City Car Terbaik yang Cocok untuk Kemacetan Kota

Oleh Imam Ali updated Senin, 19 Agu 2019 | 16:18

Honda Jazz

Tingginya mobilitas diperkotaan membutuhkan kendaraan yang bisa bergerak lincah di tengah kemacetan kota-kota besar di Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini maka pilihan mobil bertipe city car merupakan pilihan kendaraan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hal ini.

Dibanding mobil tipe lain, kelebihan tipe city car paling irit bahan bakar sehingga cocok untuk aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, dimensi kendaraan yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk digunakan di jalanan Indonesia yang sempit dan macet. Selain itu, city car juga memiliki harga yang murah sehingga dapat dijangkau oleh keluarga Indonesia. 

Bila Anda berencana untuk membeli city car, tetapi masih bingung harus membeli kendaraan mana yang sesuai dan cocok untuk Anda. Maka kali ini kami akan memberikan beberapa kendaraan city car yang cukup populer di Indonesia. Berikut pilihannya :

1. Honda Jazz

honda jazzSebagai sebuah city car, Honda Jazz tentunya bukan sebuah mobil yang asing bagi Anda karena mobil ini sangat populer. Honda Jazz memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dengan mesin yang sangat handal dan irit. Saat ini Honda sudah merilis Jazz terbaru generasi ketiga dengan desain yang elegan tetapi masih memiliki kesan yang sporty. Berbeda dengan versi sebelumnya, varian terbaru dari Honda Jazz memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Bentuknya lebih boxy dengan head lamp yang elegan membuat mobil ini bisa menjadi sebuah piihan yang sangat cocok bagi Anda yang berjiwa muda dengan mobillitas tinggi. Honda Jazz sendiri menggunakan mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimal mencapai 118 hp. Cukup lumayan untuk sebuah mobil harian.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Honda Jazz A MT belum ada harga 1497 cc Manual
Honda Jazz S CVT belum ada harga 1497 cc CVT
Honda Jazz RS CVT belum ada harga 1497 cc CVT
Honda Jazz RS MT Rp 289.850.000 1497 cc Manual
Honda Jazz S MT belum ada harga 1497 cc Manual

2. Toyota Yaris 

toyota yarisToyota Yaris bisa dibilang adalah salah satu saingan terberat dari Honda Jazz saat ini. Dengan desain yang dibuat lebih sporty dan aerodinamis, mobil besutan Toyota ini memiliki kemampuan yang tidak kalah sama dengan Honda Jazz.

Bila Anda menginginkan mobil city car yang lebih sporty maka Anda bisa memilih Yaris Heykers yang memiliki desain dan suspensi yang lebih baik dibandingkan Yaris tipe normal. Tenaga dari Toyota Yaris sendiri bisa diblang cukup mumpuni untuk sebuah mobil city car.

Dengan menggunakan mesin dengan silinder sebesar 1.500 dengan tenaga maksimal yang bisa dihasilkan berada pada 107 hp. Dari segi tenaga, mesin Yaris memang lebih kecil daripada Honda tetapi dalam masalah perawatan Yaris bisa dibilang tidak terlalu rewel.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Toyota Yaris 1.5 G AT belum ada harga 1497 cc Matic
Toyota Yaris 1.5 TRD Sportivo AT belum ada harga 1497 cc Matic
Toyota Yaris 1.5 G MT Rp 246.650.000 1497 cc Manual
Toyota Yaris 1.5 E MT Rp 238.350.000 1497 cc Manual
Toyota Yaris 1.5 TRD Sportivo MT Rp 272.650.000 1497 cc Manual
Toyota Yaris S MT TRD Sportivo belum ada harga 1496 cc Manual
Toyota Yaris 1.5 E AT belum ada harga 1497 cc Matic

3. Suzuki Swift

suzuki swiftMobil buatan Suzuki ini merupakan city car yang juga menjadi favorit di Indonesia. Suzuki sendiri sudah mengeluarkan tipe Swift generasi ketiga dengan bentuk yang lebih compact dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Bila pada generasi sebelumnya mobil ini memilliki bentuk yang lebih kotak, sekarang Swift terlihat lebih mungil tetapi tetap terlihat sporty. Perbedaan terbesar dibandingkan dengan versi lamanya terletak di bagian head lamp yang lebih dinamis.

Perbedaan lainnya adalah bentuknya sekarang lebih mirip Mini Cooper dengan ruang kepala yang lebih besar dan ground clearance yang lebih rendah. Suzuki Swift ini menggunakan mesin 1.400 cc dengan tenaga maksimal yang dihasilkan 96 hp.

Bila versi normal masih belum memuaskan Anda, maka pilihan sport dari Swift bisa menjadi pilihan yang Anda gunakan. Dengan isi silinder sebesar 1.500 cc, varian sportnya bisa menghasilkan tenaga hingga 160 hp!

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Suzuki Swift Sport MT belum ada harga 1586 cc Manual
Suzuki Swift GX AT belum ada harga 1372 cc Matic
Suzuki Swift GS AT belum ada harga 1372 cc Matic
Suzuki Swift GS MT belum ada harga 1372 cc Manual
Suzuki Swift Sport CVT belum ada harga 1586 cc CVT
Suzuki Swift GX MT belum ada harga 1372 cc Manual

4. KIA Picanto

kia picantoPilihan selanjutnya adalah mobil pabrikan asal Korea yaitu KIA Picanto. Mobil jenis hacthback ini merupakan salah satu city car yang banyak dipilih oleh konsumen Indonesia karena ukuran dan harganya yang cukup murah.

Bila dibandingkan dengan tiga mobil sebelumnya, mobil city car dari KIA ini memang tidak memberikan spesifikasi teknologi yang lebih tinggi, tetapi dari kualitas interior sudah mencukupi. KIA Picanto saat ini menggunakan mesin dengan silinder sebesar 1.200 cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 87 hp. Memang beda tipis dengan kendaraan LCGC, tetapi kendaraan ini bisa dibilang lebih layak jalan dibandingkan dengan mobil LCGC.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Kia Picanto Platinum AT belum ada harga 1248 cc Matic
Kia Picanto 1.2L MT belum ada harga 1248 cc Manual
Kia Picanto 1.2L AT belum ada harga 1248 cc Matic

5. Mitsubishi Mirage

mitsubishi mirageMirage merupakan mobil buatan Mistubishi yang sengaja didesain untuk memasuki pasar mobli kendaraan harian. Karena Mitsubishi biasanya membuat kendaraan untuk niaga atau mobil-mobil diatas kelas SUV.

Mobil ini memang tidak terlalu laku di pasaran dibandingkan dengan city car lainnya yang dijual oleh perusahaan lain. Tetapi, sebenarnya dari segi teknologi Mirage merupakan mobil dibawah Rp200 juta yang sudah menggunakan keyless entry.

Selain itu dibagian bagasi, mobil ini memiliki bagasi yang lebih luas dibandingkan dengan mocil yang ada di kelas yang sama. Untuk mesin, mobil ini menggunakan mesin 1.200 cc dengan tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 76 hp. 

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Mitsubishi Mirage 2016 GLS belum ada harga 1193 cc CVT
Mitsubishi Mirage 2016 GLX belum ada harga 1193 cc Manual
Mitsubishi Mirage 2016 Exceed belum ada harga 1193 cc CVT

6. Honda Brio

honda brio

Honda Brio ditenagai mesin 1.200cc SOHC dengan 4 silinder dan16 katup i-VTEC + DBW. Tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin tersebut hingga 65 KW pada 6.000 RPM. Mesin ini juga sanggup menghasilkan torsi yang besar hingga 11,1 Kg/m pada rotasi 4.500 RPM.

Mesin ini juga irit bahan bakar karena penggunaan teknologi PGM-FI didalamnya. Desain mobil yang dinamis sangat cocok bagi pekerja kantoran ataupun keluarga muda. Selain itu mobil ini juga lebih gesit dengan handling yang ringan.

Hal ini menjadikannya lebih mudah saat putar arah dan ketika akan parkir di tempat sempit. Pada sisi interior pun demikian dengan kehadiran ruang yang lebih lapang dan dashboard dengan tampilan sporty.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Honda Brio Satya E CVT belum ada harga 1198 cc CVT
Honda Brio RS CVT belum ada harga 1198 cc CVT
Honda Brio Satya S MT Rp 147.000.000 1198 cc Manual

7. Suzuki Karimun Wagon R

suzuki wagon R

Mobil Karimun Wagon R ini didesain dengan mesin 998 cc yang juga memiliki ruang kabin nan luas. Mobil ini memang dibuat untuk segmen pasar yang membutuhkan daya angkut yang banyak untuk keperluan niaga atau angkutan orang.

Desain eksterior mobil ini juga tidak murahan dan cocok sekali sebagai mobil untuk keluarga. Selain harganya yang bersahabat, mobil bermesin 3 silinder ini juga memiliki performa yang dapat diandalkan.

Dengan adanya teknologi Electric Control Unit, mobil ini memiliki sistem pembakaran yang efisien. Fitur keyless entry tak lupa dijejalkan sebagai pengaman mobil ini, membuatnya makin tampak mewah dan berkelas dengan harga sangat terjangkau.

Fiturnya yang tidak ada duanya adalah transmisinya bisa di setting sebagai mobil matic dan manual sekaligus. Menjadikannya dapat menyesuaikan diri di segala medan agar tetap irit ditanjakan dan nyaman ditengah kemacetan.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Suzuki Karimun Wagon R GL Rp 129.000.000 998 cc Matic
Suzuki Karimun Wagon R GA Rp 115.500.000 998 cc Manual
Suzuki Karimun Wagon R GS MT belum ada harga 998 cc Matic

8. Toyota Agya

toyota agya

Toyota Agya adalah mobil keluarga harga murah masa kini dengan desain mewah dan tampilan lebih sporty yang membuat pandangan siapapun tertuju padanya. Mobil ini termasuk jenis mobil Low Cost Green Car (LCGC).

Fitur-fitur unggulan seperti Air Conditioner, sistem audio, air bag, dan lain sebagainya juga disematkan pada mobil ini. Sehingga membuat siapapun betah bepergian dengan kendaraan ini. Dan yang paling penting mobil ini dibanderol dengan harga yang murah sehingga membuat siapapun mampu memilikinya.

Toyota Agya menggunakan mesin dengan kapasitas 998cc yang setara dengan 64 kali tenaga kuda. Toyota Agya juga tersedia dalam versi mesini 1.2L atau 1200 cc. Selain itu mobil yang menghasilkan torsi maksimal 86 Nm juga telah menggunakan sistem transmisi automatic serta manual yang lebih nyaman dan mudah di operasikan.

Sementara dalam konsumsi bahan bakar mobil ini juga terbilang hemat ditambah kapasitas tangki 33 liter yang akan membawa anda beserta keluarga bertualang lebih jauh tanpa khawatir kehabisan bahan bakar di tengah jalan.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Toyota Agya E MT belum ada harga 998 cc Manual
Toyota Agya G AT belum ada harga 998 cc Matic
Toyota Agya G TRD AT belum ada harga 1197 cc Automatic

9. Daihatsu Ayla

daihatsu ayla

Sejak kemunculannya, Ayla memang langsung mencuri perhatian karena harga murah dan tampilan menarik yang dibawanya. Banyaknya varian yang dihadirkan Daihatsu membuat Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan tentu harga yang dimiliki.

Walaupun termasuk jenis mobil Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu Ayla sudah mendapatkan fitur keamanan yang lebih baik. Penggunaan airbag pada mobil Ayla tidak hanya memberikan perlindungan ketika berkendara, tapi juga memberikan rasa aman dan nyaman lebih ketika melakukan perjalanan.

Keberadaan air ventilator membuat sirkulasi udara di dalam kabin dapat diatur dengan lebih mudah. Sementara pada sektor mesin, tak banyak hal yang berubah pada mobil Ayla dibandingkan varian standarnya.Sementara untuk harga, mobil ini teap dijual dengan harga terjangkau sehingga bisa menjadi pilihan menarik bagi anda.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Daihatsu Ayla M MT Rp 123.650.000 998 cc Manual
Daihatsu Ayla Airbag X AT belum ada harga 998 cc Matic
Dragonwar Ele-G10 Ares Rp 150.000 - -

10. Datsun Go

datsun go

Hadir dengan pilihan warna yang beragam, Datsun menawarkan seri Go dengan beberapa tipe yang bisa anda pilih. Dibalik dimensi yang kompak, mobil GO T Active murah ini memiliki kapasitas mesin yang besar sehingga memberikan kemampuan yang lebih baik bagi produk Datsun tersebut dalam menemani aktivitas anda.

Di mana mobil ini menggunakan mesin yang berkapasitas 1.2 L dan telah dibekali dengan teknologi adaptif yang mampu memaksimalkan torsi serta tenaganya secara maksimal. Di sisi interiornya, mobil Datsun GO mampu tampil menarik dengan perpaduan warna yang terlihat senada menggunakan aksen warna silver.

Kabin yang luas menjadikan perjalanan terasa tetap menyenangkan bagi penumpang di sisi depan ataupun belakang. Tersedia pula ruang bagasi di sisi belakang mobil GO yang mampu memuat hingga kapasitas 265 liter bawaan.

Tentunya hal ini memudahkan kita dalam membawa barang-barang bawaan. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya dan harga mobil GO yang murah jelas memberikan anda alternatif pilihan mobil murah untuk dimiliki.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Datsun GO T Active belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO T Rp 108.300.000 1198 cc Manual
Datsun GO T Option belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO+ A belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO+ A Option belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO+ D belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO+ T Rp 113.950.000 1198 cc Manual
Datsun GO+ T Option Rp 123.650.000 1198 cc Manual
Datsun GO+ T Style belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO+ MC 1.2 D MT belum ada harga 1198 cc Manual

Kesimpulan

Itulah pilihan city car terbaik yang bisa Anda pilih untuk dijadikan kendaraan harian Anda untk menemani beraktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan mobil city car ini Anda bisa lebih nyaman untuk beraktivitas tanpa harus kesulitan menembus kemacetan di jalan raya.

 

Artikel Terkait

Komentar