Diperbaharui pada Selasa, 8 Desember 2020 | 10:55

Hp dengan Snapdragon 888 Segera Hadir, Siapa Pertama?

Hp Snapdragon 888
Sejak Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset Snapdragon 888 pada 1 Desember 2020 lalu, beberapa vendor mengklaim jika perangkat mereka akan menjadi yang pertama menggunakan chipset mobile terbaru tersebut. 

Xiaomi misalnya, melalui sang CEO, Lei Jun, mereka langsung mengklaim jika hp Xiaomi akan menjadi yang pertama menggunakan prosesor Snapdragon 888. Bahkan Lei Jun menyebut produk Xiaomi Mi 11 yang kabarnya akan diperkenalkan Januari 2021 mendatang.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 sendiri dikabarkan sudah mengalami peningkatkan yang cukup signifikan dari seri sebelumnya yaitu Xiaomi Mi 10. Selain penggunaan Snapdragon 888, Mi 11 disebut bakal dilengkapi kamera 48 MP, baterai 4.900 mAh lengkap dengan teknologi fast charging.

Yang menarik, Xiaomi juga menyiapkan 2 seri lain yang akan dibekali chipset paling bertenaga tersebut. Infonya satu seri Redmi K40 Pro dan satu seri Black Shark dengan kode 'Emperor'. Berbeda dari Mi 11, tidak ada informas lebih lanjut mengenai tanggal peluncuran keduanya.

Tidak hanya Xiaomi, realme juga langsung bergerak cepat dengan mengumumkan kehadiran hp dengan Snapdragon 888. Disebut jika hp realme terbaru tersebut berkode “Race”.

realme raceBocoran gambar dan spek realme Race

Hal ini diungkap CEO realme, Sky Li, yang mengatakan realme sendiri telah memulai pengembangan "Race" beberapa bulan yang lalu. Bocoran spek realme 'Race' yang baru terungkap masih sebatas dibekali RAM 12 GB dengan ROM 256 GB saja.

Dalam pidatonya di Tech Summit Digital 2020, Sky Li juga menyebut bahwa Qualcomm selalu menjadi salah satu mitra terpenting realme dari era 4G hingga era 5G.

Pada tahun 2020, realme menjadi salah satu merek hp pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 865 dan Snapdragon 765G. realme X50 Pro 5G dengan Snapdragon 865 dan realme X50 5G dengan Snapdragon 765G.

Sayangnya, Sky Li tidak memberikan informasi mengenai jadwal peluncuran dari hp realme dengan kode ‘Race’ tersebut.

Selain Xiaomi dan realme, beberapa vendor lain nampaknya juga sudah mempersiapkan produk mereka masing-masing untuk menggunakan chipset Snapdragon 888 ini.

Sebut saja Nubia dengan seri RedMagic, OPPO melalui seri Find X, vivo hingga OnePlus. Meski belum ketauan kapan waktu peluncurannya, namun sangat menarik menunggu siapa hp Snapdragon 888 pertama yang akan hadir dipasaran.

Spesifikasi Snapdragon 888

Snapdragon 888
Banyak peningkatan yang dilakukan Qualcom pada chipset terbaru mereka ini. Beberapa diantaranya adalah dukungan jaringan 5G yang makin diperluas, teknologi AI Engine generasi terbaru serta penghematan daya yang lebih baik.

Secara performa, Snapdragon 888 menggunakan CPU Kryo 680 yang diklaim bisa meningkatkan kinerja sebesar 25 persen dari generasi sebelumnya. Lalu untuk grafis Adreno mengalamai peningkatan hingga 35 persen.

Tidak hanya itu, Snapdragon 888 juga diklaim mengalami peningkatan signifikan untuk urusan foto. Dimana pemrosesan gambar di Snapdragon 888 sanggup mengambil 120 foto per detik pada resolusi 12 MP.

Hal ini berkat adanya pembaruan ISP yang lebih kencang hingga 35 persen. Termasuk peningkatan kecepatan pengambilan foto atau video hingga 2,7 gigapiksel per detik.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1417 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.