7 Motor Trail Terbaik 2018, Pilih Harian atau Petualangan?

Oleh Priyo Pamungkas updated Jumat, 9 Nov 2018 | 11:25

Motor trail terbaikimage via pexels

 

Berpetualang atau melakukan kegiatan ekstrim di alam bebas memang menyenangkan. Salah satunya dengan melibas medan terjal dan berbatu yang penuh petualangan. Apalagi bila bermimpi menunggangi salah satu motor trail terbaik di dunia. Medan offroad seberat apapun pasti bisa dilibas.

Seolah gatal ingin memelintir gas, Kami sudah memilih tunggangan yang bisa jadi pilihan. Beberapa motor trail terbaik Kami cermati. Satu-satu agen pemegang merk Kami lucuti. Mulai dari Yamaha, Suzuki, Kawasaki, KTM, Viar, dan lainnya.

Dari kesekian banyak motor trail terbaik itu, ada yang pas untuk jadi motor trail yang cocok untuk harian. Diantaranya milik Kawasaki dan Viar. Tak terlalu ekstrem namun cukup powerful melibas medan terjal, termasuk saat di musim hujan.

Sebelum memilah dan memilih ada baiknya Anda Kami bawa untuk memahami kelebihan Motor Trail;

 

motor trail terbaikBodi yang ramping memudahkan motor trail dalam bermanuver


Kelebihan Motor Trail

Dari tongkrongannya saja, Anda dapat dengan mudah membedakan motor trail dan kuda besi biasa. Pada jenis motor trail biasanya memiliki tampang yang gagah dan cenderung 'liar'. Setidaknya, ada sejumlah perbedaan menyolok yang dapat Anda lihat secara kasat mata.

Salah satunya adalah bodi motor trail lazimnya lebih ramping. Sehingga lebih luwes bermanuver di berbagai kondisi medan. Tak cuma itu, motor trail juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi.

Dengan kelebihan motor trail tersebut, kuda besi ini dapat dengan aman melenggang di medan berbatu dan berair dangkal. Tulang-tulangnya sendiri dibangun dari material baja ringan yang memudahkan Anda saat melakukan jumping.

Ciri lainnya yang dapat Anda kenali terletak dari tipe ban yang digunakan. Motor-motor dari segmen ini hampir sebagian besar mengadopsi ban bergerigi atau biasa disebut ban pacul atau ban tahu.

Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut, motor trail dapat dengan mudah melibas medan berlumpur dan berbatu tanpa perlu khawatir selip.

Lazimnya motor trail terbaik yang menjelajah medan cadas, ukuran ban depan dan belakang memiliki perbedaan. Ban depan biasanya memiliki kembang kecil dan lebih ramping. Sedangkan ban belakang motor trail rata-rata berukuran lebih besar dan tebal.

Pun dengan suspensinya, pegas motor trail sendiri terletak di bagian depan dan belakang. Dengan begitu, motor trail masih tetap nyaman digunakan dan dapat meredam getaran ekstrim saat melintas di jalur tidak rata.

Mesinnya sendiri dirancang sedemikian rupa dengan tetap memperhatikan durabilitas, power, dan akselerasi, serta tersedia dalam dua varian berbeda, yakni 2-strokes atau 4-strokes.

Jenis-jenis Motor Trail

Kemampuannya yang dapat berjalan di dua alam berbeda, membuat motor trail makin banyak digandrungi. Kondisi offroad ataupun onroad bisa diterabas.

Sejatinya, motor trail sendiri tersedia dalam beberapa tipe yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari dual-sport, motard, enduro, motocross, dan adventure-tourer. Berikut ulasannya :

motor trail dual sportMotor trail dual-sport dilengkapi spion, lampu utama, speedometer dan sein

1. Motor Trail Dual-sport

Sesuai dengan tipenya, jenis motor trail dual-sport telah dilengkapi dengan sejumlah instrumen keamanan dan keselamatan berkendara. Beberapa instrumen tersebut antara lain, speedometer, lampu utama, spion, klakson, sein, knalpot dengan emisi atau gas buang yang sudah teruji, dudukan plat nomor, kendaraan, dan surat-surat kepemilikan tentunya.

2. Motor Trail Motard

Sedangkan untuk tipe motard, dapat dikenali lewat kaki-kaki yang diadopsinya. Motor yang akrab dengan sebutan supermoto ini rata-rata menggunakan ban dan velg untuk jalanan beraspal. Selain itu, baik velg depan maupun belakang juga memiliki ukuran yang sama, dimana kebanyakan berdiameter 17 inci.

3. Motor Trail Enduro

Hampir sebagian besar mempunyai transmisi hingga 6-percepatan, dan pacul yang digunakan juga memiliki kembang lebih besar. Motor-motor trail enduro ilegal digunakan di jalan raya, karena pabrikan sengaja menghilangkan sejumlah instrumen, seperti lampu sein, stoplamp, dan spion.

motocrossMotocross menanggalkan komponen lampu utama, spion, sein

4. Motor Trail Motocross

Berbeda dengan trail enduro, untuk tipe motocross lebih ekstrim lagi, dimana pabrikan mengusir semua instrumen. Motor-motor tipe ini dapat Anda temukan dengan mudah di arena balapan atau ajang kompetisi.

Trail tipe motocross juga dapat dengan mudah diidentifikasi lewat embel-embel seri yang disematkan, seperti SE atau Special Engine. Makanya tidaklah mengherankan kalau motor dari tipe ini memiliki tenaga yang sangat powerful.

5. Motor Trail Adventure-tourer

Tipe ini bisa Anda kenali lewat kapasitas tangki yang dapat menampung banyak bahan bakar. Ini karena motor-motor adventure-tourer dirancang sedemikian rupa untuk menjelajahi curam dan lebatnya hutan serta perjalanan jarak jauh.

Motor tipe ini juga digadang-gadang memiliki kemampuan offroad yang mumpuni, karena dapat melibas medan terjal, berbatu, maupun berlumpur dengan aman dan nyaman. Nah, buat Anda yang lagi mengidamkan motor trail, parade kuda besi berikut ini cukup layak untuk dipertimbangkan.

Pillihan Motor Trail Terbaik

1. Honda CRF 150 L

Honda CRF 150 L

Bagi Anda yang sedang berburu motor trail, kuda besi besutan Honda ini layak untuk dilirik. Seperti gelar yang disandangnya, motor berjuluk Honda CRF150L ini memiliki kubikasi mesin sebesar 150 cc.

Embel-embel L yang disematkan membuat tunggangan ini dapat digunakan untuk motor trail yang cocok untuk harian. Mesin SOHC 150cc yang dicangkokkan plus gear belakang berukuran bongsor membuat Honda CRF 150 L mampu melibas berbagai medan berat.

Sebagai motor offroad, Honda CRF 150 L telah dipersenjatai dengan rangka kokoh model double crandle di bagian mesin. Tujuannya, untuk memroteksi sektor ini dari benturan benda keras.

Sementara itu, velg depannya memiliki ukuran 21 inci, dan 18 inci untuk velg belakang. Tampilannya kian ciamik berkat guyuran warna merah-putih, dimana pabrikan otomotif asal Jepang tersebut menyebutnya dengan nama Extreme Red.

Untuk melibas para rivalnya, Honda pun membekali motor trail terbaik ini dengan sejumlah fitur mumpuni, seperti speedometer model digital yang berisi informasi speed, BBM, jam, odometer, dan trip.

Honda CRF150L
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 150 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive -
Jumlah Tak 5 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)

2. Kawasaki Versys-X 250 Tourer 

Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Gagah namun tidak meninggalkan kesan sporty. Itulah impresi yang didapat kali pertama melihat tampang Kawasaki Versys-X 250/Tourer. Untuk bersaing, Kawasaki pun mempersenjatai kuda besi ini dengan sejumlah fitur menarik. Seperti side panniers, fog lamps, engine guard, hand guard, dan box di bagian bokong.

Sebagai salah satu motor trail terbaik 2018, di aspek penerangan motor ini juga telah dikengkapi dengan lampu berteknologi LED. Anda yang akan melakukan perjalanan di malam hari melewati medan offroad pun bisa jalan tanpa terkendala.

Menariknya, Kawasaki juga berbaik hati dengan menyertakan engine guard yang berguna untuk memproteksi mesin dari benturan keras, seperti gundukan tanah ataupun batu.
Tidak tanggung-tanggung, bodi motor ini juga telah dilengkapi dengan tubular yang akan mencegah goresan saat terjatuh.

Handguard yang dicangkokkan akan melindungi jari, maupun tuas kopling dan rem saat terjatuh. Sebagai sumber tenaga, bercokol mesin berkapasitas 249cc 4-stroke Parallel Twin DOHC 8 valves plus liquid-cooled agar mesin tetap adem.

Sementara itu, untuk menghentikan laju motor ini, Kawasaki pun menyertakan teknologi Anti-lock Braking System (ABS). Secara bawaan, Kawasaki Versys-X 250 Tourer telah dilengkapi dengan ban berukuran 100/90-19M/C 57S, dan 130/80-17M/C 65S untuk ban bagian belakang.

Kawasaki Versys-X 250 Tourer
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin -
Jumlah Silinder 2 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration DOHC (Camshaft Ganda)

3. Suzuki RM-Z450 2018

Suzuki RM-Z450 2018

Seakan tidak ingin kalah pamor dengan para rivalnya, Suzuki pun langsung tancap gas dengan memperkenalkan versi Facelift RM-Z450. Sebagai versi lanjutan, tunggangan ini telah mendapat peningkatan di sejumlah sektor, mulai dari sasis, kaki-kaki, mesin, hingga mode traksi.

Suzuki mengklaim jika RM-Z450 2018 mampu menikung dan bermanuver secara lebih sempurna. Hal ini yang membuat predikat salah satu motor trail terbaik 2018 disandangnya.

Rahasia dari kemampuan ini terletak dari dikuranginya bobot frame dan swing arm. Tidak ingin main-main dengan jagoan terbarunya ini, Suzuki pun menyertakan sistem suspensi yang lebih mumpuni.

Di bagian depan, Suzuki RM-Z450 2018 telah dijejali dengan suspensi upside down dan mono shock tabung di bagian belakang. Sebagai sumber tenaga, bersemayam mesin 499 cc DOHC plus sistem pendingin cairan.

Untuk mendongkrak performanya, Suzuki pun menjejalinya dengan teknologi pengapian Suzuki Holeshot Assist Control (S-HAC). Menariknya, teknologi ini memiliki tiga mode pengapian yang dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi jalan.

Untuk jalan beraspal, Anda dapat menggunakan mode A, atau mode B untuk permukaan berlumpur dan berbatu. Namun jika ingin sistem pengapian standar, Anda bisa mematikan kedua mode tersebut dengan cara mengaktifkan mode off.

Suzuki RM-Z450 2018
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin -
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration DOHC (Camshaft Ganda)

4. KTM 250 SX-F 

KTM 250 SX-F

Motor racikan KTM yang satu ini juga cukup layak dipertimbangkan untuk Anda yang suka main lumpur. Dapur pacu motor ini memiliki kapasitas 249.9 cc 4-strokes dengan sistem pembakaran mengadopsi teknologi fuel injection.

Rintangan berupa medan terjal dan berbatu dapat dilakoni dengan nyaman berkat dicangkokkanya rangka dari baja pusat-tube yang terkenal kuat dan kokoh.

Sedangkan untuk kenyamanan di medan ekstrim, sistem suspensi depan KTM 250 SX-F menggunakan WP-USD, dan WP shock absorber di suspensi bagian belakang. Kecanggihan KTM 250 SF-X kian lengkap dengan turut hadirnya piringan cakram di bagian depan dan belakang roda untuk mengoptimalkan sistem pengereman. 

KTM 250 SX-F Standard
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.2 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)

5. Viar Cross X 250EC

Viar Cross X 250EC

Untuk meramaikan segmen motor offroad, Viar pun kembali menggebrak dengan menghadirkan varian Cross X 250. Setidaknya, ada sejumlah perbedaan mendasar dari Cross X 250EC dengan kakak kandungnya, Cross X 250ES.

Salah satu perbedaan yang mencolok terletak di bagian frame. Untuk model yang satu ini, Viar sudah membekalinya dengan frame twin-tube yang diklaim lebih baik dalam meredam getaran mesin.

Bobotnya sendiri lebih ringan 8 kg jika dibandingkan dengan saudaranya, yakni hanya 112 kg. Agar mesin tetap adem, Viar Cross X 250EC telah dilengkapi dengan radiator ganda. Sebagai sumber tenaga, bersemayam mesin 249 cc SOHC 4-stroke dengan 6-percepatan.

Berbeda dengan seri ES, untuk model ini Anda dapat menggunakannya di jalan raya. Untuk itu, Viar pun membekalinya dengan sejumlah piranti keamanan berkendara, seperti headlight, tail light, turn light, horn, speedometer, mirror, rear fender, plate holder, dan sebagainya.

Viar Cross X 250 EC
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.25 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)

6. Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250

Mesin powerful dengan desain kuat membuat motor off road dari vendor kenamaan asal Negeri Sakura, Jepang yang satu ini siap membawa anda bertualang kemanapun Anda inginkan. Kawasaki KLX 250 merupakan motor varian KLX dengan kapasitas mesin 250cc yang jadi produk paling tinggi pada seri ini.

Salah satu Motor trail terbaik ini ditanamkan mesin 4-tak single Pendingin cairan dengan Valve System DOHC, 4 valves yang bisa anda atur dengan 6 level kecepatan yang berbeda.

Pada motor ini Anda akan merasakan performa pembalap motor off road yang sesungguhnya dengan suguhan mesin yang mampu menghasilkan maksimum power 18.0 (Kw) / 9000 rpm dan torsi maksimum 21Nm / 7000rpm.

Tak berhenti sampai situ saja, motor dengan rem depan Single 250 mm disc Dual-piston dan rem belakang Single 240 mm disc Single-piston ini memiliki manuver yang lincah dan gesit dengan Suspensi Depan 43 mm upside-down telescopic fork dan Suspensi Belakang New Uni-Trak.

Kawasaki KLX 250 Standard
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.2 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration DOHC (Camshaft Ganda)

7. Kawasaki KLX 150

kawasaki klx 150

Nikmati performa lebih menyenangkan dengan menggunakan motor konsep off road dari Kawasaki yang satu ini. Kawasaki KLX 150 memiliki Velg lebih besar berukuran 21 inch depan dan 18 inch di belakang suspensi depan upside-down yang gegas.

Pada motor trail ini sang vendor menyematkan mesin Air-cooled, 4-stroke Single dengan konfigurasi katup SOHC (Camshaft Tunggal) yang bisa diatur dengan 6 level kecepatan yang berbeda.

Mesin ini mampu menghasilkan maksimum power atau daya maksimal 8.6 kW {12 PS} / 8,000 rpm dengan torsi maksimal 11.3 N.m {1.2 kgf.m} / 6,500 rpm. Dengan segala kecanggihannya motor ini begitu nyaman saat bermanuver.

Apalagi dikalaborasikan dengan rem depan tipe ingle 240 mm petal disc Twin-piston dan rem belakang tipe single 190 mm petal disc Single-piston yang sangat cakram ketika dibutuhkan.

Kawasaki KLX 150 BF
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.1 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)

Kesimpulan

Selain handal dalam kondisi ekstrem, motor trail juga mumpuni di jalan beraspal. Hanya saja Anda perlu mempertimbangkan motor trail mahal atau motor trail murah yang Anda butuhkan.

Saat ini, bahkan sudah banyak motor trail yang beredar di jalanan Ibukota dengan beragam model dan variasi. Apalagi jika Anda memiliki jiwa petualang, motor trail rasanya bisa menyalurkan hobi tersebut.

Artikel Lainnya

Komentar