Cari TV 8K UHD Terbaik? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 17 Feb 2020 | 13:45

TV UHD 8K Terbaik
Trend televisi beresolusi 8K saat ini menjadi pilihan yang banyak diminati. Samsung menjadi brand pertama yang memperkenalkan TV dengan teknologi 8K. Kehadiran teknologi ini tentunya memberikan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh TV dari generasi sebelumnya yaitu 4K UHD dan Full HD

Seperti yang diketahui TV saat ini tidak hanya sebatas menonton TV tetapi juga untuk berbagai kebutuhan lain seperti mengakses komputer, menjelajah web, streaming video, dan lain sebagainya. Produk–produk TV saat ini sudah menggunakan asisten berbasis suara seperti Alexa, Bixby, Google Assistant, dan memungkinkan interaksi jarak jauh melalui suara berkat fitur mikrofon di TV.

Makin besar ukuran panel, resolusi tampilannya akan semakin ditingkatkan, sehingga resolusi 8K akan semakin banyak di pasaran. Sejumlah perusahaan meyakini bahwa 8K nantinya secara bertahap akan digunakan di layar yang lebih besar sebagai pengganti resolusi 4K.

Apa itu TV 8K? TV 8K mengacu pada resolusi di tataran 8.000 piksel untuk membentuk dimensi gambar 7680 x 4320. Kehadiran teknologi ini nantinya akan menggantikan TV beresolusi 4K. Daya tarik utama dari TV beresolusi 8K adalah pikselnya yang tidak dapat dilihat dengan mata manusia dari jarak dekat.

Sebagai contoh pada layar berukuran 52 inci, efek tersebut bisa dilihat dari jarak 50,8 cm atau 20 inci dari layar. Sementara itu dari layar 92 inci, efeknya akan terlihat dari jarak 91,44 cm atau 3 kaki.

Kelebihan TV 8K

TV 8K
TV 8K hadir dengan sejumlah kelebihan yang membuatnya lebih unggul dibandingkan jenis TV yang hadir di pasaran saat ini. Berikut ini adalah beberapa keunggulan TV tersebut.

1. Tampilan lebih baik

TV beresolusi 8K hadir dengan 33 juta piksel (7680 x 4320). Resolusi ini 4 kali lebih tinggi dibandingkan 4K dan 16 kali lebih banyak dibandingkan FHD. Hadir dengan dukungan Quantum HDR24X memungkinkan penyesuaian kurva PQ atau Perceptual Quantizer pada setiap adegan sehingga menghasilkan warna-warna yang lebih tajam dan tingkat kecerahan maksimal serta detail yang sangat halus .

2. Layar Super Besar

TV 8K hadir dengan berbagai macam pilihan layar. Layar terbesar hadir dengan ukuran 98 inci. Layar yang berukuran lebih besar memerlukan piksel yang lebih banyak agar gambar memiliki tampilan yang sempurna. Resolusi 8K mampu meningkatkan kerapatan piksel untuk menampilkan gambar dengan kualitas yang lebih tajam.

3. Ultra Viewing Angle

TV berteknologi 8K hadir dengan pembaruan Ultra Viewing Angle sehingga backlight dapat menembus panel TV secara lebih merata ke layar. Hal ini karena struktur panel yang lebih baik dan kehadiran algoritma kalibrasi layar baru sehingga sudut menonton TV menjadi lebih baik. Hasilnya kualitas gambar yang ditampilkan secara konsisten lebih menakjubkan dari setiap sudut tanpa ada pantulan atau silau saat siang hari atau di ruangan yang terang.

4. Kemampuan High Dynamic Range

Kemampuan HDR atau High Dynamic Range yang diusung oleh TV ini berpengaruh terhadap jangkauan pencahayaan dan memberikan warna yang lebih luas. Dengan demikian TV ini memiliki peningkatan piksel hingga 4 kali lebih banyak dan mampu memberikan tampilan yang lebih nyata. 

5. Zona Tontonan Lebih Luas

TV 4K hadir dengan tingkat kepadatan piksel 52 ppi sedangkan TV 8K memiliki kerapatan 104 ppi. Fitur ini menjadikan TV tersebut memiliki detail yang lebih halus dan terlihat lebih nyata. Saat menonton dari jarak yang dekat dengan TV, zona menonton yang nyaman akan lebih luas karena piksel tidak nampak.

Kekurangan TV 8K

TV 8K
Walaupun memiliki banyak kelebihan, TV 8K juga masih memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut.

1. Jumlahnya Masih Jarang

Transisi teknologi 4K ke 8K ini seperti transisi dari Full HD ke 4K yang dipicu oleh panel. Tingkat keberhasilan transisi harus didukung dengan ekosistem termasuk kemampuan untuk memproduksi dan mendistribusikan konten 8K. Ekosistem 8K tergolong masih jarang digunakan sehingga diperlukan peningkatan resolusi atau upscaling di TV untuk menampilkan kualitas 8K yang mumpuni.

2. Peningkatan Akurasi Tergantung Kualitas Konten

Peningkatan akurasi tergantung dari kualitas, resolusi konten, dan peningkatan kualitas algoritma.

3. Masih Banyak Konten Belum Beresolusi 8K

Walaupun TV 8K ini sudah didukung dengan resolusi yang sangat tinggi dan tampilan super jernih, faktanya konten – konten yang tersedia untuk TV tersebut masih belum 8K. Sepertinya diperlukan waktu yang lama agar konten – konten yang dihadirkan memiliki resolusi 8K.

4. Harga Mahal

TV beresolusi 8K yang hadir di pasaran saat ini masih dibanderol dengan harga yang mahal. Bahkan ada produk yang ditawarkan dengan harga yang setara dengan mobil mewah.

Cara Memilih TV 8K Sesuai Kebutuhan

TV UHD 8K Terbaik

Jika Anda tertarik untuk membeli TV 8K, tentu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan produk TV terbaik.Berikut ini adalah panduan yang mungkin dapat membantu Anda memperoleh produk TV beresolusi 8K yang diinginkan.

1. Pilih Brand Terpercaya

Saat ini, sudah banyak brand TV yang menghadirkan produk – produk Smart TV dan beberapa di antaranya memiliki resolusi 8K. Brand yang diketahui sudah menghadirkan TV ini adalah Sharp, Samsung, dan LG. Anda bisa memilih brand tersebut sesuai dengan keinginan. Pada dasarnya setiap brand memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih TV ini.

2. Fitur Pendukung

Produk – produk TV yang hadir di pasaran saat ini hadir dengan beragam fitur menarik. Kehadiran fitur-fitur pendukung ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan produk tersebut. Pilihlah produk dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Ukuran

Smart TV hadir dengan beberapa pilihan ukuran mulai dari 32 inci hingga 98 inci. Ukuran TV ini nantinya akan berpengaruh terhadap harga jual TV tersebut. Pemilihan ukuran TV juga dapat disesuaikan dengan ruangan atau tempat di mana TV ini akan diletakkan. 

4. Harga

Seperti yang disebutkan di atas, TV beresolusi 8K dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Pilihlah produk TV dengan harga yang sesuai dengan budget Anda. 

Pilihan TV 8K UHD Terbaik

Saat ini baru Samsung yang sudah meluncurkan TV 8K ke Indonesia. Pilihannya pun belum banyak, berikut daftarnya :

Nama Type Screen Size Screen Resolution Wi-Fi HDMI USB Teknologi Layar Smart TV Active HDR
Samsung QLED 8K QA65Q900RBK QLED 65 inch 7680 x 4320 Pixel Ya 4 Port(s) 3 Port(s) UHD Ya Ya
Samsung QLED 8K QA75Q900RBK QLED 75 inch 7680 x 4320 Pixel Ya 4 Port(s) 3 Port(s) UHD Ya Ya
Samsung QLED 8K QA82Q900RBK QLED 82 inch 7680 x 4320 Pixel Ya 4 Port(s) 3 Port(s) UHD Ya Ya
Samsung QLED 8K QA98Q900RBK QLED 98 inch 7680 x 4320 Pixel Ya 4 Port(s) 3 Port(s) UHD Ya Ya
Samsung The Wall Luxury Micro LED 292 inch 7680 x 4320 Pixel Ya - - UHD Ya Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Demikian sedikit informasi mengenai HDTV beresolusi 8K. Kehadiran teknologi TV 8K tentu menjadi angin segar untuk teknologi TV saat ini yang sebelumnya menggunakan teknologi 4K. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi 8K menjadikan TV ini layak untuk dinantikan. Sayangnya, harga TV ini memang masih tergolong tinggi. Tetapi harga yang ditawarkan untuk TV ini sebanding dengan kualitas dan fitur-fitur yang diberikan oleh produk tersebut.

Artikel Terkait

Komentar