15 Mobil Keluarga Terbaik 2018, Siap Berlibur di Penghujung Tahun

Oleh Priyo Pamungkas updated Jumat, 9 Nov 2018 | 10:30 AM

mobil mpv kabin luasimage via thealmostdone.com

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) merupakan jenis mobil yang sudah melegenda. Fungsinya sebagai pengangkut penumpang dan barang membuatnya sebagai pilihan mobil keluarga terbaik. Tak cuma itu, jenis MPV sangat cocok dengan budaya mobil keluarga di Indonesia. Yang lazimnya memiliki anak lebih dari dua dan gemar bepergian.

Salah satu mobil MPV terbaik yang cukup legendaris di Indonesia adalah Toyota Kijang. Memiliki kabin yang luas, Toyota Kijang sangat cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia. Wajar bila di zamannya, Kijang menjadi mobil keluarga terbaik.

Namun saat ini, pilihan mobil 7 seater terbaik berjenis MPV memang sangat beragam. Bahkan untuk menentukan mana mobil keluarga terbaik 2018 cukup sulit. Sekarang ada Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan Nissan Grand Livina yang menggerogoti pasar Innova.

Opsi kelengkapan fitur jadi salah satu tawaran menarik yang layak untuk dilirik. Interior yang menawan bisa menjadi pilihan untuk menciptakan kenyamanan. Anda yang memang doyan menjelajah luar kota tak ada salahnya mengedepankan aspek ini.

Penasaran? Apa saja mobil MPV terbaik 2018 yang bisa Anda miliki? Kami suguhkan opsinya.

1. Toyota Kijang Innova

Toyota All New Kijang Innova

All New Kijang Innova ini diperkirakan sebagai mobil MPV terbaik dibandingkan seri pendahulunya. Dengan ruang kabin yang cukup lega, mobil 7 penumpang paling nyaman untuk keluarga ini telah dijejali tiga deret kursi empuk yang elegan.

Tidak hanya interiornya saja yang kental dengan aroma elegan, mobil MPV ini juga telah dipersenjatai sejumlah instrumen panel modern. Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut, Anda dan keluarga bakal nyaman meskipun harus berada di jalan selama berjam-jam.

Yang tidak kalah menarik, Kijang All New Innova juga telah dilengkapi dengan sederet fitur hiburan. Salah satunya adalah layar berukuran 8 inci yang pastinya bakal membuat setiap perjalanan Anda bakal jauh dari kata membosankan.

Untuk menambah nilai estetika, Kijang All New Innova dilengkapi dengan kaki-kaki berukuran 16 inci, dan 17 inci untuk versi Q Diesel. Dapur pacunya sendiri ditenagai oleh mesin berkapasitas 1998 cc dan 2393 cc untuk varian diesel. Sebagai salah satu mobil MPV terbaik, harga Kijang Innova 2018 saat ini berada di kisaran Rp309 juta - Rp420,1 juta (per November 2018)

Toyota Kijang Innova G MT (Bensin)
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1998 cc
Tenaga Maksimal 137 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 2 L
Jenis Penggerak RWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

2. Suzuki All New Ertiga

Suzuki All New Ertiga
Desainnya yang berubah total dibandingkan MPV seri pertama membuat All New Ertiga terlihat lebih maskulin. Tampang depan dengan gril yang berbeda membuat All new Ertiga terlihat lebih dinamis.

Sementara pada bagian depan garis tegas juga terlihat memanjang hingga buritan. Yang terlihat mencontek ada pada bagian lampu belakang. Karena mirip dengan lampu belakang expander. Secara tongkrongan All New Ertiga bisa jadi salah satu pilihan mobil MPV terbaik di tahun ini.

Mesinnya mampu memuntahkan daya 103,2 Tk pada 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi mencapai 138 Nm pada 4.400 rpm. Untuk 4 percepatan transmisi otomatis dan 5 percepatan transmisi manual. Harga Suzuki All New Ertiga 2018 Rp193 juta - Rp238,5 (per November 2018)

Suzuki All New Ertiga GX ESP AT
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1462 cc
Tenaga Maksimal 103 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.4 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

3. Wuling Formo

 Wuling Formo

Baru muncul di pasar Indonesia, Wuling resmi meluncurkan salah satu MPV terbaiknya bernama Formo. MPV ini memiliki kemampuan utilitas komersial yang cukup menjanjikan. Menarget segmentasi pengguna, Wuling Formo ditujukan untuk pengusaha kecil sampai menengah.

Wuling Formo menggunakan mesin berkapasitas 1.200cc dengan empat silinder. Kekuatan tenaga penggerak diserahkan pada roda bagian belakang alias RWD. Tenaganya mampu menghasilkan 77,5 dk dengan torsi mencapai 110 Nm.

MPV baru ini tersedia dalam dua varian, yakni minibus berkonfigurasi 3 baris bangku dan varian blind Van. Harga Wuling Formo 2018 ada di rentang Rp 135,7- Rp 136,8 juta (per November 2018).

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin -
Tenaga Maksimal -
Bahan Bakar Bensin
Mesin -
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder -
Katup per Silinder -
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup -

4. Mitsubishi Xpander

Kemunculan Mitsubishi Xpander sempat membuat kompetitor ketar ketir. Betapa tidak, mobil MPV terbaik untuk keluarga ini dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan segala macam fitur yang disematkan, Xpander bisa menjadi mobil keluarga paling nyaman dengan harga terjangkau. Bahkan digadang-gadang menjadi mobil terbaik 2018 yang banyak dipilih konsumen Indonesia.

Mitsubishi Xpander diklaim sebagai mobil 7 penumpang paling nyaman berkat kabin yang luas. Di kursi baris kedua, Mistsubishi menyediakan sandaran tangan yang akan membuat penumpang merasa lebih rileks.

Dari sisi keselamatan, Mitsubishi Xpander dilengkapi berbagai fitur safety seperti keberadaan kamera belakang, smart system etacs, tilt and telescopic steering dan sebagainya. Harga Mitsubishi Xpander di 2018 saat ini berada di kisaran Rp189 juta - Rp246 juta (per November 2018)

Mitsubishi Xpander Ultimate AT
  • 4.2/5
  • 1 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1499 cc
Tenaga Maksimal 104 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin -
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 4 Speed
Steering Gear Type -
Konfigurasi Katup DOHC

5. Wuling Confero S


Brand Wuling makin dikenal masyarakat Indonesia. Pabrikan mobil asal China ini memang mulai serius merambah pasar Tanah air. Untuk kelas MPV, Wuling sudah merilis 2 mobil MPV murah untuk keluarga Indonesia, yaitu Wuling Confero dan Confero S.

Khusus untuk Confero S menjadi mobil MPV terbaik dari Wuling dengan desain sporty. Mobil MPV ini sudah dilengkapi fitur menarik seperti Day Running Light (DRL), Projector Lamp, two-tone velg, dan side-body molding.

Secara performa, Wuling Confero S ditenagai kapasitas mesin sebesar 1.500 cc, yang memberikan tenaga 107 HP pada 5.800 rpm. Selain itu, torsi maksimum 142 Nm di 3.800 sampai 4.400 rpm lengkap dengan transmisi manual lima-percepatan. Harga Wuling Confero 2018 saat ini berada di kisaran Rp135 juta - Rp172 juta (per November 2018)

Wuling Motor Confero S 1.5L
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1485 cc
Tenaga Maksimal 107 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak RWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

6. Toyota Sienta

Toyota Sienta memiliki konsep desain modern, sangat cocok bagi keluarga yang aktif. Salah satunya penggunaan desain pintu sliding door yang sangat menarik. Desain interiornya juga sangat berkelas dan menawarkan kenyamanan, termasuk penggunaan fitur-fitur keselamatan.

Kabin yang luas dan bisa diatur sesuai kebutuhan berikan kenyamanan ekstra ketika berkendara dilengkapi dengan mesin Toyota generasi terbaru 2NR-FE, Toyota All New Sienta semakin halus dan minim getaran.

Ditenagai kapasitas mesin 1.5 liter lengkap bersama teknologi Dual VVT-I untuk kecepatan optimal. Mesin ini sanggup menyemburkan tenaga maksimal 107 PS pada 6.000 rpm dan torsi 14.3 kgm pada 4.200 rpm. Harga Toyota Sienta 2018 saat ini berada di kisaran Rp234,1 juta - Rp299,1 juta (per November 2018)

Toyota Sienta G CVT
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1496 cc
Tenaga Maksimal 109 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox Variable Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC
 

7. Nissan Grand Livina

Nissan All New Grand Livina

 

Sebagai salah satu mobil 7 seater terbaik untuk keluarga, Nissan All New Grand Livina juga memiliki tiga baris kursi yang nyaman. Menariknya, kursi baris kedua dan ketiga dapat Anda tekuk, sehingga ruang kabin menjadi lebih luas. Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut, Anda tentunya dapat memuat lebih banyak barang pada saat melakukan perjalanan jauh.

Kecanggihan tunggangan ini kian lengkap dengan turut hadirnya fitur Dual SRS Airbags dan Rearview Camera. Nissan All New Grand Livina sendiri telah dijejali dengan mesin HR15DE untuk mendongkrak kinerjanya. Tidak ketinggalan, Nissan pun turut membenamkan fitur Dual Injector dan Twin VTC (Intake dan Exhaust) kedalam jeroan mesin All New Grand Livina.

Dengan begitu, tenaga yang disemburkan bakal lebih nendang dan jauh lebih irit. Harga Nissan Grand Livina 2018 saat ini berada di kisaran Rp221,8 juta - Rp274 juta (per November 2018)

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1498 cc
Tenaga Maksimal 107 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox Variable Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

8. Honda Mobilio

Honda Mobilio

Elegan namun tidak meninggalkan kesan sporty. Itulah impresi yang didapat kali pertama melihat mobil MPV terbaik kelas bawah besutan Honda ini. Ruang kabin yang luas menjadi salah satu senjata pamungkas Honda Mobilio untuk melibas para rivalnya.

Sebagai salah satu mobil MPV 2018 terbaik yang ada, Honda melengkapi Mobilio dengan tiga baris kursi seperti pesaingnya. Untuk keamanan saat berkendara, mobil 7 penumpang paling nyaman ini memiliki fitur Dual SRS airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang di depan dari benturan keras.

Laju Mobilio dapat berhenti seketika tanpa perlu khawatir terguling berkat turut hadirnya sistem pengereman ABS plus EBD. Sedangkan untuk melahap aspal jalan perkotaan, Honda membenamkan mesini-VTEC berkapasitas 1.5L.

Honda Mobilio sendiri tersedia dalam dua varian berbeda yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yakni model manual dan versi transmisi matik. Harga Honda Mobilio 2018 saat ini berada di kisaran Rp193 juta - Rp247 juta (per November 2018).

Honda Mobilio 2017 S MT
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1496 cc
Tenaga Maksimal -
Bahan Bakar Bensin
Mesin -
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 16
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion EPS
Konfigurasi Katup SOHC

9. Suzuki Ertiga

Suzuki New Ertiga

Seperti gelar yang disandangnya, versi lanjutan ini telah mendapat peningkatan di sejumlah sektor. Sebut saja disainnya, yang kali ini tampil lebih sporty. Sebagai kendaraan berpredikat mobil keluarga,  Ertiga dapat menampung tujuh penumpang.

Tidak ketinggalan, Suzuki juga turut menjejali versi facelift ini dengan fitur keamanan berupa Dual SRS airbag, immobilizer, dan Keyless Entry. New Ertiga sendiri tersedia dalam model manual dengan 5-percepatan dan versi matik. Sedangkan dapur pacunya ditenagai oleh mesin 4 in-line berselinder 1373 cc.

Suzuki mengklaim jika New Ertiga jauh lebih irit berkat turut dijejalinya sistem pembakaran yang mengadopsi teknologi Multi Point Injection. Harga Suzuki New Ertiga 2018 saat ini berada di kisaran Rp193 juta - Rp238,5 juta (per November 2018)

Suzuki Ertiga GX MT
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1400 cc
Tenaga Maksimal 95 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.4 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 4 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

10. Toyota Avanza

Toyota Grand New Avanza

Dengan mengusung embel-embel new, mobil keluarga dengan Toyota Avanza series ini hadir lebih ciamik. Tampangnya sendiri jauh lebih elegan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk menemani perjalanan Anda, mobil keluarga terbaik ini menghadirkan layar berukuran 6,1 inci.

Tidak ingin terkesan main-main dengan jagoan terbarunya ini, Toyota pun turut menyematkan sejumlah fitur keamanan berupa side-impact beam, key immobilizer, dan SRS Airbag pastinya. Sebagai penggerak, bersemayam mesin 1329 cc yang sudah dilengkapi teknologi Dual VVT-I.

Harga Toyota Avanza 2018 saat ini berada di kisaran Rp192 juta - Rp222 juta (per November 2018)

Toyota Avanza 1.5 G MT
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1496 cc
Tenaga Maksimal 103 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

11. Daihatsu Xenia

Daihatsu Great New Xenia


Seakan tidak ingin ketinggalan dengan para rivalnya di kelas ini, Daihatsu pun turut memperkenalkan generasi terbaru X Sebagai versi facelift, Daihatsu Xenia edisi terbaru telah dijejali dengan sejumlah fitur keselamatan berupa Immobilizer, Dual SRS airbag, Side Impact Beam, dan alarm system.

Tidak tanggung-tanggung, Daihatsu turut membenamkan mesin berteknologi Dual VVT-i yang membuatnya jauh lebih irit bahan bakar. Banderol harga yang lebih terjangkau membuat Xenia mendapat predikat salah satu mobil MPV terbaik 2018 yang ada di pasar. Harga Daihatsu Xenia 2018 saat ini berada di kisaran Rp183,4 juta - Rp218 juta (per November 2018)

Daihatsu Xenia R MT 1.3 STD
  • 5/5
  • 1 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1329 cc
Tenaga Maksimal 96 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.3 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

12. Suzuki APV

Suzuki APV

Suzuki APV adalah mobil MPV dengan tipe mobil van dimana bentuknya yang khas yakni berbentuk sudut kotak. Mobil MPV dari Suzuki ini terbilang sebagai salah satu mobil keluarga terbaik yang enak untuk dikendarai. Mobil Suzuki APV ini mampu memuat 7 hingga 8 orang penumpang.

Suzuki APV ini memiliki keunggulan di ukuran atap mobil dan legroom yang terbilang cukup luas sehingga para penumpang yang menaikinya juga akan lega dan nyaman duduk di dalam mobil Suzuki APV.

Harga Suzuki APV 2018 saat ini berada di kisaran Rp147 juta - Rp211 juta untuk APV Arena dan Rp147 juta - Rp211 juta (per November 2018)

Suzuki APV Arena GL MT
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1493 cc
Tenaga Maksimal 94 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

 

13. Daihatsu Sigra

Mobil MPV ini tergolong laris berkat harganya yang terjangkau. Selain itu, Daihatsu Sigra juga menawarkan performa dan fitur terkini. Serupa dengan fitur mobil MPV kelas di atasnya. Desain ekteriornya sangat stylish dan memiliki desain interior yang mewah.

Didukung ruang kabin yang luas menambah kenyamanan berkendara dengan mobil ini. Harga Daihatsu Sigra 2018 saat ini berada di kisaran Rp112 juta - Rp153 juta (per November 2018)

Suzuki APV Arena GL MT
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1493 cc
Tenaga Maksimal 94 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.5 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

14. Toyota Calya

Toyota Calya menjadi mobil MPV termurah dari Toyota Avanza. Spesifikasinya sendiri mirip dengan Daihatsu Sigra termasuk dimensinya. Calya menawarkan fitur yang tak jauh berbeda.

Kenyamanan mobil ini didukung power window di keempat pintu yang bisa dikendalikan semua dari pintu pengemudi, electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan koneksi bluetooth, MID, Eco Mode, Fog Lamp dan juga wiper belakang.

Mobil ini juga cocok dijadikan mobil keluarga dengan penerapan ruang kabin yang luas. Harga Toyota Calya di 2018 saat ini berada di kisaran Rp133 juta - Rp155 juta (per November 2018).

Toyota Calya G MT
  • 4.2/5
  • 5 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1197 cc
Tenaga Maksimal 87 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.2 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

15. Datsun Go+ Panca

Datsun Go+ Panca

Untuk memberikan opsi MPV murah, Datsun Go+ Panca bisa jadi pilihan. Pada sisi eksterior terdapat sedikit perubahan. Diantaranya, bagian bemper yang sedikit direvisi dan spion elektrik dengan sein terintegrasi.

Sementara di interior, revisi dasbor dan perubahan beberapa panel instrumen sudah dilakukan. Untuk Head unit sudah menggunakan layar sentuh plus power window di semua jendela diadopsi. Semua fitur ini bisa Anda cicipi pada varian tertingginya.

Jika ditilik dari segi harganya yang murah, bisa jadi salah satu mobil 7 penumpang paling nyaman dipredikatkan ke mobil ini. Harga Datsun Go+ Panca 2018 saat ini ada di angka Rp113 juta - Rp134 juta (per November 2018)

Datsun GO+ A Option
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1198 cc
Tenaga Maksimal 67 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.2 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 3
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

Kesimpulan

Nah, sekarang keputusan ada di tangan Anda. Karena daftar mobil keluarga terbaik yang nyaman sudah Kami sarikan. Penghujung tahun sudah semakin dekat, saatnya menentukan destinasi mana yang akan dikunjungi bersama mobil MPV terbaik juga. Selamat berlibur.

Artikel Lainnya

Komentar

Miftahul Khoir Senin, 29 Okt 2018 | 12:55
wahh mantap banget nih listnya, tapi ane baru beli nih DFSK glory 580, harusnya dimasukin juga nih <a >mobil penumpang terbaik</a> seperti Glory 580, Terios, dan ayla.
Miftahul Khoir Senin, 29 Okt 2018 | 13:02
https://www.dfskmotors.co.id/id/news/miliki-mobil-penumpang-7-seaters-terbaik-dari-dfsk-dengan-glory-vaganza