Diperbaharui pada Rabu, 4 Januari 2023 | 19:40

8 Tempat Belanja Online yang Bisa Bayar COD

COD cash on delivery

Belanja online menjadi opsi terbaik guna memenuhi kebutuhan harian. Selain mudah, belanja secara online juga memiliki metode pembayaran yang bervariasi, salah satunya menggunakan sistem COD.

Pembayaran di tempat atau COD (Cash on Delivery) memang bisa jadi pilihan yang pasti dan pas. Dimana kamu bisa membayar ketika barang sudah diterima. 

Beberapa alasan yang membuat pembayaran COD banyak diminati antara lain karena konsumen tidak punya rekening bank, tidak memiliki kartu kredit, sedang bermasalah dengan e-banking atau alasan lain.

Termasuk untuk pembeli yang tidak sempat ke ATM untuk mentransferkan uangnya. Untungnya, kini sudah banyak situs dan aplikasi yang berisi toko online yang bisa COD atau bayar di tempat tersebut.

Bahkan ada yang menawarkan pembeli untuk memilih dua barang untuk dicoba, dimana barang yang sesuai bisa dibayarkan langsung ke pengantar paket. Sedangkan barang yang tidak sesuai dikembalikan lagi ke penjual.

Jika kamu termasuk pembeli yang suka membayar tunai, berikut beberapa tempat (toko, situs, aplikasi) yang bisa bayar di tempat atau COD online.

1. JD.ID

JD.ID
Jika sebelumnya toko online ini dikenal khusus menjual produk gadget dan elektronik, kini JD.ID menambah kategori ke banyak pilihan produk lainnya termasuk fashion.

Dengan mengusung tagline produk yang dijual dijamin produk ori alias asli, JD.ID kini mulai banyak diminati para pembeli. Selain situs, JD.ID juga punya aplikasi yang bisa di instal di hp kamu.

Yang pasti, marketplace yang satu ini juga melayani sistem pembayaran di tempat atau COD dengan jangkauan yang cukup luas, lebih dari 700 kota di seluruh Indonesia. 

Untuk pembayaran secara COD ini disyaratkan untuk transaksi maksimal Rp 100 juta sedangkan untuk transaksi hingga Rp 200 juta harus dilakukan secara non tunai.

2. Lazada

Lazada
Sebagai salah satu marketplace paling populer saat ini, Lazada juga memberikan pilihan sistem pembayaran dengan COD. Yang menarik, untuk cara pembayaran ini Lazada memberikan pengiriman secara gratis.

Namun belum semua produk yang dibeli di Lazada bisa dibayar dengan cara COD. Dimana kamu bisa mengecek langsung apakah produk tersebut bisa dibeli dengan COD atau tidak saat melakukan check out.

Kamu juga harus mengecek dahulu ketersediaan lokasi kamu apakah sudah terjangkau kurir COD Lazada atau belum. Untuk transaksinya juga dibatasi maksimal 5 juta rupiah.

3. Shopee

Shopee
Di penghujung tahun 2018 lalu akhirnya Shopee membuka layanan pembayaran dengan sistem COD. Ditargetkan untuk menjangkau pembeli baru, sistem bayar di tempat ini di dukung J&T.

Area yang dijangkau mencakup seluruh wilayah Indonesia. Untuk COD di Shopee disyaratkan untuk transaksi minimal Rp 120.000 dan maksimal Rp 3.000.000.

4. Bhinneka

Bhinneka
Bisa dikatakan Bhinneka adalah pelopor e-commerce yang ada di Indonesia karena sudah ada sejak tahun 1996. Situs ini menjual gadget dan peralatan elektronik seperti hp, kamera, video recorder, komputer hingga aksesorisnya.

Saat ini Bhinneka.com sudah merambah ke kategori lain yang cukup populer, dari fashion hingga peralatan dapur. Untuk sistem pembayarannya sendiri, Bhinneka.com juga melayani bayar di tempat.

Namun metode ini hanya terbatas untuk wilayah Jabodetabek saja. Pembayaran COD ini bisa menggunakan uang tunai, kartu debit Mandiri atau BCA dan juga kartu kredit dengan lambang MasterCard/Visa.   

5. Blibli

Blibli
Berdiri sejak tahun 2010, Blibli menyediakan produk dalam banyak kategori dan harga yang bersaing, membuat banyak pembeli yang mempercayai marketplace berkonsep Lifestyle Online Mall ini.

Mengakomodasi pembeli yang suka membayar tunai, Blibli juga membuka sistem pembayaran secara COD. Tapi hanya produk dan lokasi tertentu dengan pilihan ‘Dikirim oleh Blibli.com’ saja.

Untuk sistem COD ini transaksi yang bisa dilakukan maksimal hingga Rp 3 juta.

6. Tokopedia

TokopediaSiapa yang tidak kenal Tokopedia. Salah satu ecommerce populer ini selarang juga menyediakan layanan bayar secara COD. Kamu bisa bayar setelah barang sampai melalui kurir.

Tapi tidak semua toko di Tokopedia menyediakan layanan ini. Artinya hanya toko-toko tertentu yang sudah bisa melayani pembayaran di tempat.

Layanan ini terhitung baru di Tokopedia dan cukup membantu terutama untuk pembeli yang tidak ingin repot membayar ke ATM atau tidak memiliki mobile banking.

7. Zalora

Zalora
Dikenal sebagai toko online yang khusus menjual fashion pria dan wanita, Zalora kini menyediakan lebih dari 10 ribu produk dari 300 brand. Dengan harga yang variatif dan berkualitas.

Zalora pun menyediakan sistem pembayaran tunai di tempat. Kamu bisa mengecek ketersediaan layanan ini di situs Zalora dan hanya diperkenankan untuk melakukan transaksi maksimal 2 juta rupiah.

8. Alfacart

Alfacart
Alfacart merupakan onlice groceries dari Alfamart. Aplikasi belanja online ini menawarkan berbagai kebutuhan sehari-hari. Selain kategori yang ditawarkan, sistem pembayarannya juga beragam.

Salah satunya bayar di tempat, dimana kamu bisa membayar barang belanjaannya saat sudah diterima di tangan. Syaratnya produk tidak memiliki label ‘dikirim dari gudang’ dengan maksimal pembelanjaan Rp 500.000.

Itulah daftar tempat belanja yang melayani pembayaran COD atau bayar ditempat. Semoga membantu.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.