Monitor Gaming Lengkung Terbaik, yang 3 Jutaan Ada?

Oleh Imam Ali updated Jumat, 3 Jul 2020 | 18:09

Monitor Gaming Lengkung Terbaikvia Samsung

Bermain game merupakan aktivitas yang sangat seru bagi sebagian orang. Tidak mengherankan jika kemudian banyak sekali orang yang menghabiskan waktu dengan bermain game.

Banyaknya berbagai jenis game yang bermunculan membuat orang tersebut semakin betah untuk berada di depan monitor PC gaming.

Tapi bila berbicara kenyamanan, bagi sebagian gamer layar besar menjadi salah satu faktor penting ketika bermain game. Selain lebih luas, setiap detail pasti akan terlihat.

Sensasinya berbeda ketika gaming di hp dengan di laptop. Atau bila perlu menggunakan monitor dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Apalagi sudah banyak monitor PC gaming yang bisa dipilih. Kita bisa memilih monitor gaming murah hingga yang berharga premium. Yang menarik, teknologinya menyamai sebuah TV, kini monitor gaming sudah menggunakan teknologi layar lengkung.

Monitor gaming layar lengkung akan memberikan pengalaman visual sangat mengagumkan dan tampilan tiga dimensi. Selain itu, layar monitor ini juga akan menampilkan sudut pandang yang jauh lebih luas dari sisi kanan ataupun kiri.

Apa saja monitor gaming dengan layar lengkung yang layak di coba? Simal ulasannya di bawah ini.

Daftar Monitor Gaming Layar Lengkung Terbaik

Hingga detik ini, ada banyak sekali monitor PC gaming layar lengkung yang dijual di pasaran dengan harga yang sangat bervariasi. Berikut pilihannya :

1. MSI Optix MAG24C

MSI Optix MAG24CBagi yang mencapri monitor gaming murah dan sudah layar lengkung adalah Optix MAG24C yang memiliki LCD sebesar 27 inci dengan aspect ratio 16:9 serta dilengkapi dengan fitur backlight led hingga mampu menghasilkan variasi warna yang mencapai 16,7 juta dan resolusi 1920 x 1080 piksel.

Selain itu, hal menarik yang bisa didapatkan dari monitor gaming dari MSI ini adalah tingkat kelengkungan yang mencapai 1800 r hingga mampu menampilkan sudut pandang sisi kanan ataupun kiri dengan jelas. 

Memiliki permukaan silverstone finish yang terdapat pada penyangga kaki di bagian belakang monitor sekaligus dikombinasikan dengan warna merah menjadikan monitor gaming murah ini memiliki desain yang sangat khas.

Dengan bobot yang mencapai 5,83 kg, layar lengkung terbaik keluaran dari msi ini ni memiliki tingkat refresh rate antara 60 hz sampai 144 hz.

Secara umum, jenis monitor PC gaming yang satu ini memiliki penumpang layar persegi yang cenderung memiliki kesan kaku dengan mounting sebesar 75 x 75 mm yang akan berfungsi untuk menyematkan monitor tersebut pada sebuah dinding.

Tidak kalah menariknya lagi, monitor layar lengkung ini juga bisa diatur ketinggiannya dan diputar baik ke arah kiri atau pun kanan.

Untuk memberikan kenyamanan dalam mengoperasikan layar monitor lengkung ini juga dilengkapi dengan joystick untuk mengakses berbagai menu setting.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 23.6 inch
Resolution 1920 x 1080
Refresh Rate 144 Hz
Aspect Ratio 16:9
Contrast Ratio 3000:1
Power Comsumption 48 W
Tipe Monitor LED
HDMI Ports 1 Port(s)
USB Ports -
Display Port 1 Port(s)
Other Ports DVI-D

2. Viewsonic VX3258

Viewsonic VX3258Buah monitor gaming murah line dikenal sebagai Viewsonic VX3258 yang memiliki ukuran layar sebesar 32 inci dengan warna hitam. Untuk kaki penyangganya terbuat dari bahan metal dengan pemasangan yang sangat mudah dan pastinya juga sangat kokoh.

Ukurannya yang cenderung lebih panjang menjadikan monitor gaming Viewsonic berlayar lengkung ini membutuhkan meja yang cenderung lebih lebar demi menjaga keamanan didalam memposisikannya.

Selain itu, layar monitor ini memiliki tingkat kelengkungan 1800 r dengan rasio sebesar 16:9 yang menjadikannya bezel pada sisi kanan ataupun kiri cenderung lebih tipis.

Untuk bagian belakang layar juga dilengkapi dengan berbagai port seperti 2 port hdmi dan juga audio jack 3,5 mm. Sayangnya jenis monitor layar lengkung ini tidak memiliki port USB namun digantikan dengan keberadaan built-in speaker.

Dengan demikian, seorang gamer nantinya tidak akan membutuhkan headphone karena monitor ini bisa menghasilkan suara yang cukup jelas dengan kualitas gambar yang mengagumkan.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 32 inch
Resolution 2560 x 1440
Refresh Rate 144 Hz
Aspect Ratio 16:9
Contrast Ratio 3000 :1
Power Comsumption 52 W
Tipe Monitor LED
HDMI Ports 2 Port(s)
USB Ports -
Display Port 2 Port(s)
Other Ports Audio Out, OSD Joystick

3. ASUS ROG Strix XG32VQ

ASUS ROG Strix XG32VQSelain beberapa monitor gaming layar lengkung terbaik di atas, ada juga monitor gaming murah yang dikenal dengan ASUS ROG Strix XG32VQ dengan panjang monitor 32 inci.

Jenis monitor layar lengkung ini juga dilengkapi dengan freesync serta refresh rate 144hz yang akan memberikan pengalaman bermain game tanpa stutter ataupun patah.

Dilengkapi dengan asus aura sync yang telah tersinkronisasi dengan baik menjadikan layar ini bisa dipersonalisasikan dengan set up layar ini bisa dipersonalisasikan dengan set up gaming layar ini bisa dipersonalisasikan dengan setup gaming yang sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu saja, gaming monitor ASUS dengan layar lengkung ini juga memiliki kurvatur 1800r yang akan memberikan kenyamanan ketika bermain game ataupun menonton film.

Hadir dengan visual yang sangat mulus dan cepat menjadikan kegiatan bermain game akan semakin menyenangkan titik tidak mengherankan jika jenis monitor layar lengkung yang satu ini banyak diminati oleh para penggila game di seluruh dunia.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 32 inch
Resolution 2560 x 1440
Refresh Rate 144 Hz
Aspect Ratio 16:9
Contrast Ratio 3000:1
Power Comsumption 43 W
Tipe Monitor LED
HDMI Ports 1 Port(s)
USB Ports 2 Port(s)
Display Port 1 Port(s)
Other Ports 3.5mm Mini-Jack

4. Samsung CHG70

Samsung CHG70Untuk monitor gaming terbaik lain yang sangat direkomendasi adalah Samsung CHG70 yang merupakan sebuah layar langkung terbaik dengan ukuran 32 inci dan dilengkapi berbagai fitur menarik seperti halnya hrd support serta amd freesync.

Disebutkan bahwa monitor PC Samsung untuk gaming ini memiliki sebuah tampilan yang sangat menari dengan warna abu-abu gelap yang dilengkapi dengan dudukan berbentuk Y. 

Tidak hanya itu saja, monitor gaming layar lengkung terbaik ini didesain dengan ketinggian 25 inci serta panjang yang mencapai 28,5 x 16,3 inci.

Pada bagian belakang dari monitor PC gaming layar lengkung tersebut dilengkapi dengan koneksi hdmi sekaligus USB 3.0.

Selain itu ada juga port audio 3,5 mm yang bisa dihubungkan pada headphones ataupun headset ketika sedang bermain game. Sayangnya, monitor ini tidak dilengkapi dengan speaker.

Mengenai tampilan dari layar gaming monitor terbaik ini memiliki tingkat kecerahan yang sangat sempurna dan pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bahkan warna yang ditampilkan pada monitor ini cenderung lebih tajam sehingga akan memberikan pengalaman bermain game yang sangat menyenangkan.

Tidak mengherankan jika dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh monitor layar lengkung satu ini memberikan anne-marie oduk Samsung CHG70 menjadi salah satu jenis monitor gaming terbaik yang dicari di pasaran.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 32 inch
Resolution 2560 x 1440
Refresh Rate 144 Hz
Aspect Ratio 16:9
Contrast Ratio 3000 :1
Power Comsumption 78 W
Tipe Monitor QLED
HDMI Ports 2 Port(s)
USB Ports 1 Port(s)
Display Port 1 Port(s)
Other Ports Headphone

5. Acer Predator Z35

Acer Predator Z35Acer Predator Z35 memiliki teknologi nvidia g-sync yang akan memberikan pengalaman terbaik bagi para pecinta game. Memiliki desain yang sebagian besar berwarna hitam dengan bahan material plastik serta dilengkapi aksen merah di beberapa titik menjadikan monitor ini memiliki kesan yang lebih tegas.

Untuk bagian bezel memiliki ukuran 14 mm dengan bagian samping berukuran 25 mm. Tidak hanya itu saja, pada bagian bawah juga terdapat logo predator yang terkesan futuristik dan maskulin.

Fitur menarik lain yang bisa didapatkan dari monitor gaming murah yang satu ini adalah adanya lampu led dengan berbagai warna yang terdiri dari hijau, merah, putih, jingga dan biru. Pada bagian bawah juga ada tombol pengendali osd atau on screen display serta fitur ambient light.

Ada juga beberapa port USB yang terdiri dari 4 buah port USB 3.0 serta USB upstream pada bagian samping. Dengan dudukan yang bisa dirubah ke berbagai arah, best gaming monitor dengan layar lengkung terbaik ini memiliki refresh rate 200 hz serta rasio kontras 2000:1.

Sedangkan kelengkungan dari layar monitor ini mencapai 2000 r dan warna 8 bit tanpa adanya dithering. 

Selain itu juga, adanya teknologi g-sync pada layar monitor lengkung ini akan mengatasi permasalahan stuttering ataupun tearing ketika bermain game.

Mengenai resolusi dari layar ini adalah sebesar 2560 x 1080 pixel sehingga akan memberikan pandangan yang sangat luas pada sisi kanan ataupun kiri.

Mengenai kualitas suara yang dihasilkan, monitor PC gaming ini memiliki Q2 speaker 9 watt dts. Sayangnya untuk suara mid range dan treble tidak terdengar dengan sempurna namun hal ini tidak mempengaruhi aktivitas bermain game dengan monitor layar lengkung ini. 

Tidak kalah menariknya lagi, layar monitor dari PC gaming monitor layar lengkung ini memiliki teknologi anti matahari sehingga akan menghasilkan tekstur gambar yang terlihat lebih halus dan terbebas dari adanya graininess yang begitu pekat.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 35 inch
Resolution 2560 x 1080
Refresh Rate 144 Hz
Aspect Ratio 16:9
Contrast Ratio 300.000.000:1
Power Comsumption 52 W
Tipe Monitor LCD
HDMI Ports 1 Port(s)
USB Ports 1 Port(s)
Display Port 1 Port(s)
Other Ports DVI-D, D-Sub(VGA)

6. Acer Predator X34

Acer Predator X34Salah satu jenis monitor PC gaming layar lengkung yang terbaik adalah Acer Predator X34 yang merupakan sebuah monitor ultra wide dengan ukuran 34 inci. Saat ini jenis monitor tersebut telah hadir dengan dua versi yaitu XR341CKA dan XR341CK.

Dikenal sebagai monitor untuk para gamers sejati, jenis monitor dengan layar lengkung ini mengusung teknologi amd freesync dan dilengkapi Nvidia G-Sync.

Dengan berbagai fitur tersebut menjadikan kegiatan bermain game semakin menyenangkan. Dianggap sebagai best gaming monitor Acer Predator X34 ini memiliki tipe ips led backlight dengan resolusi 3400 x 1400 pixel serta rasio 21:9.

Selain itu, dengan adanya teknologi nvidia g-sync serta amd freesync akan membantu di dalam mengurangi sebuah tampilan layar yang yang terkoyak ataupun lag display.

Dengan kata lain hal ini juga akan membantu di dalam mengurangi permasalahan mata yang mudah lelah ketika menatap sebuah monitor dalam waktu yang lebih lama.

Menariknya lagi, monitor PC Acer untuk gaming ini juga dilengkapi dengan contrast ratio 1000:1, waktu respon 4ms, kecerahan 300 cd/m2 dengan sudut pandang 172/178 derajat.

Tidak hanya itu saja, Acer Predator X34 ini juga memiliki in speaker stereo yang memiliki kekuatan sebesar 7 watt x 2 dan dilengkapi teknologi dts sound audio.

Mengenai penyangga yang digunakan, jenis monitor dengan 4 port USB 3.0 hub, 41 x hdmi serta 1 x display port tersebut memiliki sebuah penyangga yang kemiringannya serta ketinggiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini monitor tersebut telah dipasarkan di amerika serikat dan dibanderol sebesar  1300 dolar.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 34 inch
Resolution 3440 x 1440
Refresh Rate 100 Hz
Aspect Ratio 21:9
Contrast Ratio 100.000.000:1
Power Comsumption 54 W
Tipe Monitor LCD
HDMI Ports 1 Port(s)
USB Ports 5 Port(s)
Display Port 1 Port(s)
Other Ports D-Sub(VGA)
 

Perbandingan Layar Lengkung vs Layar Datar

Perbandingan Layar Lengkung vs Layar Datar
Secara umum disebutkan bahwa layar monitor yang kerapkali dijadikan sebagai media dalam bermain game terbagi menjadi dua yaitu layar lengkung dan layar datar.

Masing-masing jenis layanan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang kemudian dijadikan sebagai pertimbangan bagi semua orang di dalam membeli sebuah layar monitor untuk bermain game.

Tentu saja masing-masing layar tersebut akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika sedang memainkan sebuah game.

Untuk diketahui bahwa layar datar yang kerap kali ditemukan di pasaran ini ini memiliki keunggulan yaitu bisa menghasilkan gambar yang rapat dan halus.

Selain itu dengan desain yang artistik dan ramping menjadikan layar monitor tersebut terkesan lebih profesional ketika diletakkan di atas sebuah meja. Dengan radiasi yang sangat rendah menjadikan monitor PC gaming ini cenderung lebih hemat energi.

Sayangnya monitor gaming murah semacam ini hanya bisa memberikan pengalaman bermain game dengan tampilan 2 dimensi saja.

Selain itu jika monitor tersebut terjatuh, maka kristal cair yang terdapat di dalamnya akan pecah sehingga akan mempengaruhi layar monitor tersebut dari segi penampilannya yang menjadi lebih hitam.

Berbeda dengan best gaming monitor layar lengkung yang akan memberikan pengalaman visual sangat mengagumkan dan tampilan tiga dimensi.

Selain itu, layar monitor ini juga akan menampilkan sudut pandang yang jauh lebih luas dari sisi kanan ataupun kiri. Tentu saja dengan berbagai kelebihan semacam ini menjadikan layar monitor lengkung ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang menyukai aktivitas gaming.

Untuk kekurangan dari monitor gaming murah dengan layar lengkung ini terletak pada harganya yang memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan monitor layar datar.

Selain itu ukurannya yang sangat besar membutuhkan ruangan yang juga besar demi menciptakan keseimbangan di dalam sebuah ruangan tersebut.

Itulah beberapa jenis best gaming monitor layar lengkung yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk Anda yang menyukai kegiatan gaming.

Untuk mendapatkan monitor tersebut, pastikan Anda mempertimbangkan harga sekaligus juga fitur yang diusungnya.

Melalui cara ini nantinya Anda akan mendapatkan sebuah layar monitor yang sesuai dengan keinginan dan pastinya akan melalui cara ini nantinya Anda akan mendapatkan sebuah layar monitor yang sesuai dengan keinginan dan pastinya akan memberikan pengalaman yang sangat menakjubkan ketika menyelesaikan sebuah game favorit Anda.

Artikel Terkait

Komentar