Diperbaharui pada Jumat, 4 Agustus 2023 | 11:13

Layanan Sewa WiFi Portable Unlimited Murah di Indonesia

sewa wifi

Traveling memang hal yang sangat menyenangkan, tapi episode pandemi dan juga era new normal kali ini memaksa kita untuk sedikit membatasi kegiatan tersebut.

Tapi tetap saja, tidak ada larangan yang mengharuskan kita bepergian melepaskan penat setelah bekerja, atau berkumpul dengan keluarga asalkan dengan protokol kesehatan yang jelas.

Bicara soal traveling dan berlibur, hal pertama yang dipikirkan selain perlengkapan adalah koneksi dan jaringan di lokasi tujuan.

Hal ini paling diutamakan mengingat faktor komunikasi dan kebiasaan khalayak yang cenderung mengabadikan dan berbagi setiap momen perjalanan dan potret terbaik mereka ke media sosial dan juga teman.

Hal ini juga berlaku ketika traveling ke luar negeri, Anda pasti membutuhkan provider yang bisa digunakan selama di luar negeri.

Pilihannya hanya ada 2, pertama adalah mengganti kartu sim card komunikasi ketika tiba di tujuan dengan nomor lokal (negara tujuan) atau menggunakan fasilitas roaming dari masing-masing provider yang sudah pasti menyediakannya meski dengan biaya yang tidak murah.

Tapi itu seolah jadi cara lama yang mungkin bisa mengatasi kebutuhan Anda akan paket data ketika berlibur. Saat ini, ada hal baru yang menarik terkait kebutuhan internet dan komunikasi di segala tujuan.

skyroam

Pilihannya ada pada wifi portable yang lebih mudah dan bisa aktif dimanapun. Model Wifi atau Mifi ini sendiri sebelumnya sudah pernah ada, dan dimulai pertama kali oleh BOLD di tahun 2013 lalu.

Kemudian diikuti oleh provider lain termasuk smartfren yang kemudian merangsek dan menjadi penentu pasar di sektor MiFi atau WiFi Portable.

Tapi belakangan, model layanan tersebut kembali surut seiring dengan mulai bertambahnya biaya layanan namun cakupan wilayah dan jaringannya yang terbatas.

WiFi Portable, Pantas Dibeli atau Tidak?

iziroam

Tapi tunggu dulu, itu terjadi di beberapa kurun waktu yang lalu. Saat ini, kekuatan jaringan di Indonesia dan juga dunia semakin meningkat pesar.

Maka dari itu, wifi portable adalah solusi dimana Anda bisa mengakses internet dimanapun dan kapanpun selama traveling.

WiFi portabel sendiri sejatinya merupakan sebuah router yang bertindak sebagai hotspot WiFi seluler. Perlu kartu SIM yang memasok internet ke perangkat koneksi nirkabel seperti Smartphone, tablet, komputer pribadi.

Portable WiFi membangun konektivitas broadband berkecepatan tinggi yang dapat dibagikan oleh hingga 10 pengguna sekaligus.

Pocket WiFi berfungsi sama seperti perangkat koneksi internet mana saja yang jauh lebih kecil dan portabel daripada router WiFi yang ada dirumah Anda.

Jika Anda mencari sewa wifi Jakarta, saat ini ada beberapa solusi yang paling tepat untuk dijadikan pilihan.

Cara Kerja Wifi Portable

cara kerja wifi portable

Berbeda dengan sebuah Router WiFi besar yang memiliki banyak kaki sebagai anterna seperti laba-laba, WiFi Portable merupakan kemasan praktis dari teknologi koneksi jaringan masa kini.

Cara kerja WiFi Portable pun cukup sederhana, tak perlu koneksi langsung ke konektor listrik, hanya dengan memanfaatkan baterai yang bisa di isi ulang dengan rata-rata daya 350 sampai 450mAh, WiFi Portable ini sudah bisa digunakan.

Pengaturannya juga cukup mudah, hanya menyesuaikan passport sesuai kemauan pemilik serta batas penggunanya. Secara garis besar, penggunaanya tidak berbeda jauh dengan modem router WiFi versi besar.

Bahkan, jika di modem router bisa menggunakan WPS, dengan menggunakan WiFi portable ini pun fasilitas WPS juga sudah bisa digunakan.

Perbedaan lain dari modem WiFi Router dengan WiFi Portable yang paling kentara adalah, ketersediaan jaringan. Modem Wifi memiliki cakupan yang cukup besar meskipun tidak bersifat portable, tapi butuh banyak pengaturan ketika harus dipindahkan.

Sementara WiFi Portable, juga sama-sama memiliki cakupan yang besar dan lebih fleksible ketika berpindah lokasi tak harus melakukan perubahan pada device.

Cara Mendapatkan WiFi Portable

cara sewa wifi

Saat pertama kali kemunculannya, WiFi portable hanya bisa dinikmati dengan membeli device dan juga membeli kartu GSM yang nantinya diisi dengan kuota data seperti layaknya Hp.

Tapi sekarang ada beberapa penyedia layanan jaringan yang membundling langsung WiFi Portable atau MiFi dengan paket data. Contoh yang tidak asing adalah Smartfren AndroMax, sebelumnya juga pernah ada layanan BOLD yang cukup ramai digunakan.

Sekarang, selain dua pilihan itu ada cara mendapatkan WiFi Portable yang baru dengan cara sewa WiFi Portable. Sewa Wifi Portable ini mulai cukup banyak digandrungi saat ini.

Cukup populer di wilayah eropa dan beberapa negara Asia di tahun 2013 hingga saat ini. Kini metode sewa WiFi Portable ini juga sudah menjamur di Indonesia dengan tarif layanan yang bervariasi.

Mulai dari sewa WiFi harian hingga sewa WiFi Bulanan dengan kecepatan dan kapasitas yang bervariasi. Beberapa penyedia jasa juga menyediakan versi kuota unlimited.

Tempat Sewa WiFi Harian dan Bulanan

1. PinjamWiFi

pinjamwifi

PinjamWiFi menjadi salah satu penyelanggara situs sewa WiFi di Indonesia dan juga global. Harga sewa WiFi di PinjamWiFi dimulai dari 21.000 hingga 300.000.

Terdapat pilihan kuota harian, 5 harian, 7 harian, hingga 30 hari dengan variasi harga yang berbeda.

Selain itu, pinjamWiFi juga memiliki lokasi kantor yang mudah dijangkau. Berada di bilangan WTC Mangga Dua, Anda bisa menemukannya di Lantai 1.

Cara meminjam WiFi dari PinjamWiFi pun mudah, cukup memilih kuota dan harga yang diinginkan, kemudian bayar. Produk WiFi portable dari pinjamWiFi akan diantarkan ke lokasi Anda, jika tidak sabar Anda juga bisa menjemput device ke alamat toko.

2. JavaMiFi

javamifi

JavaMiFi paling mudah ditemukan, selain banyak iklan di sosial media, platform sewa WiFi ini juga jadi yang paling populer dan juga murah menurut pantauan kami.

Terlebih, promo terbaru, JavaMiFi memberikan layanan sewa WiFi seharga 9000 dengan kecepatan 300/Mbps. Ada beberapa pilihan MiFi atau WiFi portable yang tersedia, termasuk device yang menggunakan layar.

JavaMiFi juga menyediakan layanan internet TV serta modem WiFi rumahan. Dan yang paling unik adalah, sewa WiFi melalui JavaMiFi tidak menggunakan deposit sama sekali.

JavaMiFi juga menyediakan travel Sim Card yang bisa langsung digunakan di ponsel Anda, serta Travel Wifi international.

3. TravelWifi

travelwifi

TravelWiFi, dari namanya sudah kelihatan kalau platform ini merupakan penyedia layanan jasa WiFi Portable untuk kebutuhan travel. Perusahaan ini berawal dari penyedia layanan koneksi komunikasi militer US bernama DHI Telecom di tahun 2007.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini berevolusi dengan menyajikan layanan WiFi serta SIM card untuk para traveler umum.

Dan sampai saat ini TravelWiFi memiliki anak cabang di beberapa negara. Layanan yang disediakan pun termasuk layanan WiFi global.

Di Eropa, TravelWiFi cukup banyak diminati dan kabarnya memiliki kecepatan yang cepat. Bahkan, untuk mendapatkan layanannya, Di beberapa negara Anda bisa menemukan toko hingga vending machines TravelWiFi.

4. WifiRepublic

wifirepublic

Secara logo, WiFiRepublic memiliki desain serupa dengan TravelWiFi. Kami berasumsi bahwa, WiFiRepublic merupakan salah satu anak perusahaan dari TravelWiFi di Indonesia.

Berlokasi di wilayah Epicentrum, Karet Kuningan, WiFiRepublic memiliki banyak pilihan sewa WiFi baik lokal maupun internasional. Beberapa layanan yang menarik diantaranya adalah sewa WiFi Internet Max 30GB dengan harga 100 ribuan saja selama 30 hari.

Bahkan untuk sewa WiFi Portable di negara lain pun, harganya cukup murah, mulai dari 50 ribuan untuk wilayah Eropa dan juga Asia.

5. Passpod

passpod

Passpod punya device yang lebih unik ketimbang platform sewa WiFi yang lain. Berbentuk bundar, dan tidak memanjang layaknya sebuah powerbank.

Pilihan paket pun cukup lengkap dan variasi, bahkan tersedia paket 20 Ribu untuk penggunaan selama 5 hari. Untuk harga sewa WiFi negara lain pun sangat terjangkau, mulai dari 40 ribu sudah bisa menikmati WiFi portable manca negara.

Untuk paket terbesar sewa di Indonesia sebesar 50GB dengan jangka waktu 30 hari dan bisa dibagi lebih dari 8 pengguna.

6. Skyroam

sewa wifi

Skyroam bisa jadi rekomendasi tambahan bagi yang ingin mencoba sewa WiFi. Platform ini punya keunikan memberikan gratis internet tambahan sesuai ketentuan di setiap sewanya.

Bahkan, untuk paket sewa WiFi Unlimited pun masih mendapatkan beberapa keuntungan selain bisa digunakan dimanapun berada.

Setiap sewa WiFi, penyewa diberi batasan 2GB/harinya, dan itu berlaku untuk semua jenis sewa WiFi.

Baik untuk yang 1 hari, 7 hari, 14 hari, hingga sebulan. Hanya saja, untuk pilihan sebulan terdapat pilihan unlimited dengan harga sewa WiFi yang berbeda tentunya.

Untuk sewa WiFi secara global untuk kebutuhan WiFi liburan, bisa didapatkan dengan harga mulai dari 40 ribu.

7. Iziroam

sewa wifi

Iziroam juga memberikan banyak pilihan sewa WiFi, berikut bonus-bonus yang menggiurkan yang disertakan dalam promo sewa WiFi. Mulai dari gratis voucher yoga, hingga poin untuk Air Asia untuk berlibur.

Untuk paket unlimited FUP tersedia mulai dari harga sewa WiFi dikisaran 60 ribu rupiah, serta paket kuota dengan harga sewa WiFi mulai dari 90 ribuan.

Ada juga paket bundling sewa WiFi ditambah layanan Netflix selama 30 hari. Lebih nyaman, tanpa harus berlangganan di dua platform yang berbeda.

Sama seperti platform sewa WiFi yang lain, Iziroam juga menyediakan layanan sewa WiFi manca negara yang bisa digunakan di berbagai pilihan negara dengan ketentuan harga bervariasi.

Jenis Modem WiFi Portable

jenis modem wifi

Tak banyak jenis modem WiFi portable yang beredar di pasar Indonesia. Jika dikategorikan semuanya hanya berdasarkan merek dan sedikit perbedaan desain.

Untuk teknologi, penggunaan teknologi WiFi 5 masih mendominasi, namun beberapa device dari beberapa vendor kini mulai menggunakan generasi terbaru WiFi 6 dengan kekuatan sinyal yang lebih hebat serta mampu menghemat daya tahan baterai.

Ada beberapa produsen pembuat MiFi atau WiFi Portable, ada dari ZTE yang pertama kali diperkenalkan oleh BOLD, kemudian Pro Link, Xiaomi, dan kini yang lebih banyak populer adalah Huawei.

Beberapa diantaranya juga bekerja sama dengan provider lokal seperti Telkomsel, Smartfren, XL, dan juga penyedia jasa layanan WiFi kota.

MiFi dan WiFi Portable Terbaik

Advan JR-109

modem wifi Advan JR-109

Advan JR-109 juga telah mendukung WiFi IEEE 802.11b/g/n sehingga cakupan hotspot yang dipancarkannya memiliki rentang yang lebih luas.

Alhasil anda masih bisa menangkap kualitas sinyal dengan baik di jarak sekitar 10 meter. Advan JR-109 mengandalkan baterai berkapasitas 2200mAh bertipe Li Po yang telah tertanam di dalamnya.

Kekuatan daya baterai tersebut diklaim sanggup bertahan hingga 12 hingga 16 jam pemakaian normal.

Smartfren Andromax M3Z

Andromax M3Z

Andromax M3Z ini datang sebagai generasi ketiga dari semua deretan mifinya terdahulu. Andromax M3Z ini memiliki kemasan yang jauh lebih mungil dalam 3 pilihan warna dengan tekstur chasing orange-skin yang sudah pasti tahan gores.

Mengusung prosessor Qualcomm MDM9307 yang memiliki kestabilan temperature kerja lebih baik. Andromax M3Z mampu menyajikan daya wireless 2,3 GHz dengan jangkauan hingga 32 perangkat.

Tambah dengan kapasitas baterai 3000 mAH membua Andromax M3Z makin asik jika digunakan untuk perjalanan jauh saat berlibur.

Smartfren Andromax M3Y

Smartfren Andromax M3Y

Smartfren Andromax M3Y juga masih menyajikan kemasan yang mungil dan unik. Dihadirkan dalam dua pilihan warna sama seperti sebelumnya lengkap dengan kesan glossy yang begitu kental, user tentu juga tetap harus hati-hati dalam menggunakan Smartfren Andromax M3Y murah ini jika tak ingin kemasan cantik ini tergores.

Dilengkapi dengan slot kertu memori dengan kapasitas maksimal 32 GB serta chipset Qualcomm MDM 937 yang membuat stabil temperatur kerjanya.

Masih menggunakan dominasi kekuatan wireless N berkekuatan 2,3 GHz yang kali ini bakal siap dimanfaatkan hingga 32 perangkat.

Nama Harga di Pasaran Frequency Dimensi Berat Battery Capacity
Smartfren MiFi Andromax M3Y Rp 750.000 2400 MHz 106 x 87 x 54 mm 250 g 3000 mAh
Awei P80K belum ada harga - - 350 g -

Huawei E5673

Huawei E5673

Huawei menghadirkan salah satu produk Modem mereka, Modem Huawei E5673. Huawei mencoba meramaikan pasar modem mobile wifi. Harga Modem E5673 murah ditawarkan oleh Huawei.

Harga Modem E5673 murah untuk semua aspek kenyamanan internet yang bisa Anda nikmati. Modem E5673 biasanya hadir dengan paket bundling dengan beberapa operator lokal.

Namun bukan berarti Modem E5673 tidak bisa menggunakan operator yang lainnya. Modem E5673 memiliki keunggulan konektivitas hingga bisa mencapai 16 pengguna dengan jarak jangkauan wifi nya mencapai 10 meter.

Tentu saja ini menjadi nilai tambah pengguna Modem E5673. Selain itu, kemampuan Modem E5673 yang lain adalah mampu bertahan beroperasi hingga 6 jam.

Huawei E5578

Huawei E5578

Hadir dalam dua pilihan warna Standard hitam dan putih yang dikemas dengan konsep matte-glossy dan telah dilengkapi dengan panel LCD untuk kebutuhan notifikasi, Huawei E5578 dipasarkan di tanah air dengan konsep bundling.

Untuk itulah, jika nantinya user membayar harga E5578 murah ini sebesar 700 ribuan itu maka user juga akan mendapatkan beberapa pilihan paket data gratis untuk menunjang aktivitas internetmu. Hmm, cukup menjanjikan juga sih.

Tapi jika performa internet yang dibundling oleh E5578 ini pas-pasan, maka sia-sia dong harga E5578 yang sudah dibayarkan? Iya sih, tapi kalau kamu sudah disuguhi dengan performa 4G-LTE dengan kekuatan maksimal 150 Mbps.

Cara Memilih MiFi dan WiFi Portable

cara memilih wifi portable terbaik

Untuk memastikan produk sewa WiFi portable yang Anda dapatkan memiliki kualitas yang baik perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Kondisi fisik Device

Pastikan kondisi fisik dari MiFi dalam keadaan baik, jangan sampe terlihat ada cacat rusak. Cek saat menerima paket MiFi, pastikan segel masih aman.

2. Cek Baterai

Cek kondisi baterai, jika cashing MiFi atau WiFi Portable bisa dibuka, lakukan pengecekan segera kondisi dari baterai. Anda juga bisa melakukan percobaan selama satu hari penuh jika ingin melihat keadaan baterai bocor atau tidak.

3. Pastikan Kuota Sewa WiFi Sesuai dengan Pesanan

Ketika memesan, pastikan kuota yang Anda pilih sudah sesuai dengan kuota yang datang bersama dengan paket MiFi. Jika memang tidak sesuai segera lakukan proses pelaporan.

4. Cek Kekuatan Sinyal

Sinyal WiFi Portable bisa naik bisa juga turun, tapi tunggu dulu, bisa jadi itu karena kondisi device yang mengalami kerusakan. Bandingkan dengan ponsel Anda, karena biasanya frekuensi ponsel sejalur dengan frekuensi WiFi Portable yang kalian sewa.

Dan jika sinyal ponsel Anda lebih baik ketimbang sinyal MiFi, jangan panik. Coba tekan tombol reset, dan lakukan restart.

Dimasa new normal seperti saat ini, akses berlibur memang cukup berkurang, tapi bukan berarti dilarang berlibur. Selama berlibur dan tetap jaga protokol kesehatan.

Gunakan platform sewa WiFi untuk lebih menghemat kebutuhan kuota data Anda. Selamat Mencoba! 

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.