Diperbaharui pada Selasa, 26 Januari 2021 | 09:12

8 Air Fryer Terbaik 2021, Menggoreng Sehat dan Bebas Kolesterol

Oleh Restu Aji Siswanto

air fryer terbaik
Air fryer dapat mempercepat proses memasak, namun alat memasak ini memang belum terlalu familiar bagi masyarakat Indonesia. Air fryer menggunakan udara untuk menggoreng. Ini yang membuatnya lebih sehat karena tidak menggunakan minyak sama sekali, sehingga bebas kolesterol.

Tentang Teknologi Air Fryer

Seperti yang disinggung, tak ada minyak yang dipakai untuk air fryer. Teknologi yang dipakai dalam penggorengan tanpa minyak ini memungkinkannya mengedarkan udara panas dalam kecepatan tinggi. 

Aliran udara panas yang mengelilingi makanan berasal dari kipas mekanik dalam alat. Lalu, kandungan air dalam makanan akan menguap sekaligus mematangkannya dalam tekstur renyah.

Jenis makanan yang dapat diolah air fryer relatif beragam dari daging, tahu, tempe, kentang, seafood, frozen food, sampai kerupuk. Bahkan ada air fryer yang mampu membakar roti hingga memanggang steak, lho!

Walau tanpa minyak, makanan-makanan yang kita masak dalam alat ini tetap punya cita rasa enak dan tekstur konsisten. Jangan cemaskan soal sumber energi juga, sebab ada air fryer watt kecil yang beredar di pasaran.

Rekomendasi Air Fryer Terbaik

Menentukan mana produk air fryer yang paling tepat tentunya perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti seberapa sering kita menggunakannya, jumlah anggota keluarga, atau seberapa banyak makanan yang akan dimasak.

Berikut ini rekomendasi air fryer terbaik yang bisa dipilih.

1. Notale NTL-AF256

Air fryer Notale NTL-AF256 menawarkan kapasitas yang cukup besar, dengan baki makanan yang dapat menampung hingga 4 liter. Ini sekaligus menjadikannya sebagai air fryer yang cocok untuk keluarga besar.

Air fryer ini menggunakan daya 1300 Watt, dengan fitur pengontrol yang serba digital. Cukup dengan menyentuh saja, kita bisa langsung mengaktifkannya.

Salah satu kelebihan dari air fryer Notale NTL-AF256 adalah bagian atas yang berupa kaca transparan, sehingga kita dapat dengan mudah memantau proses penggorengan yang dilakukan.

2. Philips Air Fryer HD9220

air fryer philips

Dengan bentuk ergonomis, air fryer terbaik dari Philips ini akan memudahkan kita menggoreng makanan hingga menghasilkan tekstur renyah di luar serta lembut di dalam. 

kita juga tidak perlu cemas makanan bakal gosong, sebab Philips Air Fryer HD9220 sudah dilengkapi timer, pengaturan suhu, hingga fitur auto-off. Konsumsi listrik yang keluar saat air fryer dipakai pun hanya 1400 watt.

3. Notale NTLA1

Bila mencari air fryer murah dengan kapasitas kecil, maka air fryer Notale NTLA1 adalah jawabannya. Air fryer ini memiliki kapasitas 2 liter, sehingga cocok digunakan untuk menggoreng lebih sedikit makanan.

Desain baki yang mudah ditarik, menjadikan air fryer ini lebih praktis dalam hal penggunannya. Jumlah daya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, yakni 800 Watt.

Dengan bentuk kecil dan bobot yang lumayan ringan, Notale NTLA1 menjadi sangat mudah untuk disimpan. Air fryer ini cocok untuk keluarga kecil, atau anak kost.

4. Philips Airfryer XXL

philips air fryer xxl

Butuh air fryer berkapasitas besar? Philips secara khusus menghadirkan Philis Airfryer XXL yang diklaim mampu mengurangi lemak hingga 90%. Air fryer Philips ini cocok untuk kebutuhan memasak yang banyak.

Dengan ukuran XXL, penggorengan tanpa minyak ini mampu mengolah makanan seukuran satu ekor ayam utuh atau dua kantung keripik kentang. Bukan hanya itu, kecepatan memasaknya bisa sampai empat kali lebih cepat dibandingkan oven biasa. 

5. Strogen Air Fryer

strogen air fryer

Berikutnya ada Strogen Air Fryer yang menawarkan teknologi sirkulasi udara terbaru yang mampu mengurangi kadar lemak hingga 85% pada masakan. 

Panel LED disediakan untuk memudahkan kita membaca keterangan waktu dan lain sebagainya. Dengan fitur keep warm dan automatic auto-off, Strogen Air Fryer akan membuat makanan kita tetap hangat dan anti-gosong. 

6. Oxone OX-277

air fryer oxone

Oxone OX-277 adalah salah satu air fryer watt kecil berkualitas dengan konsumsi listrik 1.200 watt saja. Walau begitu, perangkat Oxone ini mampu melakukan perputaran udara maksimal yang akan mempercepat matangnya masakan. 

Fitur lain berupa putaran 360 derajat juga akan membuat proses menggoreng merata ke seluruh permukaan. Oxone OX-277 adalah salah satu produk populer dengan harga terjangkau.

7. Maspion AF-250

air fryer maspion

Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan merek Maspion. Mereka menghadirkan Maspion AF-250 di lini air fryer dengan keranjang penggorengan dan panci anti-lengket. Jadi, kita tak akan kesulitan buat membersihkannya. 

Maspion AF-250 sendiri memiliki kapasitas sebesar 2,5 liter yang cocok buat kita yang ingin menyajikan hidangan untuk keluarga.

8. Midea MF-CN20A

air fryer midea

Air fryer lainnya yang dapat kita pertimbangkan adalah Midea MF-CN20A. Salah satu keunggulan yang ditawarkan alat besutan Midea ini adalah kemampuannya dalam mengolah masakan dengan cara digoreng, dipanggang, hingga dikukus. 

Kapasitas penggorengan 2,2 liter pun membuat Midea MF-CN20A direkomendasikan buat kita yang ingin memasak dalam porsi besar. 

Memilih Air Fryer Sesuai Kebutuhan

Walau penggunaannya terlihat mudah, memilih penggorengan tanpa minyak tak boleh sembarangan, apalagi harganya tidak murah. Nah agar tidak menyesal setelah menjatuhkan pilihan, berikut ini cara memilih air fryer yang sesuai kebutuhan.

1. Pilih Jenis Air Fryer yang Tepat

Ada tiga jenis air fryer yang dapat kita jumpai di pasaran, antara lain basket air fryer, paddle air fryer, dan oil-free turkey fryer. Basket air fryer adalah jenis yang paling umum digunakan karena cara pakainya yang sangat mudah. 

Sementara paddle air fryer lebih sesuai untuk menggoreng frozen food. Jenis oil-free turkey fryer adalah jenis yang ditawarkan untuk kita yang ingin mengolah masakan dalam jumlah besar, dan cocok untuk bisnis catering.

2. Periksa Kapasitas Air Fryer

Selain menimbang air fryer watt kecil atau besar, kita juga perlu memeriksa kapasitas air fryer. Kalau kita masih tinggal sendiri atau menikah dan belum punya anak, maka air fryer dengan kapasitas 0,5 sampai 1 liter sudah mencukupi.

Namun, kalau kita tinggal dengan keluarga besar atau senang menjamu teman, berarti air fryer berkapasitas di atas 1 liter adalah pilihan yang tepat. Hal ini juga bakal mempengaruhi bujet yang dikeluarkan.

3. Punya Timer dan Pengatur Suhu

kita yang kurang bisa mengelola waktu sebaiknya memilih air fryer yang dilengkapi pengaturan suhu. Dengan begitu, kita tak akan kesulitan menggoreng memakai air fryer dengan suhu merata. 

Sementara timer adalah fitur yang memungkinkan kita mencegah masakan gosong. Dalam hal ini, pastikan alat tersebut mempunyai fitur automatic shut-off yang akan mematikan sistem sesuai waktu yang telah kita atur.

4. Material yang Mudah Dibersihkan

Terakhir, pastikan air fryer yang kita pilih terbuat dari material yang mudah dibersihkan. Sebagian besar air fryer disusun dalam beberapa bagian yang akan memudahkan kita untuk membongkar dan memasangkannya kembali.

Hal ini bertujuan supaya setiap kotoran yang terselip dapat terangkat saat kita mencucinya. Air fryer yang merepotkan dalam perawatan hanya akan membuat kita malas memasak karena kotor.

Itu dia beberapa tips cara memilih air fryer yang tepat sesuai kebutuhan, selamat memasak!

Like us!

Komentar