Diperbaharui pada Selasa, 3 November 2020 | 10:16

5 Kamera DSLR yang Dipakai Shooting Film Hollywood

Oleh Imam Ali

kamera dslr terbaikFoto: Pexels

Buat kalian yang suka banget nonton film Hollywood dan kagum dengan gaya sinematografi yang ditampilkan, pernah nggak, kalian bertanya, kira-kira jenis kamera apa yang dipakai? Sebagian besar sutradara memang masih memakai kamera video, tapi ternyata kamera DSLR juga dipakai, loh!

Film-film yang shooting-nya pakai kamera DSLR juga bukan film sembarangan, mulai dari The Avengers, Thor, Elysium, 127, Hours, sampai The Bourne Legacy. Wuih, film box office semua, tuh! Nah, penasaran kan kamera DSLR apa saja yang dipakai buat shooting film Hollywood? Ini daftarnya!

5 Rekomendasi Kamera DLSR untuk Shoot Film

1. Canon EOS 7D

canon eos 7d
Salah satu kamera DSLR terbaik ini memiliki prosesor Dua1l Digic 4. Dengan prosesor tersebut, kamu jadi lebih mudah mengoperasikan kamera karena kerjanya cepat. Kamera Canon EOS 7D mampu menghasilkan foto dengan detail yang tajam, dan resolusi sebesar 18 MP yang bisa mendapatkan hasil gambar dengan maksimal resolusi 5184 x 3456.

Dengan spesifikasi tersebut, maka tidak heran kalau kamera ini banyak dipakai oleh fotografer profesional. Hasil fotonya tidak perlu diragukan. Terlebih lagi, tingkat noise yang dihasilkan cukup rendah karena performa low-light yang sangat baik. Kalau ditambah dengan retensi detail yang juga baik, dijamin hasil fotonya tambah top!

Nah, kalau kamu lebih tertarik dengan kemampuan videonya, maka dengan resolusi 1920 x 1080 dan fitur high definition yang dimiliknya, kamera DSLR ini mampu menunjang segala kebutuhan untuk merekam video.

Canon EOS 7D memiliki fitur penunjang yang dapat memproses gambar dengan kecepatan antara 30-1/8000 detik. Terdapat pula ISO yang memiliki range dari 100 hingga 3200. Profesornya sendiri terbilang cukup powerful dan responsif, dengan kinerja yang cepat.

Bodinya lumayan kokoh, khas kamera DSLR 1 digit Canon. Kamera ini didesain dengan material magnesium yang tahan untuk segala cuaca, sehingga kamu bisa menggunakannya pada kondisi cuaca apa pun, baik hujan, bersalju, berdebu, hingga angin, dengan catatan, masih dalam batasan cuaca yang normal.

Memiliki berat 860 gram dengan dimensi 148 x111 x 74 mm, secara ergonomik, kamera ini nyaman ketika digenggam. Untuk mengakses tombol-tombol fungsinya juga cukup mudah.

Daftar Film yang Menggunakan Kamera Ini:

  • The Avengers
  • Much Ado About Nothing
  • Black Swan
  • 127 Hours
  • End of Watch
  • Act of Valor

2. Canon EOS 5D Mark II 

canon eos 5d mark ii
Canon EOS 5D Mark II adalah generasi kedua dari seri kamera EOS 5D yang menawarkan banyak peningkatan dari sisi teknologi. Kamera ini juga banyak dipakai oleh para fotografer profesional.

Kelebihan dari kamera yang menjadi salah satu kamera DSLR terbaik pilihan fotografer ini adalah kemampuannya untuk bisa diandalkan di segala kondisi dengan kualitas gambar yang memukau. Kamu bisa menghasilkan gambar tajam dengan detil yang mengagumkan.

Untuk merekam video pun, kamera DSLR Canon ini bisa banget diandalkan. Hasil rekaman videonya memiliki kualitas yang baik berkat sensor CMOS berkekuatan 21.1 MP yang dipadukan dengan prosesor Digic 4. Perpaduan tersebut memungkinkan kamu mendapat hasil gambar dengan kontras yang baik.

Tersedia pula rentang ISO yang luas mulai dari 100 hingga 6400, dan beberapa fitur keren seperti Auto Light Optimizer, kemampuan autofocus yang cepat, Live View, teknologi clear view beresolusi VGA, dan dukungan LCD 3 inci.

Bodinya terbuat dari bahan magnesium alloy untuk memberikan perlindungan yang maksimal. Desain yang diusungnya juga membuat kamera DSLR ini cukup nyaman digenggam, dan tangan tidak mudah lelah saat dipakai handheld.

Daftar Film yang Menggunakan Kamera Ini:

  • The Avengers
  • Thor
  • Black Swan
  • 127 Hours
  • End of Watch
  • Like Crazy
  • Whiplash
  • Elysium
  • Drive
  • Margin Call
  • Acr of Valor
  • The Bourne Legacy

3. Canon EOS 1D Mark IV

Canon EOS 1D Mark IV
Kalau kamu termasuk orang yang suka mengambil gambar dengan kondisi cahaya ruangan yang sangat minim, maka Canon EOS 1D Mark IV adalah pilihan yang cocok. Kamera DSLR ini mampu menghasilkan gambar yang cukup tajam meski dalam keadaan sedikit cahaya.

Hasil gambar yang diambil pada kondisi low light pun saat diperbesar masih menampilkan detil yang baik dengan noise yang sangat minim. Kualitas ini bisa dipakai berkat penggunaan sensor CMOS beresolusi 16.1 MP (APS-H) berstruktur microlens unggulan sehingga mampu memotret gambar dengan kualitas mengagumkan.

Canon EOS 1D Mark IV dibekali dengan dual Digic 4 prosesor. Prosesor ganda tersebut dapat bekerja maksimal dengan resolusi penuh memakai kecepatan tertinggi. Mulai dari 10fps, untuk menghasilkan 85 gambar JPEG secara berturut-turut.

Kamera DLSR ini memiliki rentang ISO 100-12.800 untuk meningkatkan kualitas hasil pemotretan meski dalam kondisi cahaya rendah. Bila dibutuhkan, angka ISO tersebut bahkan dapat diturunkan sampai 50, dan dinaikkan hingga 102.400 dengan noise yang minim.

Kualitas video yang dihasilkan memiliki resolusi tinggi 1920 x 1080 Full HD yang bisa kamu gunakan untuk merekam dalam 24, 25 serta 30 progressive frame rates. Kecepatan rekam gambar 60fps bisa diandalkan untuk hasil rekaman yang tajam.

Daftar Film yang Menggunakan Kamera Ini:

  • 127 Hours
  • Trance
  • Rush
  • Act of Valor
  • Limitless

4. Nikon D800

nikon d800
Nikon D800 pernah dipakai di film Broken Night dan Wilfred. Kamera DLSR ini cukup populer di kalangan fotografer profesional, pasalnya, Nikon D800 adalah salah satu kamera DSLR dengan resolusi terbesar (36 MP). Dengan resolusi tersebut, gambar yang dihasilkan memiliki detail yang halus dan tajam.

Resolusinya boleh besar, tapi kemasannya cukup mungil. Desain bodinya memang tidak terlalu besar, sehingga kamera ini cukup praktis saat ingin dibawa jalan-jalan. Beberapa fitur andalannya antara lain adalah auto fokus yang lebih akurat dan tepat, deteksi wajah, hingga sistem pengukuran cahaya yang pintar.

Sayangnya, Nikon D800 hanya dapat memotret 4 foto saja per detiknya. Makanya kamera DSLR ini jarang digunakan untuk mengambil gambar-gambar cepat seperti pada ajang pertandingan olahraga.

ISO yang tersedia memiliki rentang mulai dari 100-6400, namun bisa ditambah hingga 25600. Kemudian, terdapat pula fitur auto white balance 2 yang dapat menjaga warna kuning yang dihasilkan lampu, untuk menjaga kualitas hasil gambar.

5. Nikon D3

nikon d3
Nikon D3 adalah kamera DSLR untuk video shooting yang pernah dipakai di film Fantastic Mr. Fox. Kamera profesional kelas flagship dengan sensor Aps-H (18.7 X 28.1 mm) ini mampu menangkap momen dengan kecepatan 9fps, serta kemampuan burst rate hingga 10fps. 

Dengan spesifikasi tersebut, Nikon D3 menjadi pilihan banyak kalangan fotografer profesional di berbagai bidang, seperti wildlife, jurnalisme, action, hingga olahraga. Kemampuan andalannya memang untuk menangkap momen yang bergerak dengan cepat.

Para pekerja film biasanya memanfaatkan Nikon D3 untuk mendukung adegan-adegan aksi yang memang membutuhkan akurasi kecepatan yang tinggi. Hasil rekaman yang dihasilkan cukup tajam dan stabil.

Tertarik untuk Buat Film Sendiri?

Itu lah daftar 5 kamera DSLR yang digunakan untuk shooting film Hollywood, lengkap dengan spesifikasinya. Kamera-kamera DSLR ini tidak sepenuhnya dipakai untuk merekam gambar keseluruhan film, namun sebagai pendukung untuk beberapa adegan yang memiliki kebutuhan khusus, seperti adegan action yang memiliki tingkat kecepatan tinggi.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba membuat filmmu sendiri dengan salah satu kamera DSLR di atas?

Like us!

Komentar