Diperbaharui pada Kamis, 14 Januari 2021 | 11:00

Situs Lelang Barang Murah! Dijamin Barang Asli dan Original

Oleh Imam Ali

situs lelang terbaikFoto: Pixabay

Untuk Anda yang seorang kolektor dan pemburu produk otomotif, lelang adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan. Lelang  juga sumber utama untuk bisa menemukan jenis mobil atau motor yang ingin Anda beli. 

Salah satu situs lelang terbesar di Indonesia adalah JBA. JBA lelang mobil Jakarta 2020 bisa Anda ikuti untuk menemukan mobil atau sepeda motor yang sesuai dengan selera.

Namun selain situs JBA, masih ada beberapa situs lainnya yang menawarkan berbagai mobil dan motor dengan harga terjangkau. Penasaran apa sajakah situs yang menyediakan layanan lelang mobil dan motor terbaik namun harganya ramah di kantong? 

Situs Lelang Terbaik di Indonesia 

1. IBID

IBID

Ibid adalah salah satu situs yang menawarkan kendaraan lelangan yang mudah diakses di mana saja dan tentu kapan saja Anda mau.

Mereka juga memiliki aplikasi IBID yang bisa di download di Play Store. IBID dikelola oleh Astra dan barang yang dilelang adalah berbagai macam kendaraan dengan segala macam tipe dan tahun.  

Fitur yang ditawarkan oleh situs ini adalah bisa menemukan barang lelangan dan menjual barang Anda untuk dilelang. Untuk ikut lelang, maka situs ini memberikan fitur : 

  • Cari kendaraan dan cek jadwal lelang
  • Cek detail kendaraan 
  • Auto BID, tawar harga secara otomatis

Untuk menitipkan barang agar dilelang, maka situs ini memberikan fitur yang mudah diaplikasikan karena pengguna hanya perlu melakukan pendaftaran di situs.

Kelebihan dari situs Lelang ini tentunya adanya cek detail kendaraan sementara kekurangannya adalah situs ini khusus melelang produk dengan jenis kendaraan saja.  

Situs lelang dari IBID menawarkan frekuensi jadwal lelang hingga 50 kali per bulannya dan Anda bisa mengikuti jadwal lelang dengan mengeceknya di situs atau aplikasi.

2. Info Lelang BRI

Info Lelang BRI

Info Lelang BRI merupakan situs yang dikelola oleh Bank BRI untuk melelang berbagai aset milik mitranya yang bisa Anda akses di https://infolelang.bri.co.id/.

Beberapa barang yang dilelang oleh situs ini adalah berbagai macam properti seperti bangunan rumah, villa, pabrik, tanah dan adapula lelang kendaraan dan mesin. 

Fitur yang ditawarkan oleh situs ini adalah “Cari Aset” yang dibuat untuk memudahkan Anda agar bisa menemukan properti lelangan di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu terdapat fitur “Filter” yang memudahkan Anda menemukan aset yang Anda inginkan sesuai dengan lokasi, harga, tipe aset dan sebagainya.

Kelebihan dari situs Lelang ini tentunya adanya detail nomor pemilik aset sehingga Anda bisa bernegosiasi langsung mengenai harga yang ditawarkan.

Sementara kekurangan dari Info Lelang BRI adalah situs ini hanya memberikan informasi mengenai aset yang sedang dilelang, tidak ada fitur bagi Anda yang tertarik untuk menawarkan aset Anda untuk bisa dilelang di situs.

3. Mandiri Lelang

Mandiri Lelang

Sebagaimana Info Lelang BRI yang dikelola oleh BRI, maka Bank Mandiri juga memiliki situs lelang. Selain bisa diakses di situs tersebut, adapula aplikasi Mandiri Lelang yang gratis diunduh di berbagai smartphone

Beberapa barang yang dilelang oleh situs ini adalah sawah, rumah, tanah darat, pabrik kosong, gudang, tanah kebun, ruko, kios, mesin, mobil dan motor. Fitur yang ditawarkan oleh Mandiri Lelang adalah bisa memilih kategori aset dan mencari harga maksimal. 

Kelebihan dari situs Mandiri Lelang adalah ada dua metode penjualan yang ditawarkan untuk Anda yang tertarik membeli aset yakni bisa membeli langsung atau mengikuti lelang. 

Kekurangan dari Mandiri Lelang adalah meskipun aset yang ditawarkan sangat beragam, namun mayoritas yang muncul adalah aset properti sehingga Anda yang mencari kendaraan, tidak cocok mencarinya di situs ini. 

4. JBA

JBA

Anda yang ingin sekali mengikuti lelang kendaraan, Anda bisa mengikuti situs JBA atau aplikasi JBA. JBA sendiri dikelola oleh JBA BidWin Auction.

JBA adalah situs lelang kendaraan nomor satu yang ada di Indonesia dan yang paling terkenal.  JBA lelang mobil Jakarta 2020 banyak diikuti oleh banyak pelelang.  

Kendaraan yang dilelang oleh situs ini tentunya adalah mobil dan motor dengan segala tipe. Fitur yang ditawarkan oleh situs JBA  sangat memudahkan Anda yang ingin mencari kendaraan.

Terdapat fitur “Daftar Lelang Mobil”,  “Daftar Lelang Motor”,  “Hasil Harga Lelang” dan adanya jadwal lelang. Kelebihan dari JBA adalah adanya poin reward yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan hadiah.

Kekurangan dari JBA adalah hanya terfokus untuk melelangkan kendaraan saja, tidak dengan barang lain. JBA memang aktif melelangkan kendaraannya di berbagai event seperti JBA lelang mobil Surabaya 2020. 

Selain melakukan event lelang mobil, adapula JBA lelang motor Surabaya 2020 yang bisa diikuti oleh para pecinta otomotif. Sementara penawaran yang dimiliki oleh situs ini adalah hadirnya poin reward untuk siapapun yang membeli barang lelang dan menitip barang untuk dilelang. 

5. Lelang Indonesia

Lelang Indonesia

Lelang Indonesia adalah situs lelang resmi milik Indonesia yang dikelola langsung oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Lelang KPK juga dikelola oleh situs ini.

Beberapa barang yang dilelang oleh situs Lelang Indonesia adalah rumah, tanah, gudang, ruko, hotel dan villa, mobil dan motor.

Fitur yang ditawarkan oleh Mandiri Lelang adalah bisa melakukan filter pada apa yang ingin Anda cari mulai dari lokasi hingga harga yang ditawarkan.

Kelebihan dari situs Lelang Indonesia adalah pembagian kategori aset yang ditampilkan di situs memudahkan Anda dalam melakukan pencarian.

Sementara untuk kekurangannya adalah Anda tidak harus mengikuti jadwal lelang dan tidak bisa melakukan pembelian aset langsung.

6. Youb.id

Youb.id

Youb.id adalah sebuah platform lelang berbagai macam barang. Beberapa barang yang dilelang sangatlah beragam mulai dari barang antik, sepatu, elektronik, mobil dan masih banyak lagi. 

Fitur yang ditawarkan Youb.id adalah bisa memilih barang sesuai dengan kategorisasi mengingat banyaknya barang yang dilelang di situs ini.

Kelebihan dari Youb.id adalah adanya informasi waktu pelelangan terakhir karena memang situs ini memfasilitasi lelang yang bisa dilakukan secara online tanpa harus melakukan event pelelangan secara langsung. 

Sementara untuk kekurangannya adalah ketika Anda mengikuti lelang online, maka Anda tidak bisa mengecek detail kondisi barang yang ingin Anda beli. 

Tips Membeli Barang Lelang Agar Tidak Tertipu

Waspada sevelum membeli barang lelang supaya tidak tertipu adalah hal penting yang harus Anda lakukan. Bila situs lelangnya terpercaya, Anda tidak perlu khawatir, namun ada beberapa situs lelang yang perlu dicek secara detil. Anda harus mengetahui dengan tepat apa yang Anda beli. Berikut adalah tipsnya :

1. Lakukan Riset Dahulu

Dapatkan sebanyak mungkin informasi tentang barang sebelum Anda ingin membelinya, baca informasi dengan seksama.

2. Minta Waktu untuk Memeriksa Barang

Jika memungkinkan, Anda bisa mengecek terlebih dahulu barang yang ingin Anda beli di pelelangan supaya tidak salah beli.

3. Cari Tahu Mengenai Biaya Tambahan

Periksa biaya tambahan sebelum Anda mengajukan penawaran. Situs lelang biasanya memungut komisi 15-25 % di atas harga palu dan beberapa platform penawaran online mengenakan biaya 3-5%.

Memang tidak menyenangkan apabila mendapat barang lelang yang tidak sesuai yang diharapkan. Untuk itulah Anda perlu berhati-hati dalam memilih dan gunakan situs lelang di atas yang sudah kredibel.

Like us!

Komentar