Diperbaharui pada Rabu, 7 Juli 2021 | 15:45

8 Handheld Game Console Terbaik Gak Cuman Nintendo

Handheld Terbaik untuk Bermain Gamevia Nintendo

Bermain game merupakan salah satu opsi terbaik untuk menghilangkan kejenuhan selama isolasi Corona. Salah satu konsol yang bisa dimanfaatkan adalah konsol game genggam atau handheld game console.

Kelebihan dari perangkat untuk gaming ini sangat praktis untuk dimainkan. Seperti diketahui, social distancing merupakan salah satu hal yang perlu diterapkan saat ini saat mewabahnya virus Corona ke berbagai wilayah di Indonesia.

Nah, sambil mengisolasikan diri, kamu juga bisa memainkan game handheld untuk sekedar hiburan hingga peghilang kejenuhan. Apa saja handheld terbaik untuk bermain game tersebut?

Simak di bawah ini.

Game Handheld Terbaik Saat Isolasi Mandiri

Saat ini ada banyak handheld terbaik untuk bermain game yang bisa kamu pilih. kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

1. Nintendo Switch

Nintendo Switch

Merupakan sebuah konsol game yang mengusung tema hybrid. kamu bisa memakainya dengan waktu berkisar antara dua setengah jam hingga enam jam penuh. Yakni dengan baterai portable Switch sebesar 4.310.

Nintendo jenis ini dibekali dengan layar yang sudah berkemampuan multi-touch kapasitif. Dengan begitu, kamu bisa memainkannya langsung dengan menekan layar.

Nintendo Switch dengan berat 325 gram sudah dibekali dengan chipset Nvidia Tegra yang dicustom. Kekuatan hardwarenya sendiri diperkirakan mencapai 1 Teraflops dengan tambahan RAM 4GB.

Dengan spesifikasi game handheld tersebut maka cukup untuk menjalankan berbagai game yang ada. Harga Nintendo Switch cukup bervariasi mulai dari Rp 4 jutaan.

2. Nintendo 3DS XL

Nintendo 3DS XL

Game handheld jenis ini bisa kamu jadikan dengan jenis layar tampilan yang berupa LCD. Memiliki berat 329 gram dengan layar sebesar 4.88 inci dan 4.18 sebagai layar sentuhnya.

Resolusi layarnya pun sudah terbilang mumpuni yakni sebesar 800 x 240. kamu bisa menggunakannya dengan maksimal didukung  GPU 804 MHz ARM11 MPCore quad-core serta CPU 4x VFPv2 Co-Processor.

Menggunakan Nintendo 3DS XL kamu juga sudah mendapatkan kapasitas memori dengan FCRAM 56 MB dan VRAM 10 MB.

Tak hanya itu, masih tersedia pula slot microSD sebesar 4 GB. Dibekali dengan sensor yang bernama gyroscope serta speaker jenis stereo. Baterainya sendiri berjenis Lithium Ion dengan kapasitas 1.400 mAh. 

Dengan daya tahan baterai yang bisa kamu gunakan maksimal sekitar 7 jam. kamu pun juga bisa melakukan isi ulang game handheld ini dalam waktu 3,5 jam saja.

Dilengkapi pula dengan beberapa fitur lainnya seperti kamera utama sebesar 0,3 MP dengan resolusi mencapai 640x480 piksel. Kemudian tersedia juga WiFi, headphone, hingga NCF Support. Harga Nintendo 3DS XL 64GB dipasarkan Rp 3 jutaan.

3. Nintendo 3DS LL

Nintendo 3DS LLHadir dengan tampilan layar stereoscopic 3D dengan besar mencapai 4,88 inci. Tentu saja tampilan layar pada game handheld jenis ini sudah mengalami peningkatan dari perangkat sebelumnya yakni dengan ukuran 3,53 inci pada Nintendo 3DS.

Nintendo 3DS LL memiliki prosesor yang lebih cepat dengan pelacakan kamera yang juga lebih baik. Didukung pula dengan NCF dan MicroSD. kamu juga bisa menggunakannya dengan baterai yang bertahan hingga 7 jam lamanya. Dengan beberapa fitur lainnya seperti 2 Analo Stik, Gyro Sensor, Browser HTML5, hingga PC Nirakabel. Harga Nintendo 3DS LL dijual mulai 2 jutaan.

4. PlayStation Vita

PlayStation Vita

Kamu bisa memilih game handheld PlayStation Vita dengan komponen hardware yang cukup bertenaga. Yakni dengan dukungan prosesor quad-core serta GPU SGX543MP4.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk berbagai macam game berat seperti Final Fantasi hingga God of War. PS Vita juga sudah didukung dengan layar touch screen sebesar 5 inci dengan kamera depan dan kamera belakang.

Tak hanya itu layarnya juga sudah dilengkapi dengan 16 million colors dan OLED Multu touch screen dengan rasio 16:9. Pada bagian sound kamu bisa mendapatkan fitur Built-in stereo speakers hingga Built-in microphone.

Beberapa fitur lain yang bisa kamu dapatkan seperti  GPS, WiFi location service support, Bluetooth, mobile network connectivity (3G), Infrastructure mode, dan masih banyak lagi. Dilengkapi pula dengan sensor 6-axis motion sensing system serta 3-axis electronic compass.

Dimensinya sendiri mencapai 182.0 x 18.6 x 83.5 mm dengan prosesor ARM® Cortex™- A9 core (quad-core/4 core). Harga PlayStation Vita sendiri dibanderol mulai dari 1 jutaan, tergantung dari kapasitas memori.

5. Nintendo 2DS

Nintendo 2DS

Pada Nintendo 2DS memiliki layar yang sudah dilindungi oleh penutup plastik yang umumnya sulit terdapat pada konsol. Layarnya sendiri berukuran 3,53 inci dengan dimensi layar mencapai 144 x 127 x 20 mm.

Kamu bisa memakainya dengan berat yang cukup ringan yakni hanya 260 gram saja. Terdapat 1 analog stik yang bisa kamu gunakan  serta 1 D-pads. 

Dilengkapi pula dengan fitur kamera kembar sebesar 0,3 MP sehingga kamu bisa mengambil foto 3D. Terdapat pula Built-in giroskop dengan penggunaan baterai yang tidak boros.

Kamu bahkan bisa bermain game lebih lama lebih dari 5 jam. Sementara fitur lain yang bisa kamu dapatkan seperti WiFi, Streetpass, Spotpass, hingga Miiverse. Harga Nintendo 2DS dikisaran Rp 1 jutaan.

6. Nintendo 2DS LL

Nintendo 2DS LLMemiliki berat sekitar 260 gram kamu bisa memilih game handheld yang simple satu ini. Nitendo jenis ini juga sudah menggukan baterai tipe Lithium Polymer. Dilengkapi pula dengan memori MC 32 GB yang bisa kamu gunakan untuk full game.

Kamu juga akan mendapatkan adaptor sebesar 32 GB dengan pilihan warna Nintendo 2DS LL yakni Black Lime, Black Torquo, White Lavender, dan White Orange. Harga Nintendo 2DS LL dibanderol mulai dari 2 jutaan.

7. Nintendo 2DS XL

Nintendo 2DS XL

Bermerk sebagai New Nintendo 2DS LL, kamu bisa memperoleh game handheld ini dengan desainnya yang indah dengan tersedianya pilihan permainan besar. Dilengkapi juga dengan charger  atau pengisi daya.

Tidak tersedia kemampuan 3D sehingga harganya cukup terjangkau. Pada CPU nya sendiri lebih cepat atau sama dengan New 3DS XL. 

Dengan layar ukuran yang besar yakni XL, kamu bisa menikmati tingkat kecerahan yang bagus saat bermain game. Yakni dengan tampilan 800 x 240 piksel dan berat sekitae 261 gram saja. Dilengkapi pula FCRAM 256 MB serta VRAM 10 MB dengan slot microSD 4GB.

Nintendo jenis ini juga sudah dilengkapi dengan baterai Lithium Ion sebesar 1.300 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu mulai dari 3,5 jam sampai 7 jam lamanya.

Tak hanya itu, kamu juga sudah mendapatkan fitur lainnya seperti speaker stereo, kamera depan belakang, headphone, hingga WiFi. Harga Nintendo 2DS XL dibanderol mulai dari 1 jutaan.

8. Nvidia Shield K1

Nvidia Shield K1

Game handheld yang satu ini ditenagai dengan chipset jenis Nvidia Tegra K1 dengan memori RAM sebesar 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB.

Tak hanya itu, kamu juga masih disediakan slot microSD jika sewaktu-waktu diperlukan. Pada NVIDIA Shield K1 ini dilengkapi dengan layar IPS 8 inci dengan resolusi mencapai 1.920 X 1.200 piksel.

NVIDIA Shield K1 memiliki dimensi sebesar 221 x 126 x 9.2 mm dengan berat mencapai 390 gram. Selain bermain game, kamu juga bisa mendapatkan beberapa fitur lainnya seperti kamera depan dan belakang yang masing-masingnya sudah beresolusi 5 MP.

Tentu saja dengan resolusi tersebut mampu penghasilkan hasil foto yang cukup bagus.  Game handheld yang satu ini juga sudah ditenagai dengan kapasitas baterai yang mencapai 5.197 mAh.

Tentu saja dengan kapasitas baterai tersebut kamu bisa memakainya untuk bermain game atau aktivitas lain dengan waktu yang cukup lama bahkan lebih dari cukup.

Beberapa fitur lain yang bisa kamu dapatkan pun beragam, seperti Bluetooth, WiFi, hingga Mini HDMI. Harga NVIDIA Shield K1 di jual sejutaan.

Itulah beberapa jenis game handheld terbaik yang bisa kamu pilih. Apakah kamu mempunyai salah satu game di atas ataukah berencana untuk membelinya? Pastinya, beberapa game tersebut sangat cocok menemani keseharian kamu di rumah.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

990 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.