13 Kamera Vlog Terbaik 2020, Harga Mulai 3 Jutaan

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 17 Jun 2020 | 17:30

Kamera Vlog Terbaik
Untuk menghasilkan video blog (vlog) yang berkualitas dan banyak ditonton dibutuhkan kamera yang bagus. Setidaknya pakai kamera untuk vlog yang berkualitas dan bisa menghasilkan video yang bagus, jernih dan tajam.

Sebenarnya membuat vlog menggunakan kamera hp juga bisa. Tapi hasilnya tentu tidak seoptimal ketika menggunakan kamera digital, baik itu dari jenis mirrolessDSLR ataupun juga action cam.

Apalagi secara ukuran, kini tersedia kamera vlog kecil yang bagus. Sehingga nyaman untuk di bawa kemana-mana. Cukup pakai kamera vlog dan tripod sebagai tambahan, kamu siap membuat vlog yang bagus.

Lalu berapa harga kamera vlog? Saat ini pilihannya cukup bervariasi, kamu bisa beli sesuai kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Ada kamera vlog murah dengan harga 3 jutaan serta kamera vlog terbaik dengan fitur yang sangat lengkap.

Lebih jelasnya, berikut pilihan kamera untuk vlog terbaik dari jenis DSLR, Mirrorless, dan Action Cam.

Kamera Vlog Mirorrless Terbaik

Kamera mirrorless memang menjadi favorit para vloger, karena bentuknya yang compact sehingga mudah di bawa. Berikut pilihan kamera mirrorles yang bisa kamu pilih untuk membuat vlog :

1. Fujifilm X-A5

Fujifilm X-A5Fujifilm X-A5 memiliki bentuk sangat compact meski telah dipasangi lensa kit 15-45mm. Keunggulan kamera untuk nge-vlog ini adalah layar yang bisa di tarik ke atas dan kemampuan zoom yang maksimal.

Belum lagi melalui ketersediaan lensa zoom yang akan membuatnya ideal untuk pengambilan video. Yang menarik, layarnya dapat di ubah hingga 180 derajat untuk pengambilan gambar angle apapun.

Layarnya juga sudah menggunakan teknologi panel sentuh.  Fitur videonya sendiri mencakup ‘high-speed movies’ dengan slow-motion playback dan perekaman dalam format 4K dengan maksimum rate 15fps.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 24.2 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity ISO 12800

2. Panasonic Lumix DMC GF7

Panasonic Lumix DMC GF7Panasonic Lumix DMC GF7 mengandalkan sensor CMOS 4/3 16MP yang dipadukan dengan prosesor Venus Engine, bukan cuma itu, GF7 juga mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) 60p. 

Salah satu daya tarik dari kamera mirrorless ini adalah memiliki fitur self shot yang aktif secara otomatis ketika layar dilipat lurus keatas.

Dengan kelengkapan fitur autofocus, light speed AF dengan 23 titik fokus, rasanya Lumix DMC GF7 cocok untuk menghasilkan video yang berkualitas. Apalagi tersedia koneksi nirkabel via WiFi dan NFC.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 16 MP
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600

4. Nikon 1 J5

Nikon 1 J5Nikon 1 J5 termasuk salah satu kamera vlog murah yang dilengkapi layar lipat penuh. Memberikan kemudahan untuk merekam video selfie. Layar ini memiliki kemampuan lipat ke atas hingga 180 derajat.

Untuk performanya mengandalkan pada sensor 20,8MP dan dapat merekam video 4K di 15 fps. Bodinya yang mungil juga bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menjadi kamera vlog kecil terbaik.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 20.8 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800

5. Sony Alpha A6000

Sony Alpha A6000Sony A6000 menjadi salah satu kamera vlog terbaik yang bisa jadi pilihan. Selain memiliki desain mungil yang nyaman dibawa kemanaoun Sony A6000 memiliki 179 titik phase detection.

Fitur ini akan meningkatkan kecepatan untuk mengikuti subjek bergerak di kondisi cahaya terang (outdoor). Sangat cocok untuk mengambil objek yang bergerak cepat.

Kehebatan sistem AF ini disertai dengan kecepatan foto berturut-turut yang sangat cepat yaitu 11 foto per detik dengan autofokus continuous.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 24 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600

6. Canon EOS M10

Canon EOS M10Canon EOS M10 sudah dibekali resolusi 18 MP dengan sensor CMOS. Di dukung teknologi CMPS AF II dengan kemampuan autofocus yang lebih akurat serta memiliki ISO 100 – 12800 hingga 25600.

Yang memungkinkannya nyaman untuk aktivitas vlog adalah keberadaan layar LCD sentuh. Layar ini juga dapat berputar 180 derajt untuk merekam diri sendiri. Harga kamera vlog ini dipasarkan di kisaran Rp3 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 18 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800

7. Olympus Pen E-PL9

Olympus Pen E-PL9Olympus Pen E-PL9 hadir dengan bentuk yang cukup stylish dan ringan. Sudah menambahkan sebuah lensa kit 14-42mm EZ Pancake. Lensa ini memiliki fitur zoom yang sangat bersahabar ketika merekam video.

Untuk kameranya sendiri memiliki three-axis sensor-shift image stabilizer untuk kestabilan perekaman video maupun foto. Kamu dapat merekam video untuk vlog pada format 4K di 30fps.

Serta resolusi yang lebih rendah di 720p dengan 120fps. Kamera buat vlog ini pun turut dibekali LCD yang dapat di atur posisinya hingga 180 derajat serta adanya sistem auto focus, face detection dan eye detection.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 16.1 MP
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity -

Kamera Vlog DSLR Terbaik

Banyak yang bilang kamera DSLR terlalu besar dan berat, sehingga kurang nyaman untuk di bawa. Namun jika melihat kualitas yang dihasilkan kamera ini tentunya sebanding dengan usaha yang dikeluarkan.

Apalagi kini sudah ada beberapa kamera DSLR yang bodinya compact, berikut pilihannya :  

1. Canon EOS 77D

Jika Anda terbiasa menggunakan kamera DSLR, mungkin bisa memilih Canon EOS 77D. Karena kamera ini sudah dilengkapi dengan teknologi auto focus Dual Pixel CMOS untuk meningkatkan hasil perekaman video.

Dengan teknologi ini memungkinkan kamera memilikii auto focus yang lebih cepat dan lebih efektif saat merekam video, terutama untuk mendeteksi objek yang bergerak. 

Apalagi sudah dilengkapi dengan LCD touchscreen untuk memilih titik focus dengan satu sentuhan. Canon EOS 77D sudah dibekali 5-axis sensor-shift image stabilization dan Digital IS yang efektif saat merekam video.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 30 s
Maximum Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate -
Lens Mount Canon EF

2. Canon EOS 80D

Canon EOS 80D

Canon EOS 80D menggunakan sepasang sistem fokus kamera yang kuat. Kamera ini memiliki desain yang intuitif. Untuk urusan merekam video, kamera yang biasa dipakai YouTuber ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Karena Canon EOS 80D sudah memiliki sensor 24.2MP APS-C CMOS dan prosesor gambar DIGIC 6 yang mampu mengambil foto beresolusi tinggi sampai 7 fps dan Video Full HD 1080p60.

Kamera ini juga dilengkapi ISO hingga 25600 untuk memfoto dan merekam video dalam kondisi pencahayaan redup. Untuk kualitas perekaman video Canon EOS 80D sangat memuaskan, karena video Youtube Pricebook menggunakan kamera ini.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate -
Lens Mount Canon EF

3. Nikon D5600

Nikon D5600Nikon D5600 bsa jadi pilihan berikutnya yang hadir dengan ukuran kecil dan ringan untuk ukuran kamera DSLR. Untuk permulaan, kamu cukup menggunakan lensa standar 18-55mm VR.

Karena sudah terpasang fitur ‘Pulse’ autofocus motor, tidak berisik, dan transisi focus yang halus saat merekam video. Sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi phase-detection autofocus.

Sehingga cukup lemah saat tracking objek yang bergerak. Terlepas dari hal tersebut, Anda akan diuntungkan dengan adanya layar putar yang memungkinkan untuk mengambil dari angle apapun.

Yang menarik, kamera DSLR ini sudah memiliki koneksi melalui jaringan Wifi, NFC dan Bluetooth.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate -
Lens Mount Nikon F mount (with AF contacts)

Kamera Vlog Action Cam Terbaik

Action Camera juga bisa dijadikan pilihan untuk membuat vlog untuk merekam beberapa momen tertentu yang tak mungkin bisa diambil menggunakan kamera mirrorless ataupun DSLR. Berikut pilihannya :

1. GoPro Hero 7

GoPro Hero 7Salah satu action camera yang sangat layak untuk menemani aktivitas vloging kamu adalah GoPro Hero 7. Pasalnya fitur HyperSmooth yang dapat membuat video sangat stabil dari guncangan.

Sangat penting ketika kamu merekam video untuk vlog dari kendaraan yang bergerak atau berlari. Tidak hanya itu, GoPro Hero 7 juga meningkatkan kualitas audio.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 10 MP
Wide Field of View -

2. Xiaomi Yi Sport 16 MP

Xiaomi Yi Sport 16 MPJika bujet terbatas, Xiaomi Yi Sport Camera 16 MP bisa jadi pilihan. Karena camera vlog dari jenis action cam ini hanya di banderol di bawah 1 juta. Sangat cocok digunakan untuk yang baru memulai menjadi vloger. 

Penggunaannya cocok untuk konten travel, otomotif, dan lainnya yang sifatnya outdoor. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau kamera aksi ini memiliki kekuatan sensor 16MP, cukup besar untuk ukuran action cam. 

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 16 MP
Wide Field of View 155 °

3. Xiaomi Yi 2 4K Sport

Xiaomi Yi 2 Xiaoyi 4K SportXiaomi Yi 2 4K Sport Camera memiliki kemampuan pengambilan gambar kualitas 4K. Secara fisik, action cam ini memiliki desain yang sangat gagah dengan ukuran super kompak seperti kamera action lainnya.

Kamu juga bisa mengaplikasikannya dimanapun, seperti di mobil, motor, sepeda, helm dan lain sebagainya. Untuk baterai yang digunakan Xiaomi Yi 2 Xiaoyi 4K Sport menggunakan baterai berkapasitas 1400 mAh.

Baterai ini bisa memberi daya untuk melakukan perekaman video berkulitas 4K hingga 120 menit.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 12 MP
Wide Field of View 160 °

Tips Mencari Kamera untuk Vlog

kamera untuk vlog

1. Pertimbangkan Harga

Disarankan pilih sesuai dengan kemampuan kantong Anda. Bagi pemula bisa memilih kamera vlog 2 jutaan atau kamera vlog 3 jutaan. Jika sudah eksis bisa melakukan upgrade ke kamera vlog yang lebih baik, misalnya membeli kamera mirrorless terbaik.

2. Kualitas Video yang Dihasilkan

Selain harga, Anda juga harus mempertimbangkan sisi kemampuan kamera adalah kualitas video yang dihasilkan. Setidaknya Anda memilih kamera untuk vlog dengan kualitas perekaman minimal sudah FullHD atau kalau perlu sudah 4K. Yang tak kalah penting adalah memiliki koneksi seperti Wifi atau Bluetooth untuk berbagi video.  

3. Pilihan Kamera Berukuran Kecil

Hal ini cukup penting untuk kenyamanan saat dibawa kemanapun. Usahakan memilih kamera dengan bentuk yang kecil dan ringan. Meski lebih cenderung pada kamera mirrorless, namun kini ada juga beberapa kamera DSLR yang berukuran compact. Atau kalau perlu menggunakan action camera yang bentuknya jauh lebih kecil dan ringan. Tapi yang jelas harus disesuaikan dengan kebutuhan vlog Anda.

4. LCD Putar Lebih Baik

Sebagai tambahan, kamera dengan LCD yang dapat di putar atau dilipat menjadi nilai lebih. Karena hal ini akan memberi kemudahan pada Anda untuk mengambil gambar dari angle apapun, termasuk merekam diri sendiri. 

Tertarik untuk menjadi vloger?

Artikel Terkait

Komentar