Oven Listrik Low Watt Terbaik di 2019, Lebih Hemat

Oleh Adam Rizal updated Minggu, 2 Jun 2019 | 10:59

tips beli oven


Oven
merupakan peralatan dapur yang harus tersedia untuk membuat makanan kering tanpa minyak, seperti aneka kue kering, roti, dan cake. Banyak sekali jenis oven yang beredar di pasaran, ada yang terbuat dari batu bata, tanah liat, dan logam dengan bahan bakar seperti kayu, batu bara, gas alam, dan listrik. 

Oven listrik menjadi solusi bagi kamu yang ingin menyajikan makanan yang enak dan sehat tanpa perlu repot menggoreng. Faktor suhu panas mempunyai peran penting di dalam oven listrik terutama dalam membuat berbagai masakan. Mulai dari pemanggangan, pemanas ataupun pengeringan suatu bahan untuk memasak.  

Setiap oven listrik memiliki variasi berbeda-beda untuk elemen panasnya. Ada yang berada di bawah, di atas saja, ataupun di keduanya. Agar lebih praktis dan hemat sebaiknya pilih oven listrik dengan elemen pemanas atas dan bawah. Anda bisa memastikan keakuratan suhu panas lewat tombol pengaturannya. 

Sayangnya, umumnya pemakaian oven listrik memerlukan daya listrik yang banyak. Bila oven listrik memakan daya listrik yang berlebihan, Anda sebagai sang pengguna bakal memperoleh imbasnya. Anda mesti membayar tagihan listrik yang membengkak akibat pemakaian oven listrik itu.  

Karena itu, oven listrik yang hemat listrik menjadi pilihan tepat buat Anda karena jauh lebih aman dan praktis. Belilah oven listrik irit daya supaya Anda tak perlu membayar tagihan listrik yang membengkak. 

Cara Bedakan Oven Listrik dan Microwave

cara kerja oven

1. Cara Kerja Oven

Pada oven, listrik atau gas menjadi sumber ketika memanaskan. Kemudian, suhu panas ini akan menyebar dan mematangkan masakan. Oven juga dilengkapi dengan kipas untuk meratakan suhu panas agar masakan dapat matang dengan merata.

Sebaliknya, microwave menggunakan hasil dari radiasi gelombang mikro elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Gelombang mikro akan bergerak dan saling bertabrakan sehingga menimbulkan panas pada makanan dalam microwave. Jika cara kerja oven adalah dengan mentransfer panas dari sumbernya, microwave hanya meningkatkan panas dari makanan itu sendiri.

2. Energi dan Listrik yang Dibutuhkan

Oven membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mematangkan makanan sehingga butuh energi yang lebih besar dibandingkan microwave. Hal itu dikarenakan oven membutuhkan waktu sampai panas menyebar ke seluruh sudut oven. 

Daya listrik yang digunakan untuk oven sebenarnya lebih kecil dibandingkan microwave tetapi, karena proses oven lebih lama dari microwave, daya listrik yang digunakan jadi lebih besar.  

Sedangkan, proses pematangan dengan microwave lebih cepat tetapi, untuk menghasilkan gelombang mikro, microwave membutuhkan konsumsi listrik yang cukup besar. Jadi, sebenarnya tergantung pada pemakaian masing-masing alat.

3. Perbedaan Ukuran

Oven memiliki ukuran yang beragam semakin kecil oven, maka watt (daya) yang dibutuhkan akan semakin kecil juga, khususnya oven listrik. Oven dengan ukuran besar biasa digunakan untuk membuat makanan dengan jumlah lebih besar seperti kue, pizza, ayam panggang dan lainnya.  

Ukuran Microwave biasanya tidak pernah lebih dari 30 liter, karena didesain hanya untuk menghangatkan makanan saja. Microwave dan oven memiliki ukuran yang memang berbeda karena dari fungsinya yang juga berbeda.

4. Perbedaan Jenis Oven dan Microwave

Oven memiliki jenis yang beragam, dari oven dengan tungku hingga oven berukuran besar yang sering digunakan di restoran atau toko kue. Oven listrik, mengandalkan listrik sebagai sumber panasnya.

Cocok untuk memanggang dalam jumlah besar. Biasanya, oven ini digunakan untuk pebisnis dengan target produksi yang tinggi. Microwave terdiri dari Microwave biasa, frill microwave dan Convection microwave yang memungkinkan hembusan udara panas, membuat suhu jadi lebih merata.

5. Penggunaan Microwave dan Oven

Ketika memasak menggunakan oven, tentukan suhu dan waktu memasak pada pengatur (fitur) yang tersedia. Penting untuk menggunakan wadah tahan panas saat proses memasak. 

Jika pada oven, penggunaan tergantung kebutuhan dan jenis ovennya, penggunaan pada microwave cenderung lebih mudah dan simpel. Cukup mengatur lama pemanasan pada fitur dan biarkan microwave bekerja.

6. Hasil Masakan

Jelas hasil masakan dari microwave dan oven akan berbeda karena dari yang sebelumnya telah dibahas. Oven listrik menghasilkan masakan yang lebih renyah dan matang merata. Sedangkan, microwave menghasilkan makanan yang lebih kering dan sulit matang karena panas pada microwave dihasilkan dari makanan itu sendiri sehingga kelembapan dan kadar air menghilang. Microwave kurang efektif untuk kegiatan memasak makanan yang membutuhkan kematangan lebih lama seperti daging atau kue.

7. Kecepatan Proses Pemanasan

Pada oven, proses pemanasan makanan bisa berbeda-beda, tertantung pada jenis oven yang digunakan. Misalnya, oven gas bisa panas lebih cepat dibandingkan oven listrik. Sementara pada microwave, proses pemanasan bisa dilakukan secara lebih cepat dibandingkan jenis oven mana pun.

8. Faktor Ekonomis

Harga oven gas lebih ekonomis untuk penggunaan jangka panjang, sedangkan oven listrik bisa memakan biaya listrik lebih mahal. Sementara microwave bisa dibilang begitu ekonomis. Alat ini bekerja menggunakan sumber listrik dan hanya mengonsumsi daya ketika kamu menggunakannya memanaskan makanan.

Kelebihan Masing-masing

Soal keuntungan, oven elektrik bisa lebih mudah dibersihkan dan murah untuk dipasang. Sedangkan, oven gas punya kelebihan lebih cepat panas dan ramah kantong untuk penggunaan jangka panjang. 

Sementara itu, microwave lebih murah, efektif dan simpel untuk digunakan. Alat ini juga tak butuh pengaturan profesional, serta lebih hemat energi.

Tips Pilih Oven Listrik Low Watt Terbaik

tips memilih Oven Listrik Hemat

Dengan banyaknya varian oven listrik di pasaran, kemungkinan Anda sedikit bingung memilih oven listrik yang pas untukmu. Berikut beberapa tips memilih oven listrik low watt yang baik. 

1. Daya rendah 

Salah satu penghalang orang dari membeli oven listrik adalah dayanya yang tinggi. Padahal, masih banyak rumah tangga yang memakai daya 1.300 watt. Nah, jika rumahmu juga menggunakan daya listrik 1.300 watt, memilih oven harus lebih teliti lagi.  

Oven listrik yang berdaya rendah juga akan memengaruhi tagihan listrikmu. Karena semakin tinggi daya yang digunakan sebuah perabotan, semakin tinggi penggunaan listrik yang akan membuat tagihan listrikmu bengkak.

2. Kapasitas besar 

Memiliki oven berkapasitas besar lebih baik daripada berkapasitas kecil. Kebutuhan bisa berubah seiring berjalannya waktu. Jika dilihat dari kebutuhan penggunaan oven yang biasanya untuk membuat kue, setidaknya kamu membutuhkan oven yang bisa masuk loyang 30 x 30 cm. Kapasitas ini sudah cukup untuk dipakai memanggang seekor ayam utuh.

3. Fitur pengatur suhu 

Salah satu fitur andalan oven listrik yang tidak ada di oven tangkring adalah fitur pengatur suhu. Di bagian kanan oven, terdapat beberapa kenop pengatur, salah satunya untuk mengatur suhu. 

Sebelum memasukkan bahan makanan ke dalam oven, kamu bisa memanaskan oven di suhu tinggi, misalnya 200 derajat celsius, kemudian masukkan bahan yang ingin dimasak, lalu atur suhu sesuai kebutuhan. Dengan cara tersebut, masakanmu akan matang merata. 

4. Fitur pengatur waktu 

Selain mengatur suhu, oven listrik unggul karena memiliki fitur pengatur waktu. Jadi, kamu tidak perlu lagi membeli timer terpisah. Atur waktu sesuai kebutuhan dan kamu bisa melakukan hal lain sembari menunggu masakanmu matang. Enaknya, oven listrik juga akan mati otomatis ketika timer habis, jadi kamu tidak perlu khawatir masakanmu gosong karena terlambat mengecek oven.

5. Fitur panas merata

Banyak oven listrik yang memiliki fitur panas menyeluruh, atas dan bawah. Nah, fitur ini bisa diatur: ingin menyala salah satu bagian saja atau dua-duanya. Ketika kamu sedang membuat ayam panggang dengan cara rotisserie, kamu tinggal memasang pengait khusus dan mengatur panas atas-bawah agar ayam kamu matang sempurna. 

Rekomendasi Oven Listrik Low Watt Terbaik

oven terbaik

Oven listrik sendiri kini hadir dengan berbagai pilihan merek yang dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda. Bagi Anda yang ingin membeli oven listrik untuk menemani aktivitas memasak di rumah namun masih bingung mau memilih merk apa?

Berikut daftar oven listrik yang bagus dan hemat listrik untuk Anda. 

1. Oven Listrik Cosmos C0-9919, Kapasitas 19 L

oven cosmos

Merk ini juga cukup aktif memproduksi oven listrik berukuran besar yang multifungsi. Anda bisa memiliki seri oven listrik cosmos C0-9919 yang berkapasitas 19 L. Untuk seri oven listrik cosmos C0-9919, kapasitas 19 L harganya sekitar Rp 450 ribu.

Oven Cosmos murah ini mampu menghasilkan panas secara merata, namun tetap menjaga daya listrik hemat. Selain itu juga memiliki fungsi rotisserie dan BBQ, pengaturan suhu hingga 250 derajat. 

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 19 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 400 W
Ukuran 280 x 270 x 240 mm

2. Oven Listrik Kirin Low Watt KBO-190LW

oven kirin

Selain dikenal dengan merk penanak nasi yang bagus, kirin juga mempunyai oven listrik yang tak kalah favorit di pasaran. Sebagian besar oven listrik kirin menggunakan material stainless steel. Untuk seri oven listrik kirin low watt KBO-190LW sekitar Rp 500 ribu.

Kapasitas 19 liter dengan daya 275 watt, serta memiliki temperatur suhu max. 250 derajat celcius. Oven listrik kirin murah ini juga diberkahi dengan timer otomatis hingga 60 menit dan baking tray bisa sampai 3 loyang. Di dalamnya juga terdapat tongkat rotisserie yang dapat memutar daging, sehingga tingkat kematangannya lebih merata.
 
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 19 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 275 W
Ukuran 495 x 363 x 346 mm

3. Oven Listrik Oxone OX-858 BR

oven oxone

Oven Listrik Oxone OX-858 BR memiliki fungsi 4 in 1 yaitu, memanaskan makanan, mencairkan, memanggang, dan membakar. Fungsinya bisa merangkap microwave dan juga oven serta sangat praktis karena dilengkapi tusukan untuk memanggang daging dan ayam. Untuk seri oven listrik oxone OX-858 BR sekitar Rp 600 ribu.

Kapasitas 18 liter dengan daya listrik 400 – 800 watt oven ini juga bisa digunakan untuk BBQ. Terdapat tusukan rotisserie, temperatur maksimum yang dihasilkan mencapai 230 derajat celcius. Oven listrik Oxone murah ini juga memiliki pengatur waktu otomatis dengan maksimum 120 menit.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 18 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 1000 W
Ukuran 445 x 346 x 315 mm

4. Oven Listrik Maspion MOT 600

maspion MOT-600

Oven listrik Maspion MOT 600 ini termasuk dalam alat pemanggang yang cepat, efisien, dan hemat. Tidak hanya bisa dipakai untu memasak makanan, tapi menghangatkan makanan juga bisa. Anda bisa gunakan tipe andalan dari maspion yaitu MOT 600. Oven Maspion dilengkapi alat pengukur waktu dan bel sebagai penanda bahwa proses pemanggangan telah selesai. 

Dibekali dengan temperatur suhu hingga 250 derajat celcius serta pengatur waktu hingga 60 menit dan juga kaca transparan tahan panas. Bentuknya minimalis dengan ukuran 450 x 350 x 400 mm dan kapasitas 20 liter. Model ini sudah memiliki rack toaster dan hanya memanfaatkan daya 850 watt. 

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 15 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 850 W
Ukuran 240 x 280 x 230 mm

5. Merk Oven Listrik Sharp EO-28LP(K)

oven sharp

Oven listrik Sharp EO-28LP memiliki fitur timer otomatis sehingga proses pemanggangan lebih efisien. Oven listrik sharp EO-28LP (K) memiliki glass turntable yang berfungsi sebagai penyangga oven agar bisa berputar saat memanaskan makanan.

Memiliki daya yang cukup besar yakni 1500 watt, tapi juga diberkahi dengan kapasitas sebesar 28 liter. Pengatur waktu hingga 60 menit dengan temperatur suhu maksimal 250 derajat celcius. 

Terdapat 3 pengatur suhu berbeda dengan aturan elemen pemanas atas dan bawah. Terbuat dari stainless steel sehingga menghantarkan panas merata berkat fitur glass turntable. Selain itu, oven listrik Sharp EO-28LP(K) ini juga memiliki fitur rotisserie dan convection.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 28 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 1500 W
Ukuran -

6. Oven Listrik Electrolux EOT 3000

oven electrolux

Oven Electrolux EOT 3000 dapat digunakan untuk berbagai fungsi seperti membakar, memanggang roti, grill, memanggang daging, dan juga roast. Oven elextrolux juga dilengkapi dengan wadah yang dapat dilepas, sehingga mudah untuk dibersihkan. Soal kualitas, electrolux menawarkan oven yang awet dan tahan lama.

Kapasitas 10 liter dengan pilihan 4 mode pemanas, serta pengatur suhu hingga 250 derajat. Daya listrik 1000 – 1200 watt, dan dibekali fitur pizza stone, untuk memanggang pizza. Pengatur waktu otomatis tersedia, begitu juga dengan baki panggangan dan tangkai pengambil makanan. 

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 10 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 1200 W
Ukuran 430 x 320 x 290 mm

7. Oven Listrik Signora Mini Oven

oven signora mini

Oven signora mini yang ini sudah dikenal lama oleh para pemanggang kue. Mini oven ini sangat cocok untuk memanaskan pizza, kue, roti, bahkan gorengan. Oven ini memiliki pemanas atas dan bawah. Untuk seri oven listrik signora mini oven sekitar Rp 680 ribu.

Ukuran 35 cm x 20 cm x 18 cm dengan daya listrik 600 watt. Oven listrik Signora Mini Oven ini memiliki kapasitas 6 liter dengan timer otomatis 1-15 menit. Aksesoris rak jari dan rak minyak jadi fitur tambahan oven murah ini. 

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 6 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 600 W
Ukuran 450 x 360 x 350 mm

8. Oven Listrik Panasonic NN-DS596

oven panasonic

Oven listrik Panasonic NN-DS596 ini menggunakan teknologi inverter untuk menghemat energi. Untuk seri oven listrik panasonic NN-DS596 sekitar Rp 680 ribu. Kapasitas 27 liter dengan teknologi inverter, ukurannya hanya 512 x 400 x 347 mm dengan fungsi 3 in 1 yaitu, mengukus, memanggang, dan memasak kombinasi.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 27 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 1200 W
Ukuran 512 x 400 x 347 mm

9. Oven Listrik Denpoo DEO-18T

oven denpoo

Oven listrik denpoo DEO-18T dapat dipakai untuk memanggang roti, kue kering, daging, sampai dengan ayam. Selain itu, material oven denpoo adalah stainless steel sehingga lebih tahan panas.

Tak hanya itu, oven denpoo memiliki body yang terbuat dari stainless steel. Serta kaca oven tahan panas, sehingga lebih aman dan tahan lama. Teknologi dual heater dengan material stainless steel serta kaca oven tahan panas.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 20 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 950 W
Ukuran -

Itulah daftar oven listrik yang bisa pilih untuk melengkapi peralatan dapur rumah Anda. Bila masih merasa kurang puas dengan pilihan di atas, Anda bisa mencari lebih banyak pilihan di situs Pricebook.

Artikel Terkait

Komentar