Diperbaharui pada Rabu, 20 Januari 2021 | 12:20

10 Catokan Rambut Murah, Plat Keramik dan Tourmaline Mulai 300 Ribuan

Oleh Imam Ali

Catokan Rambut Yang Bagus

Catok rambut adalah alat elektronik yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan tatanan gaya rambut yang diinginkan, dan membuat tekstur rambut jadi terlihat lebih lembut, halus, dan tidak lepek.

Masalahnya, karena menggunakan energi panas untuk menata rambut, catokan rambut sering kali disalahkan jika rambut jadi kering. Padahal bisa jadi kesalahan terletak pada pemilihan produk catok rambut yang Anda gunakan.

Jadi sebenarnya ada produk-produk catokan yang bisa membuat tatanan rambut makin kece tanpa membuat rambut jadi mudah rusak, bagaimana cara menemukannya?

Cara Memilih Catokan Rambut yang Bagus dan Gak Bikin Kering

catokan gak bikin kering

Bagi para wanita, rambut merupakan kekayaan dan keindahan alami yang diberikan Tuhan. Akan sangat merugi jika memilih alat catok rambut sembarangan, terlebih banyak model catok rambut abal-abal di luar sana. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih produk catokan yang terbaik:

1. Pengaturan panas

Untuk Anda yang punya rambut tebal dan cenderung kaku, sebaiknya pilih catokan rambut yang memiliki suhu cukup tinggi agar rambut bisa lebih cepat tertata dengan rapi. Sedangkan untuk pemilik rambut yang teksturnya tipis dan tidak terlalu lebat, menggunakan catokan yang bersuhu panas tinggi bisa membakar rambut dan membuatnya jadi krispi.

2. Bahan material pencatok

Untuk pemilik rambut bertekstur halus dan tipis sebaiknya memilih catokan dengan bahan material keramik yang bisa mendistribusikan energi panas lebih rata ke seluruh permukaan catokan. Sedangkan catok rambut dengan bahan titanium cocok digunakan untuk pemilik rambut tebal dan cenderung kasar.

Bahan material titanium bisa lebih cepat panas dibandingkan keramik dan bisa menghasilkan ion untuk meluruskan dan melembutkan tekstur rambut seperti singa tanpa harus disetrika bolak balik.

Anda bisa memilih catokan dengan bahan tourmaline bila memiliki jenis rambut sudah rusak misalnya karena terlalu sering dicat atau menggunakan banyak produk pemanas rambut. Bahan tourmaline menghasilkan ion negatf dibandingkan ion positif yang sangat bagus untuk mengontrol rambut yang kasar, dan bisa mengunci tatanan rambut lebih lama.

3. Ukuran permukaan catok rambut

Catokan dengan ukuran setrika yang lebih kecil atau ramping lebih cocok untuk pemilik rambut yang pendek dan tidak terlalu tebal. Catokan kecil juga bisa lebih mudah digunakan sebagai pengeriting rambut, untuk menata poni, dan juga dibawa saat bepergian. Sedangkan catokan yang lebar lebih cocok untuk pemilik rambut panjang dan/atau rambut yang tebal.

4. Catokan dengan fitur tambahan

Anda juga bisa memilih produk catok rambut yang memiliki fitur tambahan. Misalnya catokan yang dilengkapi dengan sisir cocok untuk pemilik rambut keriting atau rambut susah diatur, ada juga catokan yang tanpa menggunakan kabel, atau catokan yang bisa mencapai suhu panas lebih cepat dibandingkan yang konvensional.

Rambut Rusak Karena Catok Rambut

Meski pemilihan catok rambut adalah faktor yang bisa membuat rambut Anda rusak, kering, dan terlihat tidak sehat, sebenarnya ada faktor-faktor lain yang bisa membuat rambut Anda rusak.

Jika faktor-faktor tersebut tidak diperhatikan, menggunakan catokan rambut dengan harga yang mahal pun agak percuma karena kesehatan rambut kurang Anda jaga. Beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut jadi rusak dan kering antara lain adalah:

  1. Mengecat rambut tanpa melakukan perawatan yang baik.
  2. Menggunakan sampo dan kondisioner dengan bahan kimia yang keras.
  3. Salah dalam cara mengeringkan rambut.
  4. Tidak menggunakan minyak rambut atau vitamin rambut sebelum di-styling baik menggunakan hair dryer, catokan rambut, maupun pengeriting rambut.
  5. Terlalu sering mengikat rambut kencang-kencang di tempat yang sama.
  6. Keramas menggunakan air panas.
  7. Salah dalam teknik memotong rambut.

Rambut yang kering juga bisa disebabkan karena faktor keturunan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan pola makan yang kurang antioksidan. Nah, untuk mengurangi resiko rambut yang rapuh dan mudah rusak karena menggunakan catok rambut.

Rekomendasi Catokan yang Bagus Di Bawah 300 Ribu

rekomendasi catokan yang bagus

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi catokan rambut yang bisa Anda pilih dengan berbagai macam pilihan merk, bahan material, dan juga harganya. Semua rekomendasi di bawah ini berharga di bawah Rp300.000 sehingga bisa lebih pas untuk yang budget-nya mepet.

1. Philips HP8302

Catokan rambut Philips HP8302 memiliki voltase 240 V yang bisa memanaskan hingga suhu maksimal hanya dalam 60 detik saja. Bahan material plat yang digunakan adalah keramik dan pas untuk menghasilkan tatanan rambut super lurus dan halus. Desainnya ramping dan praktis untuk dibawa ke dalam tas perjalanan Anda.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 240 V
Temperatur Maksimal 210 ℃
Plate Size 19 x 85 mm
Dimensi 114 x 46 x 300 mm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Philips HP8316

Rekomendasi catok rambut selanjutnya adalah Philips HP8316 menggunakan voltase 220 V yang menggunakan plat berbahan material keramik. Platnya di-infuse dengan bahan keratin yang bisa membuat rambut tetap halus dan lembut tanpa membuatnya kering.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 220 V
Temperatur Maksimal 210 ℃
Plate Size -
Dimensi -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Sonar SN-8099

Catokan Sonar SN-8099 harga cukup terjangkau dan bisa mencapai suhu maksimal cukup cepat yaitu selama 75 detik saja dengan voltase 220 V. Bahan platnya menggunakan bahan tourmaline dengan plat yang lebih lebar sehingga bisa cocok digunakan untuk rambut tebal atau rambut keriting.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 220 V
Temperatur Maksimal 240 ℃
Plate Size -
Dimensi -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Sharp IB-SS53Y-P

Catokan Sharp IB-SS53Y-P hanya dalam waktu 30 detik saja catok rambut terbaik ini bisa menghasilkan suhu maksimal yaitu 230 oC. Bahan material platnya menggunakan tourmaline yang dilengkapi juga tombol untuk mengatur suhu panas sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 220 V
Temperatur Maksimal 230 ℃
Plate Size -
Dimensi -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Amara Baba AM-88A

Catok rambut dari Amara ini bisa jadi pilihan catokan yang harganya murah, bisa mencapai suhu maksimal hanya dalam waktu 15 detik saja, dan memiliki desain yang mudah untuk dibawa ke mana-mana. Bahan material plat yang digunakan adalah keramik yang sudah dilapisi dengan bahan khusus untuk melindungi rambut.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 240 V
Temperatur Maksimal 200 ℃
Plate Size -
Dimensi 350 x 150 x 60 mm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Sayota HC-28

Catok rambut bagus harga di bawah 300 ribu selanjutnya adalah dari Sayota yang menggunakan tourmaline untuk bahan material platnya, menggunakan voltase listrik 220 V dan bisa panas maksimal dalam waktu 1 menit.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 220 V
Temperatur Maksimal 210 ℃
Plate Size -
Dimensi 40 x 40 x 180 mm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Sonar SN-8098

Dengan ukuran plat tourmaline yang lebih lebar, Anda bisa menggunakan catok rambut ini untuk menjinakkan rambut yang sulit diatur. Harga catokan Sonar SN 8098 terjangkau dan performanya cukup bagus untuk ukuran catok rambut di bawah 300 ribu.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 220 V
Temperatur Maksimal 220 ℃
Plate Size -
Dimensi -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

8. Panasonic EH-HV10

Dengan desain yang praktis untuk dibawa dalam perjalanan, Panasonic menghadirkan catok rambut berwarna shocking pink dengan bahan material plat keramik yang bisa menghasilkan panas 210 oC hanya dalam waktu 40 detik. Catok rambut ini juga memiliki teknologi untuk menjaga dan merawat rambut diwarnai Anda. Harga catokan Panasonic EH HV10 terjangkau dan terkenal awet namun tetap tergantung pemakaian.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 220 V
Temperatur Maksimal 210 ℃
Plate Size 68 x 18 mm
Dimensi 32 x 23 x 280 mm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

9. Ladystar LS-767

Catokan Ladystar memiliki bentuk plat keramiknya datar untuk memastikan rambut Anda lurus sempurna dan memiliki tekstur yang halus. Panjang kabelnya mencapai 2 meter sehingga lebih memudahkan Anda untuk bergerak menata rambut  hingga dapat hasil yang diinginkan. Ladystar merupakan bagian dari catokan 100 ribuan yang bagus untuk meluruskan rambut.

Kriteria Spesifikasi
Voltage 240 V
Temperatur Maksimal 220 ℃
Plate Size -
Dimensi -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

10. Sonar SN-908

Rekomendasi catok rambut bagus di bawah 300 ribu selanjutnya adalah dari Sonar SN 908 yang menggunakan bahan material titanium untuk  platnya. Plus dilengkapi dengan sisir sehingga cocok untuk rambut keriting, rambut yang tebal, rambut bertekstur kasar, dan rambut yang bandel diatur. 

Kriteria Spesifikasi
Voltage 220 V
Temperatur Maksimal 200 ℃
Plate Size -
Dimensi 38 x 45 x 255 mm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar