Diperbaharui pada Selasa, 20 Februari 2018 | 14:07

Mobil Terbaik 2018 yang Cocok untuk Membawa Anjing atau Kucing

Membawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dengan kendaraan terutama mobil, memang biasa dilakukan. Namun saat ingin melakukan perjalanan jauh dan lama, misalnya mudik saat lebaran dan Anda ingin membawa serta hewan peliharaan.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan karena hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan Anda dan juga hewan peliharaan. Selain memastikan posisi hewan yang sebaiknya diletakkan di bagian belakang dan jika memungkinkan hewan peliharaan juga diberi sabuk pengaman khusus untuk hewan.

Selain itu, ada hal penting lain yang harus diperhatikan, yakni jenis mobil yang dibawa. Hal ini cukup penting diperhatikan, terutama bagi Anda yang ingin membawa hewan perliharaan berbadan besar, misalnya anjing atau juga membawa lebih dari satu ekor hewan peliharaan.

Membawa hewan peliharaan sebaiknya menggunakan mobil yang lega, misal MPV (Multi Purpose Vehicle) atau SUV (Sport Utility Vehicle) sehingga ada cukup ruang yang bisa membuat hewan peliharaan menjadi nyaman dan tidak bingung saat berada di dalam kendaraan.

Dengan mobil yang lega, hewan juga betah dan tidak ribut selama perjalanan. Jendela yang lebar dan terang juga baik digunakan untuk mengangkut hewan peliharaan karena mereka bisa bebas melihat ke luar.

Dengan mobil MPV atau SUV, jika hanya berkendara sendiri atau berdua saja, maka Anda bisa melipat jok belakang sehingga ruang gerak hewan menjadi lebih lega dan perjalanan tentunya menjadi lebih menyenangkan.

Untuk menghindari jok mobil atau bagian interior terkena cakar hewan, Anda sebaiknya melapisinya terlebih dahulu dengan kain atau plastik pelindung. Dan berikut adalah mobil-mobil yang cocok digunakan untuk membawa anjing dan kucing terutama saat melakukan perjalanan jauh.   

1. Honda CR-V

honda cr-v
via thedrive.com

Mobil SUV ini termasuk paling populer dari jajaran mobil SUV Honda. Apalagi seri terbarunya yang diberikan banyak peningkatan desain dan fitur sehingga menambah kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang, termasuk jika membawa hewan peliharaan.

Honda CR-V terbaru didesain dengan bagian lantai yang lebih rendah serta jendela-jendela lebar di bagian belakang. Kursi belakangnya juga diperluas ruang untuk kaki sekitar 2.1 inci sehingga tentunya semakin membuat nyaman untuk penumpang di bagian belakang bahkan jika Anda membawa seekor anjing berbodi besar.

Model baru dari mobil berpenumpang 7 orang ini juga menambah panjang kantung penyimpanan hingga hampir 10 inci sehingga Anda bisa menaruh snack untuk anjing atau kucing dengan lebih banyak.

Honda juga menawarkan aksesoris karpet cargo untuk melindungi seluruh bagian lantai mobil. Untuk tipe Honda CR-V terbaru ada 3 harga yang dibanderolkan, yakni untuk tipe 2.0 L harganya Rp 434 juta, tipe 1.5 L L Turbo harga Rp 468 juta serta tipe 1.5 L Turbo Prestige harga Rp 508 juta.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1997 cc
Tenaga Maksimal 153
Bahan Bakar Bensin
Mesin 2 L
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 6 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup SOHC (Camshaft Tunggal)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. KIA Grand Sedona

kia grand sedona
via oto.com

Grand Sedona merupakan salah satu seri mobil jenis MPV premium besutan dari pabrikan asal Korea Selatan, KIA. Dengan bentuknya yang bongsor, mobil ini menjadi mobil keluarga yang nyaman dan handal di jalanan.

Mobil ini menggunakan mesin besar yang membuatnya handal saat dipacu di jalan lurus, misal saat melaju di jalan tol. Ruang kabin mobil ini cukup luas dan lega dan bisa menampung 7 hingga 8 penumpang dan sistem keamanan yang lengkap.

Ruang yang luas ini tentunya juga akan nyaman saat digunakan untuk membawa hewan peliharaan. Grand Sedona dilengkapi dengan tempat duduk dengan lapisan Anti Pollution, tempat duduk atau jok akan selalu terjaga kebersihannya karena setiap kali ada tumpahan air, makanan atau minuman bisa langsung dilap.

Bagasi mobil ini juga termasuk sangat luas apalagi kursi belakang bisa dilipat sehingga penumpang bisa mengatur secara leluasa ruang tersebut. Membawa barang bawaan termasuk juga hewan peliharaan dijamin nyaman dengan menggunakan mobil ini.

Di Indonesia, KIA Grand Sedona tipe tipe AT dipasarkan dengan harga Rp 487,5 juta sedangkan tipe Ultimate harganya Rp 555,5 juta.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 3342 cc
Tenaga Maksimal 270
Bahan Bakar Bensin
Mesin 3.3 L
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 6
Katup per Silinder 4
Gearbox 6 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Subaru Outback

subaru outback
via thedrive.com

Mobil SUV ini sangat mendukung Anda yang suka bepergian dengan hewan peliharaan. Dengan desain sporty dan gahar, mobil ini dibekali mesin yang luar biasa dan juga dibenami fitur-fitur terbaik, terutama fitur keamanan.

Untuk versi terbaru, Subaru Outback sudah dilengkapi dengan interior yang terbuat dari bahan tangguh dan kasar di hampir semua bagian serta banyak klip yang disertakan sehingga membuatnya mudah dibersihkan.

Bagian belakang mobil juga memungkinkan Anda membawa kandang atau pengangkut hewan peliharaan dengan aman dan kencang, serta memberi hewan tersebut tempat yang aman untuk duduk saat mereka tidak dimasukkan ke dalam kandang.

Saat digunakan untuk medan berat dan off road, mobil ini juga sangat handal dan mudah dikendarai serta tetap memberikan rasa nyaman kepada penumpang di dalamnya. Bagian belakang mobil juga sangat lega sehingga menjamin penumpang berkaki empat akan tetap nyaman di tempatnya.

Untuk harganya, Subaru Outback 2.5i CVT dibanderol dengan harga Rp 560 juta sedangkan untuk Subaru Outback 3.6R A/T dibanderol dengan harga Rp 830 juta.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 2457 cc
Tenaga Maksimal 167
Bahan Bakar Bensin
Mesin 2.5 L
Jenis Penggerak 4WD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup SOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Mazda 3


via Edmunds.com

Mazda 3 merupakan salah satu mobil hatchback atau mobil keluarga yang handal. Menjelang akhir tahun lalu, Mazda sudah merilis New Mazda 3 yang tentunya memberi beberapa upgrade dibanding Mazda 3 sebelumnya.

Desain mobil ini sangat cantik dan terlihat elegan, dan tentunya memberi ruang yang lebih lega di dalamnya. Hal ini membuat Anda yang suka bepergian membawa hewan peliharaan bisa dengan tenang membawanya.

Dengan dimensi panjang 4475 mm, lebar 1795 mm, dan tinggi 1465 mm, membuat mobil dengan kapasitas 5 orang ini memiliki kabin yang cukup luas dan lega meski terisi penuh. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur hiburan yang lengkap dan berkualitas sehingga perjalanan akan terasa menyenangkan.

New Mazda 3 dibekali mesin bertenaga besar namun tetap irit bahan bakar. Fitur keamanannya juga canggih dan lengkap termasuk blind spot monitoring dan kamera belakang. New Mazda 3 sendiri saat ini dipasarkan dengan harga sekitar 416 juta rupiah.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1998 cc
Tenaga Maksimal 163
Bahan Bakar Bensin
Mesin 51 L
Jenis Penggerak 4WD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 6 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Honda Odyssey

Honda Odyssey
via ytimg.com

Sebagai mobil MPV, Honda Odyssey menawarkan kenyamanan yang maksimal dengan ruang yang lapang untuk semua penumpang di dalamnya. Seri ini sudah mendapat banyak penghargaan dimana Odyssey memang menjadi salah satu produk paling stylish dengan tingkat kepraktisan yang tinggi serta berbagai fitur kenyamanan.

Honda Odyssey memiliki struktur yang besar namun tampilannya stylish dan elegan dan dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan semacam ketenangan selama berkendara plus segudang fitur mewah di dalamnya.

Untuk model terbaru, mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem kursi Magic Slide dan bangku baris ketiga yang bisa dilipat rata sehingga bahkan bisa digunakan untuk membawa seekor anjing peliharaan seperti anjing St. Bernards yang berbobot 100 kg.

Sunroof di atasnya mampu menambah kenyamanan penumpang saat berkendara termasuk jika Anda membawa hewan peliharaan Anda. Mobil ini juga dilengkapi dengan liftgate belakang otomatis dan bahan interior yang didesain agar bisa menyembunyikan noda plus on-board vacuum untuk membersihkan kotoran langsung saat berkendara.

Untuk segala kenyamanan dan kehandalannya tersebut Honda Odyssey 2.4L Prestige dipatok dengan harga Rp 718 juta.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 2356 cc
Tenaga Maksimal 173
Bahan Bakar Bensin
Mesin 2.4 L
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox Variable Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Honda Jazz

honda jazz
via carsguide.com

Salah satu seri mobil dari Honda yang cukup laris sejak diluncurkan tahun 2001 silam. Honda Jazz merupakan mobil hatchback sebagai mobil keluarga yang nyaman dan banyak digunakan di perkotaan.

Untuk Honda Jazz model baru, desainnya disegarkan dengan lebih sporty dan modern, kabin yang luas dan material yang berkelas sehingga memberikan keleluasaan sekaligus kenyamanan saat berkendara.

Karena tangki BBM diletakkan di bawah kursi penumpang depan, maka bagian belakang menjadi lebih lega. Fleksibilitas yang tinggi ini dinamakan Ultra Seat dan memiliki 3 mode yaitu utility mode (dengan melipat kursi belakang untuk menciptakan ruangan yang datar), long-cargo mode (dengan melipat sebagian kursi belakang dan kursi penumpang depan sehingga memuat barang dengan panjang hingga 2.4 m) serta tall-cargo mode (dengan melipat dudukan kursi belakang untuk mendapatkan tinggi maksimal 1.3 m).

Fleksibilitas ini juga berlaku jika Anda membawa hewan peliharaan sehingga mereka bisa lebih nyaman di dalamnya. Harga Honda Jazz (M/T) berada di angka Rp 234 juta dan Honda Jazz (CVT) Rp 244 juta. Ada juga yang bertipe Jazz RS di mana versi M/T dijual seharga Rp 264 juta dan CVT seharga Rp 274 juta.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1497 cc
Tenaga Maksimal 118
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox -
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Toyota Fortuner

toyota fortuner
via ytimg.com

Dikenal sebagai mobil SUV yang gagah dan tangguh, baik dari desain maupun mesin yang menjalankannya. Bentuknya yang gagah juga menyimpan kabin yang sangat luas dan besar sehingga bisa mengangkut 7 penumpang dengan kenyamanan yang maksimal.

Tentunya ruang yang luas ini sangat memungkinkan jika digunakan untuk mengangkut hewan kesayangan, bahkan untuk seekor anjing Saint Bernard yang besar. Toyota Fortuner juga memiliki ruang bagasi yang besar, yang bahkan bisa digunakan untuk mengangkut kandang kucing beserta perlengkapannya.

Untuk tipe All New Fortuner sendiri sudah dilengkapi suspensi berteknologi canggih dimana bagian depannya menggunakan suspensi Double Wishbone dengan Koil Spring dan Stabilizer, sedangkan di bagian belakang menggunakan suspensi 4-Link dengan Lateral Rod yang membuat mobil terasa sangat nyaman bahkan saat digunakan di jalanan yang terjal dan berlubang.

Untuk harganya, Toyota Fortuner terbagi dalam beberapa tipe yang dijual dengan harga di kisaran Rp 467 jutaan sampai Rp 659 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 2393 cc
Tenaga Maksimal 148
Bahan Bakar Diesel
Mesin 2.4 L
Jenis Penggerak 2WD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 6 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

9. Toyota All New Kijang Innova

kijang innova
via yallamotor.com

Salah satu mobil keluarga yang paling populer di Indonesia ini juga sangat cocok digunakan untuk mengangkut hewan peliharaan. Hal ini karena Kijang Innova memiliki kabin yang sangat luas dan lega.

Apalagi jika jok belakang dilipat, ruangan super luas bisa menjelma di dalamnya. Anak-anak dan hewan peliharaan bisa bermain leluasa di bagian belakang. Dengan posisi di atas Toyota Avanza dan di bawah Toyota Fortuner, Innova juga dibekali dengan fitur yang cukup mewah dan canggih.

Banyak kelebihan yang dibenamkan di mobil All New Kijang Innova, mulai dari fitur keamanan yang lengkap, fitur multimedia lengkap dan modern, tampilan yang mewah, performa mesin lebih handal, tata letak kabin yang sangat rapi dan tentunya kenyamanan yang jauh lebih tinggi dibanding seri sebelumnya.

Untuk harganya sendiri, untuk Toyota Kijang Innova dijual dengan beberapa macam varian yang dijual mulai Rp 288 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1998 cc
Tenaga Maksimal 137
Bahan Bakar Bensin
Mesin 2 L
Jenis Penggerak RWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

9. Suzuki APV Arena Luxury

Suzuki APV Arena Luxury
via oto.com

Mobil yang satu ini dari luar saja sudah terlihat luas dan lega. Dengan kapasitas hingga maksimal 8 penumpang, mobil Suzuki APV Arena memang memiliki kabin yang luas dengan bagian atap yang tinggi sehingga penumpang di dalamnya merasa nyaman dan leluasa saat berada di dalam.

Hal ini tentunya juga berlaku jika Anda membawa hewan peliharaan dengan mobil jenis ini. Dengan ruang kabinnya yang luas tentunya hewan peliharaan bisa dibawa dengan tenang dan nyaman.

Kapasitas bagasi mobil ini juga sangat besar apalagi jika kursi baris kedua dan ketiga dilipat rata maka Anda akan mendapatkan bagasi super luas sekitar 3400 liter. Suzuki APV Arena Luxury sendiri merupakan varian tertinggi dari keluarga APV dengan banyak keunggulan dibanding varian di bawahnya.

Bahkan untuk kursinya sendiri di baris kedua dibuat dengan model captain seat yang nyaman. Harga Suzuki APV Arena Luxury sendiri mulai 125 juta rupiah untuk tipe MT.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1493 cc
Tenaga Maksimal 92
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

10. Mitsubishi  Xpander

mitsubishi expander
via motor1.com

Meskipun diklaim sebagai small MPV namun Mitsubishi memiliki kabin yang luas di kelasnya. Hal ini tentunya membuat penumpang di dalamnya merasa nyaman dan leluasa, juga saat digunakan untuk mengangkut hewan peliharaan, misal anjing atau kucing.

Dengan kabin yang luas, anjing yang berbadan besar pun bisa didudukkan di jok belakang dengan nyaman. Atau jika membawa kucing di dalam kandangnya, juga tetap bisa dimasukkan di dalam kabin dan kucing bisa tetap nyaman berada di dalamnya.

Bangku kedua dan ketiga dari Xpander juga bisa dilipat rata sehingga bisa menyulap ruang belakang mobil menjadi sangat luas dan lega, cukup untuk barang-barang atau hewan peliharaan dan seluruh perlengkapannya.

Utilitas yang diberikan mobil ini juga cukup lengkap, bahkan untuk air minum bisa tersimpan hingga 13 botol. Tentunya selain botol, Anda juga bisa membawa makanan atau snack hewan peliharaan yang lebih banyak saat Anda bepergian dengan hewan kesayangan.

Untuk Mitsubishi Xpander Sport A/T saat ini dipasarkan dengan harga Rp 237 juta sedangkan untuk model GLX MT dipasarkan dengan harga Rp 189 juta.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1499 cc
Tenaga Maksimal 104
Bahan Bakar Bensin
Mesin -
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 4 Speed
Steering Gear Type -
Konfigurasi Katup DOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Pilih Mobil yang Memberikan Kenyamanan Pada Hewan Peliharaan Anda

Ada banyak mobil lain yang sebenarnya bisa dipakai untuk membawa hewa peliharaan seperti anjing dan kucing. Namun kami memberikan rekomendasi yang terbaik pada Anda. Layaknya manusia, hewan-hewan ini layak mendapat perlakuan yang baik dengan memberi mereka fasilitas yang nyaman di mobil. Jadi, selamat memilih!

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts