Belanja Online yang bisa Bayar di Tempat atau COD

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 19 Jun 2020 | 21:10

COD cash on delivery

Belanja online menjadi opsi terbaik guna memenuhi kebutuhan harian, terutama di masa Pandemi Covid 19 seperti saat ini. Apalagi banyak situs dan aplikasi belanja online yang menawarkan metode bayar di tempat atau COD.

Pembayaran di tempat atau COD (Cash on Delivery) memang bisa jadi pilihan yang pasti dan pas untuk mengendalikan situasi. Dimana kamu bisa membayar ketika barang sudah diterima. 

Beberapa alasan yang membuat belanja online COD banyak diminati antara lain karena konsumen tidak punya rekening bank, tidak memiliki kartu kredit, sedang bermasalah dengan e-banking atau alasan lain.

Termasuk untuk pembeli yang tidak sempat ke ATM untuk mentransferkan uangnya. Untungnya, kini sudah banyak situs dan aplikasi yang berisi toko online yang bisa COD atau bayar di tempat tersebut.

Bahkan ada yang menawarkan pembeli untuk memilih dua barang untuk dicoba, dimana barang yang sesuai bisa dibayarkan langsung ke pengantar paket. Sedangkan barang yang tidak sesuai dikembalikan lagi ke penjual.

Jika kamu termasuk pembeli yang suka membayar tunai, berikut beberapa tempat (toko, situs, aplikasi) yang bisa bayar di tempat atau COD.

Belanja Online yang Bisa Bayar di Tempat/COD

situs belanja COD

Tak semua situs, aplikasi atau toko belanja online yang menerapkan metode pembayaran secara COD. Atau menerapkan hal tersebut hanya untuk jasa pengiriman yang dipilih saja.

Nah, buat kamu yang masih belum tahu tempat mana yang menerapkan belanja online dengan sistem bayar di tempat atau COD, berikut daftarnya :

1. JD.ID

Jika sebelumnya toko online ini dikenal khusus menjual produk gadget dan elektronik, kini JD.ID menambah kategori ke banyak pilihan produk lainnya termasuk fashion.

Dengan mengusung tagline produk yang dijual dijamin produk ori alias asli, JD.ID kini mulai banyak diminati para pembeli. Selain situs, JD.ID juga punya aplikasi yang bisa di instal di hp kamu.

Yang pasti, marketplace yang satu ini juga melayani sistem pembayaran di tempat atau COD dengan jangkauan yang cukup luas, lebih dari 700 kota di seluruh Indonesia. 

Untuk pembayaran secara COD ini disyaratkan untuk transaksi maksimal Rp 100 juta sedangkan untuk transaksi hingga Rp 200 juta harus dilakukan secara non tunai.

2. Lazada

Sebagai salah satu marketplace paling populer saat ini, Lazada juga memberikan pilihan sistem pembayaran dengan COD. Yang menarik, untuk cara pembayaran ini Lazada memberikan pengiriman secara gratis.

Namun belum semua produk yang dibeli di Lazada bisa dibayar dengan cara COD. Dimana kamu bisa mengecek langsung apakah produk tersebut bisa dibeli dengan COD atau tidak saat melakukan check out.

Kamu juga harus mengecek dahulu ketersediaan lokasi kamu apakah sudah terjangkau kurir COD Lazada atau belum. Untuk transaksinya juga dibatasi maksimal 5 juta rupiah.

3. Bhinneka

Bisa dikatakan Bhinneka.com adalah pelopor e-commerce yang ada di Indonesia karena sudah ada sejak tahun 1996. Situs ini menjual gadget dan peralatan elektronik seperti hp, kamera, video recorder, komputer hingga aksesorisnya.

Saat ini Bhinneka.com sudah merambah ke kategori lain yang cukup populer, dari fashion hingga peralatan dapur. Untuk sistem pembayarannya sendiri, Bhinneka.com juga melayani bayar di tempat.

Namun metode ini hanya terbatas untuk wilayah Jabodetabek saja. Pembayaran COD ini bisa menggunakan uang tunai, kartu debit Mandiri atau BCA dan juga kartu kredit dengan lambang MasterCard/Visa.   

4. Blibli

Berdiri sejak tahun 2010, Blibli menyediakan produk dalam banyak kategori dan harga yang bersaing, membuat banyak pembeli yang mempercayai marketplace berkonsep Lifestyle Online Mall ini.

Mengakomodasi pembeli yang suka membayar tunai, Blibli juga membuka sistem pembayaran secara COD. Tapi hanya produk dan lokasi tertentu dengan pilihan ‘Dikirim oleh Blibli.com’ saja.

Untuk sistem COD ini transaksi yang bisa dilakukan maksimal hingga Rp 3 juta.

5. Sorabel

Toko online ini sebelumnya bernama SalestockIndonesia.com. Setelah 5 tahun beroperasi, di awal tahun 2019 ini SalestockIndonesia mengganti namanya menjadi Sorabel.

Toko online satu ini khusus menjual produk fashion untuk pria, wanita dan anak-anak namun dengan konsumen terbanyak adalah wanita. Harga yang ditawarkan di toko online ini cenderung miring namun berkualitas.

Selain itu, keunggulan lain dari toko online ini selain pembeli bisa bayar di tempat alias COD. Pembeli bisa meminta dikirim 2 produk yang dipesan dalam ukuran atau warna yang berbeda.

Saat tiba, pembeli bisa mencoba salah satunya yang paling sesuai, apakah warna atau ukurannya. Produk yang tidak sesuai bisa dikembalikan lagi melalui kurir yang membawanya.

Layanan COD Sorabel menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia. Untuk memastikannya, bisa mengecek langsung di situs Sorabel saat mengecek ongkos kirim ke tempat kamu.

6. Shopee

Di penghujung tahun 2018 lalu akhirnya Shopee membuka layanan pembayaran dengan sistem COD. Ditargetkan untuk menjangkau pembeli baru, sistem bayar di tempat ini di dukung J&T.

Area yang dijangkau mencakup seluruh wilayah Indonesia. Untuk COD di Shopee disyaratkan untuk transaksi minimal Rp 120.000 dan maksimal Rp 3.000.000.

7. Zalora

Dikenal sebagai toko online yang khusus menjual fashion pria dan wanita, Zalora kini menyediakan lebih dari 10 ribu produk dari 300 brand. Dengan harga yang variatif dan berkualitas.

Zalora pun menyediakan sistem pembayaran tunai di tempat. Kamu bisa mengecek ketersediaan layanan ini di situs Zalora dan hanya diperkenankan untuk melakukan transaksi maksimal 2 juta rupiah.

8. Orami

Bagi ibu-ibu yang baru memiliki bayi, Orami.co.id mungkin menjadi salah satu situs belanja online langganan mereka. Toko online satu ini memang khusus menjual kebutuhan wanita dan bayi dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya itu, Orami juga menyediakan layanan vaksinasi baik untuk bayi maupun dewasa di rumah. Dan untuk mengikuti permintaan pasar, Orami juga menyediakan berbagai cara pembayaran, salah satunya COD.

Orami sudah menjangkau di kota-kota besar seluruh Indonesia dengan syarat belanja maksimal 3 juta rupiah. Dan untuk sistem pembayaran dengan COD ini belum bisa dilakukan untuk produk dari luar negeri.

9. Alfacart

Alfacart merupakan onlice groceries dari Alfamart. Aplikasi belanja online ini menawarkan berbagai kebutuhan sehari-hari. Selain kategori yang ditawarkan, sistem pembayarannya juga beragam.

Salah satunya bayar di tempat, dimana kamu bisa membayar barang belanjaannya saat sudah diterima di tangan. Syaratnya produk tidak memiliki label ‘dikirim dari gudang’ dengan maksimal pembelanjaan Rp 500.000.

Keuntungan Belanja Online

online shop

Tanpa perlu susah payah datang ke toko dan cukup memanfaatkan gadget yang ada, kamu sudah bisa membeli berbagai macam barang kebutuhan kamu, mulai dari perlengkapan sehari-hari.

Salah satu alasan mengapa banyak yang memilih berbelanja secara online adalah kemudahan dan keamanan dalam pembayaran. Pembayaran bisa melalui kartu debit, bayar dengan kartu kredit, gerai toko retail seperti Indomaret atau Alfamart.

Termasuk mengunakan uang elektronik seperti OVO, GoPay, LinkAja, hingga Dana dan beberapa cara pembayaran online lainnya termasuk penggunaan Kredivo dan Akulaku serta Home Credit.

Dengan menggunakan toko online yang terpercaya dan pembayaran dilakukan lewat pihak ketiga tersebut akan meminimalkan resiko penipuan dibanding jika pembeli harus menyetor uang langsung ke penjual.

Keuntungan berbelanja melalui toko online, ketika barang sudah sampai dan tidak ada komplain, setelah mengonfirmasi penerimaan, maka uang dari pembeli baru ditransfer ke penjual.

Kekurangan Belanja Online

Namun memang selain keuntungan tersebut, ada beberapa kekurangan dalam berbelanja online seperti barang yang dibeli tidak sesuai harapan karena tidak sesuai dengan kualitas, warna, hingga ukuran, terutama untuk produk-produk fashion.

Selain itu, proses bayar yang singkat ditambah dengan ongkos kirim serta lokasi pembayaran jika harus mentrasfer secara manual menjadikan belanja online cukup merepotkan.

Artikel Terkait

Komentar