Diperbaharui pada Rabu, 26 September 2018 | 14:18

Berapa Harga Semua Komponen iPhone XS Max? Ini Rinciannya

iphone xs max

Apple baru saja memperkenalkan versi update dari iPhone X yang sukses diluncurkan tahun lalu. Di mana ada tiga smartphone yang diluncurkan yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Dari ketiganya, iPhone XS Max bisa dibilang menjadi yang paling banyak diperhatikan karena smartphone ini merupakan iPhone dengan layar terbesar yang pernah diproduksi oleh Apple. Untuk masalah harga, sudah tentu harga hp ini sangat mahal.

Di mana iPhone XS Max ROM 64GB dihargai USD 1.099 atau sekitar 16 jutaan, untuk varian dengan ROM 256GB harganya $1.249 atau sekitar Rp19 jutaan, sedangkan untuk versi 512GB dijual $1.499 atau sekitar Rp22 jutaan.

Tapi, apakah smartphone Apple memang semahal itu? Menurut TechInsights, sebenarnya tidak. Sebab biaya komponen dari iPhone ukuran besar ini diperkirakan mencapai $443 atau sekitar Rp6,6 jutaan, hampir $50 atau sekitar Rp700 ribuan lebih banyak daripada biaya versi paling kecil dari iPhone X yang tampil tahun lalu.

Melihat grafik di atas, terlihat jelas jika panel OLED adalah komponen paling mahal iPhone XS Max, panel ini juga menjadi yang termahal untuk tahun kedua secara berturut-turut. Panel ini diproduksi oleh Samsung yang merupakan pesaing utama mereka.

biaya komponen iPhone xs max

Biaya penyematan layar pada iPhone XS Max sudah meningkat 5%. Penyebab naiknya biaya untuk layar tentu saja disebabkan karena panel yang dibutuhkan lebih besar dari iPhone XS yaitu mencapai 6,3 inch.

Komponen termahal kedua adalah prosesor/modem yang dihargai mulai dari $66 atau sekitar Rp980 ribuan di iPhone X menjadi $72 atau sekitar Rp1 jutaan di iPhone XS Max. Walau begitu, kemampuan chipset A12 Bionic sudah tidak perlu diragukan.

Melihat pada grafik, hampir semua komponen di hp Apple terbaru 2018 lebih mahal dibanding versi sebelumnya. Untuk komponen yang turun harga tercatat hanya bahan perakitan dan antena RF saja yang memang lebih murah daripada tahun lalu.

Walau terlihat jomplang, namun TechInsights menjelaskan total biaya komponen ini murni hanya merupakan harga komponen mentah saja, tidak termasuk memperhitungkan biaya produksi lainnya seperti Research and Development, pengembangan perangkat lunak, logistik, dan pemasaran yang tidak kalah besar.

Menariknya, walau harga iPhone XS Max sangat mahal, tetap saja peminat hp ini sangat tinggi. Salah satu alasannya karena hp ini punya layar besar dan punya performa yang unggul mengalahkan smartphone-smartphone Android terbaik sekalipun.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts