Diperbaharui pada Senin, 18 Maret 2024 | 13:18

15 Freezer Box Terbaik untuk Menyimpan Makanan di Bulan Ramadhan

freezer terbaik

Memulai usaha frozen food dan restoran membutuhkan freezer box sebagai salah satu perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk menyimpan banyak stok bahan makanan, apalagi selama bulan Ramadhan.

Memang kalau dibandingkan dengan kulkas, freezer memiliki kapasitas yang jauh lebih besar untuk menyimpan dan membekukan makanan atau minuman, termasuk membuat es batu.

Walau harga freezer masih cukup terjangkau, mulai 1 jutaan, namun harga freezer juga umumnya tergantung pada merk dan kapasitas yang ditawarkan. Makin besar kapasitas yang ditawarkan, tentu makin mahal harganya.

Freezer berkapasitas kecil tentu lebih murah, dan untuk kebutuhan rumah tangga rasanya freezer mini dengan kapasitas di bawah 100 liter, sudah cukup untuk menampung stok makanan dan minuman selama sebulan. 

Produk ini bisa menyimpan makanan beku seperti daging, nugget dan lainnya. Bahkan banyak pula yang menjadikan perangkat ini untuk usaha pembuat es batu. Karena freezer bisa mencapai suhu terdingin, maka proses pembekuan menjadi lebih cepat.

Untuk kebutuhan usaha, freezer berukuran besar diatas 100 liter bisa jadi pilihan. Kalau melihat dari merknya, freezer terbaik biasanya didominasi oleh Sharp yang memilih ragam kapasitas.

Selanjutnya ada juga freezer GEA yang banyak dipilih konsumen, serta freezer AQUA yang merupakan reinkarnasi dari brand Sanyo. Selain itu, masih ada beberapa freezer lain dari Modena, Denpoo hingga Frigate dengan harga termurah.

Nah, untuk lebih mudahnya, bisa Anda simak rekomendasi freezer terbaik lengkap dengan harganya berikut ini. Produknya kamu urutkan sesuai dengan ukuran dan kapasitasnya.

Freezer Mini (di bawah 100L)

Freezer mini menawarkan berbagai keunggulan yang menjadikannya pilihan ideal untuk ruang terbatas dan kebutuhan penyimpanan yang lebih kecil. Pertama, ukurannya yang kompak memudahkan penempatan di apartemen kecil, kamar kost, atau ruang kantor.

Kedua, konsumsi energinya lebih rendah dibandingkan dengan freezer ukuran penuh, menjadikannya lebih hemat biaya dan ramah lingkungan. Ketiga, meskipun kecil, freezer mini tetap efektif dalam menjaga makanan beku pada suhu yang optimal.

Keempat, mereka sering memiliki fitur tambahan seperti rak yang dapat disesuaikan dan pintu reversibel, menambah fleksibilitas penggunaan. Terakhir, freezer mini ideal untuk menyimpan makanan dalam jumlah kecil, menghindari pemborosan dan memudahkan pengelolaan persediaan makanan.

Berikut beberapa rekomendasi freezer mini terbaik yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Midea HS-65LBK

Midea HS-65LBK

Midea HS-65LBK merupakan salah satu freezer mini karena hanya berkappasitas 50 Liter. Tipe portable membuat freezer ini sangat simpel dan mudah di taruk di dapur maupun untuk di bawa pada acara yang membutuhkan freezer.

Daya yang digunakan pun hanya sebesar 78 watt. Selain itu desainnya yag sangat cantik akan memperindah dapur Anda. Harga freezer Midea HS-65LBK juga cukup terjangkau hanya 1 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Type Portable
Capacity 50 L
Power Consumption 78 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Midea HS-129C

Midea HS 129 C

Midea merupakan salah satu merk yang terkenal sebagai penyedia home appliance. Salah satunya adalah freezer mini Midea HS-129C dengan kapasitas 99 Liter.

freezer ini sangat tepat untuk menyimpan bahan beku, seperti daging, ikan, dan frozen food lainnya. Peti pendingin ini sangat praktis dan mudah dioperasikan, dengan bukaan atas yang bisa dibuka hingga 90 drajat.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 99 L
Power Consumption 125 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

Freezer Medium (100L - 190L)

Freezer medium menyediakan solusi penyimpanan makanan yang ideal dengan keseimbangan antara kapasitas dan efisiensi ruang. Mereka menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan dibanding freezer mini, cocok untuk keluarga atau individu yang membutuhkan ruang ekstra tanpa memakan banyak tempat.

Efisiensi energi dari jenis freezer ini terkadang lebih baik dibandingkan dengan freezer ukuran penuh, sehingga dapat membantu mengurangi tagihan listrik. Desainnya yang serbaguna memudahkan integrasi dengan berbagai tata letak dapur.

Banyak model freezer medium yang dilengkapi dengan fitur seperti rak yang dapat disesuaikan dan laci, untuk memudahkan organisasi dan akses ke makanan. Freezer medium juga ideal untuk persiapan makanan dalam jumlah besar.

Berikut beberapa rekomendasi freezer medium terbaik.

1. RSA CF-100

Freezer RSA CF-100 menawarkan kapasitas hingga maksimal 100 liter. freezer es batu ini memiliki suhu penyimpanan mencapai -25 derajat Celsius.

RSA CF-100 juga cukup hemat daya dan hanya membutuhkan sumber listrik sebesar 100 watt. Ukurannya juuga tidak terlalu besar dengan dimensi 56 x 53 x 84 cm.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 100 L
Power Consumption 100 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Frigigate F-122

Frigigate F-122 saat ini dibanderol kurang dari Rp 2 jutaan. freezer es batu ini menawarkan daya tampung hingga 122 liter. Wajar bila ukurannya sedikit lebih besar dengan bobot mencapai hingga 28 kg.

Yang menarik adalah konsumsi daya yang dihasilkan Frigigate F-122 hanya sebesar 82 watt saja. Bisa lebih hemat listrik untuk penggunaan harian.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 120 L
Power Consumption 82 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. AQUA AQF-200W

AQUA bisa menjadi pilihan freezer es murah untuk mengawetkan makanan Anda. Salah satunya ada pada model AQUA AQF-200W yang dibekali kapasitas 197 liter.

Suhu optimal yang dihasilkan mencapai -18 derajat celsius, bisa digunakan untuk membekukan es krim atau frozen food. Fitur yang bisa ditemukan pada AQUA AQF-200W diantaranya fasilitas roda dan keylock pada pintu penutupnya.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 197 L
Power Consumption 150 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. GEA AB-100

freezer GEA juga termasuk salah satu yang banyak di cari konsumen. Di seri GEA AB-100 Anda akan mendapatkan kapasitas 102 liter yang cukup standar untuk penggunaan rumahan.

Suhu pendinginan maksimal hingga -26 derajat Celsius dengan kebutuhan konsumsi daya sebesar 100 watt.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 102 L
Power Consumption 101 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Modena MD-15

freezer Modena yang bisa dijadikan rekomendasi adalah Modena MD-15. Kapasitas penyimpanannya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, yaitu berkisar 155 liter.

Dengan harga di kisaran Rp 2 jutaan, Modena MD-15 dibekali suhu pendingin optimal hingga -25 derajat Celsius. Didalamnya juga disematkan fitur deodorizer untuk mencegah perkembang biakan bakteri yang akan merusak bahan makanan.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 155 L
Power Consumption 123 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. AQUA AQF-100Waqua aqf 100w

AQUA memang sudah memiliki nama yang cukup terkemuka salah satunya adalah produk freezer. AQUA AQF-100W memiliki fitur Low Voltage yang membuatnya semakin hemat daya.

Selain itu dengan kapasitasnya yang cukup kecil hanya 100L pastinya sangat cukup untuk penggunaan sehari-hari di rumah.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 100 L
Power Consumption 100 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. GEA SD-100

gea sd 100

Desain menjadi daya tarik utama dari freezer GEA SD-100 berkapasitas 100 Liter ini. Dengan desain kaca membuat Anda lebih mudah untuk melihat isi dari freezer ini.

Jika Anda menyimpan es krim, pastinya freezer akan terbuka lebih lama untuk memilih rasa. Namun dengan tutup kaca akan memudahkan Anda untuk memilih terlebih dahulu sebelum membuka tutp freezer, jadi suhunya tidak akan terurai karena terlalu lama terbuka.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 100 L
Power Consumption 115 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Freezer Besar (di atas 200L)

Freezer besar atau jumbo menawarkan kapasitas penyimpanan maksimal dan ideal untuk rumah tangga besar, bisnis kuliner, atau mereka yang sering menyimpan persediaan makanan dalam jumlah besar.

Dengan ruang penyimpanan yang luas, freezer jenis ini memungkinkan penyimpanan berbagai jenis makanan dalam jumlah banyak, dari daging beku hingga sayuran, secara terorganisir.

Fitur-fitur seperti rak yang dapat disesuaikan, laci, dan pintu dengan berbagai kompartemen menambah efisiensi dalam mengatur isi freezer. Efisiensinya dalam menjaga suhu konstan menjadikannya sangat efektif untuk menjaga kualitas makanan dalam jangka waktu lama.

Selain itu, banyak freezer besar/jumbo dilengkapi dengan teknologi canggih seperti kontrol suhu digital dan sistem defrost otomatis, menambah kenyamanan dan efisiensi penggunaan.

Berikut beberapa rekomendasi freezer besar terbaik.

1. Modena MD-65W

Modena MD 65W

Modena 65W merupakan freezer dengan kapasitas besar, yaitu mencapai 650 liter. Sehingga Anda harus menyiapkan ruang yang cukup besar untuk menempatkan freezer ini.

Tidak hanya itu, konsumsi daya yang dibutuhkan juga cukup besar, berkisar 268 watt. Yang menarik, Modena 65W menawarkan konsep 2 pintu sehingga Anda bisa memisahkan makanan agar aromanya tidak tercampur. Suhu pendinginan mencapai -25 derajat Celsius dan dilengkapi fitur ECO Green.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 650 L
Power Consumption 268 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Sharp FRV 300

Sharp FRV 300 adalah freezer es batu dengan kecepatan pendinginan dan pembekuan yang optimal, serta memiliki ruang penyimpanan berkapasitas 200 liter yang mampu menampung banyak bahan makanan.

Keunggulan freezer Sharp ini menggunakan gagang dan kunci pada pintunya, yang akan memudahkan Anda membuka dan menutup perangkat. Dimensinya lumayan besar berkisar 110 x 87 x 53 cm dengan berat 55 kg.

Sharp FRV 300 ini dilengkapi dengan roller caster serta lampu indikator pada bagian bawah. Untuk penggunaan harian, freezer ini membutuhkan daya listrik sebesar 100 watt.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 300 L
Power Consumption 100 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Denpoo SCF-268FL

Nama lain yang bisa menjadi pilihan freezer terbaik adalah Denpoo. Box pendingin Denpoo SCF-268FL mampu menampung hingga maksimal 210 liter.

Hanya saja, sumber daya yang dibutuhkan sedikit lebih besar dibanding freezer es lain yaitu berkisar 200 watt. Memiliki panjang sekitar 1,4 meter, freezer memiliki bobot hingga 40 kg.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 210 L
Power Consumption 200 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

4. Sharp FRV 200

Sharp FRV 200 memiliki kapasitas yang sangat luas mencapai 205 liter. Sehingga bentuknya agak besar dan bobot lebih berat. freezer ini sangat cocok untuk menyimpanan makanan, daging, ikan, hingga membuat es batu.

Fitur Direct Cooling System yang membuat proses pembekuan lebih cepat. freezer Sharp FRV 200 menggunakan daya listrik sebesar 100 watt.

Kriteria Spesifikasi
Type Upright
Capacity 205 L
Power Consumption 100 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan   

5. AQUA AQF-310W

aqua aqf 310w

freezer mini mungkin masih tepat untuk dijadikan bagian dari perlengkapan dapur rumah. Namun freezer AQUA AQF-310W yang berkapasitas 300 Liter sepertinya kurang tepat.

Mungkin bagi Anda yang memiliki usaha frozen food untuk menyimpan daging atau ikan beku bisa menggunakan freezer berkapasitas besar ini. Selain berkapasitas besar AQUA AQF-310W juga hemat daya, karena hanya mengkonsumsi 180 watt saja.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 300 L
Power Consumption 180 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

6. Polytron PCF315

Polytron PCF315

Polytron memang cukup terkenal di Indonesia, namun yang tidak banyak diketahui adalah merek ini memiliki produk freezer. Polytron PCF315 merupakan freezer dengan jenis chest yang berkapasitas 300 liter.

Harga freezer Polytron PCF315 cukup murah dikelasnya hanya berkisar 3 jutaan saja. Selain harga freezer murah daya yang digunakan pun juga cukup hemat. Bagi Anda yang memiliki usaha di bidang makanan freezer ini sangat tepat.

Kriteria Spesifikasi
Type Chest
Capacity 300 L
Power Consumption 182 Watt
Defrosting Type Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan   

Perbedaan Freezer dan Kulkas

Awalnya, freezer es ini banyak digunakan oleh para pemilik usaha restoran dan rumah makan. Karena fungsinya bisa membekukan bahan makanan dalam jumlah besar. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pembeda freezer dengan kulkas.

Selain itu, perbedaan freezer dan kulkas juga ada pada suhu pendinginan, dimana freezer memiliki suhu terdingin -28 derajat Celsius, sedangkan kulkas hanya mencapai 0 derajat Celsius.

Meski demikian, beberapa freezer es telah mengadopsi tren penggunaan teknologi hijau yang bekerja secara lebih efisien. Sehingga lebih irit konsumsi listrik. Untuk jelasnya, Anda bisa melihat perbedaan freeezer dan kulkas pada tabel di bawah :

Freezer Kulkas
- Menyimpan dan membekukan makanan dan minuman
- Bentuknya melebar ke samping
- Suhu pendinginan mencapai -28 derajat celsius
- Konsumsi listrik lebih rendah
- Menyimpan makanan dan minuman agar lebih tahan lama
- Bentuknya memanjang ke atas
- Suhu pendinginan hanya berkisar 0 derajat celsius
- Konsumsi daya lebih tinggi

Sebelum memutus kan untuk membeli freezer sebaiknya Anda mengenali tipe dan jenis freezer agar tidak salah dalam memilih, untuk itu berikut penjelasan lengkap mengenai tipe dan jenis freezer.

Tipe Freezer Berdasarkan Kecepatan Pembekuan

1. Slow Freezer

Tipe freezer ini dibandingkan dengan tipe freezer lainnya merupakan freezer yang paling lama dalam proses pembekuan dari suhu 0°C hingga -25°C dengan kecepatan pembekuan 0,2 cm/jam. Contoh jenis freezer dengan tipe ini adalah cold storage, chest freezer, curve glass freezer.

2. Quick Freezer

Seperti namanya tipe qiuck freezer memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan slow freezer. Tipe freezer ini membutuhkan waktu pembekuan sekitar 5-10 cm/jam. Jenis freezer dengan tipe ini seperti fluidised bed freezer.

3. Ultra Rapid Freezer

Ultra Rapid freezer merupakan tipe yang paling cepat pada proses pembekuan. Pada tipe ini hanya membutuhkan waktu 10-100 cm/jam. Jenis freezer dengan tipe ini adalah cryogenic freezer.

Jenis-Jenis Freezer

1. Chest Freezer

Chest freezer merupakan alat pendingin untuk menyimpan makanan beku seperti daging segar, frozen food maupun sayur maupun buah. Chest freezer biasanya digunakan pada restoran, cafe, hotel maupun di rumah.

Seperti yang dijelaskan diatas chest freezer termasuk dalam tipe slow freezer. Harga freezer jenis ini lebih murah dari tipe lainnya yang lebih cepat proses pembekuan.

2. Cold Storage

Freezer jenis cold storage cukup mirip dengan chest freezer. Biasanya freezer jenis ini lebih banyak digunakan untuk menyimpan ice cream dan juga daging beku lainnya.

Namun terdapat kelemahan pada jenis ini yaitu bunga es yang berlebih. Bunga es berlebih pada sisi dinding. Bunga berlebih tersebut dapat mengganggu performa dari freezer tersebut.

3. Blast Freezer

Freezer jenis ini menggunakan refrigeran udara dan suhunya lebih tinggi dari 2 jenis sebelumnya, bisa mencapai hingga -40°C. Tentunya freezer ini lebih mudah untuk membekukan makanan dibandingkan 2 jenis freezer sebelumnya.

Jadi biasanya freezer ini lebih digunakan untuk keperluan yang lebih besar dibandingkan hanya untuk cafe maupun restoran. Harga yang ditawarkan untuk freezer jenis ini pun tergolong cukup mahal.

Harga freezer es batu kapasitas 100L yang ada di toko rekanan Pricebook dibanderol mulai dari Rp 1,8 juta. Lalu harga freezer 120L atau lebih dipasarkan mulai dari Rp 2 juta. 

Untuk memudahkan Anda, berikut kami sajikan pilihan freezer es batu di 2020 dengan harga mulai dari Rp 1 jutaan.

Makanan dan Minuman Beku Maksimal

Dengan pilihan freezer es batu dari berbagai merk dan kapasitas di atas, kami berharap bisa mengurangi kebingungan Anda saat ingin membeli sebuah freezer.

Freezer murah banyak tersedia, namun usahakan selalu disesuaikan dengan kebutuhan rumah atau untuk memulai usaha. Selain itu, pastikan juga adanya ketersediaan ruang untuk menempatkan freezer.

Semakin besar kapasitas yang ditawarkan tentunya membuat ukuran freezer semakin besar. Tapi yang pasti, dengan suhu pendinginan yang optimal, makanan Anda akan dijamin beku lebih maksimal. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.