GB.

Kedua kartu SD baru ini akan tersedia mulai 19 Oktober 2020. Namun, dua kartu kapasitas yang paling kecil (32 GB dan 64 GB) pada PRO Plus, akan meluncur lebih lambat di 8 November 2020.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

149 Posts