Diperbaharui pada Rabu, 30 September 2020 | 13:19

6 Rekomendasi Earbuds TWS Terbaik Harga Mulai 200 Ribuan

Oleh Imam Ali

tws terbaik
Teknologi earbuds TWS (True Wireless) semakin naik daun belakangan ini. Apa yang membuat earbuds menjadi populer? Selain desainnya yang dibuat se-simple mungkin, kesan modern juga menjadi salah satu alasan mengapa produk audio ini banyak diminati.

Pertanyaanya adalah, bagaimana cara memilih earbuds TWS yang cocok dengan kebutuhan kita? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu tahu dulu apa earbuds. Lihat rekomendasi 6 earbuds TWS terbaik yang ada di pasaran saat ini.

Tentang Earbuds

Perangkat wireless ini banyak digandrungi karena praktis digunakan saat beraktivitas. Koneksi bluetooth menghubungkan smartphone dengan earphone bluetooth ini, sehingga kita dapat mendengarkan musik atau podcast, menelepon, bahkan voice command sambil melakukan hal lainnya.

Karena praktis, earbuds cocok sekali untuk pengguna yang senang berolahraga sambil mendengarkan musik. Untuk orang-orang yang sibuk dan bermobilitas tinggi, kita bisa melakukan panggilan saat sedang mengendarai motor atau mobil tanpa perlu memegang smartphone.

Selain itu, desain earbuds biasanya unik, minimalis dan memberi kesan hi-tech, sehingga pengguna akan merasa keren dan kekinian. Sedikit banyak, hal ini mempengaruhi kepopulerannya. Sudah mulai tertarik? Kalau begitu, kita akan kasi beberapa rekomendasi.

Rekomendasi Earbuds Terbaik

Dengan hadirnya berbagai merk dan varian earbuds yang ada di pasaran saat ini, pilihan tentunya akan semakin sulit. Bagaimana cara memilih earbuds TWS yang paling cocok untuk kita? Untuk mempermudah, kami mengumpulkan beberapa rekomendasi earbuds terbaik.

1. Apple AirPods Pro

apple airpods proImage via Apple

  • Spesifikasi dan desain

Apple AirPods Pro adalah versi premium dari AirPods reguler. AirPods Pro memiliki mode Transparansi yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik dan panggilan secara jelas, walau tetap terdengar suara di sekitar seperti lalu lintas.

Mode ini sangat berguna untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi di luar, atau bagi mereka yang senang berolahraga sambil mendengarkan musik. Fitur lain yang dimiliki AirPods Pro adalah peredam bising dan material yang tahan air, termasuk keringat.

Karena alasan tersebut, wajar kalau AirPods Pro sering terlihat digunakan orang saat jogging atau olahraga di gym. Kualitas audio AirPods Pro pun mendapatkan peningkatan dari AirPods regular, sehingga suara yang dihasilkan terdengar lebih jernih.

Tangkai AirPods Pro sensitif terhadap tekanan. Cukup menekannya untuk berganti dari fitur peredam suara ke mode Transparansi, mengganti atau menjeda lagu, dan mengakses Siri.

  • Ketahanan daya

AirPods Pro dapat digunakan untuk mendengarkan musik selama 5 jam dan melakukan panggilan hingga 3 jam dalam sekali isi daya. Untuk mengisi ulang daya, cukup memasukkan AirPods ke dalam casing. 15 menit dalam casing memberikan 3 jam waktu dengar.

  • Harga

Harga AirPods Pro online ada dikisaran Rp 3.899.000 - Rp 4.999.000 untuk produk baru.

2. Xiaomi Redmi AirDots

xiaomi redmi airdotsImage via Redmi

  • Spesifikasi dan desain

Xiaomi Redmi AirDots memiliki kualitas suara yang baik untuk produk dengan harga yang terjangkau. Dengan koneksi Bluetooth 5.0, kita bisa mendengarkan musik dan menerima panggilan dengan lancar dan jernih.

Earbuds Redmi ini tersedia dalam tiga ukuran ear tip, sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran telinga pemakai, sekaligus memberikan kenyamanan maksimal. Selain hp Xiaomi, Redmi AirDots juga bisa digunakan untuk hp Android apa saja.

  • Ketahanan daya

Redmi AirDots memiliki baterai berkapasitas 300 mAh, dan dapat digunakan hingga paling lama 12 jam. Untuk melakukan pengisian daya, cukup letakkan kedua earbuds ke dalam portable charging case.

  • Harga

Harga Redmi AirDots baru di toko online ada dikisaran Rp 216.000 - Rp 358.000.

3. realme Buds Air

realme buds airImage via realme

  • Spesifikasi dan desain

Alternatif earbuds TWS berkualitas dengan harga terjangkau dan desain yang ringan serta nyaman dipasang di telinga adalah realme Buds Air yang sudah diluncurkan di Indonesia sejak tanggal 15 Januari 2020.

Kualitas audionya mumpuni dengan Dynamic Bass Boost dan peredam suara bising di sekitar. Anda bisa mendengarkan musik dan melakukan panggilan nirkabel tanpa terganggu. Teknologi ini akan membuat pengguna betah mendengarkan musik atau podcast berlama-lama

realme Buds Air dilengkapi dengan fitur smart touch. Artinya, kita cukup menyentuh Buds Air untuk memulai panggilan, mengganti dan mem-pause musik atau podcast, serta mengaktifkan voice search atau Google Assistant.

  • Ketahanan daya

Pengisian daya realme Buds Air cukup dengan diletakkan pada wireless charging pad, atau menggunakan kabel USB type C. Pada sekali pengisian, baterainya dapat bertahan hingga 17 jam untuk memutar musik.

  • Harga

Harga resmi realme Buds Air dibanderol Rp 899.000. Pada masa peluncuran, earbuds ini dijual dengan harga promo Rp 599.000.

4. Samsung Galaxy Buds

samsung galaxy budsImage via Samsung

  • Spesifikasi dan desain

TWS keluaran Samsung dengan desain minimalis ini dikemas dalam charging case yang unik dan ringan. Samsung Galaxy Buds memiliki fitur smart touch dan kualitas audio yang mumpuni, serta didukung teknologi AKG. Soal kualitas, sepertinya tidak perlu dipertanyakan.

Galaxy Buds juga menggunakan teknologi Quick Ambient Sound yang dapat menyesuaikan volume suara dengan lingkungan sekitar. Teknologi ini sangat bermanfaat, contohnya ketika pengguna bisa tetap memperhatikan lalu lintas saat berkendara selama memakai Galaxy Buds.

  • Ketahanan daya

Galaxy Buds memiliki kapasitas baterai 58 mAh dan bisa digunakan sampai 9 jam setiap sekali mengisi daya. Pengisian daya dapat dilakukan secara cepat. Pada 15 menit pengisian bisa untuk 1,7 jam penggunaan.

  • Harga

Harga resmi Galaxy Buds di Indonesia adalah sekitar Rp 1.899.000. Di toko online, harga Samsung Galaxy Buds ada dikisaran Rp 1.449.000 - Rp 2.299.000, sementara harga offline berkisar di Rp 1.599.000 - Rp 1.799.000.

5. Sony WF-1000XM3

sony wf-1000xm3Image via Sony

  • Spesifikasi dan desain

Salah satu keunggulan Sony WF-1000XM3 adalah desainnya yang modern, tapi tetap memberikan kesan klasik. Earbuds Sony ini memiliki teknologi noise cancelling terbaik berkualitas tinggi, juga dilengkapi Dual Noise Sensor untuk memfilter suara dari lingkungan sekitar.

  • Ketahanan daya

Ketahanan baterai Sony WF-1000XM3 ini bisa mencapai 24 jam. Earbuds Sony ini memiliki teknologi quick charging yang bisa memberikan waktu 90 mendengarkan music pada 10 menit pengsian daya.

  • Harga

Di Indonesia, harga resmi Sony WF-1000XM3 dibanderol Rp 3.499.000.

6. Jaybird Vista

Jaybird VistaImage via Jaybird

  • Spesifikasi dan desain

Earbuds waterproof dengan desain yang ringan tetapi tangguh serta kualitas suara mumpuni ini sangat cocok untuk para atlet. Koneksi Bluetooth 5.0 pada Jaybird Vista cukup stabil, sehingga memungkinkan semua aktivitas tidak terganggu selama pemakaian.

  • Ketahanan Daya

Jaybird Vista dapat digunakan hingga 6 jam pada sekali pengisian daya. Untuk pengguna yang senang berolahraga sambil mendengarkan music, earbuds ini adalah pilihan yang tepat.

  • Harga

Di Indonesia harga Jaybird Vista yang dijual di pasaran, berkisar di Rp 2.599.000 - Rp 2.990.000.

Tips Memilih Earbuds Sesuai Kebutuhan

Dengan popularitas yang kian meningkat, sekarang banyak sekali model dan merk earbuds yang beredar di pasaran. Lalu, bagaimana cara memilih earbuds yang sesuai kebutuhan? Berikut hal-hal bisa jadi bahan pertimbangan.

1. Pertimbangkan desain dan spesifikasi

Ada banyak model earbuds yang tersedia. Semuanya memiliki desain, spesifikasi dan merk yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan tujuan penggunaan. Bentuk earbuds memiliki variasi, jadi pilihlah yang nyaman digunakan ketika berolahraga

Bila akan lebih sering digunakan saat berkendara, maka fitur yang mengedepankan teknologi pengendalian suara yang mampu membedakan suara musik dan lingkungan sekitar, adalah pilihan yang tepat.

2. Perhitungkan harga

Walaupun earbuds memang keren, tapi jangan sampai melebihi budget yang sudah disiapkan. Harga earbuds yang mahal belum tentu yang kita cari, begitu pun sebaliknya dengan yang murah. Cara paling baik adalah tidak terburu-buru membeli, sampai budget tersedia.

3. Perhatikan ketahanan baterai

Ketahanan baterai adalah faktor yang penting. Jika memiliki banyak aktivitas, carilah earbuds dengan daya baterai yang besar agar bisa dipakai dalam jangka waktu lama tanpa perlu di-charge berkali-kali.

Nah, jika sudah tahu earbuds mana yang paling cocok dengan kebutuhan, langsung pilih yang terbaik!

Like us!

Komentar