Diperbaharui pada Kamis, 28 Desember 2017 | 17:30

7 Mobil Mobil LCGC Terbaik dengan Harga Termurah

Oleh Ryan S

Mobil LCGC Terbaikimage via Datsun

Sesuai namanya, mobil Low Cost Green Car (LCGC) identic dengan kendaraan yang ramah lingkungan. Selain itu, keunggulan dari mobil LCGC adalah dipasarkan dengan harga yang murah. Bahkan ada mobil LCGC yang dibanderol dibawah Rp100 juta.

Awalnya, kebijakan Pemerintah mengenai peraturan mobil LCGC sempat menimbulkan banyak kegaduhan di masyaratakat. Karena dengan munculnya mobil dengan harga murah dan terjangkau dipercaya dapat menimbulkan kemacetan yang lebih parah di perkotaan.

Tetapi, toh pada akhirnya mobil LCGC tetap mendapatkan pasar yang cukup menjanjikan bagi para produsen kendaraan. Masyarakat menengah saat ini memiliki kesempatan untuk memiliki kendaraan terjangkau tanpa kesulitan apapun.

Dipasaran saat ini sudah banyak pilihan mobil LCGC dari beberapa pabrikan ternama. Hanya saja, mobil jenis ini memang tidak banyak dibekali fitur yang tercanggih. Karena menyesuaikan harga dan peruntukkannya. Bila Anda saat ini sendang mencari mobil LCGC yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka berikut ini adalah mobil yang ada di pasaran yang bisa Anda pilih. 

1. Daihatsu Sigra

daihatsu sigra
Daihatsu Sigra adalah mobil LCGC 7-seater yang cukup laris di pasaran saat ini. Dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak, mobil ini rupanya memilliki konsumsi BBM yang sangat irit. Angka penjualan Sigra sendiri di tahun 2017 mampu melebihi penjualan low MPV milik Daihatsu, Xenia. Untuk pilihan mesinyya, Sigra ditawarkan dnegan dua jenis mesin yaitu mesin 1.0 untuk dengan pilihan manual dan matic, sedangkan untuk mesin 1.2 digunakan pada varian tertinggi.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Daihatsu Sigra 1.0 D MT Rp 116.500.000 998 cc Manual
Daihatsu Sigra 1.2 X AT Rp 126.750.000 1197 cc Matic
Daihatsu Sigra 1.2 R AT belum ada harga 1197 cc Matic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Toyota Calya

Toyota Calya
Toyota Cayla ini agak sedikit kalah pamor dibandingkan dengan Sigra karena Toyota sendiri untuk mobil 7-seater ini agak berebut pasar dengan Avanza dan juga Sienta. Perbedaan harga yang tidak terlalu jauh dengan fitur yang hampir mirip, membuat Cayla agakkesulitan untuk muncul ke permukaan. Dari segi desain, Calya memang tidak teralu jauh dari Sigra. Tetapi untuk masalah fitur, Calya sedikit lebih unggul karena untuk varian terendahnya saja sudah menggunakan sistem pengereman ABS. 

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Toyota Calya E MT Rp 100.000.000 1197 cc Manual
Toyota Calya G MT belum ada harga 1197 cc Manual
Toyota Calya G AT Rp 156.400.000 1197 cc Matic
Toyota Calya E AT belum ada harga 1197 cc Matic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Datsun Go Panca 

Datsun go pancaSetelah lama menghilang, Datsun akhirnya kembali hadir di pasar otomotif dunia dengan produksi pertamananya yang diberi nama Datsun Go. Kembalinya Datsun merupakan strategi dari Nissan untuk meraih pasar mobil murah yang selama ini terabaikan karena Nissan lebih terkonsentrasi di mobil level menengah.

Datsun Go sendiri bisa dibilang tidak terlalu mengecewakan untuk mengecewakan untuk sebuahmobil LCGC. Desainnya eksteriornya cukup sporty, kecuali dibagian velg roda yang membuatnya terlihat ringkih. Dibagian dalam memang beberapa bagian sengaja dibiarkan terbuka oleh produsen agar mencapai nnilai keekonomisan dari mobil ini.

Bagian yang patut mendapat penilaian adalah di bagian mesin yang sudha menggunakan mesin HR12DE milik Nissan March. Mobil ini memiliki tenaga maksimal 68 hp dengan torsi maksimal mencapai 104 Nm. 

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Datsun GO T Option belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO T Active belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO T Rp 120.500.000 1198 cc Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Datsun Go+ 

Datsun Go+
Bila Datsun Go Panca adalah sebuah mobil LCGC bertipe hatchback, maka Datsun Go+ merupakan mobil 7-seater yang bisa memuat lebih banyak penumang. Secara bentuk body dan chasis, sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan antara Datsun Go dan Datsun Go+.

Untuk bagian interior masih terdapat bagian yang tidak ditutup dan dibiarkan terbuka. Bagian interiornya dibuat dengan manggunakan bahan plastik dan kain. Sementara di bagian mesin juga menggunakan mesin yang sama dengan Datsun Go.

Tetapi, bila Anda mencari mobil murah dengan kapasitas penumpangyang cukup banyak, maka Datsun Go+ ini bisa menjadi pilihan. Walaupun tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan ini dengan kapasitas penuh. 

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Datsun GO+ T Style belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO+ T Option belum ada harga 1198 cc Manual
Datsun GO+ T Rp 137.430.000 1198 cc Manual
Datsun GO+ A belum ada harga 1198 cc Manual
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Toyota Agya

Toyota Agya
Rupanya Toyota tidak mau ketinggalan untuk meraup pasar mobil LCGC dan mengeluarkan Toyota Agya untuk pasar mobil LCGC di Indonesia. Toyota Agya adalah mobil hatchback berkapasitas lima orang. Desain dari Agya ini memang tidak jauh berbeda dari Daihatsu Alya karena mobil ini  memang diproduksi oleh Daihatsu.

Di bagian mesin, mobil ini menggunakan mesin 1.0 dan 1,2 liter Dual VVT-I dengan tenaga maksimal mencapai 66 hp untuk mesin 1.0 dan 87hp untuk mesin 1.2. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Drive by Wire, Electronic Power Steering, dan fitur keselamatan rem ABS dan dual SRS Airbags. 

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Toyota Agya E MT belum ada harga 998 cc Manual
Toyota Agya G MT belum ada harga 998 cc Manual
Toyota Agya E AT belum ada harga 998 cc Matic
Toyota Agya G AT belum ada harga 998 cc Matic
Toyota Agya G TRD AT belum ada harga 1197 cc Automatic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

6. Daihatsu Ayla 

Daihatsu Ayla
Dari nampak luar memang seperti tidak ada perbedaan antara Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Tetapi bila dilihat seksama, Anda bisa melihat perbedaan di bagian depan mobil ini yang lebih elegan dan mewah dengan hiasan chrome di bagian rear bumper dan lampur DRL.

Untuk bagian mesinnya Ayla memiliki mesin bertipe 1.0 dan 1.2 menggunakan mesin KR-DE dengan teknologi VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 65 PS untuk mesin versi 1.0 dan 88 hp untuk mesin versi 1.2.

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Daihatsu Ayla M MT Rp 127.150.000 998 cc Manual
Daihatsu Ayla X Elegant AT Rp 132.000.000 998 cc Matic
Daihatsu Ayla M Sporty AT belum ada harga 998 cc Matic
Daihatsu Ayla Airbag X AT belum ada harga 998 cc Matic
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Honda Brio Satya

Honda Brio Satya
Berbicara tentang kelengkapan, Brio Satya merupakan primadona dari mobil LCGC di Indonesia. Dengan harga penjualan mulai Rp130 juta, Brio menawarkan berbagai kemewahan untuk sebuah mobil murah. Mobil ini sudah menggunakan pengereman ABS untuk versi terendahnya dan juga airbag untuk sistem keselamatannya.

Mobil ini menggunakan L12 4-silinder 1,2-liter dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 90 PS.  Dari segi handling dan kestabilan, mobil ini sering disebut sebagai mobil LCGC terbaik yang ada saat ini. 

Nama Harga di Pasaran Kapasitas Mesin Tipe Transmisi
Honda Brio Satya S MT Rp 145.900.000 1198 cc Manual
Honda Brio Satya E CVT Rp 5.000.000 1198 cc CVT
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Nah, dari deretan mobil LCGC diatas, mana kira-kira menjadi pilihan Anda? Tetapi jangan berharap terlalu banyak karena mobil LCGC memang tidak didesain untuk fun to drive, jadi pasti akan ada sedikit kekurangan di sana-sini.

Baca juga artikel :

5 City Car Terbaik yang Cocok untuk Kemacetan Kota 

Mobil Keluarga Murah Berkapasitas 4-6 Orang 

5 Mobil Diesel Paling Populer di Indonesia yang Irit Bahan Bakar 

Like us!

Komentar