Diperbaharui pada Kamis, 10 Juni 2021 | 11:05

10 Earbuds TWS Terbaik 2021, Asik Buat Musik dan Telepon

Oleh Imam Ali

Earbuds TWS Terbaik

Teknologi earbuds TWS (True Wireless) semakin naik daun dan juga semakin banyak produsen yang memproduksinya.

Sebelumnya era earphone dan headphone dan headset wireless lebih banyak di dominasi dengan model earcup besar, sebut saja Beats by Dr Dre, Marshall, Sony, hingga headphone bluetooth wireless yang laris dengan harga murah adalah JBL.

Terbaru, muncul model TWS yang lebih ringkas dan ringan jika dibandingkan dengan headset dan headphone dengan bentuknya yang cenderung besar.

Alasan Membeli TWS

Apa yang membuat earbuds jenis ini menjadi populer? Selain desainnya yang dibuat simple, kesan modern juga menjadi salah satu alasan mengapa produk audio ini banyak diminati. Terlebih, TWS tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan ketika dibawa kemana mana.

Perangkat wireless ini banyak digandrungi karena praktis digunakan saat beraktivitas. Hanya melalui bluetooth kita dapat mendengarkan musik atau podcast, menelepon, bahkan voice command sambil melakukan hal lainnya.

Karena praktis, TWS earbuds cocok sekali untuk pengguna yang senang berolahraga sambil mendengarkan musik.

Untuk orang-orang yang sibuk dan bermobilitas tinggi, kita bisa melakukan panggilan saat sedang mengendarai motor atau mobil tanpa perlu memegang smartphone.

Keuntungan lain menggunakan TWS selain tanpa kabel, desain simple dan menarik, adalah teknologinya. Beragam TWS terbaru yang ada di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan bermacam sensor termasuk noice cancelling dan juga beberapa sensor gesture tanpa ribet menekan tombol layaknya sebuah headset dengan kabel.

Daftar Harga Earbuds TWS Terbaik

Dengan hadirnya berbagai merk dan varian earbuds yang ada di pasaran saat ini, pilihan tentunya akan semakin sulit. Bagaimana cara memilih earbuds TWS yang paling cocok untuk kita?

Untuk mempermudah, Pricebook sudah mengumpulkan beberapa rekomendasi TWS earbuds terbaik yang bisa dimiliki, berikut daftarnya :

1. Apple AirPods Pro

apple airpods pro
Apple AirPods Pro adalah versi premium dari AirPods reguler. AirPods Pro memiliki mode Transparansi yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik dan panggilan secara jelas, walau tetap terdengar suara di sekitar seperti lalu lintas.

Mode ini sangat berguna untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi di luar, atau bagi mereka yang senang berolahraga sambil mendengarkan musik. Fitur lain yang dimiliki AirPods Pro adalah peredam bising dan material yang tahan air, termasuk keringat.

Karena alasan tersebut, wajar kalau AirPods Pro sering terlihat digunakan orang saat jogging atau olahraga di gym. Kualitas audio AirPods Pro pun mendapatkan peningkatan dari AirPods regular, sehingga suara yang dihasilkan terdengar lebih jernih.

Tangkai AirPods Pro sensitif terhadap tekanan. Cukup menekannya untuk berganti dari fitur peredam suara ke mode Transparansi, mengganti atau menjeda lagu, dan mengakses Siri.

AirPods Pro dapat digunakan untuk mendengarkan musik selama 5 jam dan melakukan panggilan hingga 3 jam dalam sekali isi daya. Untuk mengisi ulang daya, cukup memasukkan AirPods ke dalam casing. 15 menit dalam casing memberikan 3 jam waktu dengar.

Kriteria Spesifikasi
Type True Wireless Stereo
Frequency Range -
Driver Size -
Weight 5.4 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Samsung Galaxy Buds Pro

Samsung Galaxy Buds ProSamsung Galaxy Buds Pro hadir dengan sejumlah fitur dengan teknologi yang ditingkatkan. Salah satunya memadukan desain in-ear yang masuk ke dalam rongga telinga dan teknologi Intelligent ANC. 

Terdapat pula tiga mikrofon dan sebuah Voice Pickup Unit (VPU) yang akan membuat suara dapat terdengar jelas saat melakukan conference call.  

Samsung turut menyertakan fitur Ambient Sound yang membantu agar pengguna bisa mendengar suara di sekeliling saat memakai Galaxy Buds Pro.

Yang tak kalah menarik adalah fitur Auto Switch yang memungkinkan Galaxy Buds Pro secara otomatis beralih koneksi tanpa perlu melakukan pengaturan manual.

Galaxy Buds Pro dibekali baterai yang tahan lama, dimana dapat bertahan hingga 18 jam dengan penggunaan 5 jam saat ANC dalam kondisi menyala dan tambahan 13 jam dari casing.

Apabila fitur ANC tidak digunakan, total daya baterai ini meningkat sampai dengan 28 jam. Jika tertarik, harga Samsung Galaxy Buds Pro dibanderol Rp 2.999.000.

Kriteria Spesifikasi
Type Earbuds
Frequency Range -
Driver Size -
Weight 6.3 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Sony WF-1000XM3

Sony WF-1000XM3Salah satu keunggulan Sony WF-1000XM3 adalah desainnya yang modern, tapi tetap memberikan kesan klasik. Earbuds Sony ini memiliki teknologi noise cancelling terbaik berkualitas tinggi, juga dilengkapi Dual Noise Sensor untuk memfilter suara dari lingkungan sekitar.

Ketahanan baterai Sony WF-1000XM3 ini bisa mencapai 24 jam. Earbuds Sony ini memiliki teknologi quick charging yang bisa memberikan waktu 90 mendengarkan music pada 10 menit pengsian daya.

Kriteria Spesifikasi
Type In Ear Monitoring
Frequency Range 20-20000 Hz
Driver Size 6 mm
Weight 8.5 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Jaybird Vista

Jaybird VistaEarbuds waterproof dengan desain yang ringan tetapi tangguh serta kualitas suara mumpuni ini sangat cocok untuk para atlet. Koneksi Bluetooth 5.0 pada Jaybird Vista cukup stabil, sehingga memungkinkan semua aktivitas tidak terganggu selama pemakaian.

Jaybird Vista dapat digunakan hingga 6 jam pada sekali pengisian daya. Untuk pengguna yang senang berolahraga sambil mendengarkan music, earbuds ini adalah pilihan yang tepat.

Kriteria Spesifikasi
Type True Wireless Stereo
Frequency Range 20-20000 Hz
Driver Size 6 mm
Weight 4.8 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Sony WF-SP800N

 Sony WF-SP800N
Sony WF-SP800N memiliki fitur unggulan melalui ANC (Active Noise Cancelation) yang merupakan fitur peredam bising. Fitur ini sangat dibutuhkan bagi pengguna dalam menikmati konten multimedia ataupun saat melakukan panggilan telfon.

TWS terbaik Sony ini juga sudah mendapatkan sertifikat IP55 yang memiliki ketahanan terhada air dan debu. Kualitasnya mumpuni dengan fitur Extra Bass audio dengan desain in-ear earphone.

Tanpa casing yang tersedia dalam paket penjualan, earphone Sony ini dapat digunakan hingga 9 jam dalam satu kali pengisian baterai.

Sedangkan casing tambahan mampu menambah daya hingga 13 jam penggunaan meskipun fitur ANC diaktifkan secara bersamaan. Untuk mengisi ulang dalam 10 menit dapat digunakan hingga 1 jam penggunaan.

Kriteria Spesifikasi
Type True Wireless Stereo
Frequency Range 20-20000 Hz
Driver Size 6 mm
Weight 9.8 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Huawei FreeBuds 2 Pro

Huawei FreeBuds ProHuawei FreeBuds 2 Pro menampilkan desain in-ear yang unik dan berbentuk persegi. TWS terbaik dari Huawei ini  dilengkapi dengan 11 mm dynamic driver yang memiliki kepadatan magnet tinggi dan ultra-high stability.

Keunggulan audio FreeBuds 2 Pro dilengkapi dengan Dynamic EQ Adjustment, fitur baru yang menggunakan data dari mikrofon in-ear untuk secara otomatis mengoptimalkan suara untuk jenis telinga khusus pengguna.
 
Didalammnya juga terpasang fitur intelligent dynamic noise cancellation yang ditingkatkan hingga 40dB. Sedangkan dual microphones yang ditempatkan di dalam dan di luar earbud dapat dengan cepat mengidentifikasi lingkungan kebisingan di sekitar.

Kriteria Spesifikasi
Type In Ear Monitoring
Frequency Range 20-20000 Hz
Driver Size 13 mm
Weight 45 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Samsung Galaxy Buds Live

Samsung Galaxy Buds LiveSamsung Galaxy Buds Live, earbuds terbaru Samsung ini menawarkan banyak perubahan. Dimana Samsung menciptakan arah baru sebuah earbuds dengan desain yang ikonik.

Sebuah bentuk terbaru untuk earbudss nirkabel masa depan. Bahkan terlihat berbeda dari Buds Samsung sebelumnya. Tidak hanya di desain tapi juga teknologi, karena Samsung Galaxy Buds Live sudah dibekali fitur Active Noise Cancellation.

Belum termasuk kecanggihan teknologi AKG speaker 12mm dan bass duct yang lebih besar. Buds Live memiliki baterai yang bisa digunakan selama 6 jam penggunaan dan 21 jam dengan dukung charging box.

Kriteria Spesifikasi
Type Earbuds
Frequency Range -
Driver Size 10 mm
Weight 5.6 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

8. Samsung Galaxy Buds

samsung galaxy budsTWS keluaran Samsung dengan desain minimalis ini dikemas dalam charging case yang unik dan ringan. Samsung Galaxy Buds memiliki fitur smart touch dan kualitas audio yang mumpuni, serta didukung teknologi AKG. Soal kualitas, sepertinya tidak perlu dipertanyakan.

Galaxy Buds juga menggunakan teknologi Quick Ambient Sound yang dapat menyesuaikan volume suara dengan lingkungan sekitar. Teknologi ini sangat bermanfaat, contohnya ketika pengguna bisa tetap memperhatikan lalu lintas saat berkendara selama memakai Galaxy Buds.

Galaxy Buds memiliki kapasitas baterai 58 mAh dan bisa digunakan sampai 9 jam setiap sekali mengisi daya. Pengisian daya dapat dilakukan secara cepat. Pada 15 menit pengisian bisa untuk 1,7 jam penggunaan.

Kriteria Spesifikasi
Type In Ear Monitoring
Frequency Range 20-20000 Hz
Driver Size 6 mm
Weight 5.6 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

9. Jabra Elite 75t

Jabra Elite 75tJabra Elite 75t memanfaatkan penggunaan daya lebih rendah yang diklaim jika baterainya punya daya tahan 7.5 jam dan hingga 28 jam dengan menggunakan charging case. Dan masih di dukung pengisian daya cepat menggunakan USB-C.

Earbuds wireless ini juga memiliki teknologi panggilan 4-mikrofon yang akan memberikan kualitas suara terbaik dan membantu ketika menerima dan melakukan panggilan telepon. 

Anda dapat langsung terhubung ke Siri atau Google Assistant, serta terkoneksi melalui Bluetooth 5.0. Adanya aplikasi Jabra Sound+ memungkinkan Anda untuk memilih asisten suara, menyesuaikan profil musik dengan equalizer, memodifikasi suara (HearThrough), menyesuaikan pengalaman panggilan telepon, mengetahui informasi daya baterai, dan masih banyak lagi.

Kriteria Spesifikasi
Type Earbuds
Frequency Range 20 Hz
Driver Size -
Weight 5.5 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

10. realme Buds Air Pro

realme Buds Air Pro 

realme Buds Air Pro adalah TWS terbaru realme, sekaligus penerus dari Buds Air yang sudah rilis di Indonesia. TWS ini menawarkan fitur Active Noise Cancellation (ANC) baru dan awet dipakai selama seharian penuh.

TWS terbaik dari realme ini dilengkapi chip S1 noise cancellation yang dibuat dengan proses produksi 28nm yang canggih. realme mengklaim bahwa chip S1 ultra-power ini memiliki kinerja pemrosesan yang lebih kuat, dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Selain Active Noise Cancellation, realme Buds Air Pro juga hadir dengan Transparency Mode, yang memungkinkan pengguna dapat mendengarkan suara disekelilingnya dengan satu klik. 

Pada Game Mode, latensi yang dihasilkan hanya 94ms, di mana jumlah ini meningkat 21% dibandingkan produk sebelumnya.
Untuk kapasitas baterainya 486mAh dengan daya tahan hingga 25 jam. Ketika ANC dihidupkan, pengguna dapat mendengarkan musik hingga 20 jam. 

Kriteria Spesifikasi
Tipe Wireless
Weight 5 g
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Cara Memilih Earbuds Sesuai Kebutuhan

Dengan popularitas yang kian meningkat, sekarang banyak sekali model dan merk earbuds yang beredar di pasaran. Lalu, bagaimana cara memilih earbuds yang sesuai kebutuhan? Berikut hal-hal bisa jadi bahan pertimbangan.

1. Pertimbangkan desain dan spesifikasi

Ada banyak model earbuds yang tersedia. Semuanya memiliki desain, spesifikasi dan merk yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan tujuan penggunaan. Bentuk earbuds memiliki variasi, jadi pilihlah yang nyaman digunakan ketika berolahraga

Bila akan lebih sering digunakan saat berkendara, maka fitur yang mengedepankan teknologi pengendalian suara yang mampu membedakan suara musik dan lingkungan sekitar, adalah pilihan yang tepat.

2. Perhitungkan harga

Walaupun earbuds memang keren, tapi jangan sampai melebihi budget yang sudah disiapkan. Harga earbuds yang mahal belum tentu yang kita cari, begitu pun sebaliknya dengan yang murah. Cara paling baik adalah tidak terburu-buru membeli, sampai budget tersedia.

3. Perhatikan ketahanan baterai

Ketahanan baterai adalah faktor yang penting. Jika memiliki banyak aktivitas, carilah earbuds dengan daya baterai yang besar agar bisa dipakai dalam jangka waktu lama tanpa perlu di-charge berkali-kali.

Nah, sekarang tinggal pilih mana TWS earbuds terbaik yang sesuai dengan selera Anda.

Like us!

Komentar