6 Mobil Hybrid Terbaik di 2018 yang Ramah Lingkungan

Oleh Ardiansyah Hana updated Jumat, 9 Feb 2018 | 14:13

Perkembangan teknologi di sektor otomotif membuat banyak pabrikan memproduksi jenis mobil secara beragam. Salah satu jenis mobil yang tengah populer saat ini adalah hybrid, diklaim memiliki banyak kelebihan ketimbang mobil dengan teknologi konvensional.

Mobil hybrid dijalankan menggunakan dua jenis teknologi berbeda untuk sumber tenaga, yakni bensin dan baterai. Dengan demikian, mobil hybrid pun memiliki tenaga tambahan pada motor listrik sehingga performa lebih responsif, hemat bahan bakar hingga 2 kali lipat dan minim polusi udara.

Tertarik untuk membeli mobil hybrid? Untuk membantu Anda memilih produk yang tepat, berikut ini terdapat berapa pilihan mobil hybrid terbaik di 2018!

1. Toyota All New Camry 2.5 Hybrid

Toyota All New Camry 2.5 Hybrid

Toyota menjadi salah satu pabrikan mobil yang serius menggarap mobil hybrid. Di Indonesia, pabrikan ini mengeluarkan mobil All New Camry 2.5 Hybrid, termasuk salah satu mobil hybrid terbaik di 2018, terlihat dari eksterior, interior termasuk performa yang sangat gesit.

Tampil mengusung desain yang mewah, Toyota All New Camry 2.5 Hybrid diproduksi dengan bodi berbahan metal terbaik. Mobil ini dilengkapi juga dengan sistem keamanan canggih seperti airbag, serta sistem pengereman ABS.

Mobil ini memiliki kapasitas 5 seat dengan material kursi premium yang dipadukan sistem hiburan berkualitas, mobil hybrid terbaik di 2018 ini andalkan mesin 2494cc 2.5L DOHC yang setara 154 kali tenaga kuda serta torsi 205Nm.

Tak hanya itu, mobil dengan 4 silinder ini hadir dengan teknologi efisiensi penggunaan bahan bakar yang baik melalui sistem supply EFI atau elektronic fluel injection yang turut didukung kapasitas tangki 65 liter sehingga ideal untuk dibawa berkendara jarak jauh. Soal harga, mobil hybrid ini dibandrol mulai Rp786 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 2494 cc
Tenaga Maksimal 154 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 2.5 L
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

2. Toyota All New Alphard Hybrid

toyota new alphard hybrid
via toyota-id.com

Masih dari Toyota, pabrikan asal Jepang ini pun mengeluarkan koleksi mobil hybrid lainnya yakni All New Alphard Hybrid. MVP mewah ini tawarkan desain sporty dengan velg alloy 17 inci, berpadu interior modern dan canggih seperti sistem indicator hybrid, multi information display, termasuk seat premium yang siap memberikan kenyamanan pada pengendara dan penumpang.

Dijual dengan bandrol mulai Rp1,4 miliar, All New Alphard Hybrid memakai mesin 2AR-FXE dengan dua motor listrik yang berada di bagian depan dan belakang dan e-Four. Lewat sistem ini, penggunaan bahan bakar pada mobil hybrid terbaik di 2018 ini menjadi lebih efisien, hasilkan 152 Ps pada putaran mesin 6000 rpm, torsi motor listrik bagian depan 143 PS dan untuk bagian belakang 68 PS.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 2494 cc
Tenaga Maksimal 178 hp
Bahan Bakar Bensin dan Listrik
Mesin 75 L
Jenis Penggerak RWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 6 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

3. Nissan X-Trail Hybrid


via nissan.co.id

Selanjutnya adalah Nissan X-Trail Hybrid. Tampil sporty sekaligus tangguh, Nissan X-Trail Hybrid suguhkan interior yang futuristik melalui kabin lapang dengan material mewah berpadu 2 baris kursi berlapis kulit yang dapat diatur sesuai kenyamanan.

Tak hanya itu, mobil hybrid terbaik di 2018 ini dilengkapi pengaturan sistem audio pada stir, termasuk LCD yang mampu menampilkan pemandangan 360٥ sekitar mobil sehingga memudahkan Anda saat parkir.

Soal performa, mobil menggunakan satu motor sistem yang diklaim sanggup bekerja efisien untuk tenaga pacu sekaligus generator elektrik yang mampu mengontrol kerja motor agar menyerap hentakan pada saat kedua clutch terhubung.

Menggunakan mesin MR20DD 2.0L dan Electric Motor pada X-Trail Hybrid, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 178.1 PS yang halus nyaris tanpa suara, tentu saja jauh lebih hemat bahan bakar ketimbang mesin konvensional.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 2488 cc
Tenaga Maksimal 169 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 2.5 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox Variable Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

4. Lexus ES300h

lexus es300h
via pinterest.com

Pabrikan yang biasa memproduksi mobil mewah, Lexus, juga membawa mobil hybrid terbaiknya ke Indonesia. Salah satunya adalah Lexus ES300h yang hadir dengan teknologi hybrid, serta mengusung desain sporty, mewah serta aerodinamis.

Pada interior, mobil hybrid terbaik di 2018 ini menghadirkan tempat duduk elektrik pada bagian depan, ornamen shimamoku yang terlihat sangat mewah, Optitron Technology Meters, serta rear control panel yang ditempatkan pada bagian seat.

Soal performa, Lexus ES300h menggunakan mesin 2.477 cc 4 silinder yang sanggup hasilkan torsi maksimal 215 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Tak hanya itu, mobil hybrid terbaik di 2018 ini mampu melakukan akselerasi dari 0 km hingga 100 km per jam dalam waktu 8,5 detik saja serta menggunakan bahan bakar 18,5 Km/Liter.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 2494 cc
Tenaga Maksimal 202 hp
Bahan Bakar Bensin dan Listrik
Mesin 2.5 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox -
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

5. Honda CR-Z Hybrid

honda cr-z hybrid
via pakwheels.com

Pilihan lainnya adalah Honda CR-Z. Mengusung tampilan yang sangat sporty, mobil hybrid terbaik di 2018 ini hadir dengan sistem aerodinamis dan memiliki bagian belakang yang mirip seperti mobil hatchback.

Lanjut ke bagian dalam, mobil ini turut disertai sederet fitur modern seperti digital speedometer dengan warna menarik, 2 buah tempat duduk yang siap memberikan kenyamanan, serta audio berkualitas.

Honda CR-Z menggunakan velg alumunium alloy berdiameter 17 inci yang siap menghasilkan performa secara maksimal, mobil hybrid ini pun dilengkapi fitur pengereman komplit seperti ABS, EBD dan BA.

Sementara mesinnya menggunakan SOHC 1.5L 4 silinder segaris dengan 16 katup, i-VTEC, DWB dan TBR yang diklaim dapat hasilkan tenaga maksimal mencapai 120 PS di 6.600 RPM dan torsi maksimal di 145 Nm.

Dijual dengan bandrol mulai Rp520 jutaan, Honda CR-Z juga memiliki kompresi bahan bakar 10.4:1 yang menggunakan sistem PGM-FI sehingga sanggup hasilkan performa responsif tapi tergolong irit dengan penggunaan bahan bakar 16,1 km per liter.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1497 cc
Tenaga Maksimal 122 hp
Bahan Bakar Bensin dan Listrik
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 6 Speed
Steering Gear Type -
Konfigurasi Katup SOHC

6. Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

suzuki new ertiga diesel hybrid
via suzukisingkawang.com

Pilihan terakhir adalah Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid. Tampil dengan desain ergonomis, MVP keluarga ini memiliki kapasitas hingga 7 penumpang serta didukung ​fitur parking sensor 4 titik dan Rear Defogger.

Sementara itu, perbedaan mobil ini dengan varian Ertiga standar adalah penggunaan material baru pada kursi yang diklaim lebih nyaman, emblem di bagian belakang yang menegaskan identitas hybrid pada mobil ini, serta memasang fitur Air Conditioning Heater, Day Night Mirror  dan Gear Shift Indicator.

Soal keamanan, mobil hybrid ini menggunakan fitur ABS - EBD, Dual SRS Air Bag dan Headlamp with Leveling Feature. Sementara soal performa, Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid yang dijual dengan bandrol mulai Rp220 jutaan ini menggunakan teknologi mesin Diesel Hybrid terbaru.

Mesin ini dilengkapi dengan Idle Start/Stop System berkapasitas 1.248 cc dengan bore 69,6 mm dan stroke 82 mm, berpadu beberapa teknologi lain seperti DDiS (Diesel Direct Injection System), DOHC (Dual Overhead Cams) dan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1248 cc
Tenaga Maksimal 89 hp
Bahan Bakar Diesel
Mesin -
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 4 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

Saatnya Beralih Ke Mobil Hybrid

Walaupun harganya rata-rata masih tergolong mahal, nyatanya dengan memiliki mobil hybrid, kita juga akan ikut berkontribusi dalam menjaga bumi dari polusi. Jadi, bagi Anda yang memiliki dana cukup, cobalah beralih ke mobil hybrid. Mobilnya hemat bahan bakar, performanya mantap, dan tentunya ramah lingkungan!

Artikel Terkait

Komentar