5 Pilihan Kamera Traveling Terbaik 2018, Ramping dan Tangguh di Segala Medan

Oleh Wiro updated Kamis, 8 Feb 2018 | 09:58

Tidak sedikit para penjelajah bumi yang memanfaatkan momen perjalanan berkesan mereka dengan sebuah kamera, mulai dari kamera saku, lalu kamera mirrorless, hingga kamera digital single lens reflect (SLR) yang disertai lensa serta kemampuan bidik luar biasa dari sisi resolusi gambar.

Sayangnya, semua jenis itu tidak diulas seluruhnya, dan pilihan kamera traveling terbaik 2018 akhirnya jatuh pada dua kamera ini yakni Sony Cybershot RX10 III dan kamera berikutnya adalah Panasonic Lumix DMC-ZS100.

Masing-masing kamera ini memiliki kelebihan, dan secara general bisa ditarik kesimpulan bahwa dua kamera ini juga mewakili para penyuka kamera dengan genre SLR serta Mirrorless. Jika Anda penyuka kamera digital SLR akan memilih Sony sementara untuk yang lebih mengutamakan ergonomis maka Panasonic yang akan dipilih.

Selain kedua kamera unggulan tersebut, ada beberapa produk kamera lain yang cocok untuk menemani kegiatan traveling Anda. Karena dengan kualitas yang diberikan, maka hasil gambar yang didapatkan akan semakin mantap.

Berikut ini adalah produk kamera terbaik 2018 untuk traveling:

1. Sony Cybershot RX10 III

Sony Cyber-shot RX10 III
via cameralabs.com

Ini adalah kamera yang fantastis bagi traveler. Selain memiliki performa bidik equiv 24-600mm, cakupan bidik lensa ini boleh dibilang lengkap, karena baik objek dalam cakupan bidik lebar ataupun jarak jauh bisa ditaklukan dengan performa lensa tersebut.

Aperture maksimum F2.4-4 dari kamera ini memungkinkannya melakukan kontrol cahaya rendah yang baik pada kedalaman bidang. Lensa kamera ini memiliki jarak fokus minimum hanya 3cm pada ujung lebar yang sempurna untuk close-up-dan sistem stabilisasi gambarnya mengurangi guncangan hingga 4,5 stop.

Tak ayal ini merupakan paket lengkap yang disuguhkan untuk para traveler sebagaimana kebutuhan praktis saat memotret pada jarak bidik jauh ataupun dekat. Beralih pada struktur body yang dimiliki Sony RX10 III, ternyata telah disematkan lapisan kedap air, debu, dan udara.

Dengan begitu, pantas saja jika RX10 mark III didapuk sebagai kamera traveling terbaik 2018. Meski didesain untuk bertahan di cuaca esktrim, kamera ini tetap memiliki fungsi profesional sebagai perekam gambar yang luar biasa.

Terlihat dari bentuk yang mengutamakan fleksibilitas handling sehingga nyaman untuk pengambilan gambar dalam kondisi yang kurang diinginkan tanpa mengurangi performa kualitas foto atau video. Kehebatan kualitas hasil RX10 Mark III tentu tak lepas dari kombinasi lensa super tajam dan sensor CMOS 20MP.

Sementara sudut bidik, bantuan LCD 3 inci yang dapat dimiringkan ke atas atau ke bawah dan EVF beresolusi tinggi sangat berguna saat memotret di luar ruangan. Pada modus video, RX10 III menawarkan kualitas 4K top-notch dan kontrol lebih banyak daripada yang biasa traveler butuhkan.

Tak hanya itu, alasan lain mengapa ini menjadi kamera traveling terbaik 2018 adalah fitur berbagi foto yang mudah berkat built-in Wi-Fi.

Sony Cybershot DSC-RX10
Harga termurah

Rp 18.955.000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 60 fps

2. Panasonic Lumix DMC-ZS100

Panasonic Lumix DMC-ZS100
via dpreview.com

Tidak ingin membawa kamera dengan bobot berat? Panasonic Lumix DMC-ZS100 merupakan solusi yang tepat untuk para traveler yang kerap mengabadikan momen. Dengan sensor 20MP serta rentang fokus setara 25-250mm sepertinya beberapa situasi baik cerah, berawan ataupun minim cahaya sepertinya bisa dilakukan.

Hanya saja untuk Anda ketahui bahwa kualitasnya tidak sebagus Sony karena lensa yang dimiliki DMC-ZS100 lemah pada teknologi pengurangan noise pada JPEG. ZS100 memiliki LCD layar sentuh dan jendela bidik elektronik kecil, kamera traveling ini juga sudah mampu menangkap video 4K yang terlihat cukup bagus, dengan fitur stabilisisasi sumbu 5 yang tersedia pada 1080p.

Sebagai pelengkap, Panasonic Lumix DMC-ZS100 memiliki sistem Wi-Fi yang cukup solid untuk bisa dimanfaatkan dalam berbagi foto dari kamera dan juga email atau Facebook dengan mudah.

Secara keseluruhan, alasan untuk memberikan rekomendasi DMC-ZS100 bukan karena ini kamera terbaik di kelasnya, tapi karena kamera ini mampu menyeimbangkan keseimbangan antara ukuran dan jangkauan fokus. Dan untuk para traveler, ini yang paling diperhatikan.

Panasonic Lumix DMC-ZS100 / TZ100
Harga termurah

belum ada harga

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate -

3. Canon EOS M100


via trustedreviews

Canon EOS M100 adalah kamera mirrorless entry-level. Kamera EF-M-mount ini memiliki seperangkat fitur modern, termasuk sensor 24PS APS-C 24MP APS-C dan sistem autofocus Dual Pixel.

Ini jelas ditargetkan untuk pemula, dengan antarmuka sederhana dan layar touchscreen selfie-friendly, harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, sekitar 7 jutaan sudah dilengkapi lensa KIT 15-45mm IS atau 14-45mm, tergantung pilihan paket pembelian.

Sebagai pilihan alternatif kamera traveling terbaik 2018, M100 memiliki bobot yang cukup reliable, beratnya hanya 266 gram dan dari sisi dimensi ukur, untuk ukuran tangan orang dewasa tampak terasa pas sekali saat mengganggam.

Agar mempermudah pengoperasian, EOS M100 tidak dilengkapi banyak tombol menuju akses menu secara cepat, Canon M100 malah mengandalkan layar sentuh untuk melakukan eksekusi navigasi agar lebih ergonomis.

Canon EOS M100
Harga termurah

Rp 4.500.000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate -
Lens Mount EF-M

4. Fujifilm X-E3


via IDNTimes

Satu lagi datang dari Fujifilm X-E3 yang cukup pantas untuk digunakan ketika bepergian. X-E3 merupakan kamera mirrorless dengan sistem perekaman sensor APS-C kelas menengah dengan sensor 24MP untuk foto serta 4K untuk perekaman video dengan filter warna X-Trans milik perusahaan kamera Fujifilm sendiri.

Alasan mengapa X-E3 menjadi kamera traveling terbaik 2018 tentu sederhana, selain memiliki keunggulan Fujifilm X-E3, kelengkapan fitur seperti layar sentuh, tombol kontrol empat arah di bagian belakang, Q Menu dan beberapa tombol yang dapat disesuaikan dengan pengguna.

X-E3 juga dibuat dengan desain yang cukup ergonomis sehingga siapapun bisa mengoperasikan dengan baik tanpa merubah kualitas perekaman baik foto ataupun video. Kecanggihan yang dimiliki sepertinya sesuai dengan harga yang ditawarkan, Fujifilm X-E3 ditawarkan dengan harga 13 jutaan.

Fujifilm X-E3 Body
Harga termurah

Rp 9.499.000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity -
Frame Rate 14, 11, 8, 4, 3 fps
Lens Mount FUJIFILM X mount

5. Olympus OM-D E-M10 III


via kroupski

Ini adalah kamera mirrorless Micro Four Thirds 16MP yang dirancang khusus untuk para penyuka fotografi terutama untuk pemula yang ingin mengembangkan kemampuan teknik memotret mereka, meski untuk para pemula, kualitas yang dihasilkan tak main-main, untuk fitur video saja M10 III telah dilengkapi video 4K.

Sebagai kandidat bungsu untuk kamera traveling terbaik 2018, E-M10 III menawarkan kontrol yang tidak biasa, beberapa tombol yang dapat disesuaikan dan salah satu implementasi touchscreen yang lebih baik. Model terbaru ini dilengkapi dengan sistem menu yang disederhanakan untuk memberi akses lebih mudah ke beberapa fitur pintar pada kamera Olympus OM-D E-M10 III.

Olympus OM-D E-M10 Mark III Body
Harga termurah

belum ada harga

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 24, 25, 30, 50, 60 fps
Lens Mount Micro Four Thirds

Artikel Lainnya

Komentar