Diperbaharui pada Kamis, 23 Agustus 2018 | 17:25

6 Fitur Terbaik Samsung Galaxy Note 9 di Indonesia, Apa Saja?

Samsung Galaxy Note 9
Resmi sudah Samsung membawa Galaxy Note 9 ke pasar Indonesia. Yup, vendor asal Korea ini telah mengumumkan keberadaan Samsung Galaxy Note 9 yang akan tersedia secara serentak mulai tanggal 24 Agustus 2018.

Sebelum dirilis resmi di Indonesia, Samsung terlebih dahulu membuka sistem pre order untuk Galaxy Note 9. Hasilnya, penjualan pre order hp flagship terbaru ini ludes 2x lebih cepat dari generasi sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy Note 8.

Hal ini cukup beralasan, karena Samsung Galaxy Note 9 membawa sejumlah fitur penting yang mengalami peningkatan cukup signifikan. Fitur penting tersebut mencakup layar, kamera, baterai, memori penyimpanan serta yang paling menarik tentu saja S Pen yang semakin pintar. Berikut ulasannya :

Layar

Samsung Galaxy Note 9
Samsung meningkatkan kapasitas layar di Galaxy Note 9 melalui penggunaan teknologi DisplayMate. Hadir dalam layar seluas 6.4 inch dengan resolusi menyentuh 3K (2.960 x 1440p) serta makin dimanjakan kualitas Super AMOLED.

Peningkatan kecerahan layar Samsung Galaxy Note 9 di banding Galaxy Note 8 mencapai 27%, termasuk peningkatan kontras untuk cahaya ambient tinggi sebesar 32% lebih tinggi dari pendahulunya.

S Pen Semakin Pintar

S Pen Samsung Galaxy Note 9
Evolusi S Pen di Samsung Galaxy Note 9 semakin memanjakan Anda dalam hal produktivitas. S Pen kini hadir tidak hanya sebagai alat untuk menulis atau menggambar di Galaxy Note 9, tapi sudah dikembangkan dengan beberapa penambahan fungsi, seperti sebagai remote control, clicker untuk presentasi, playback foto dan video.

Termasuk menjadi tombol shutter pada aplikasi kamera. S Pen ini dapat terhubung ke Samsung Galaxy Note 9 hingga jarak 10 meter. Tidak hanya itu, daya tahan S Pen dapat digunakan selama 30 menit atau 200 klik. Untuk pengisian daya S Pen ini juga tidak lama, hanya berkisar 40 detik.

Kamera Lebih Jenius

Samsung Galaxy Note 9
Samsung Galaxy Note 9 dipersenjatai dual kamera belakang dengan konfigurasi 12MP + 12MP. Satu kamera menggunakan lensa wide lengkap bersama fitur Dual Pixel AF, dan Dual Aperture f1.5/f2.4. Lalu satu kamera 12MP lainnya menggunakan lensa tele lengkap dengan aperture f2.4.

Kedua kamera belakang ini turut disematkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) yang akan menjadi hasil foto tetap tajam saat terjadi goyangan dalam memotret. Untuk kamera depan memiliki kapasitas resolusi 8MP dengan bukaan f1.7 yang akan memberikan pencahayaan lebih baik untuk foto selfie.

Ada apa lagii yang lebih menarik? Samsung menyebutnya dengan teknologi Intelligen Camera  yang akan membuat kamera di Galaxy Note 9 semakin jenius. Memaksimalkan teknologi Ai (artificial intelligence), kameranya dapat mengidentifikasi elemen foto, seperti scene dan subyek. Lalu elemen-elemen foto tersebut diklasifikasi secara otomatis menjadi satu hingga 20 kategori untuk menghasilkan foto yang optimal.

Berikut hasil foto yang berhasil kami abadikan (kondisi berada di dalam ruangan dengan cahaya tidak terlalu terang) :

Hasil foto samsung galaxy note 9

Hasil foto samsung galaxy note 9
Samsung juga membawa fitur terbaru bernama Flaw Detection. Fitur ini akan memberikan notifikasi kepada Anda jika ada hal yang bisa membuat hasil foto tidak maksimal. Anda tidak perlu khawatir hasil bidikan kameranya tidak bagus.

Karena saat kamera mendeteksi ada subyek yang berkedip atau buram, maka akan muncul notifikasi pada layar. Jadi Anda dapat melakukan koreksi pengambilan gambar atau posisi yang lebih  baik sebelum tombol shutter ditekan. Selain itu, kamera juga akan memberi informasi jika lensa kotor dan adanya backlight.

Sistem Pendingin

Samsung Galaxy Note 9
Ini menjadi bagian yang juga cukup menarik. Biasanya sistem pendingin hanya ditemui pada perangkat khusus gaming, seperti laptop. Namun Samsung menerapkannya pada Galaxy Note 9.

Disebut dengan Water Carbon Cooling System, teknologi ini akan membantu fungsi prosesor agar tetap bekerja optimal meski sedang digunakan untuk aktivitas yang berat, salah satunya adalah gaming. Teknologi ini diklaim dapat mencegah panas berlebh hingga 21 persen.

Performa

Samsung Galaxy Note 9
Samsung Galaxy Note 9 ditenagai prosesor Exynos 9810, yaitu sebuah chipset Octa-core berkecepatan maksimal 2.7 GHz. Sangat bertenaga untuk mendukung produktivitas Anda, bahkan memainkan game berat sekalipun. Termasuk memainkan game Fortnite Mobile yang ekslusif hadir di Galaxy Note 9.

Prosesor ini akan di sokong memori RAM 6GB dan 8GB serta ROM 128GB dan 512GB. Tidak tanggung-tanggung, Anda masih bisa memperbesar kapasitas penyimpanannya hingga 512GB melalui slot microSD.

Baterai Lebih Besar

Samsung Galaxy Note 9
Samsung juga telah meningkatkan kapasitas baterai di Galaxy Note 9. Jika Galaxy Note 8 menggunakan baterai 3300mAh, maka di generasi terbaru ini sudah menanam baterai 4000mAh. Baterai ini diklaim bisa menemani Anda seharian penuh dan tidak akan mengganggu aktivitas.

Harga

Samsung Galaxy Note 9 akan hadir dalam opsi warna Midnight Black, Metallic Copper dan Ocean Blue. Warna Midnight Black dan Metallic Copper dibundel bersama S Pen dengan pilihan warna yang sama. Sedangkan untuk opsi warna Ocean Blue akan hadir dengan S Pen berwarna Kuning.

Harga Samsung Galaxy Note 9 sendiri dibanderol Rp13.499.000 untuk versi RAM 6GB dan ROM 128GB. Sedangkan untuk versi RAM 8GB dan ROM 512GB akan dipasarkan seharga Rp17.999.000.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 6.4 inch
Screen Resolution 2048 x 1080 Pixel
Detail Prosesor 8895
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.7 GHz
GPU Mali-G71 MP20
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB Type-C, microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.