Diperbaharui pada Selasa, 25 Agustus 2020 | 13:05

Mobil Diesel Paling Irit BBM, Panther Masih Berkuasa

Oleh Imam Ali

Mobil diesel populer di Indonesia
Di tengah maraknya mobil yang menggunakan bahan bakar bensin, rupanya beberapa produsen masih memberikan pilihan kepada konsumennya untuk mengendarai mobil buatan mereka dengan versi mesin dieselnya. Mobil diesel terbaik memang masih menjadi favorit banyak orang karena mesin ini paling irit dibandingkan dengan mesin bensin.

Kelebihan lainnya adalah mesin diesel bisa dibilang tidak terlalu rewel dibandingkan dengan mesin bensin. Bahkan perawatannya pun lebih mudah dibandingkan dengan mesin bensin yang ada di pasaran. Berikut ini adalah beberapa mobil diesel yang ada di Indonesia  

1. Isuzu Panther

Isuzu Panther
Isuzu merupakan produsen mobil yang terkenal dengan produk mobil dieselnya Isuzu Panther. Hingga saat ini, Panther masih menjadi mobil pilihan utama untuk mobil yang menggunakan mesin diesel.

Panther sendiri hadir dalam empat varian yaitu versi  Smart, LS, LV dan juga Grand Touring. Keempat jenis mobil tersebut menggunakan mesin diesel  powerhouse turbocharge 2.5 liter. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai 80 PS dengan torsi maksimal 192 Nm.

Dari segi eksterior, mobil ini memang tidak mengalami perubahan yang drastis dari generasi sebelumnya dan hal ini pula yang menjadi kelemahan Panther. Begitu pula dengan fitur teknologi yang masih menggunakan teknologi lawas.

Walaupun di tipe tertinggi sudah memiliki layar monitor untuk hiburan, secara keseluruhan mobil ini masih tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya. 

Nama Harga di Pasaran Bahan Bakar Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Isuzu Panther LS belum ada harga Diesel 2499 cc Manual
Isuzu Panther GRAND TOURING belum ada harga Diesel 2499 cc Manual
Isuzu Panther LV belum ada harga Diesel 2499 cc Manual
Isuzu Panther SMART belum ada harga Diesel 2499 cc Manual
Isuzu Panther TOURING belum ada harga Diesel 2499 cc Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Toyota Kijang Innova

Toyota Innova
Sebagai salah satu kendaraan yang laris di Indonesia, Toyota Kijang rupanya tidak ingin kehilangan segmen di kelas mobil diesel dengan mengeluarkan varian diesel untuk mobil ini. Untuk versi dieselnya, Kijang Innova dilengkapi dengan mesin 2KD-FTV D4-D berfitur Common Rail dan Turbo Changer.

Dengan  mesin ini, Innova bisa melaju mulus di jalanan tanpa banyak hambatan. Tenaga maksimal yang dihasilkan oleh mesin ini sebesar 147 hp dengan torsi maksimal sebesar 360 Nm.

Untuk bagian spesifikasi interior, sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok untuk mobil ini. Keduanya menggunakan bahan soft touch dengan kursi yang cukup nyaman bagi pengemudi dan penumpang.

Fitur keselamatan yang ditawarkan pun cukup lengkap mulai dari safety air bag, seat belt, pengereman dengan sistem ABS dan EBD juga sudah ada di mobil ini. 

Nama Harga di Pasaran Bahan Bakar Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Toyota Kijang Innova G MT (Diesel) Rp 312.050.000 Diesel 2393 cc Manual
Toyota Kijang Innova V MT (Diesel) Rp 389.800.000 Diesel 2393 cc Manual
Toyota Kijang Innova Q MT (Diesel) Rp 405.400.000 Diesel 2393 cc Manual
Toyota Kijang Innova V AT (Diesel) Rp 410.950.000 Diesel 2393 cc Matic
Toyota Kijang Innova Q AT (Diesel) belum ada harga Diesel 2393 cc Matic
Toyota Kijang Innova G AT (Diesel) Rp 326.050.000 Diesel 2393 cc Matic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Chevrolet Captiva

Chevrolet Captiva
Merk Chevrolet memang bukan sebuah merk kendaraan yang banyak populer di Indonesia, padahal dari segi kualitas build dan teknologi, mobil batan Chevrolet cukup masuk dalam kategori best for value.

Chevrolet Captiva merupakan mobil yang dirancang khusus untuk segmen pasar mobil SUV di Indonesia. Kemampuan mobil ini cukup mendapatkan apresiasi terutama mengenai keselamatan dan tingkat kekuatan mobil ini saat di kendarai.

Chevrolte Captiva sendiri hadir dengan menggunakan mesin diesel tanpa mengeluarkan varian utuk mesin bensin. Dengan menggunakan mesin 2.0L, DOHC, DBW, dengan Variable Geometry Turbocharger and Intercooler, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 163 ps dengan torsi maksimal mencapai 400 Nm..

Untuk masalah kenyamanan, mobil ini menggunakan bahan soft touch dengan dan juga kulit untuk memberikan kenyaman terbaik. Mobil ini sudah memiliki berbagai fitur safety airbag, hill start assist, pengereman menggunakan ABS + EBD, parking camera dan fitur keamanan standar lainnya.

Selain itu yang harus kita perhatikan adalah mobil ini menggunakan chasis monocoque sehingga lebih aman dibandingkan mobil lainnya. 

Nama Harga di Pasaran Bahan Bakar Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Chevrolet Captiva 2016 2.0 Diesel AT AWD LT belum ada harga Diesel 1998 cc Matic
Chevrolet Captiva 2.0 Diesel AT AWD belum ada harga Diesel 1998 cc Matic
Chevrolet Captiva 2016 2.0 Diesel AT FWD LTZ belum ada harga Diesel 1998 cc Matic
Chevrolet Captiva 2.0 Diesel AT FWD belum ada harga Diesel 1998 cc Matic
Chevrolet Captiva 2016 2.0 Diesel AT FWD LS belum ada harga Diesel 1998 cc Matic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. KIA Sorento

KIA SorentoKIA Sorento merupakan produk mobil SUV mewah yang dimiliki oleh KIA yang juga memiliki varian mobil diesel yang cukup mumpuni. Dengan menggunakan mesin Theta II 2.400 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 176 ps dengan torsi maksimum sebesar 226 Nm.

Fitur yang ditawarkan oleh mobil ini juga cukup mumpuni untuk sebuah mobil SUV seperi panoramic sunroof, monocoque body dengan ruang penyimpanan yang cukup luas, head unit7 inch dengan sistem Smart Key.

Mobil ini sendiri mampu menampung penumpang sebanyak tujuh orang di dalam kabinnya. Dengan menggunakan material soft touch dan kulit serta kursi yang aerodinamis, Anda dijamin merasa nyaman ketika berkendara di dalam mobil ini.

Nama Harga di Pasaran Bahan Bakar Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Kia Sorento AT Diesel (Diesel) belum ada harga Diesel 2199 cc Matic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport
Bila Anda mencari sebuah mobil SUV yang tangguh dengan berbagai fasilitas mumpuni dengan harga yang terjangkau, maka mobil ini adalah jawabannya. Mobil Mitsubishi Pajero Sport merupakan pilihan mobil terbaik yang bisa Anda pilih saat ini.

Walaupun dari segi harga mobil ini bisa dibilang berada pada harga premium, namun dari sisi performa Anda tidak akan kecewa sama sekali. Di bagian interior hampir seluruh bagian mobil ini menggunakan material kulit dan juga material soft touch sehingga terkesan sangat mewah.

Untuk fitur keselamatan, mobil juga sudah dilengkapi dengan safety airbag, brake assist, active stability traction control dan juga hill start assist.

Nama Harga di Pasaran Bahan Bakar Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT Rp 486.700.000 Diesel 2442 cc Matic
Mitsubishi Pajero Sport GLX 4x4 MT belum ada harga Diesel 2477 cc Manual
Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 AT Rp 504.500.000 Diesel 2477 cc Matic
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 AT Rp 533.600.000 Diesel 2442 cc Matic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Dengan berbagai fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh varian mobil diesel yang ada, tentunya bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan mobil yang irit tapi bertenaga. Nah, mana kira-kira yang menjadi mobil diesel pilihan Anda?

Like us!

Komentar