5 Pilihan Mobil MPV Paling Populer di Indonesia

Oleh Ryan S updated Rabu, 3 Jan 2018 | 14:23

Mobil MPV merupakan produk kendaraan yang sangat populer di Indonesia. Dengan kapasitas penumpang yang banyak serta mesin yang irit, kendaraan ini merupakan jenis kendaraan terbaik untuk digunakan di wilayah Indonesia.

Beberapa model MPV ini merupakan model yang cukup banyak digunakan di Indonesia dan merupakan kendaraan yang banyak dipilih sebagai kendaraan harian. Apa saja mobil MPV terpopuler di Indonesia? Berikut ini adalah sedikit ulasan dari mobil-mobil MPV yang cukup populer di Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini.

1. Toyota Avanza

toyota avanza
via belitoyotaku.com

Toyota Avanza merupakan kendaraan low MPV buatan Toyota yang bekerjasama dengan anak perusahaannya, Daihatsu. Kendaraan ini muncul pertama kali di awal tahun 2000-an dan menjadi salah satu mobil dengan angka penjualan tertinggi hingga saat ini.

Mobil Toyota ini banyak digunakan sebagai mobil keluarga dan juga kendaraan harian karena konsumsi BBM-nya yang irit dan mampu mengangkut banyak penumpang. Hingga saat ini, Toyota Avanza merupakan mobil yang sangat sulit untuk dilampaui keberhasilannya oleh pesaing Toyota di Indonesia.

Keberhasilan dari mobil Avanza diterukan dengan model terbarunya yaitu Avanza Veloz yang tampil lebih gagah dan sporty dibandingkan dengan seri sebelum. Mobil ini menggunakan mesin IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i dengan tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 95 hp.

Untuk bagian keamanannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan dual airbag di bagian depan, pretensioner seatbelt, serta sudah mendukung kursi isofix. Harga yang ditawarkan untuk mobil Avanza terbaru ini dimulai dari harga Rp184 jutaan dan varian tertinggi mencapai harga Rp214 jutaan.

Nama Harga di Pasaran
Toyota Avanza 1.3 E AT belum ada harga
Toyota Avanza 1.3 E MT belum ada harga
Toyota Avanza 1.3 G AT belum ada harga
Toyota Avanza 1.3 G MT belum ada harga
Toyota Avanza 1.5 G MT Rp 221.250.000

2. Daihatsu Xenia

daihatsu xenia
via otomotifmagz.com

Dengan menggunakan rangka dan body yang sama dengan Avanza, mobil ini bisa dibilang merupakan versi generik dari mobil tersebut. Xenia menggunakan dua jenis mesin yang berbeda yaitu mesin EJ-VE DOHC VVT-i untuk varian D dan M. Sedangkan untuk varian  X dan R menggunakan mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dihasilkan oleh EJ-VE adalah sebesar 63 hp, sedangkan mesin1NR-VE DOHC mampu menghasilkan tenaga hingga 97 hp. 

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Daihatsu Xenia adalah harganya yang lebih terjangkau dibanidingkan dengan Avanza, yaitu Rp155 juta untuk varian terendahnya dan Rp 209 untuk jenis varian tertingginya. Untuk masalah keamanan, Daihatsu Xenia memang tidak selengkap Avanza, walaupun sudah menggunakan airbag di bagian depan untuk model tertingginya.

Bila Anda ingin membeli Avanza tipe tertinggi, tetapi budget masih belum mencukupi, mungkin Anda bisa mengalihkan pilihan Anda ke mobil yang satu ini.

Nama Harga di Pasaran
Daihatsu Xenia M MT 1.0 STD belum ada harga
Daihatsu Xenia 2014 R AT 1.3 SPORTY Rp 128.000.000
Daihatsu Xenia 2014 R AT 1.3 STD Rp 136.900.000
Daihatsu Xenia 2014 R MT 1.3 SPORTY Rp 112.000.000
Daihatsu Xenia X AT 1.3 DLX belum ada harga

3. Suzuki Ertiga

suzuki ertiga
via indianautoblog.com

Sempat disebut sebagai Avanza killer, a memang menarik perhatian publik ketika diluncurkan pada tahun 2014. Desainnya yang lebih classy dan compact dibandingkan Avanza membuat mobil ini banyak dilirik dan menjadi salah satu mobil dengan angka penjualan tertinggi di tahun 2015.

Dari sisi tenaga dan kemampuan mesin, bisa diblang tidak kalah dari Avanza maupun Xenia. Dengan menggunakan mesin K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kapasitas 1.400 Cc, Ertiga bisa melaju dengan mulus di jalanan manapun.

Selain itu, fitur keselamatan yang diberikan oleh mobil ini juga termasuk sangat lengkap. Mulai dari SRS airbag, sistem pengereman ABS + EBD, dan New Parking Sensor juga sudah tersedia untuk mobil ini.

Memang kekalahan Ertiga hanya terletak pada harganya yang cukup mahal dibandingkan Avanza yaitu mulai dari Rp200 jutaan untuk varian paling rendah.

Nama Harga di Pasaran
Suzuki Ertiga GA MT belum ada harga
Suzuki Ertiga GL AT belum ada harga
Suzuki Ertiga Dreza GS MT belum ada harga
Suzuki Ertiga GX AT belum ada harga
Suzuki Ertiga GX MT belum ada harga

4. Nissan Grand Livina

nissan grand livina
via nissancibeureum.com

Nissan Grand Livina merupakan mobil MPV yang sudah ada cukup lama di Indonesia. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, mobil ini menjadi produk primadona dari Nissan untuk mobil keluarga. Bentuk dari Grand Livina memang bisa dibilang lebih memenuhi sebagai mobil keluarga dibandingkan sebuah MPV yang siap melintasi berbagai kondisi jalan.

Ground clearance nya yang rendah serta bagian bagasi yang panjang, memang bisa dibilang kurang maskulin. Tetapi, hingga saat ini, Livina merupakan salah satu mobil MPV yang banyak diguanakn dan tetap nyaman bagi banyak orang.

Livina sendri menggunakan mesin HR15DE dengan kapasitas 1.500 Cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 hp. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Avanza maupun Ertiga. Tetapi, kualitas tersebut berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan untuk kendaraan ini.

Untuk varian terendahnya, tipe 1.5 M/VT, Livina baru dijual dengan harga Rp208 jutaan, sedangkan varian tertinggi bisa mencapai harga Rp250 jutaan.

Nama Harga di Pasaran
Nissan Grand Livina 1.5 HWS CVT Rp 227.700.000
Nissan Grand Livina 1.5 HWS CVT Autech Rp 272.600.000
Nissan Grand Livina 1.5 XV CVT belum ada harga

5. Honda Mobilio

honda mobilio
via promohondamobilku.com

Melihat pasar mobil MPV yang sudah disesaki oleh para pesaingnya, Honda rupanya tidak mau diam saja. Pada tahun 2014, Honda melepas Mobilio dan meraih kesuksesan yang cukup tinggi pada tahun tersebut.

Dengan menggunakan desain interior dan eksterior depan dari Honda Brio, Mobilio praktis tidak memakan terlalu banyak biaya untuk pengembangan dan juga peluncurannya pada saat itu. Tetapi, sekarang Honda Mobilio sudah melakukan facelift untuk keluaran terbarunya yang lebih sporty dan gagah.

Dengan menggunakan mesin 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan kapasitas silinder sebesar 1.500 Cc, mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 118 Hp. Harga yang ditawarkan untuk Honda Mobilio terbaru ditawarkan dengan harga mulai dari Rp190 jutaan untuk varian terendahnya.

Nama Harga di Pasaran
Honda Mobilio 2017 S MT belum ada harga
Honda Mobilio E MT Rp 225.500.000
Honda Mobilio E CVT Prestige belum ada harga
Honda Mobilio RS CVT belum ada harga
Honda Mobilio E CVT belum ada harga

Sesuaikan dengan Kemampuan dan Kebutuhan

Dari kelima jenis mobil MPV tadi, tentunya setiap kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa membandingkan seluruh mobil MPV tersebut dan menetukan kira-kira mana yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang Anda miliki. 

Artikel baca juga:

6 Mobil MPV Terbaik dengan Kabin Luas, Nyaman untuk Keluarga

5 Mobil SUV Terbaik di Indonesia, Nyaman untuk Semua Kondisi Jalan

7 Mobil Mobil LCGC Terbaik dengan Harga Termurah

Artikel Terkait

Komentar