Daftar Kamera Mirrorless Terbaik 2019 Lengkap Dengan Spesifikasi

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 3 Mei 2019 | 16:50

kamera mirrorless terbaik

Selain kamera DSLR, banyak para pecinta fotografi yang kini menggunakan kamera mirrorless. Dan saat ini pilihan kamera mirrorless terbaik pun beragam, mulai dari kamera mirrorless Canon, Sony, Fujifilm, Panasonic dan lainnya. Mengenai harga kamera mirrorless, untuk harga termurah berada dikisaran Rp3 jutaan.

Apa sih kamera mirrorless? Secara bahasa kata mirrorless berarti tanpa cermin, dalam kaitannya dengan kamera mirrorless, berarti kamera tanpa cermin. Sedangkan secara teknikal, pengertian mirrorless lebih lebih ditujukan pada mirrorless interchangeable lens camera (MILC). Maksudnya adalah, walau kedua kamera ini lensanya bisa dilepas-pasang atau diganti, tetapi mirrorless tidak dilengkapi cermin layaknya DSLR.

Dengan tidak adanya cermin, maka produsen bisa membuat ukuran kamera mirrorless jauh lebih ringkas. Inilah yang menjadi pembeda kamera mirrorless dan DSLR. Selain itu, kamera mirrorless juga dikenal sebagai compact system camera (CSC), yang menonjolkan sisi keunggulan kamera mirrorless yaitu punya bodi ringkas, tapi lensanya bisa digonta-ganti.

Karena tidak memiliki cermin, kamera mirrorless otomatis tidak mempunyai optical viewfinder seperti DSLR. Komponen ini sendiri sudah digantikan oleh electronic viewfinder (EVF) yang teknologinya semakin tahun semakin baik karena mampu menampilkan gambar tanpa lag dalam resolusi tinggi.

Lalu apa saja pilihan kamera mirrorless terbaik di 2019? Berikut ulasannya.

Kamera Mirrorless Terbaik 2019

1. Fujifilm X-T100


Kamera mirrorless terbaru Fujifilm X-T100, hadir dengan beberapa fitur utama seperti electronic view finder dengan perbesaran tinggi, layar LCD yang dapat digerakkan secara horizontal, dan daya tahan baterai yang lebih panjang hingga 430 frame.

Kamera Fujifilm terbaik menggunakan sensor 24.2MP APS-C yang memiliki ukuran 14 kali lebih besar dari kamera hp dan teknologi Bluetooth membuat proses mengirimkan foto menjadi lebih mudah. Dikombinasikan dengan lensa FUJINON untuk menghasilkan resolusi gambar tinggi. Sistem Intelligent Hybrid AF memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menangkap momen-momen secara instan dan akurat. Fujifilm X-T100 menghadirkan 11 variasi mode Film Simulation dan 17 variasi Advanced Filters.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 26 fps
Lens Mount FUJIFILM X mount

2. Panasonic Lumix DC-GF9


Kamera mirrorless Panasonic Lumix DC-GF9 mengadopsi konsep retro. Panasonic mengklaim bila kameranya mampu melakukan aktivitas penyutingan hingga setara dengan standard resolusi 4K. Lumix DC-GF9 didukung dengan teknologi Light Speed AF dan EIS untuk memaksimalkan kinerjanya. Panasonic juga melengkapi kamera mirrorless yang bagus ini dengan fitur Creative Control dan Creative Panorama untuk memaksimalkan tampilan hasil foto.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate fps
Lens Mount Micro Four Thirds

3. Canon EOS M50


Canon EOS M50
menjadi kamera mirrorless pertama yang mampu merekam video 4K dengan stabil. Pada bagian dapur pacu, Canon membekali CMOS APS-C sensor 24,1 MP dengan Dual Pixel AF. Kinerja kamera ini kian tangguh dalam memotret dan merekam karena dilengkapi prosesor gambar DIGIC 8.

Kamera mirrroless murah ini juga dilengkapi ISO 100 – 25600 sehingga handal untuk memotret kondisi gelap. Dibagian belakang kamera, Canon memasang layar LCD TouchScreen 3 inci. Terdapat juga layar OLED Viewfinder 0,39 inci. Kamera Canon murah ini juga dilengkapi dengan NFC dan Wifi untuk memudahkan pemindahan data.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate fps
Lens Mount -

4. Fujifilm X-A5


Fujifilm X-A5
dihadirkan untuk meneruskan generasi sebelumnya, yaitu X-A3. Dilengkapi dengan teknologi Zoom Electronic untuk proses zooming mulus hingga lebar 23 mm. Kekuatan sensornya di klaim mampu merekam objek dalam resolusi 4K-UHD yang diolah kekuatan sensor APS-C CMOS 24MP. kamera mirrorless Fujifilm X-A5 memberikan beberapa creativity feature seperti Potrait Enhancer, Eye Detection AF, serta beragam filter yang cantik.

Hanya saja, ketika kamera mirrorless lain muncul dengan menempatkan teknologi wireless untuk kemudahan berbagi data, namun X-A5 bertahan dengan metode Bluetooth. Hal ini cukup dimaklumi karena harga kamera mirrorless ini terbilang murah.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate fps
Lens Mount 15 -45

5. Canon EOS M100


Canon EOS M100
menggunakan sensor CMOS APS-C yang biasanya terpasang pada seri kamera DSLR EOS. Tidak hanya itu, kamera ini dibekali dengan dukungan prosesor DIGIC 7. Kamera mirrorless terbaru Canon ini juga menghadirkan sistem hybrid CMOS AF II yang mampu membuat kamera menangkap fokus gambar lebih cepat.

Menghadirkan resolusi gambar hingga 24,2MP serta ISO yang tinggi yakni 100 hingga 25600. Kamera mirrorless terbaru dari Canon ini juga dibekali fitur konektivitas seperti NFC dan Wifi.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 14.9 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate fps
Lens Mount Canon EF-M

6. Olympus OMD E-M10 Mark III


Olympus OMD E-M10 Mark III
 sudah dilengkapi dengan prosesor gambar TruePic VIII yang membantu meningkatkan kinerja saat memotret low light. Olympus sendiri terkenal dengan In Body 5-axis Image Stabilization (IBIS). Dengan 121 poin AF seperti yang ditemukan pada rekaman film handheld OMD E-M1 Mark II dan resolusi 4k UHD, fitur OM-D E-M10 Mark III yang baru ini dikemas untuk para traveler, vlogger, blogger dan yang memiliki mobilitas tinggi. Hasil kamera mirrorless ini terbilang cukup oke.

OM-D E-M10 Mark III hadir dengan fungsi perekaman 4K dan full HD untuk memastikan rekaman video berkualitas tinggi. Mode 120-fps High-speed Movie juga menjamin momen perekaman kedua dan putaran gerak lambat yang biasanya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Kamera mirrorless Olympus OMD E-M10 Mark III juga memiliki koneksivitas tanpa kabel yang kinerjanya semakin ditingkatkan dengan menggunakan jalur Wi-fi. Cukup wajar bila Olympus ini menjadi salah satu kamera terbaik 2018.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate fps
Lens Mount panasonic micro

7. Fujifilm X-E3


Fujifilm X-E3
mengadopsi jenis sensor APS-C dengan resolusi foto 24MP. Fitur yang juga tak kalah penting adalah AF tracking, untuk memotret objek yang bergerak serta landscape. Berbeda dengan beberapa kamera sebelumnya yang pengaturan kecepatan rana dan pemaparan dibuat dengan tombol terpisah, untuk XE3 keduanya dijadikan lebih simpel dan mudah dioperasikan.

Twin Clickable Command Dial juga yang menjadi keunggulan kamera Fujifilm XE3, pengaturan beberapa fitur bisa dieksekusi hanya dengan melakukan klik pada layar bagian belakang, mirip ketika menggunakan ponsel pintar. Keunggulan kamera Fujifilm pada perekaman video adalah mampu merekam dalam format 4K pada kesepatas frame 30fps, 25fps, 24fps dan 23.97p.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor -
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate fps
Lens Mount -

8. Fujifilm X-E2 / X-E2S


Untuk kamera mirrorless dengan kualitas gambar terbaik, kamera Fujifilm X-E2 atau X-E2S pun dapat kamu pilih. Kamera mirrorless satu ini dilengkapi kemampuan sensor berbeda dari kamera merek lainnya, memberikan hasil lebih tajam dan mempunyai warna unik.

Hasil dari kamera mirrorless Fujifilm X-E2 / X-E2S disebut melampaui kamera lainnya, terlebih ia pun dilengkapi lensa XF yang mampu bekerja menangkap fokus dengan cepat. Khusus seri X-E2S, versi terbarunya dilengkapi viewfinder beresolusi 2.36m-dot untuk mempermudah proses pengambilan gambar.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 7, 3 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

9. Canon EOS M10 Kit 15-45mm


Canon EOS M10
merupakan jenis kamera hybird yang telah mendukung teknologi CMPS AF II dengan fungsi autofocus yang lebih akurat. Dengan teknologi ini memungkinkan pengguna mengambil gambar terus menerus hingga 4,6 fps. Menggunakan sensor CMOS APS C dengan resolusi sebesar 18 MP dan telah dilengkapi  ISO 100 – 12800 yang dapat diupgrade hingga 25600.

Kamera mirrorles terbaik EOS M10 mendukung lensa STM, menggunakan LCD Panel sentuh dapat memilih pilihan menu untuk mengatur fitur kamera hanya dengan satu sentuhan. Kamera mirrorless Canon EOS M10 sudah mendukung flash, wifi, NFC dan tombol Mobile Divice connect untuk menghubungkan dengan perangkat mobile terdekat.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate -
Lens Mount Canon EF-M

10. Fujifilm X-A10


Merupakan kamera mirrorless fujifilm terjangkau lengkap dengan lensa kit 16-50mm f/3.5-5.6 OIS II. Meski dibandrol terjangkau, namun jeroannya bisa diandalkan. Di mana kamera mirrorless Fujifilm X-A10 sudah menanam sensor APS-C dengan resolusi 16,3 megapiksel.

Rentang ISO juga terbilang cukup baik mulai dari 200 hingga 6400, bahkan bisa di diperluas hingga ISO 25.600. Fujifilm juga mengusung layar yang bisa ditekuk hingga 180 derajat. Ada juga fitur eye-detection AF dan Portrait Enhancer yang akan membuat kulit subjek foto terlihat lebih mulus dan putih.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 6 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount
 

Kamera Mirrorless dengan Video Terbaik

1. Sony RX100 Mark IV


Sejatinya hampir semua kamera mirrorless dibekali kemampuan merekam video. Namun untuk produk yang mampu menghasilkan video berkualitas, Anda bisa melirik Sony RX100 Mark IV yang memang menawarkan keunggulan utama di sektor video 4K berkat penggunaan sensor CMOS Exmor RS 20 MP.

Dengan mengusung bodi mungil, kamera mirrorless satu ini mampu merekam video 4K dengan fokus sesuai keinginan karena Anda bisa melakukan konfigurasi aperture dan tombol rana. Selain itu, kekuatan baterai yang baik dari kamera ini membuatnya sangat ideal untuk dipakai menemani Anda merekam video dalam waktu yang lama.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 30 fps

2. Panasonic GH4


Selain produk kamera mirrorless dari Sony, produk lain yang mampu menghasilkan video berkualitas datang dari Panasonic GH4. Untuk Panasonic GH4, ia dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam video 4K, mengusung lensa 16-140mm dan electronic viewfinder OLED 2,360k-dot. 

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 50, 60 fps
Lens Mount Canon EF mount (Canon EF-S 15-85mm f / 3.5-5.6 IS USM)

3. Fujifilm X-T20 Kit 16-50mm*


Fujifilm kembali hadir dengan penawaran kamera mirrorless yang menarik untuk Anda. Produk mirrorless Fujifilm X-T20 dibekali dengan mode full Manual yang akan membantu Anda yang kreatif untuk lebih memegang kendali dalam setiap foto yang dikreasikan. Kehandalan komponen yang dipakai oleh mirrorless X-T20 membuatnya juga memiliki durabilitas yang baik.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 8 fps
Lens Mount FUJIFILM X mount

Kamera Mirrorless 4K Terbaik

1. Fujifilm X-T2


Sesuai namanya, kamera mirrorless Fujifilm X-T2 merupakan generasi penerus dari seri Fujifilm X-T1. Tidak seperti kamera mirrorless lain, Fujifilm X-T2 hadir dengan jendela bidik yang ditempatkan di bagian tengah kamera. Didalamnya sudah tertanam sensor X-Trans III yang memiliki resolusi 24 megapiksel.

Sensor ini juga akan didukung fitur-fitur seperti titik phase detection (169), dual SD card slot, dan konektor USB 3.0. Yang menarik, kamera mirrorless terbaik ini sanggup merekam video 4K lengkap dengan layar LCD seluas 3 inci yang bisa ditekuk ke berbagai arah dengan tambahan engsel.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 14, 8, 5 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

2. Xiaomi M1


Jika kamera mirrorless di atas memiliki kemampuan untuk menghasilkan video terbaik, kamu yang membutuhkan kamera untuk merekam video 4K namun mempunyai budget minim tetap dapat membeli kamera mirrorless berkualitas. Produk pertama yang kami rekomendasikan adalah Xiaomi Xiaoyi M1.

Hadir dengan desain mirip Leica, Xiaomi Xiaoyi M1 memiliki kemampuan untuk merekam video 4K di 30 fps berkat adanya penggunaan sensor CMOS berkekuatan 20 MP. Selain itu, kamera satu ini pun dilengkapi dengan layar sentuh 3 inch pada bagian belakang sehingga memudahkan Anda saat melakukan proses pengambilan video. 

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 60, 24, 240 fps
Lens Mount Micro Four Thirds Mount

3. Nikon 1 J5


Kecepatan yang baik, multi fungsi, dan mampu membawa kualitas yang baik ketika digunakan adalah 3 hal penting yang akan bisa anda dapatkan dari kamera DSLR 1 J5. Didukung dengan komponen terbaik, terutama di sisi sensornya, kamera mirrorless  Nikon 1 J5 jelas menjadi solusi pintar untuk merekam video dengan kualitas yang memukau

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 60, 30, 20, 10, 5 fps
Lens Mount Nikon 1

Kamera Mirrorless Full Frame Terbaik

1. Sony Alpha 7 III

<iframe

Kamera mirrorless Sony Alpha A7 III merupakan penerus dari Sony Alpha A7 II dan juga Sony Alpha A7 yang dihadirkan Sony untuk merambah para photografer profesional. Diberkahi dengan sensor Full-Frame serta software terbaru dengan sensor CMOS Exmor R yang juga didapuk sebagai sensor mirrorless terbaru.

Hadir dengan resolusi 24.2 MP berkecepatan 10fps yang diperkuat dengan ISO 100-51200. Sangat besar untuk ukuran sebuah kamera mirrorless. Kemampuannya mereduksi hingga tingkatan resolusi diatas 6400, menjadikan Sony A7 III sebagai suksesor terbaik mirrorless jawara Sony sebelumnya yaitu Sony A7 II.

Prosesor terbaru BIONZ X menambah kekuatannya dalam mengolah hasil gambar biasa menjadi ciamik ketika memotret menggunakan Sony A7 III. Dengan kekuatan yang dimiliki, Sony A7 III mampu memproduksi gambar LSI 16bit serta gambar RAW 14bit. Untuk format JPEG, mirrorless Sony terbaru ini mampu hasilkan gambar 8 bit dengan sempurna.

Kecepatan AF yang dimiliki sempurna, bahkan untuk menangkap gambar gerak sekalipun hasilnya masih sangat bagus.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity -
Frame Rate 10 fps
Lens Mount -

2. Sony Alpha A7R III

Sony A7R III merupakan produk mirrorless profesional terbaik yang hadir bersama dengan Sony A7 III. Gear photography yang Sony ini memang memiliki harga yang fantastis. Namun soal hasil dan kualitas, Sony A7R III mampu menyaingi kamera profesional.

Jika dikaji ulang, generasi Sony Alpha 7R atau yang lebih dikenal dengan Sony A7R, Sony A7R II atau Mark II hingga Sony A7R III, memang didapuk sebagai mirrorless terkuat yang dimiliki Sony.

Bahkan Sony A7R III sendiri diberkahi dengan sensor CMOS Exmor R BSI 42.4MP full-frame dan BIONZ X Image Processor yang telah diperbarui, Sony a7R Mark III memberikan tingkat pengambilan gambar 10 fps yang mengesankan bersamaan dengan peningkatan kinerja autofocus untuk pelacakan subjek yang lebih cepat dan lebih dapat diandalkan bersamaan dengan cakupan bingkai yang lebar.

Kejernihan gambar yang lebih besar di seluruh rentang sensitivitas dari ISO 100-32000, yang selanjutnya dapat diperluas ke ISO 50-102400. Kemampuan merekam video juga telah diperluas untuk kualitas yang lebih baik saat merekam video UHD 4K dengan lebar penuh sensor full-frame, atau saat menggunakan area Super35 dan 5K oversampling untuk meminimalkan moire dan aliasing.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 32000
Frame Rate 5 fps
Lens Mount Sony E-mount

3. Sony Alpha A9


Sony Alpha A9
 merupakan kamera mirrorless high end yang membawa kekuatan sensor Back Illuminated Full-Frame CMOS sebesar 24 MP. Dibalik sensor 24 MP milik harga Sony Alpha A9, sudah tersembunyi memori khusus yang akan mengoptimalkan kecepatan kerja pengambilan gambar dari Sony Alpha A9 hingga 20 fps.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 20, 10, 5 fps
Lens Mount Sony E-Mount
 

Kesimpulan

Itulah daftar kamera mirrorless terbaik 2019 yang bisa Anda miliki di tahun 2019. Ada berbagai macam kamera mirrorless terbaik dengan brbagai fitur yang bisa dipilih sesuai keinginan. Namun, semuanya kembali kepada kebutuhan ketika kamera sudah dibeli. Jangan sampai membeli kamera yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Jadi, selamat memilih!

Artikel Terkait

Komentar

dadangsupartman Jumat, 15 Mar 2019 | 14:31
infonya bagus <a href="https://realtivi.blogspot.com/">streaming bola</a>