Diperbaharui pada Kamis, 27 Mei 2021 | 13:08

Vacuum Cleaner Mobil Terbaik, Hemat Listrik Harga Murah

mini vacuum cleaner

Mini Vacuum Cleaner adalah perangkat pembersih debu yang disukai karena model dan ukurannya lebih kecil, mudah dipegang, praktis disimpan, serta perawatannya mudah.

Tipe-tipenya dapat dipilih sesuai kebutuhan dan alasan, namun yang paling direkomendasikan adalah mini vacuum cleaner yang tidak akan menyedot terlalu banyak daya listrik.

Mini vacuum cleaner yang sangat hemat daya termasuk dalam kategori terbaik, dan kali ini kita akan membahasnya mulai dari cara memilih produk vacuum cleaner terbaik, mengenali jenis-jenisnya, kelebihan mini vacuum cleaner, serta daftar pilihan mini vacuum cleaner terbaik hemat daya.

Bicara tentang mini vacum cleaner, model ini biasanya lebih banyak didominasi untuk keperluan mobil. Desainnya yang kecil, tidak memakan banyak ruang, serta daya listrik kecil yang dibutuhkan membuatnya menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan vacum cleaner mobil.

Cara Memilih Vacuum Cleaner Mobil Terbaik

vacuum cleaner mobil

Kita mulai dari cara memilih vacuum cleaner yang kebenyakan orang sering tertipu dengan iklan yanga ada. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih vacum cleaner, terlebih jika itu adalah mini vacum cleaner dan juga vacum cleaner untuk mobil.

Bagi kalian yang tertarik, bisa ikuti beberapa langkah berikut agar tidak salah dalam membeli vacum cleaner:

Kenali Jenis Vacuum Cleaner

jenis vacuum cleaner

Sebelum memilih mini vacuum cleaner terbaik, setidaknya harus mengetahui jenis-jenis perangkat penyedot debu ini sehingga kita dapat menentukan apa yang paling cocok dipakai sesuai kebutuhan.

Perangkat rumah tangga ini ditawarkan dalam beberapa jenis yaitu Upright Vacuum, Robot Vacuum, Steam Vacuum, Central Vacuum, dan Hendheld Vacuum.

Pastikanlah bahwa kemampuan dan kinerja vacuum cleaner itu akan maksimal jika digunakan di rumah Anda.

Produk yang disarankan memiliki kemampuan ganda yang dapat dipakai kondisi basah dan kering, memiliki kontrol hisap, dan pengaturan jangkauan vacuum cleaner.

Kualitas Filter

filter vacuum cleaner

Vacuum cleaner yang akan dipilih sebaiknya ditunjang oleh filter berkualitas dengan penerapan teknologi High Efficiency Particulate Air (HEPA). Filter ini mampu bekerja maksimal untuk menyaring debu hingga bersih.

Fitur Mikropartikel

Fitur ini akan membersihkan setiap partikel yang tidak kelihatan mata, dan bermanfaat mencegah risiko alergi debu atau kotoran tertentu.

Fitur Sensor

Makin banyak jenis produk yang canggih dan memudahkan penggunanya termasuk dari fitur sensor yang disematkan. Vacuum cleaner dengan fitur sensor dapat kita kendalikan hanya dengan mengaktifkan satu tombol dan mendekatkan ke area yang hendak dibersihkan.

Sesuaikan Kondisi dan Ukuran Ruangan

Faktor kondisi dan luas ruangan juga menentukan jenis yang direkomendasikan. Jika ruangan di rumah Anda cenderung kecil dan banyak barang, tentu saja mini vacuum cleaner yang disarankan.

Namun kalau kebutuhannya untuk membersihkan area yang cenderung lebar dan luas, jenis upright atau canister lebih disarankan.

Tidak Berisik

Jangan sampai aktivitas membersihkan debu-debut di dalam ruang malah menganggu penghuni rumah yang lain karena suaranya yang terlalu bising atau menimbulkan noise.

Sudah banyak produk vacuum cleaner modern yang dilengkapi fitur peredam suara sehingga tidak berisik.

Merek Vacuum Cleaner

merek terbaik vacuum cleaner

Sering tergiur dengan penawaran produk-produk berharga murah sedangkan mereknya sendiri tidak pernah Anda ketahui sebelumnya? Jangan ambil risiko karena yang rugi pun Anda sendiri jika ternyata mudah dan cepat rusak.

Merek-merek kredibel yang disarankan antara lain Karcher, Bosch, Modena, Nilfisk, Domo, Idealife, NLG, Sharp, Denpoo, Electrolux, Innotechs, dan lain-lain.

Pemakaian Daya Rendah

Nah, hal ini juga sangat penting karena semakin luas area yang akan dibersihkan pasti membutuhkan daya listrik yang tinggi. Padahal kondisi mesin sering dibiarkan menyala di saat perangkat sedang stand by. Oleh karena itulah yang disarankan jika hendak menghemat daya adalah jenis mini vacuum cleaner.

Cek Kapasitas Penampung Sampah

Mini vacuum cleaner didesain dalam dua tipe kapasitas penampung sampah yaitu paper pack dan dust cup. Tipe yang pertama lebih praktis karena kita dapat membuang isinya sewaktu-waktu. Tipe yang kedua hanya perlu dibuang isinya jika sudah penuh dan tersedia dalam 2 tipe mesin yaitu tipe filter dan tipe cyclone. Pastikan juga kapasitasnya sesuai pemakaian. Kapasitas yang disarankan paling tidak kurang dari setengah liter.

Jenis-Jenis Vacuum Cleaner

jenis vacuum cleaner

Ada 11 jenis vacuum cleaner yang sebaiknya Anda ketahui sebagai bahan-bahan perbandingan memilih produk yang sesuai. Jenis-jenis tersebut antara lain:

Upright

Jenis yang paling sering dijumpai dengan model dan ukuran standar dilengkapi fitur corong penyedot yang melebar di bagian bawah.

Canister

Jenis yang didesain dengan pipa penyedot untuk menjangkau area tersembunyi.

Drum

Berbentuk tabung menyerupai drum kecil sebagai wadah penyaring debu.

Wet/Dry

Desainnya seolah kombinasi antara jenis drum dan canister dengan daya hisap maksimal untuk area basah dan kering.

Pneumatic

Sering digunakan di area industri atau pabrik.

Backpack

Model yang kerap dipakai oleh jasa-jasa pembersih rumah panggilan.

Handheld

Model portable berukuran mini.

Robotic

Model canggih yang dikendalikan lewat remote control.

Cyclonic

Menggunakan sistem penghisap berteknologi canggih. Central Built-In atau Jenis yang langsung tersambung pipa instalasi penyaring utama. Constellation yang punya kemampuan seperti jenis canister namun didesain dalam ukuran berbeda dan besar.

Kelebihan Mini Vacuum Cleaner

kelebihan mini vacuum cleaner

Produk mini vacuum cleaner punya 5 keunggulan sebagai berikut:

- Handy dan ukuran kecil

- Praktis/mudah dibawa

- Mampu membersihkan area yang sulit dijangkau vacuum cleaner biasa

- Perawatan dan pembersihan mudah

- Banyak opsi produk

Daftar Mini Vacuum Cleaner Terbaik Hemat Daya

Berikut adalah 10 rekomendasi mini vacuum cleaner terbaik yang hemat daya beserta ringkasan fiturnya:

Black and Decker NV1200AV-B1

black and decker NV1200AV-B1

Black and Decker NV1200AV-B1 ini memiliki kapasitas tenaga yang cukup besar yakni 12,5 watt atau setara dengan 12 Volt untuk pemakaian wajar.

Hal ini menjadikannya mesin vacumm cleaner murah yang aman serta kuat dalam menyedot segala macam debu dan kotoran di rumah Anda.

Panjang kabel yang dimiliki mencapai 5m dengan berat mesin 1,5Kg. Kapasitas angkutnya mencapai 0.37L dan itu cukup banyak untuk sebuah vacuum cleaner rumahan.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk NV1200AV-B1
Kategori Vacuum Cleaner
Brand Black and Decker
Power 12.5 Watt
Voltage 12 V
Dust Capacity 0.37 L
Cable Length 5 m
Dimension 422 x 131 x 160 mm
Weight 1.5 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Miyako VC-112HJ

Miyako VC-112HJ

Miyako VC-112HJ jadi produk yang lumayan yang cukup populer untuk ibu rumah tangga. Selain nama brand yang sudah dikenal, desain yang dimiliki juga tidak merumitkan seperti mini vacuum cleaner yang ada sekarang.

Namun meski demikian, kapasitas tenaga yang dibutuhkan untuk sekali menyalakan mesin ini adalah 700watt atau 220-240 Volt. Tapi dengan tenaga sebesar itu, sudah dapat dipastikan jika penyedot debu yang satu ini dapat bekerja ekstra kuat.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk VC-112HJ
Kategori Vacuum Cleaner
Brand Miyako
Power 700 Watt
Voltage 220-240 V
Dust Capacity 23 L
Cable Length -
Dimension -
Weight 9.8 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

BOLDe Super Hoover

BOLDe Super Hoover

BOLDe Super Hoover memiliki berat 3Kg dengan panjang kabel 5 meter. Kapasitas tenaga 350 watt menjadi pendorong yang kuat untuk sekali menghidupkan mesin vacuum cleaner mini ini.

Mesin ini sangat cocok untuk penyedot debu rumahan karena karakternya yang cocok dengan kondisi kering. Kapasitas angkutnya mencapai 1L sehingga banyak debu dan kotoran yang dapat terangkut bersih dengan mesin vacuum BOLDe ini.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Super HOOVER
Kategori Vacuum Cleaner
Brand BOLDe
Power 350 Watt
Voltage 220-240 V
Dust Capacity 1 L
Cable Length 5 m
Dimension -
Weight 3 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

DENPOO HRV 8009

DENPOO HRV 8009

Denpoo HRV 8009 merupakan penghisap debu berukuran kompak yang memiliki kinerja maksimal membersihkan semua debu di setiap sudut rumah anda.

Bagian sikat lantainya dapat berputar 270 derajat sehingga akan menjangkau semua bagian mengikuti pergerakan lengan anda.

Dan untuk daya listrik yang digunakannya vacuum cleaner Denpoo HRV 8009 ini membutuhkan konsumsi daya listrik sebesar 600 watt saja.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk HRV 8009
Kategori Vacuum Cleaner
Brand Denpoo
Power 600 Watt
Voltage 220-240 V
Dust Capacity 2 L
Cable Length -
Dimension 380 x 270 x 250 mm
Weight -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

BOSCH GAS 12V-Li

BOSCH GAS 12V-Li

BOSCH GAS 12V-Li punya sedikit kelebihan sebagai mini vacuum cleaner, yakni ruang handheld yang lebih besar serta kapasitas tampungan mencapai 3L. Tenaga yang diperlukan untuk sekali menjalankan produk penyedot debu ini adalah 12V.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk GAS 12V-Li
Kategori Vacuum Cleaner
Brand Bosch
Power -
Voltage 12 V
Dust Capacity 3 L
Cable Length -
Dimension -
Weight -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Imam Ali

Content Writter

972 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.