Diperbaharui pada Senin, 26 Desember 2022 | 13:37

10 Motor Trail Murah yang Bisa Dipakai Buat Harian

Motor trail terbaikimage via pexels 

Berpetualang atau melakukan kegiatan ekstrim di alam bebas menggunakan motor trail? Mengapa tidak. Apalagi bila menunggangi salah satu motor trail terbaik di dunia.

Menariknya, selain menjadi motor offroad, motor trail kini juga banyak digunakan sebagai kendaraan harian.

Seolah gatal ingin memelintir gas, kami sudah memilih tunggangan yang bisa jadi pilihan. Beberapa motor trail terbaik kami cermati.

Dan dari sekian banyak pilihan yang ada, kami selipkan motor trail murah yang pas untuk kendaraan harian. Diantaranya milik Kawasaki dan Viar.

Tak terlalu ekstrem namun cukup powerful melibas medan terjal, termasuk saat di musim hujan. Namun, sebelum memilah dan memilih ada baiknya Anda Kami bawa untuk memahami kelebihan motor trail dan juga jenis-jenis motor trail.

Kelebihan Motor Trail 

motor trail terbaikBodi yang ramping memudahkan motor trail dalam bermanuver

Motor trail memang identik dengan petualangan di alam bebas. Karena salah satu kelebihan motor trail sanggup melibas medan terjal dan berbatu.

Tidak hanya itu, kelebihan motor trail lain adalah memiliki bodi ramping, sehingga lebih luwes bermanuver di berbagai kondisi medan. Termasuk memiliki ground clearance yang lebih tinggi.

Pun dengan suspensinya, pegas motor trail sendiri terletak di bagian depan dan belakang. Dengan begitu, motor trail masih tetap nyaman digunakan dan dapat meredam getaran ekstrim saat melintas di jalur tidak rata.

Mesinnya sendiri dirancang sedemikian rupa dengan tetap memperhatikan durabilitas, power, dan akselerasi, serta tersedia dalam dua varian berbeda, yakni 2-strokes atau 4-strokes.

Jenis-jenis Motor Trail

motocrossMotocross menanggalkan komponen lampu utama, spion, sein

Sejatinya, motor trail sendiri tersedia dalam beberapa tipe yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari dual-sport, motard, enduro, motocross, dan adventure-tourer. Berikut ulasannya :

1. Motor Trail Dual-sport

Sesuai dengan tipenya, jenis motor trail dual-sport telah dilengkapi dengan sejumlah instrumen keamanan dan keselamatan berkendara.

Beberapa instrumen tersebut antara lain, speedometer, lampu utama, spion, klakson, sein, knalpot dengan emisi atau gas buang yang sudah teruji, dudukan plat nomor, kendaraan, dan surat-surat kepemilikan tentunya.

2. Motor Trail Motard

Sedangkan untuk tipe motard, dapat dikenali lewat kaki-kaki yang diadopsinya. Motor yang akrab dengan sebutan supermoto ini rata-rata menggunakan ban dan velg untuk jalanan beraspal.

Selain itu, baik velg depan maupun belakang juga memiliki ukuran yang sama, dimana kebanyakan berdiameter 17 inci.

3. Motor Trail Enduro

Hampir sebagian besar mempunyai transmisi hingga 6-percepatan, dan pacul yang digunakan juga memiliki kembang lebih besar.

Motor-motor trail enduro ilegal digunakan di jalan raya, karena pabrikan sengaja menghilangkan sejumlah instrumen, seperti lampu sein, stoplamp, dan spion.

4. Motor Trail Motocross

Berbeda dengan trail enduro, untuk tipe motocross lebih ekstrim lagi, dimana pabrikan mengusir semua instrumen. Motor-motor tipe ini dapat Anda temukan dengan mudah di arena balapan atau ajang kompetisi.

Trail tipe motocross juga dapat dengan mudah diidentifikasi lewat embel-embel seri yang disematkan, seperti SE atau Special Engine. Makanya tidaklah mengherankan kalau motor dari tipe ini memiliki tenaga yang sangat powerful.

5. Motor Trail Adventure-tourer

Tipe ini bisa Anda kenali lewat kapasitas tangki yang dapat menampung banyak bahan bakar. Ini karena motor-motor adventure-tourer dirancang sedemikian rupa untuk menjelajahi curam dan lebatnya hutan serta perjalanan jarak jauh.

Motor tipe ini juga digadang-gadang memiliki kemampuan offroad yang mumpuni, karena dapat melibas medan terjal, berbatu, maupun berlumpur dengan aman dan nyaman.

Nah, buat Anda yang lagi mengidamkan motor trail, parade kuda besi berikut ini cukup layak untuk dipertimbangkan.

Motor Trail Terbaik untuk Off-Road

Di tahun 2021 nanti, beberapa pabrikan sudah menyiapkan motor trail terbaru mereka. Tercatat ada beberapa pemain besar di kategori motor off road ini. Berikut daftarnya :

1. KTM 500XCF-W

KTM 500XCF-WKTM termasuk salah satu pabarikan yang cukup serius menggarap motor trail. Diluaran sana, motor trail KTM termasuk diminati.

Untuk varian terbaru, mereka sudah menyiapkan KTM 500XCF-W. Menjadi penerus dari seri 500 dual sport, tapi varian terbaru ini sudah legal untuk mengaspal di jalan umum.

Karena sudah memenuhi semua peraturan federal dan negara bagian yang mengatur kendaraan off-road. Meski demikian, KTM 500XCF-W ini memiliki suspensi dan penyetelan mesin yang lebih berorientasi off-road.

Dimana dibekali suspensi belakang PDS dengan fork WP Xplor 48.

2. Honda CRF450RX

Honda CRF450RX

Dari dua tipe motor trail off-road Honda 450, varian RX menjadi yang bisa berkompetisi. Mirip dengan motorcross CRF450R tetapi memiliki suspensi yang lebih lembut dan pengiriman daya yang lebih ringan. Hal ini berkat pemetaan EFI yang berbeda.

Motor trail Honda terbaru ini juga memiliki tangki bahan bakar 2,2 galon, roda belakang 18 inci, skid plate dan kickstand. Termasuk keberadaan tiga tingkat kontrol traksi dan tiga maps EFI. 

3. Kawasaki KLX300R

Kawaski KLX300RKawasaki KLX300R bisa menjadi pilihan tepat ketika ingin menjelajah dalam jarak yang jauh. Hal yang menarik dari motor off-road four-stroke ini adalah harganya yang murah.

Untuk fitur-fiturnya sebuah kamera overhead ganda, empat katup, dan gearbox enam kecepatan. Bedanya kali ini dilengkapi dengan bahan bakar injeksi dan memenuhi peraturan off-road EPA.

Motor Trail Terbaik Untuk Harian

Berikut daftar motor trail terbaik yang masih tangguh untuk digunakan di 2021.

1. Kawasaki D-Tracker X

Kawasaki D-Tracker XMengusung konsep sporty, Kawasaki D-Tracker X bisa dibilang merupakan motor hybrid yang menggabungkan konsep motor urban dengan motor off road.

Motor ini mwmiliki suspensi depan 43mm Inverted Fork Supension dan Suspensi Belakang New Uni-Trak. Untuk tangki bahan bakarnya sendiri motor ini memiliki kapasitas 7.7 liter.

Kawasaki D-Tracker X bisa menjadi motor offroad yang tangguh untuk Anda yang gemar berpetualang. Menggunakan mesin 4-tak berjenis Liquid-cooled, 1-cylinder dengan konfigurasi katup DOHC.

Dengan kasapitas 249cc, mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 18.0 (Kw)/9000rpm dan torsi maksimal 21Nm/7000rpm. Motor trail terbaik ini pun termasuk hemat berkat teknologi Fluel Injection.

Harga Motor Trail Kawasaki D-Tracker X

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.2 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration DOHC (Camshaft Ganda)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Kawasaki D-Tracker Standard

Kawasaki D-Tracker StandardKawasaki D-Tracker Standard menggabungkan konsep motor urban dengan motor sporty. Di bagian depan motor ini menggunakan satu buah lampu headlamp sebagai lampu utamanya yang selain menghasilkan pencahayaan lebih tajam dan optimal, lampu ini pun juga semakin menambahkan kesan lebih garang.

Memiliki suspensi depan 35mm inverted fork dan suspensi belakang Uni-Trak, with 5-way adjustable preload.

Masuk kebagian mesin, sebagai dapur pacunya motor ini menggunakan mesin brutal Air-cooled, 4-stroke Single dengan konfigurasi katup SOHC, 2 valves.

Mesin ini nantinya akan menghasilkan tenaga power full dengan daya maksimal 8.6 kW {12 PS} / 8,000 rpm dan torsi maksimal 11.3 N.m {1.2 kgf.m} / 6,500 rpm.

Harga Motor Trail Kawasaki D-Tracker Standar

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.1 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration DOHC (Camshaft Ganda)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Kawasaki D-Tracker SE

Kawasaki D-Tracker SE merupakan sebuah motor yang didesain untuk kebutuhan harian namun memiliki lekuk layaknya motor trail. Tapi jangan salah, jika Anda lebih memilih menggunakannya untuk kebutuhan adventure seperti motor trail, sangat tentu bisa.

Kawasaki D-Tracker SE motor trail super sport hadir dengan dua buah varian cilinder, 150 cc dan juga 250 cc 4 stroke DOHC. Keduanya diberkahi dengan suspensi yang nyaman untuk harian dan juga medan yang berat karena sudah menggunakan uni-track 5 way adjustable preload.

Harga Motor Trail Kawasaki D-Tracker SE

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.1 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration DOHC (Camshaft Ganda)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Kawasaki KSR 110

Kawasaki KSR 110 dianggap sebagai mini trail dengan kekuatan dahsyat. Tubuh kecil Kawasaki KSR 110 mampu menahan beban tubuh hingga 90kg dengan kapasitas mesin 111cc.

Meskipun masih mengandalkan pendingin udara, mesin 4 langkah SOHC 2 katup ini mampu menyemburkan tenaga hingga 8,6 PS/ 8000rpm dengan torsi maksimum 8,6 N.m/6000rpm.

Jarak tingginya dari tanah terhitung hanya 225mm, tapi tenang karena Kawasaki KSR 110 masih memiliki ketinggian yang cukup terhadap jalanan kota maupun jalur ekstream.

Body aerodinamis didapatkan dari rangka tipe High Tensile Steel berbahan Alloy yang tak hanya memberi kesan gahar dan jantan tetapi juga ringan dan lincah dijalanan.

Harga Motor Trail Kawasaki KSR 110

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.1 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive 0
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

5. Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250

Mesin powerful dengan desain kuat membuat motor off road dari vendor kenamaan asal Negeri Sakura, Jepang yang satu ini siap membawa anda bertualang kemanapun Anda inginkan.

Kawasaki KLX 250 merupakan motor varian KLX dengan kapasitas mesin 250cc yang jadi produk paling tinggi pada seri ini.

Salah satu Motor trail terbaik ini ditanamkan mesin 4-tak single Pendingin cairan dengan Valve System DOHC, 4 valves yang bisa anda atur dengan 6 level kecepatan yang berbeda.

Pada motor ini Anda akan merasakan performa pembalap motor off road yang sesungguhnya dengan suguhan mesin yang mampu menghasilkan maksimum power 18.0 (Kw) / 9000 rpm dan torsi maksimum 21Nm / 7000rpm.

Tak berhenti sampai situ saja, motor dengan rem depan Single 250 mm disc Dual-piston dan rem belakang Single 240 mm disc Single-piston ini memiliki manuver yang lincah dan gesit dengan Suspensi Depan 43 mm upside-down telescopic fork dan Suspensi Belakang New Uni-Trak.

Harga Motor Trail Kawasaki KLX 250

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.2 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration DOHC (Camshaft Ganda)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Kawasaki KLX 150

kawasaki klx 150

Nikmati performa lebih menyenangkan dengan menggunakan motor konsep off road dari Kawasaki yang satu ini. Kawasaki KLX 150 memiliki Velg lebih besar berukuran 21 inch depan dan 18 inch di belakang suspensi depan upside-down yang gegas.

Pada motor trail ini sang vendor menyematkan mesin Air-cooled, 4-stroke Single dengan konfigurasi katup SOHC (Camshaft Tunggal) yang bisa diatur dengan 6 level kecepatan yang berbeda.

Mesin ini mampu menghasilkan maksimum power atau daya maksimal 8.6 kW {12 PS} / 8,000 rpm dengan torsi maksimal 11.3 N.m {1.2 kgf.m} / 6,500 rpm. Dengan segala kecanggihannya motor ini begitu nyaman saat bermanuver.

Apalagi dikalaborasikan dengan rem depan tipe ingle 240 mm petal disc Twin-piston dan rem belakang tipe single 190 mm petal disc Single-piston yang sangat cakram ketika dibutuhkan.

Harga Motor Trail Kawasaki KLX 150

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.1 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Viar Cross X 150 Standar

Viar Cross X 150 Standar

Sesuai namanya, motor trail ini memang dibekali kapasitas mesin standar. Dimana sudah terpasang mesin 4 tak SOHC berkapasitas 149cc. Mesin ini mempunyai daya maksimal 7.5 KW/7500 rpm dan torsi maksimal 9.8 N.m/7000 rpm.

Untuk berakselerasi di medang yang tidak rata Viar Cross X 150 Standar memasang suspensi depan jenis upside down. Sedangkan di bagian belakang menggunakan monoshock unitrack system.

Untuk safety, di bagian depan maupun belakang sudah disematkan rem cakram.

Harga Motor Trail Viar Cross X 150 Standar

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.15 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Selain handal dalam kondisi ekstrem, motor trail terbaik juga mumpuni di jalan beraspal. Hanya saja Anda perlu mempertimbangkan harga motor trail yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Saat ini, bahkan sudah banyak motor trail murah yang beredar di jalanan Ibukota dengan beragam model dan variasi. Apalagi jika Anda memiliki jiwa petualang, motor offroad ini rasanya bisa menyalurkan hobi tersebut.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.