Diperbaharui pada Senin, 18 September 2023 | 14:21

5 Printer Epson Terbaik Harga Sejutaan

Ketika ingin membeli sebuah printer, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah merk atau brand. Apalagi untuk penggunaan kantoran tentu membutuhkan printer terbaik. Jika menginginkan kualitas, tentunya harus memilih merk printer yang sudah diakui performanya.

Ada beberapa merk printer terbaik yang bisa Anda pilih. Ada printer dari Canon, HP hingga Epson. Dan nama terakhir yang akan kami ulas dalam artikel ini. Mengapa Espon?

Karena printer Epson sudah diakui kualitasnya, baik untuk penggunaan kantoran maupun rumahan. Hanya saja, harga printer Epson memang sedikit lebih mahal namun sudah sebanding dengan hasil cetakannya.

Meski demikian, saat ini Anda bisa memilih printer Epson dengan harga Rp1 jutaan. Epson sendiri memiliki rangkain printer tinta atau inkjet yang menawarkan kemudahan dalam mengisi ulang tinta, sehingga sangat cocok untuk penggunaan kantoran atau rumah.

Dimana tangki tinta di desain terpisah dari mesin print dan diletakkan di samping perangkat. Berikut beberapa printer Epson dengan harga Rp1 jutaan yang cocok untuk kantoran dan rumah :

1. Epson L360

Secara fisik, ukuran printer Epson L360 ini tergolong besar dengan dimensi 482 x 300 x 145 mm. Untuk kenyamanan Anda, sebaiknya printer Epson ini diletakkan pada meja tersendiri.

Apalagi dengan tangki tinta yang terpisah dari printer makin menambah ukurannya. Bobotnya juga termasuk cukup berat berkisar 4,4 kg. Namun dengan tanki tinta yang terpisah tentunya memudahkan Anda dalam mengisi ulang.

Printer ini sudah dibekali kemampuan komplit, mulai dari scan dan copy. Epson L360 memiliki kecepatan cetak 33 lembar per menit untuk dokumen hitam putih dan 15 lembar per menit untuk dokumen berwarna.

Dengan desain Print Head Micro Piezo, printer Epson murah ini memiliki hasil cetakan lebih cepat dengan resolusi yang lebih baik hingga maksimal 5760 x 1440 dpi. Harga printer Epson L360mkini juga makin terjangkau.

Epson L360

Belum ada harga

2. Epson L310

Dari ukuran panjang, Epson L310 tidak berbeda dengan seri Epson L360. Hanya saja lebar dan tingginya sedikit lebih kecil yaitu berkisar 482‎ x 222 x 130 mm. Bobotnya juga lebih ringan dengan kisaran 2.8 kg. Jadi tidak terlalu berat ketika ingin memindahkan posisinya.

Apalagi dengan ukurannya yang lebih kecil memungkinkan Anda meletakkannya di atas meja kerja bersama tool-tool lain. Epson L310 juga dibekali Print Head Micro Piezo untuk menghasilkan cetakan 33 ppm (paper per minute) dengan resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi.

Tangki tintanya juga terpisah untuk kemudaha pengisian ulang tinta. Dalam sekali isi mampu mencetak warna sebanyak 6500 lembar dan print hitam 4000 lembar.

3. Epson L300

Epson L300 merupakan printer ingkjet dengan fungsi tunggal utnuk mencetak dokumen saja. Beberapa kemudahan lain seperti konektivitas USB 2.0 juga telah disematkan didalamnya. Dengan adanya ini tentu anda bisa dengan mudah untuk menghubungkannya dengan perangkat lain.

Kecepatan mencetaknya adalah 15 ppm untuk cetak warna dan 33 ppm untuk cetak hitam putih. Mampu menghandle kertas dalam ukuran A4, A5, A6, 16:9, 100 x 148 mm, 20 x 25 cm, 13 x 20 cm, 13 x 18 cm, 10 x 15 cm, 9 x 13 cm, Letter, No. 10 (Envelope), DL (Envelope), C6 (Envelope), B5.

Epson L300

Belum ada harga

4. Epson L220

Printer Epson L220 memiliki fungsi dasar untuk print, scan dan copy. Dimensinya tidak jauh berbeda dari seri L lainnya yaitu 482 x 300 x 145 mm dengan bobot 4.3 kg.

Selain untuk kantor skala kecil, Epson L220 juga nyaman untuk penggunaan rumahan. Kecepatan mencetak mencapai 7 halaman per menit untuk hitam putih dan 3.5 halaman per menit untuk cetak warna.

Printer ini bisa mencetak kertas dalam ukuran A4, A5, A6, Letter, Legal, Half Letter, dan Folio.

Epson L220

Belum ada harga

5. Epson L120

Jika Anda ingin mencari printer untuk penggunaan rumah, Epson L120 bisa dipertimbangkan. Apalagi harga printer Epson L120 sejutaan ini terbilang paling murah dibanding seri lain dari daftar.

Meski printer murah, namun kualitas resolusi yang ditawarkan bisa diandalkan dengan resolusi cetakan mencapai 720x720 dpi dengan besaran kertas maksimal A4.

Untuk kecepatan mencetak dokumen mencapai 8.5 ppm untuk hitam putih dan 4,5 ppm untuk warna. Anda juga dimungkinkan melakukan printing melalui flash drive, karena telah disediakan port USB 2.0.

Dayanya juga cukup rendah dengan kebutuhan 10 watt dalam posisi aktif dan 2 watt untuk standby.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli salah satu printer Epson di atas, sebaiknya pertimbangkan kebutuhan Anda. Jika untuk kebutuhan kantoran, sebaiknya memilih printer Epson yang memilih banyak fungsi seperti print, scan dan copy.

Sedangkan untuk kebutuhan cetak di rumah, jika tidak banyak membutuhkan proses scan dan copy, disarankan memilih printer Epson dengan fungsi mencetak saja.

Selain harga yang lebih murah, bentuknya juga lebih ekonomis. Tapi semua tergantung pada pilihan Anda.  

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.