Daftar Mobil Wuling di Indonesia, Baca Sebelum Membeli

Oleh Adam Rizal updated Kamis, 7 Feb 2019 | 17:02

Wuling kini jadi terget incaran konsumen pasar otomotif di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di dunia berkat penjualan mobil yang konsisten tembus 1 juta unit dalam beberapa tahun terakhir.

Memiliki label pabrikan Tiongkok, Wuling kini dengan gencar mencoba sejajar dengan pabrikan Korea, Jepang, dan juga Eropa sebagai penguasa pasar otomotif di Indonesia. Hadirnya Wuling semakin menyemarakan pasar otomotif di tengah kepadatan mobilitas di Indonesia terutama DKI Jakarta sebagai ibu kota.

Namun, Wuling tetap harus berjuang keras merebut hati pasar Indonesia, mengingat belum terlalu banyaknya model mobil mereka yang sukses di pasar Indonesia. Belum lagi, masalah desain mobil asal Tiongkok yang kurang modern dan penyebaran diler di Indonesia untuk menjamin rasa aman.

Pelan tapi pasti, Wuling Motor Indonesia sukses merebut hati pasar otomotif Indonesia dan merubah paradigma mobil Tiongkok yang kurang berkualitas. Wuling Motors Indonesia sukses menjual multi-purpose vehicle (MPV) Wuling Confero dan Cortez yang dengan fitur-fitur mewah tetapi harga wuling value for money.

Apalagi model MPV keluarga memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena dapat menampung banyak penumpang. Wuling Motors Indonesia telah menghadirkan tiga mobil penumpang di Indonesia yaitu Wuling Confero, Wuling Cortez dan terbaru adalah Wuling Almaz.

Pricebook suguhkan ulasang ketiganya berikut harga Wuling untuk menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya.

Wuling Confero

Wuling Confero adalah produk pertama Wuling di Indonesia di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) dan sanggup menampung penumpang hingga mencapai 7-8 orang. Wuling Confero hadir di Indonesia dengan menawarkan tiga varian yaitu Confero, Confero S – C Type dan Confero S – L Type.

Wuling Confero hadir dalam beberapa pilihan warna yaitu Sand Brown, Starry Black, Pristine White, Dazzling Silver dan Carnelian Red. Nama Confero sendiri bermakna "to bring together" atau membawa kebersamaan. Wuling Motors Indonesia mendesain Wuling Confero memiliki kabin yang luas yang dan bisa membawa banyak anggota keluarga.

Di dalam kabin, Confero memiliki tiga baris kursi dengan dua pilihan kursi untuk baris kedua, yakni tipe captain seat atau model jok konvensional. Sistem hiburan terpusat pada layar sentuh berukuran 8-inci yang tertanam di tengah dashboard yang dapat terkoneksi dengan USB, Bluetooth dan lainnya.

Di bagian atas head unit Wuling Confero memiliki jam analog yang didesain secara elegan dan dapat menyala bila lampu utama dihidupkan. Confero juga memiliki AC double blower untuk memanjakan penumpang.

Kemudian, ada Multi Information Display (MID) di hadapan pengemudi yang informatif serta banyaknya ruang penyimpanan. Jika dihitung, ada delapan tempat penyimpanan barang yang tersebar dari bagian depan hingga bangku baris ketiga.

Anda pun dapat mengatur ketinggian kemudi berkat fitur tilt steering wheel. Kemudian, ada fitur Smart Key yang dapat membuka kaca jendela dan bagasi lewat remote. Wuling Confero memiliki dimensi yang ideal untuk ukuran MPV di Indonesia yaitu panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm dan tinggi 1.730 mm.

Sedangkan jarak sumbu rodanya 2.720 mm. Untuk pencahayaan, Wuling Confero mengusung projector headlamp yang didukung fitur follow me home, lampu Day-time Running Light (DRL) di bagian depan.

Di bagian belakang, ada tailgate spoiler dan lampu kombinasi belakang juga cukup menawan. Wuling melengkapi spoilernya dengan LED stop lamp. Sementara bagian kakinya, memakai velg berukuran 15-inci yang dibalut ban berukuran 195/60.

Wuling Confero mengusung mesin 4-silinder DOHC, DVVT berkasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 107 PS pada 5.800 rpm dan torsi 142 Nm pada 3,800~4,400 rpm. Untuk transmisi, Wuling Confero mengusung transmisi manual 5-speed dengan sistem penggerak roda belakang.

Wuling Cortez

Wuling Cortez adalah MPV kedua Wuling yang menyasar pasar menengah di Indonesia dan berhadapang langsung dengan Toyota Innova. Di Tiongkok, Wuling Cortez memiliki nama lokal Wuling Baojun 730.

Wuling Cortez mampu menampung tujuh penumpang di dalamnya, yang terbagi dalam tiga baris kursi. Di balik kap mesin, Wuling Cortez mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang menyemburkan tenaga maksimum 112 PS. Selain itu, ada juga Wuling Cortez yang bermesin 1,8 liter dengan tenaga hingga 130 PS, plus imbuhan VVT-I. Semua mesin Wuling Cortez bermesin bensin.

Wuling Cortez mengusung fitur lampu LED di bagian depan dan belakang, MID dengan informasi yang sangat lengkap, sunroof, pengaturan AC digital untuk di depan dan belakang,
dashboard dilapisi bahan empuk (padded), monitor tekanan dan temperatur ban, peringatan (warning) kalau ada yang salah dengan mobil, peringatan lama waktu berkendara, informasi headunit, dan banyak lagi.

Di bagian tengah dashboard, ada headunit layar sentuh berukuran delapan inci, AC digital berkemampuan climate control, soket USB dan soket lighter 12 volt. Di samping tuas transmisi, ada rem tangan elektrik, ada tombol auto hold yang akan mengaktifkan rem secara otomatis saat mobil berada dalam kondisi diam, dan non-aktif saat pedal gas ditekan.

Selebihnya ada tombol untuk mengaktifkan sensor parkir di depan dan belakang. Soket USB tersedia untuk semua semua baris, demikian juga cup holder. Di plafon, ada sunroof elektrik, sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh lawannya.

Wuling Motors Indonesia membanderol Wuling Cortez mulai dari Rp197 juta - Rp222 juta.

Wuling Almaz


WulingMotors Indonesia sukses meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Wuling Almaz pekan lalu sekaligus menjadi SUV pertama di Indonesia. Wuling Almaz sukses menyedot perhatian publik dalam beberapa minggu terakhir. Nama Almaz sendiri berasal dari Bahasa Arab yang jika berarti berlian.

SUV Medium Almaz mengusung 5-seater dan lampu DRL segaris yang menyipit pasti menjadi daya tarik utama. Namun, lampu utamanya ada di bagian bawah yang menggunakan LED proyektor untuk memberikan penerangan maksimal. Seperti desain mobil zaman sekarang, desain grille juga cukup besar ditambah hiasan kisi angin pada bumpernya.

Wuling Almaz mengusung mesin turbo 1.500 cc yang menyemburkan tenaga mencapai 141 PS pada rpm 3500 dan torsi 250 Nm pada 1.600 sampai 3.600 rpm. SUV itu mempunyai transmisi CVT yang memiliki delapan tingkat percepatan. Desain kabin Almaz sangat modern terlihat dari head unit layar sentuh sebesar 10,4 inci di tengah dan model setirnya mirip kepunyaan Tesla Model X. Kemudian ada fitur vehicle setting, TPMS (Tire Pressure Monitoring System), 360 camera, WulingLink, AUX, USB, Bluetooth dan Radio (AM/FM).

Tidak lupa, pada lingkar kemudi disediakan tombol untuk pengaturan audio dan untuk mengaktifkan fitur cruise control. Jok Almaz terlapisi kulit dan untuk mengatur jok depan bisa dilakukan secara elektrik. Kemudian, Wuling Almaz memiliki panoramic roof yang dikombinasikan dengan sunroof.

Untuk memasuki kabin, Almaz sudah mengandalkan sistem keyless entry dan Anda cukup menekan tombol start/stop yang tersedia di kiri belakang lingkar kemudi. Dalam menemani perjalanan Anda, audio merek Infinity lansiran Harman Kardon tersemat rapi. Ada 4 buah speaker, 4 tweeter serta 1 subwoofer yang mestinya menghasilkan suara bagus.

Kemudian Wuling Almaz memiliki fitur canggih Traction Control, Hill Hold Control, Electronic Parking Brake, Electronic Stability Control, rem dengan ABS, EBD dan BA melengkapi cakram di keempat rodanya. Sensor jarak juga lengkap, ada sensor parkir dan sensor sudut.

Pelindung tabrakan di kabin ada Front & Side airbag. Sayangnya, Wuling Motors Indonesia belum mengungkapkan harga resmi Wuling Almaz sehingga harga resminya belum terungkap. Rumornya, Wuling Motors Indonesia akan membanderol Almaz senilai Rp300 jutaan.

Artikel Lainnya

Komentar