Motherboard Gaming Ryzen Terbaik, Overclock Makin Mudah!

Oleh Evan Yazid Praditya updated Sabtu, 14 Jul 2018 | 23:23

Motherboard merupakan salah satu komponen terpenting untuk memaksimalkan performa prosesor, RAM dan kartu grafis di PC gaming kamu. Nah, sekarang banyak motherboard yang sudah menawarkan fitur overclock sehingga aktivitas gaming kamu juga akan semakin asyik

Jika sebelumnya Pricebook memberikan rekomendasi motherboard AMD Ryzen AM4 terbaik harga di bawah Rp 1 jutaan, sekarang Pricebook akan memberi rekomendasi motherboard gaming Ryzen terbaik untuk gaming.

1. ASUS ROG Crosshair VI Hero

Motherboard gaming Ryzen yang pertama adalah ASUS ROG Crosshair VI Hero. Motherboard gaming ini didominasi oleh warna hitam dan silver yang membuat motherboard ini terlihat solid dan garang. Apalagi dengan hadirnya fitur Aura Sync RGB LEDs yang makin memperkuat nuansa gaming motherboard ini.

Motherboard ini mendukung RAM dual channel sampai dengan 64GB yang bisa kamu overclock maksimal sampai dengan 3200MHz. Untuk konektivitas, motherboard gaming Ryzen ini sudah ditanam 1 x PS/2, 1 x HDMI, 1 x RJ45, 1 x DisplayPort, 2 x USB 3.1, 1 x USB 3.0 (Type-C), 5 x USB 3.0 (Type-A) dan 1 x Optical 5 x Audio Jack.

2. ASUS Prime AM4 X370-Pro

Di urutan ke-2 ada ASUS Prime AM4 X370-Pro. Motherboard gaming Ryzen ini mempunyai desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan ASUS Crosshair VI Hero. Motherboard ini didominasi oleh warna abu-abu dan silver.

ASUS Prime AM4 X370-Pro punya 4 slot RAM DDR4 maksimal 64GB dengan kecepatan 2666MHz sampai 3200MHz. Motherboard ini juga mempunyai 2 slot PCIe 3.0 dan 1 slot PCIe 2.0. Untuk storage, sudah tersedia 8 port SATA. Sayangnya, motherboard ini tidak dilengkapi fitur Aura Sync RGB.

3. MSI X370 SLI PLUS

Di urutan ke-3 datang dari MSI. MSI X370 SLI PLUS juga kami rekomendasikan sebagai aslah satu motherboard gaming Ryzen terbaik. Harganya memang lebih mahal sedikit jika dibandingkan dengan ASUS Prime AM4 X370-Pro.

MSI X370 SLI PLUS mempunyai desain yang bagi kami cukup galak ditambah lagi dengan dominasi warna hitam dan putih. Motherboard ini bisa meng-handle prosesor Ryzen sampai dengan clock 4GHz. Untuk RAM, kamu akan disediakan 4 slor RAM dengan maksimal 64GB RAM. Yang terakhir, motherboard gaming Ryzen ini mempunya port SATA sebanyak 6 buah.

4. Gigabyte Aorus GA-AX370 Gaming 5

Berikutnya dating dari merek Gigabyte. Gigabyte Aorus GA-AX370 Gaming 5 adalah salah satu motherboard gaming Ryzen terbaik yang desain dan ketahanan yang solid yang dinamakan Dual Armor Design.

Overclock di motherboard ini juga mudah. Bahkan sampai dengan 4,1GHz tergantung chip yang kamu gunakan. Bahkan motherboard ini juga sudah dilengkapi dengan USB 3.1 Type-A, Type-C, port M.2 dan U.2.

5. ASRock Fatal1ty X370 Gaming K4

Motherboard gaming Ryzen terbaik yang terakhir adalah ASRock Fatal1ty X370 Gaming K4. Motherboarad premium ini menjadi salah satu pesaing ASUS Prime X370 untuk masalah harga. ASRock Fatal1ty X370 Gaming K4 punya fitur LED lighting, Steel armor GPU dengan desain bernuansa merah dan hitam.

ASRock Fatal1ty X370 Gaming K4 memiliki kapasitor 12k dan 4 slot RAM dengan maksimal memory 64GB. Sayangnya, kecepatan RAM pada motherboard ini hanya bisa sampai 2400MHz saja. Tapi yang menarik, motherboard Ryzen ini mempunya 2 slot M.2 nVME dan slot PCIe 3.0 yang bisa digunakan untuk SLI atau Crossfire.

Dari deretan motherboard gaming Ryzen yang diulas memang harganya tidaklah murah. Namun motherboard rekomendasi ini mempunya fitur-fitur dan spesifikasi yang memaksimalkan komponen-komponen lainnya. Jadi, sebelum membeli ada baiknya kamu pilih-pilih sesuai dengan kebutuhan dan dana kamu. 

Artikel Terkait

Komentar