Harga Rice Cooker Mini Terbaik, Cocok Untuk Anak Kos

Oleh Imam Ali updated Selasa, 13 Agu 2019 | 18:43

rice cooker mini terbaik

Jadi anak kos identik dengan hidup yang serba hemat, salah satunya adalah untuk urusan makan. Biaya untuk makan jika terus beli di luar bisa membuat anggaran bulanan jadi bocor, padahal bisa dihemat dengan membuat makanan sendiri dengan menggunakan dapur yang tersedia di kosan atau fasilitas lainnya yang ada di kosan.

Salah satu perlengkapan kos yang bisa membuat Anda aman masak makanan sendiri dan hemat biaya makan adalah rice cooker mini dengan kapasitas masak nasi yang cukup untuk satu atau dua orang. Rice cooker dengan ukuran yang mini tidak makan banyak tempat di kamar kos Anda, kebutuhan listriknya pun tidak besar jadi pasti diizinkan oleh pengelola atau pemilik kos.

Apa saja pilihan terbaik Anda untuk produk rice cooker mini yang bisa memasak nasi dan makanan dengan enak serta harganya pas di kantong anak kos?

Cara memilih rice cooker mini terbaik

cara milih rice cooker

Rice cooker adalah perlengkapan memasak yang wajib untuk dimiliki masyarakat Indonesia karena nasi adalah makanan pokoknya orang Indonesia. Selain untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak makanan yang lain jadi bagi Anda yang tinggal di kos, memiliki satu unit rice cooker mini yang serbaguna dan bisa diandalkan sudah cukup untuk membuat makanan sendiri jadi tidak harus terlalu jajan di luar.

Berikut adalah cara memilih produk rice cooker ukuran mini yang pas dari sekiang banyak pilihan produk yang ada:

1. Teknologi pemanas yang digunakan

Secara umum teknologi pemanas yang digunakan untuk produk rice cooker mini ada 3 macam, yaitu microcomputer system yang lebih cocok untuk memasak nasi dalam jumlah yang kecil dan kurang bagus untuk masak nasi banyak karena panasnya kurang rata, kemudian ada induction heat yang bisa menghasilkan panas lebih merata namun penggunaan daya listriknya lebih besar, dan pressure induction heat yang menghasilkan panas bertekanan sehingga nasi maupun masakan bisa matang dengan lebih cepat tapi harganya juga lebih mahal.

2. Rice cooker dengan teknologi komputerisasi

Selain rice cooker konvensional yang tinggal colok dan tunggu, Anda juga bisa memilih rice cooker mini dengan teknologi komputerisasi yang otomatis. Fitur-fitur yang ada pada tipe rice cooker dengan teknologi ini misalnya adalah pengaturan suhu, pengaturan mode memasak, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan notifikasi suara untuk memudahkan cara memasak yang hasilnya enak.

3. Dilengkapi dengan wadah penghangat

Produk rice cooker mini zaman sekarang sudah multifungsi, Anda bisa mencari pemasak nasi yang bisa digunakan untuk 2 proses masak dalam sekali waktu. Misalnya wadah jar-nya digunakan untuk memasak nasi, kemudian di bagian atasnya bisa ditumpuk dengan wadah bawaan kecil yang digunakan untuk memanaskan lauk.

4. Kapasitas sesuaikan dengan kebutuhan makan

Kapasitas rice cooker mini biasanya tidak lebih dari dari 1 liter atau paling banyak digunakan untuk memasak nasi 3 cup beras saja. Nasi sebanyak itu bisa digunakan untuk makan satu orang sebanyak 3x makan yang cocok untuk kapasitas makan anak kos. Jika Anda tinggal di kos bersama dengan keluarga, maka tentu membutuhkan rice cooker dengan kapasitas yang lebih banyak agar masak nasi bisa cukup untuk makan sekeluarga dan tidak harus bolak balik menyalakan rice cooker berukuran kecil untuk masak.

Kelebihan rice cooker mini

kelebihan rice cooker mini

Rice cooker memberikan banyak manfaat di kehidupan manusia modern dengan menjadi solusi memasak nasi dan masakan lain secara praktis, tidak repot harus pindah panci untuk membuat nasi jadi tanak, bahkan bisa ditinggal karena begitu nasi sudah matang rice cooker akan masuk ke mode penghangat secara otomatis. Lalu apa kelebihannya menggunakan rice cooker mini yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan rice cooker biasa?

Hemat Listrik

Yang pertama adalah ia hanya akan mengonsumsi daya listrik yang lebih kecil alias hemat listrik dibandingkan dengan rice cooker yang berukuran lebih besar. Terutama jika Anda tinggal sendirian tentunya akan rugi menggunakan rice cooker yang kapasitasnya banyak padahal masaknya sedikit dan penggunaan energi listrik yang lebih boros.

Harga Rice Cooker Mini Murah

Harga rice cooker mini murah dibandingkan yang ukurannya lebih besar. Jika Anda tidak terlalu sering masak, memilih rice cooker yang biasa tidak perlu yang berteknologi tinggi juga sudah cukup untuk kebutuhan harian.

Mudah Dibawa

Rice cooker mini memiliki ukuran yang lebih kompak, bahkan ada juga model rice cooker berukuran mini seukuran kotak makan siang yang bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana bahkan ketika Anda bepergian.

Nasi Matang Cepat

Dengan kapasitas nasi yang lebih sedikit, masak nasi menggunakan rice cooker mini memiliki waktu matang yang lebih cepat. Nasi bisa matang hanya dalam waktu 30 menit saja tanpa harus dipindah-pindah pancinya, keharuman beras juga terjaga, jika ingin tetap hangat Anda tidak perlu mencabut kabel rice cooker karena tombol off memasak sudah mati sendiri.

Merk rice cooker terbaik

Miyako PSG-607

harga miyako psg-607

Miyako PSG-607 memilki desain yang unik dan mencolok, dengan konsep batik dapat mempercantik tampilan dapur Anda. Kapasitas yang ditawarkan Miyako PSG-607 sebesar 0, 63 L, dan juga dapat berfungsi untuk memasak air hingga kapasitas 1, 85 L. Penggunaan listrik perangkat ini sebesar 300 watt, sehingga sangat ideal untuk digunakan oleh kebutuhan kos-kosan maupun dapur rumahan.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk PSG-607
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Miyako
Kapasitas 0.6 L
Konsumsi Daya 300 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Tidak
Material Body -
Ukuran -
Berat -

Maspion EX-0618

maspion ex-0618

Maspion EX-0618 adalah perangkat penanak nasi dengan ukuran mungil yang sangat cocok untuk dibawa bepergian, sebagai perlengkapan masak dengan dapur kecil, dan sebagainya.

Maspion EX-0618 ini mendukung kapasitas sebesar 0, 8 L, dengan fitur 3D heating system, yang dapat mempersingkat proses pematangan, sehingga waktu masak Anda lebih efektif. Konsumsi daya yang digunakan sebesar 300 watt, sedangkan untuk dimensi perangkat ini sebesar 23, 4 x 10, 4 x 12, 8 cm ( L x W x H ), dengan bobot 1 kg.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk EX-0618
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Maspion
Kapasitas 0.8 L
Konsumsi Daya 300 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Ya
Material Body Plastic
Ukuran 25 x 25 x 30 cm
Berat 2 Kg

Cosmos CRJ-1001

cosmos

Cosmos CRJ-1001, rice cooker murah dengan kapasitas 0,6 L. Selain memasak, rice cooker mini murah ini juga bisa mengukus dan menghangatkan. Rice cooker kecil ini punya bobot 3,12 Kg dan sangat pas dijadikan rice cooker mini terbaik kos-kosan. Dengan kapasitas pemakaian listrik 300 watt,  rice cooker cosmos murah ini sangat pas untuk memasak cepat.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk CRJ-1001
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Cosmos
Kapasitas 0.6 L
Konsumsi Daya 300 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Ya
Material Body Plastic
Ukuran 25 x 25 x 30 cm
Berat 3.12 Kg

Philips HD-3126

Philips HD-3126

Philips HD-3126 memiliki kapasitas 1L sebagai rice cooker mini murah terbaik untuk anak kos. Dimensinya sedikit melebar dengan berat mencapai 5Kg, sementara itu kapasitas guna listrik mencapai 400 watt yang masih masuk dalam kategori irit.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk HD-3126
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Philips
Kapasitas 1 L
Konsumsi Daya 400 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Ya
Material Body Aluminium
Ukuran 32 x 32 x 30 cm
Berat 5 Kg

Sanken SJ-135

Sanken SJ-135

Sanken SJ-135 adalah sebuah alat memasak nasi yang memiliki banyak fungsi, sehingga lebih praktis dan dapat menghemat tempat di dapur Anda. Sanken SJ-135 terbuat dari material stainless yang awet dan anti karat pada bagian luar, sedangkan pada bagian dalam dilengkapi dengan panci anti lengket dan tidak mudah terkelupas.

Power listrik yang digunakan untuk memasak nasi adalah 300 watt sedangkan untuk memanaskan sebesar 38 watt. Sangat praktis khususnya untuk anak kos maupun keperluan rumah tangga.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk SJ-135SP
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Sanken
Kapasitas 1 L
Konsumsi Daya 400 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Ya
Material Body Stainless Steel
Ukuran 35x 31 x 35 cm
Berat 6 Kg

Cosmos CRJ-6612

Cosmos CRJ-6612

Rice Cooker & Magic Jar Cosmos CRJ-6612 boleh dikatakan berharga murah, namun kualitas Cosmos CRJ-6612 tidak bisa dianggap remeh. Dengan tampilan berkelas dan elegan, Rice Cooker & Magic Jar Cosmos CRJ-6612 juga menawarkan produk yang awet dan tahan lama, serta mudah dibersihkan, Rice Cooker & Magic Jar Cosmos CRJ-6612 berharga murah ini memiliki innerpot dengan bahan berkualitas, yakni Harmond, membuat innerpot Rice Cooker & Magic Jar Cosmos CRJ-6612 tidak mudah rusak dan anti lengket. 

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk CRJ-6612
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Cosmos
Kapasitas 0.8 L
Konsumsi Daya 300 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Ya
Material Body Plastic
Ukuran 29 x 28 x 28 cm
Berat -

Miyako MCM-606 B

Miyako MCM-606 B

Miyako MCM-606 B adalah sebuah penanak nasi yang simpel dan minimalis, perangkat ini memiliki handel yang memudahkan Anda membawa ke mana pun Anda butuhkan. Dimensi perangkat ini adalah 273 x 245 x 230 cm, dengan konsumsi listrik sebesar 220 volt. Kapasitas yang dapat ditampung oleh perangkat ini adalah 0, 6 L beras atau setara dengan 1, 85 L nasi, dalam satu kali masak.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk MCM-606 B
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Miyako
Kapasitas 0.6 L
Konsumsi Daya 350 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Ya
Material Body Plastic
Ukuran 23 x 24 x 27 cm
Berat 1.5 Kg

Cosmos CRJ-1031

Cosmos CRJ-1031

Cosmos CRJ-1031 jadi rice cooker murah dengan kapasitas daya rendah 180 watt. Cosmos CRJ-1031 juga memiliki kapasitas kecil 0,3 L dengan berat 2Kg yang sangat pas untuk dijadikan sebagai rice cooker terbaik anak kos.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk CRJ-1031
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Cosmos
Kapasitas 0.3 L
Konsumsi Daya 180 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Ya
Material Body Plastik
Ukuran 18.8 x 18.8 x 22.5 cm
Berat 2 Kg

Maspion MRJ-052

Maspion MRJ-052

Maspion MRJ-052 punya kapasitas masak 0,5 L, dengan daya listrik250 watt. Selain jadi rice cooker murah, Maspion MRJ-052 juga jadi rice cooker mini serbaguna selain untuk memasak juga bisa digunakan untuk mengukus dan menghangatkan makanan.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk MRJ-052
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Maspion
Kapasitas 0.5 L
Konsumsi Daya 250 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Ya
Material Body Plastic
Ukuran 65 x 43 x 51 cm
Berat 3 Kg

Panasonic SR-06FGS

Panasonic SR-06FGS

Rice Cooker Panasonic SR-06FGS dirancang dengan ukuran kecil berkapasitas 0, 6 L, sangat cocok untuk mahasiswa kos atau rumah tangga berskala kecil dengan jumlah anggota keluarga sedikit. Selain harga Rice Cooker Panasonic SR-06FGS murah, perangkat ini pun menawarkan daya rendah hanya 300 watt untuk menanak nasi.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk SR-06FGS
Kategori Rice Cooker & Magic Jar
Brand Panasonic
Kapasitas 0.6 L
Konsumsi Daya 200 Watt
LED Indicator Ya
Steamer Tidak
Material Body Aluminium
Ukuran 22 x 26 x 35 cm
Berat 4 Kg

Artikel Terkait

Komentar