Daftar Hp Xiaomi yang Bisa Instal Google Camera Tanpa Root

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 28 Agu 2018 | 19:45

Google Camera
Sejak Google memperkenalkan Pixel dan Pixel XL series, banyak yang terpukau dengan kemampuan kamera yang ditawarkannya. Karena kamera Google Pixel series memang memiliki kualitas jempolan. Google sendiri telah mengombinasikan penggunaan sensor kamera dengan software Google Camera yang ciamik.

Berdasarkan hasil benchmark DXOMark, Google Camera yang tertanam di Pixel series mampu mencatat skor tinggi. Untuk Google Pixel edisi perdana mencatat skor 90 DXOMark, lalu di seri Google Pixel 2 skor yang di dapat naik hingga 98.

Kepopuleran Google Camera ini tentu saja membuat pengguna hp Android lain kepincut. Di kalangan komunitas Android, menginstal aplikasi Google Camera di hp mereka sudah menjadi topik yang hangat. Bahkan semakin banyak yang mengembangkannya untuk bisa digunakan pada model hp Android secara lebih luas.

Dengan menginstal aplikasi Google Camera, hasil foto yang dihasilkan diklaim menjadi lebih baik dari aplikasi kamera bawaan. Peningkatan kualitas gambar yang dihasilkan dari Google Camera tidak lepas dari keberadaan fitur Portrait Mode dan teknologi HDR+ yang terintegrasi didalamnya. Kedua fitur ini bisa meningkat kualitas gambar secara dramatis, bahkan bisa menghasilkan foto bokeh meski perangkat hanya dibekali satu kamera saja.

Google Camera MenuFitur-fitur di Google Camera

Klaim ini pun kami akui kebenarannya dengan langsung mencoba melakukan instalasi Google Camera di Xiaomi Mi A1. Foto yang dihasilkan dari Google Camera dengan kamera bawaan Xiaomi Mi A1 memang terlihat berbeda kualitasnya.

Dimana hasil foto dari Google camera di Mi A1 terlihat jauh lebih tajam dan lebih detail. Hanya saja, untuk menginstal Google Camera di hp lain memang membutuhkan usaha ekstra, termasuk di hp Xiaomi.

Secara teknis, Google Camera membutuhkan dukungan Camera2 API (yang mengontrol sistem kamera pada perangkat). Namun, kebanyakan hp Xiaomi tidak mendukung Camera2 API. Dan untuk mengaktifkan fitur ini pengguna hp Xiaomi harus melakukan rooting pada perangkat mereka atau setidaknya meng-unlock bootloader.

Tapi tidak perlu khawatir, karena untuk hp Xiaomi terbaru yang menggunakan prosesor Snapdragon 710 dan Snapdragon 845 tidak perlu root hp untuk menginstal Google Camera. Karena kedua chipset tersebut secara default sudah support Camera2 API.

Melansir XDA, hp Xiaomi yang sudah bisa menginstal Google Camera tanpa harus root dan unlock bootloader mencakup :

Kabar ini tentunya cukup menggembirakan bagi penggemar setia Xiaomi.

Artikel Lainnya

Komentar