11 Motor dengan Charger HP ini Cocok Buat Ojek Online

Oleh Imam Ali updated Senin, 24 Feb 2020 | 17:30

Teknologi sepeda motor terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari teknologi mesin yang hemat bahan bakar, peningkatan fitur anti maling hingga motor dengan charger HP.

Beberapa sepeda motor terbaru memiliki charger HP yang berfungsi untuk mengisi daya HP. Tentu, fitur itu sangat penting bagi beberapa kalangan seperti mahasiswa, pekerja kantor, terlebih lagi bagi pengendara ojek online yang mengharuskan HPnya selalu hidup.

Setiap pabrikan motor memiliki istilah sendiri untuk menyebut fitur alat cas HP pada motor. Misal, Honda menyebut fitur itu sebagai power charger dan Yamaha menyebutnya electric power socket serta Suzuki menyebutnya USB charger. Intinya sama yaitu sebuah perangkat charger HP di motor.

11 Motor dengan Charger HP Terbaik :

1. New Honda Supra X 125 PGM FI

Honda Supra X

Hampir pecinta Honda mengetahui motor bebek legendaris Supra. Kali ini PT. Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New Honda Supra X 125 Fi yang memiliki fitur power charger untuk mencas HP Kamu. Motor itu hadir dengan berbagai macam pembaruan untuk body, lampu, cat dan fitur lainnya. 

Honda menempatkan soket charger itu di dalam bagasi sehinga katanya akan jauh lebih aman dari pencurian atau dari tangan-tangan jail. Honda juga mengklaim penempatan soket charger di dalam bagasi ini berdasarkan hasil survei dan kebanyakan masyarakat memilih penempatannya di dalam bagasi. Sementara untuk akinya itu sendiri, konsumen Honda X 125 PGM FI tidak perlu khawatir karena saat sedang mengecas akinya juga akan mengisi sendiri.

2. Honda Scoopy 2019

Honda Scoopy 2019Honda Scoopy 2019 mengusung desai retro yang mewakili ciri khas anak muda, terlihat dari bodinya yang unik. Motor itu juga sudah memiliki lampu LED dan fitur power charger yang bisa digunakan untuk ngecas HP. Mesikipun ada power outlet, Honda Scoopy tidak membutuhkan perawatan khusus terutama ketika mencuci motor. Hal itu dikarenakan covernya dua lapis, pertama adalah konsol dengan laci dan yang kedua adalah tutup power outletnya itu sendiri.

3. All New Honda PCX

Honda PCX

Sebagai motor premium, All New Honda PCX sudah memiliki fitur power charger yang memungkinkan pengguna mencas HP selagi berkendara. Pabrikan Honda, menempatkan dengan baik soket DC outlet itu dibalik tebeng/sayap depan sebelah kiri. Cara membukanya, cukup dengan ditekan saja ke arah depan. Klik..terbuka deh covernya. Perlu diingat, daya pada DC outlet Honda PCX 150 hanya akan aktif jika kontak pada posisi ON, alias semua kelistrikan menyala. Kalau posisi OFF, ya semua perangkat kelistrikan termasuk si soket ini juga tidak akan teraliri daya.

Honda juga sudah menyiapkan tempat khusus untuk meletakkan HP yang sedang diisi daya, yaitu pada sebuah ruangan dibawah soket charger. Jadi, nggak perlu membiarkan cover terbuka dan HP dengan kondisi tersmabung kabel charger berada di luar. Masukkan saja HP ke dalam tempat kosong tadi, dan cover sayap/dek kiri bisa ditutup lagi. Aman, HP sedang dicas didalam, meski terabas hujan juga nggak was-was.

4. All New Honda Forza 

All New Honda Forza

Sebagai motor matik mewah Honda, All New Honda Forza memiliki fitur power outlet untuk charging HP yang berada di laci di bawah setang. Uniknya, All New Honda Forza memiliki windshield elektrik yang bisa naik turun hanya dengan menekan tombol. Motor ini punya dimensi panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi 1.472 mm. Kemudian ada pula fitur keyless dan remote pintar yang terintegrasi alarm dan answer back system. Soal keselamatan, tersedia anti-lock braking system (ABS). Rem cakram pun tersemat di kedua roda.

5. Yamaha Lexi 125

Yamaha Lexi

Yamaha Lexi 125 mempnunyai fitur electric power socket alias colokan listrik yang berada di laci sebelah kiri hadapan pengendara, membuat para pelanggan khususnya driver ojek online mulai mempertimbangkan membeli motor ini. Bila dilihat dari posisinya, port charger Yamaha Lexi memang cukup aman karena dilengkapi cover penutup. Yamaha Indonesia juga memberikan charger USB secara cuma-cuma untuk pembelian Lexi S.

6. Yamaha Aerox 155 VVA

Yamaha Aerox

Yamaha Aerox memiliki fitur yang kere. Dengan teknologi blue corenya, Yamaha mengklaim motor ini lebih bertenaga pada tarikan mesinnya dan motor ini juga sudah memiliki fitur charger HP atau "Electric Power Socket" untuk mengisi daya HP Kamu. Berbeda dengan motor lain yang berada di jok atau bagasi bawah, fitur charger Yamaha Aerox 155 VVA berada di depan tepatnya sebelah kiri dibawah kemudi.

Fitur itu memiliki cover yang terdiri dari dua lapis, pertama adalah konsol dengan laci dan yang kedua adalah tutup power outletnya itu sendiri. Di motor ini, spesifikasinya sendiri mengikuti stkamur, yaitu 12 Volt 1 Ampere, jadi aman digunakan dan tidak merusak kelistrikan motor. Cara menggunakannya pun cukup colok charger yang biasa digunakan ke lighter mobil, lalu posisikan kunci kontak motor ke ON.

7. Yamaha XMAX

Yamaha Xmax

Sebagai motor premium Yamaha, Yamaha XMAX sudah memiliki fitur  "Electric Power Socket" untuk mengisi daya gadget pengendara. Berbeda dengan motor lain yang berada di jok atau bagasi bawah, fitur charger Yamaha Aerox 155 VVA berada di depan tepatnya sebelah kiri dibawah kemudi. Cara menggunakannya pun cukup colok charger yang biasa digunakan ke lighter mobil, lalu posisikan kunci kontak motor ke ON.

8. TVS RockZ

Pabrikan motor TVS sudah menerapkan fitur pengecasan HP pada motor sejak 2009 di motor bebek 125 cc, TVS RockZ. Selain memiliki sistem pemutar musik mp3, RockZ juga dilengkapi dengan fitur i-Charge untuk pengecasan baterai handphone (hp).

9. TVS Neo

TVS Neo

TVS juga sudah mulai menerapkan fitur i-charger hp di motor bebek kamulannnya, Neo XR 110 untuk mengisi baterai HP selama perjalanan

10. TVS Dazz

TVS Dazz

Selain 2 motor bebek TVS tadi, TVS juga kembali menanamkan fitur i-charge pada skutik pertamanya Dazz yang hadir pada 2013 lalu. Untuk TVS Dazz penempatan chargernya berada dibawah batang kemudi atau dekat dengan kunci starter sehingga sangat rentan.

11. Suzuki NEX II.

Suzuki Nex II

Unsur DNA sporty suzuki juga diaplikasikan di tampilan depan Suzuki Nex II. Hal ini terlihat dari bentuk headlight dan lapisan pelindung futuristik yang menambah kesan unik dan keren pada motor skutik Suzuki NEX II.

Dari sekian banyak fitur yang ditawarkan oleh skutik terbaru Suzuki berkapasitas 115cc ini ada satu fitur yang paling menarik, yaitu adanya USB Charger. Seiring dengan makin maraknya saja penggunaan Smartphone, fitur USB Charger ini dirasakan sangat penting untuk dihadirkan. Dengan fitur USB Charger, pengendara NEX II tidak perlu khawatir lagi kehabisan baterai HP miliknya saat mengendarai di jalan raya.

Kesimpulan

Jika memiliki motor dengan charger hp, kamu bisa lebih tenang dan fokus mengendarai motor tanpa perlu lagi khawatir kehabisan baterai HP. Satu hal yang harus diingat, demi keamaan bersama, selalu ingat untuk tidak menggunakan HP selagi mengendarai motor. Selain membahayakan diri sendiri, keselamatan pengendara lain di jalan raya juga bisa terancam. 

Artikel Terkait

Komentar