Menjajal Sony WF-1000XM3, Noise Cancelling-nya Mantap

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 29 Jul 2019 | 19:00

Sony WF-1000XM3
Sony resmi membawa headphone wireless terbaru mereka ke pasar Indonesia dalam model Sony WF-1000XM3. Seri ini membawa beberapa perubahan dari seri sebelumnya, dua diantaranya menyematkan chip HD Noise Cancelling Processor QN1e dan teknologi Dual Noise Sensor. 

Kombinasi dua teknologi ini mampu meredam suara bising yang ada di sekeliling. Teknologi Dual Noise Sensor misalnya, terdiri dari satu mikrofon feed-forward dan satu mikrofon feed-back pada permukaan headphone dapat menangkap lebih banyak suara ambien di sekeliling. 

Kemudian HD Noise Cancelling Processor QN1e menciptakan gelombang suara terbalik untuk mengimbangi suara latar belakang yang mengganggu. Prosesor ini tidak hanya menghilangkan lebih banyak kebisingan pada hampir semua frekuensi, tetapi juga menggunakan lebih sedikit daya. Suara-suara seperti suara kabin pesawat dan suara pusat kota yang sibuk dihilangkan secara dramatis oleh buds – sehingga fokus pada musik. 

Tidak hanya itu, HD Noise Cancelling Processor QN1e juga menghasilkan 24-bit audio signal processing dan DAC dengan amplifier. Digital Sound Enhancement Engine HX (DSEE HXTM) meningkatkan kualitas musik digital yang telah dikompres termasuk format MP3 untuk kualitas terbaik.  

Sony 1000XM3
Yang tak kalah menarik, desain truly wireless dari buds WF-1000XM3 memungkinkan penggunaan tanpa kabel yang lebih nyaman. Dimana struktur “ergonomic tri-hold” menahan earbuds pada tempatnya dengan 3 titik dukungan untuk telinga. 

Selain itu, Sony Wireless Headphone WF-1000XM3 menggunakan chip Bluetooth 5.0 terbaru. Versi ini memiliki kelebihan penerimaan sinyal yang stabil dan jangkauan yang lebih luas dari generasi sebelumnya. 

Sony WF-1000XM3 dirancang secara khusus untuk kenyamanan dan stabilitas di telinga yang ditingkatkan. Struktur “ergonomic tri-hold” menahan earbuds pada tempatnya dengan 3 titik

dukungan untuk telinga. Kelebihan lain dari HD Noise Cancelling Processor QN1e hanya membutuhkan sedikit daya, sehingga bisa membuat baterai lebih tahan lama. Sony mengklaim jika baterainya mampu menyuplai daya selama 24 jam.

Buds ini juga memiliki fungsi quick charge – pengisian baterai selama 10 menit memberikan daya tahan baterai selama 90 menit. Apalagi case WF-1000XM3 juga berfungsi sebagai charger yang bisa menjadi penambah daya saat di perjalanan. 

Menjajal Kualitas Noise Cancelling di Sony WF-1000M3

Sony WF-1000XM3
Dalam kesempatan yang sama, kami berkesempatan untuk menjajal langsung fitur-fitur yang ditawarkan Sony WF-1000XM3. Yang membuat penasaran adalah sejauhmana teknologi HD Noise Cancelling Processor QN1e dan teknologi Dual Noise Sensor bekerja. 

Dan klaim Sony akan kekuatan noise cancelling mereka memang benar-benar terbukti. Ketika berada di area yang cukup bising (stasiun MRT), headphone wireless terbaru dari Sony ini memang bisa meredam suara di sekeliling dengan sangat sempurna. Sehingga kami merasa berada di ruang yang sepi tanpa suara apapun, dan hanya focus pada suara music yang dimainkan dari gadget, seperti smartphone maupun perangkat lain.

Oiya sekedar catatan, untuk mengkoneksikan Sony WF-1000M3 dengan Bluetooth, kita harus memiliki perangkat yang juga sudah support Bluetooth 5.0. Tapi tidak perlu khawatir, masih ada opsi lain yang menggunakan NFC (Near Field Communication). 

Sony 1000XM3

Menggunakan headphone wireless ini juga cukup mudah. Ada mode Quick Attention untuk berkomunikasi tanpa harus melepas earbuds. Cukup letakkan jari di atas panel sentuh pada earbud sebelah kiri untuk menurunkan volume lagu dan mendengar suara ambien, sehingga Anda masih bisa mendengar suara di sekeliling.

Selain itu, dengan sensor sentuh di earbuds ini juga dapat disesuaikan baik untuk play, stop, atau forward lagu. Selain itu, fitur Wearing Detection secara otomatis memberhentikan musik Anda saat melepas salah satu earbud dari telinga dan kembali memainkan lagu saat memasang kembali earbud ke telinga. 

Headphone ini juga dapat dipasangkan dengan aplikasi Sony | Headphones Connect, di mana Anda akan menemukan fitur kustomisasi untuk suara, noise cancellation, touch control dan banyak lagi. 

Kriteria Spesifikasi
Type In Ear
Driver Size 6 mm
Impedance -
Noise Cancelling Ya
Sensitivity -
Connection Type Wireless

Harga Headset Wireless Sony WF-1000XM3

Sudah tersedia di Indonesia, harga Sony WF-1000XM3 dibanderol Rp3.499.000. Dimana Sony menawarkan 1 unit speaker Sony SRS-XB01 secara gratis untuk 150 pembeli Sony WF-1000XM3 pertama.

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait