Printer Ink Tank Terbaik yang Bisa Copy dan Scan di 2019

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 24 Apr 2019 | 11:30

brother dcp t310
Dari beberapa jenis printer yang ada di pasaran, printer inkjet dengan system ink tank termasuk salah satu yang banyak digunakan. Karena printer inkjet dengan system ink tank ini dikhususkan untuk kebutuhan cetak yang tinggi, dikarenakan lebih ekonomis dari segi harga tintanya. Dan mencari printer ink tank dengan kualitas terbaik pun tidak susah. Apalagi banyak toko yang jual printer Brother, HP atau beberapa printer terbaik lainnya. Harga printer Brother atau merk lainnya pun kini makin terjangkau dan mudah ditemukan dipasaran. 

Mengapa printer ink tank? Bagi yang belum tahu, printer jenis ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya memiliki biaya cetak yang lebih murah dengan hasil cetak yang sangat baik. Misalnya, harga satu botol tinta original untuk printer Brother di banderol sekitar seratus ribuan dapat menghasilkan cetakan hingga 6,500 halaman (hitam putih) dan 5,000 halaman (warna) dengan ukuran kertas A4. Sedangkan harga tinta yang menggunakan sistem cartridge dengan harga tinta yang sama hanya mampu menghasilkan cetakan di kisaran 150 – 200 lembar.

Jadi bagi yang memiliki proses mencetak secara terus-menerus, seperti kebutuhan printer pribadi atau khususnya perusahaan, printer ink tank bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena bisa mengurangi biaya opersional. 

Printer Inkjet Kartrid vs Inkjet Ink Tank

refil ink tank

Lalu apa sebenarnya perbedaan dari printer ink tank dengan printer inkjet kartrid? Singkatnya adalah printer inkjet kartrid masih menggunakan kartrid yang memiliki print head built-in. Jika habis, pengguna bisa mengisi ulang atau juga dengan membeli kartrid baru.

Sedangkan printer ink tank tidak menggunakan print head built-in. Cara kerjanya yaitu tinta disalurkan ke printer secara terus menerus dari tangki tinta. Sehingga mengurangi kebutuhan untuk penggantian kartrid. JIka tinta habis, cukup isi tangki dengan tinta dari botol tinta.

Pada umumnya, harga printer ink tank dibanderol di atas harga printer inkjet kartrid. Namun jika untuk pemakaian jangka panjang jauh lebih efisien. Karena memiliki biaya cetak rendah dan ketersediaan botol isi ulang yang murah. Kelebihan printer ink tank saat ini sudah bisa multifungsi yaitu tidak hanya untuk print, namun juga bisa copy dan scan.

Rekomendasi Printer Ink Tank Terbaik 2019

Nah, jika Anda sedang mencari printer ink tank terbaik yang menawarkan biaya cetak murah, multifungsi dengan hasil cetak cepat dan berkualitas, berikut kami berikan rekomendasinya.

1. Printer Brother DCP-T310

Brother DCP-T310Printer Brother DCP-T310 memiliki bentuk yang ringkas dengan dimensi 159 x 435mm dan bobot 7,4 kg. Sangat cocok untuk penggunaan kantoran maupun rumah, karena tidak terlalu memakan ruang. Printer Brother ini dibekali fasilitas untuk print, copy dan scan. Untuk keperluan mencetak, memiliki resolusi printer 1.200 x 6.000 dpi dengan kecepatan 11 ppm untuk monokrom dan 6 ppm untuk mencetak warna.

Lalu untuk fungsi copy beresolusi 1.200 x 2.400 dpi dengan kemampuan pembesaran mencapai 400%. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa meng-copy dalam ukuran yang lebih kecil sebesar 25%. Sedangkan untuk fungsi scan bisa memindai dengan kelebaran 215,9mm dan panjang 297mm (maksimal) dalam resolusi 1.200 x 2.400dpi.

Menghubung printer dengan perangkat lain juga sangat mudah, karena telah tersedia port seperti USB, LAN dan Wifi. Harga printer Brother ini cukup murah hanya dibanderol Rp2 jutaan. Yang jual printer Brother ini pun cukup banyak, jadi tidak sulit untuk mendapatkannya. Harga printer brother sistem ink tank ini dipasarkan pada kisaran Rp2 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Printer Multifungsi
Printing Method Inkjet
Functions Copy, Scan, Print, Fax
Printing Output Color
Tipe Media Paper
Media Size Supported A4, A5, A6, Letter, Legal, 7 3 / 4 Envelope (Monarch), Com 10 Envelope, DL Envelope, C5 Envelope
USB Support Ya
Weight 7.4 Kg
Dimensions 583 x 435 x 159 mm
Wireless Ya

2. Printer Brother DCP-T510W

Brother DCP-T510W
Printer Brother yang satu ini juga hadir dengan fitur multifungsi yaitu print, copy dan scan yang cocok untuk penggunaan di rumah maupun bisnis kecil. Brother DCP T510W memiliki kemampuan cetak dengan volume tinggi. Kecepatan cetak dokumen mencapai hingga 12/6 ipm sehingga bisa mencetak dalam waktu singkat, mulai dari dokumen kantor hingga brosur.

Paper tray printer Brother terbaik ini mampu menampung hingga 150 lembar kertas untuk berbagai ukuran kertas, serta dengan tambahan single-slot manual. Salah satu kelebihan yang ditawarkan Brother DCP=T510W tentu saja biaya cetak per halaman yang lebih murah berkat penggunaan tinta ultra high-yield dari Brother. Bahkan sistem refill tintanya pun sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Untuk kemampuannya bisa mencetak hingga 6500 halaman hitam putih dan 5000 halaman berwarna. Anda juga masih bisa mencetak dari laptop, smartphone maupun tablet.tanpa menggunakan kabel, karena sudah tersedia konektivitas secara nirkabel melalui built-in Wi-Fi. Harga printer Brother dengan sistem ink tank saat ini berada di kisaran Rp2,9 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Printer Multifungsi
Printing Method Inkjet
Functions Copy, Scan, Print
Printing Output Color
Tipe Media Paper
Media Size Supported A4, A5, A6, 7 3 / 4 Envelope (Monarch), Com 10 Envelope, DL Envelope, C5 Envelope
USB Support Ya
Weight 6.65 Kg
Dimensions 435 x 380 x 159 mm
Wireless Ya

3. Printer Brother DCP-T710W

Brother DCP-T710WDi banding dua printer Brother di atas, Brother DCP-T710W memiliki spesifikasi yang lebih meningkat. Tetap menawarkan volume cetak yang tinggi, printer ini memiliki kecepatan cetak dokumen hingga 12/10 ipm. Untuk paper tray masih sama yaitu mampu menampung 150 lembar kertas yang dapat disesuaikan untuk berbagai ukuran kertas.

Menariknya, Printer Brother DCP-T710W dilengkapi dengan Auto Document Feeder yang memudahkan Anda untuk melakukan scan, copy hingga 20 lembar halaman secara otomatis. Yang pasti, printer Brother anyar ini juga menjamin biaya cetak per halaman yang jauh lebih murah dari printer ink jet.

Dengan tinta ultra high-yield dari Brother, dapat mencetak hingga 650 halaman hitam putih dan 5000 halaman berwarna. Printer Brother DCP-T710W juga memasang LCD 1 baris dan panel kontrol yang bisa dimanfaatkan sebagai navigasi menu pengaturan cetak. LCD ini juga berfungsi sebagai pemberi notifikasi jika terjadi error saat mencetak. Untuk konektivitas juga didukung secara nirkabel melalui Wi-Fi. Harga printer Brother ini di jual Rp3 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Printer Multifungsi
Printing Method Inkjet
Functions Copy, Scan, Print
Printing Output Color
Tipe Media Paper
Media Size Supported
USB Support Ya
Weight 7.8 Kg
Dimensions 435 x 380 x 195 mm
Wireless Ya

4. Printer Epson L3150

Epson L3150Printer Epson L3150 hadir dengan bentuk yang compact sehingga memudahkannya untuk ditempatkan dimanapun. Hal ini dimungkinkan karena Epson mengintegrasikan tangki tinta ke dalam mesin printer sehingga mengurangi dimensi bodi perangkat. Printer Epson ini juga bisa menghemat biaya cetak, karena mampu mencetak hingga 7500 halaman warna dan 4500 lembar halaman dokumen hitam putih.

Anda juga bisa mencetak secara nirkabel melalui koneksi Wifi. Bahkan dengan fitur Wifi Direct printer bisa terkoenksi hingga 4 perangkat. Epson L3150 sendiri memiliki hasil cetak dalam resolusi 5760dpi dengan kecepatan 10ipm (hitam) dan 5ipm (warna), termasuk mencetak foto 4R. Harga Printer Epson L3150 ini berada di kisaran Rp 2,6 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Printer Multifungsi
Printing Method Inkjet
Functions Copy, Scan, Print
Printing Output Color
Tipe Media Paper
Media Size Supported A4, Letter
USB Support Ya
Weight 3.9 Kg
Dimensions 375 x 347 x 179 mm
Wireless Ya

5. Printer Canon Pixma G2000

Canon Pixma G2000Printer Canon Pixma G2000 menawarkan kualitas cetakan yang baik dengan biaya yang lebih hemat. menghemat pengeluaran anda dengan kemampuannya. Selain berfungsi sebagai printer, Canon Pixma G2000 ini pun dapat digunakan scanner dengan resolusi 1200 x 600 pixel. Lalu untuk untuk hasil resolusi cetakannya sendiri mencapai 4800 x 1200 pixel.

Di lihat secara fisik, printer Canon Pixma G2000 ini memiliki bodi dengan desain sederhana di balut wara hitam, ukurannya pun terbilang sedang dengan dimensi 445 x 330 x 163 mm serta berobot 5,8kg.

Untuk pemakaian normal, Canon Pixma G2000 ini cukup ideal dengan konsumsi daya listrik hanya 11 watt sedangkan dalam kondisi standy membutuhkan daya sebesar 0,3 watt. Harga printer Canon Pixma G2000 saat ini dipasarkan Rp1,7 juta – Rp1,8 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Printer Inkjet
Fungsi Copy, Scan, Print
Printing Output Color
Tipe Media Paper
Ukuran Media A4, A5, B5, Letter, Legal, Envelopes
USB Support USB 2.0
Berat 5.8 kg
Dimensi 445 x 330 x 163 mm
Wireless Tidak

6. Printer HP Ink Tank 415

HP Ink Tank 415
Salah satu keunggulan dari Printer HP Ink Tank 415 adalah kemampuan mencetak hingga 8000 halaman warna dan 6000 halaman hitam dengan biaya per halaman yang rendah. Printer ini juga memiliki banyak fungsi seperti print, copy dan scan. Printer ink tank dari HP ini juga dilengkapi koneksi nirkabel melalui Wifi atau Bluetooth.

Sehingga memungkinkan Anda mencetak langsung dari gadget seperti laptop atau smartphone. Menariknya, HP juga menyediakan layanan berupa aplikasi bernama Smart App untuk kemudahan mencetak tanpa harus di ribetkan dengan pemasangan kabel. Saat ini harga Printer HP Ink Tank 415 berada di kisaran Rp2,6 jutaan. 

Kriteria Spesifikasi
Kategori -
Printing Method -
Functions -
Printing Output -
Tipe Media -
Media Size Supported -
USB Support -
Weight -
Dimensions -
Wireless -

Biaya Cetak Lebih Murah

Dapat disimpulkan bahwa printer ink tank menawarkan hasil cetak lebih banyak dari printer inkjet. Sehingga keseluruhan biaya cetak jauh lebih murah dibanding printer inkjet kartrid. Begitu pula untuk proses penggantian tinta yang lebih mudah karena bisa langsung mengisi langsung ke tangki tinta. Anda bisa memilih printer ink tank dari Brother, Epson atau HP.

Harga printer Brother maupun Epson atau lainnya saat ini bervariasi yang dimulai dari Rp1 jutaan. Anda juga bisa membelinya dengan mudah, karena yang jual printer Brother atau Epson cukup bayak, baik online maupun offline.

Artikel Terkait

Komentar