Diperbaharui pada Jumat, 4 Mei 2018 | 14:16

Lg G7 thinQ Resmi Diluncurkan, Apa Saja Keunggulannya?

Setelah muncul banyak bocoran, akhirnya LG resmi meluncurkan hp flagship terbarunya yaitu LG G7 ThinQ (Dibaca Think You). Peluncurannya dilakukan kemarin di New York, Amerika Serikat. Nantinya, LG G7 ThinQ akan bertarung melawan hp flagship lainnya seperti Galaxy S9 dan iPhone X.

Untuk masalah spesifikasi, sudah pasti LG tidak main-main mengembangkan LG G7 ThinQ yang mengandalkan spesifikasi sangat mumpuni. Salah satunya adalah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845, yang dipercaya pabrikan besar untuk mendukung dapur pacu hp flagship andalannya.

Dari segi desain, hp ini juga mengandalkan tampilan ala hp zaman sekarang yang memiliki poni dan memiliki sedikit bezel. Selain itu, apa saja keunggulan lain dari LG G7 ThinQ yang bisa digali dari spesifikasinya? Berikut ini adalah ulasannya:

Desain

LG G7 ThinQ memiliki desain ala hp zaman now yang memiliki bezel tipis rasio 19.5:9 dan punya poni. Uniknya, poni ini bisa disembunyikan dengan melakukan pengaturan di dalam hp. Fitur ini juga dimiliki Huawei melalui produk P20 series.

Bodinya menggunakan material kaca di bagian depan dan belakang, sementara sisinya menggunakan material aluminum. Dari segi warna, smartphone ini akan dipasarkan dalam lima pilihan warna yaitu Aurora Black, Platinum Grey, Moroccan Blue, Moroccan Blue (Matte), dan Raspberry Rose.

Layar

Image via CNET

Untuk layar, LG menyematkan panel IPS LCD Super Bright Display ukuran 6.1 inch beresolusi QHD+ 1440 x 3120 piksel dengan kerapatan mencapai sekitar 564 ppi. LG mengklaim teknologi layar ini tetap bisa memberikan gambar baik walau digunakan di bawah paparan sinar matahari langsung.

Layar ini memiliki tingkat kecerahan layar 1.000 nits yang menampilkan spektrum warna 100% DCI-P3. Jadi, dijamin kamu akan sangat puas menggunakannya untuk streaming video atau bermain game, karena gambar yang dihasilkan sangat tajam.

Walau cerah, LG menjamin kalau penggunaan layar ini tidak akan membuat baterai boros, malah layar ini bisa lebih baterai sampai 30 persen dibanding layar milik LG G6 yang mengusung panel QHD+. Ada enam pengaturan yang bisa dipilih pada layar LG G7 ThinQ, yaitu Auto, Eco, Cinema, Sports, Game, dan Expert.

 

Dapur Pacu

Seperti yang sudah disebutkan, LG G7 ThinQ mengandalkan prosesor Snapdragon 845 sebagai otaknya. Untuk mendukung prosesornya, LG memberikan pilihan RAM dan ROM yaitu RAM 4GB dengan ROM 64GB, serta RAM 6GB dengan ROM 128GB.

Memori internal hp ini masih bisa diperluas sampai 2TB dengan menggunakan slot microSD. Dengan dapur pacu seperti ini, tentu kegiatan multitasking dan bermain game dapat berjalan dengan mulus tanpa ngelag.

Selain itu, sistem operasinya sudah menggunakan OS Android v8.0 Oreo, yang tentunya akan memberikan kinerja yang smooth dan tampilan antar muka menawan. LG Menyebutkan berencana akan mengupgrade OS hp ini ke Android P 9.0 jika dianggap sudah siap.

Kamera

Untuk urusan fotografi, LG membekali G7 ThinQ dengan dual kamera utama beresolusi 16MP (f/1.6, OIS, laser & PDAF) dengan wide angle hingga 107 derajat + 16MP (f/1.9). Sementara kamera depannya menggunakan kamera beresolusi 8 MP f/1.9 dengan wide angle sampai 80 derajat.

Menariknya, kamera ini sudah dibekali fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang membuatnya punya 19 mode pemotretan. Kamera milik G7 ThinQ juga sangat bagus dalam menangkap gambar pada kondisi minim cahaya berkat fitur Super Bright Camera.

LG mengatakan, dengan fitur ini G7 ThinQ bisa menangkap gambar empat kali lebih baik dibanding foto yang biasanya dihasilkan dalam kondisi cahaya redup. Selain itu, ada juga fitur bokeh dan stiker lucu.

Untuk merekam video, LG G7 ThinQ bisa menangkap gambar beresolusi sampai 2160p pada 30fps.

Audio

LG rupanya juga fokus untuk memberikan pengalaman audio terbaik pada hp andalannya ini. Di mana hp sudah dilengkapi dengan kemampuan Super Far Field Voice Recognition (SFFVR) dan mikrophon yang punya sensitivitas tinggi.

Dengan kemampuan ini, fitur Google Assistant yang digunakan pada LG G7 ThinQ dikatakan mampu mengenali perintah suara dari jarak lima meter lho! Fitur ini juga diklaim bisa mengenali dan memisahkan perintah suara pada saat suasana bising.

Masih kurang? Telinga kamu akan dipuaskan dengan Boombox Speaker yang menawarkan kekuatan bass dua kali lebih besar dibanding smartphone lain tanpa perlu penambahan speaker eksternal.

Tidak hanya itu, LG G7 ThinQ menjadi smartphone pertama yang menawarkan fitur DTS:X untuk mengalirkan suara 3D ke seluruh konten dengan audio 7.1 channel ketika user menggunakan headset atau earphone. Ada juga Hi-Fi Quad DAC untuk mengalunkan suara super mantap, apalagi kamu menggunakan headset atau earphone berimpedansi tinggi.

Perlindungan

Image via CNET

Seperti hp flagship LG lain, LG G7 ThinQ dijamin tahan banting karena sudah besertifikasi MIL-STD-810G, yaitu kemampuan standar militer Amerika Serikat. Di mana G7 ThinQ mampu bertahan dari hantaman, guncangan, maupun cuaca ekstrim berkat layaknya hp khusus militer.

Hp ini sudah bersertifikasi IP68 karena bisa bertahan direndam dalam air selama 30 menit dan kedalaman maksimal 1.5 meter. Bila masih kurang juga, LG masih memberikan perlindungan layar Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang yang membuat layar G7 ThinQ tahan terhadap goresan serta benturan.

Fitur Unggulan Lainnya

Tepat di bawah tombol pengaturan volume, terdapat sebuah tombol yang berfungsi untuk mengaktifkan kemampuan AI LG G7 ThinQ. Satukali tekan akan mengaktifkan Google Assistant, sementara bila melakukan dua kali tekan cepat akan mengaktifkan fitur Google Lens.

Sementara bila pengguna menekan dan menahan tombol ini selama beberapa saat, maka itu akan membuatnya bisa langsung berbicara dengan Google Assistant. Canggih bukan?

Harga dan Ketersediaan Belum Dikonfirmasi

Meski kita sudah mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh LG G7 ThinQ, tapi si empunya hp ini yaitu LG belum mengkonfirmasi berapa harga jual dari smartphone andalannya itu. Hanya saja, LG G7 ThinQ akan mulai dipasarkan di negara asalnya Korea Selatan dalam beberapa hari mendatang. Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6.1 inch
OS Version 8
Detail Prosesor SDM845 Snapdragon 845
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.3 GHz
GPU Adreno 630
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts