Fitur Quick Wash di Mesin Cuci, Segala Sesuatu yang Harus Diketahui

Oleh Rira updated Senin, 10 Sep 2018 | 11:15

Bagi Anda pemilik mesin cuci, sangat disarankan untuk membaca manual book dari mesin cuci yang dibeli. Mengapa demikian? Karena Anda diharapkan bisa memahami cara mencuci yang benar sesuai dengan spesifikasi mesin cuci yang dibeli. Dengan memahami cara mencuci yang benar, maka pakaian Anda akan tercuci secara optimal dan tentunya akan mengurangi risiko kesalahan pengoperasian mesin cuci.

Biasanya mesin cuci memiliki istilah-istilah sendiri mengenai tombol-tombol pengoperasian mesin cuci yang digunakan. Lain merek akan lain pula istilah yang digunakan. Ada yang menggunakan bahasa Inggris, ada juga yang sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ada yang menggunakan tulisan bahkan ada yang hanya menampilkan simbol-simbol saja.

Untuk mengetahui arti istilah tombol tersebut, tentu saja Anda harus membuka manual book yang disertakan. Rata-rata tombol yang digunakan di mesin cuci sama fungsinya, hanya saja istilahnya saja kadang berbeda-beda tergantung merek. Ada sebuah tombol yang sering ditemui di hampir semua mesin cuci, yakni Quick Wash atau Eco Wash atau Quick Cycle.

Metode pencucian ini banyak dipertimbangkan keberadaannya oleh calon pembeli karena selain bisa menghemat waktu, tentunya juga bisa menghemat air dan listrik.  Hampir semua mesin cuci 1 tabung yang beredar saat ini memiliki fitur pencucian Quick Wash baik untuk tipe top loading maupun tipe front loading.

Hal ini karena fitur ini cukup diminati sehingga vendor berlomba-lomba memberikan fitur ini di mesin cuci. Dua merek yang pasti menggunakan tombol ini adalah Samsung dan Sharp. Sedangkan istilah Eco Wash biasa ditemui di mesin cuci Sanken dan Quick Cycle digunakan oleh mesin cuci LG, dan karena banyak disukai pemilik mesin cuci, vendor mesin cuci pun senantiasa berinovasi dengan fitur Quick Wash ini sehingga semakin memuaskan penggunanya.

Pengertian Quick Wash

fitur quick wash
fitur quick wash mesin cuci via youtube.com

Sesuai namanya, Quick Wash adalah cara pencucian cepat di mana waktu yang digunakan untuk mencuci dipersingkat. Jika rata-rata waktu cuci yang digunakan dalam metode normal memakan waktu 1 hingga 2 jam, maka dengan Quick Wash Anda bisa menghemat waktu hingga setengahnya, bahkan hanya durasi 30 menit saja.

Bahkan baru-baru ini ada vendor yang sudah mengiklankan mesin cucinya yang memiliki fitur Quick Wash berdurasi 15 menit saja. Quick Wash bisa digunakan jika pakaian yang akan dicuci beratnya antara 1 - 3 kg dan kondisinya tidak terlalu kotor.  

Namun sebenarnya untuk menggunakan Quick Wash dibutuhkan syarat-syarat tertentu seperti pakaian yang dicuci jumlahnya harus sedikit serta jumlah deterjen yang digunakan juga lebih sedikit. Hal ini karena nantinya air yang digunakan akan jauh lebih sedikit dari ukuran normal serta jumlah putaran/cycle yang juga lebih sedikit sehingga durasi yang dihabiskan untuk mencuci jadi lebih singkat.

Disebutkan dalam penjelasan di manual book, metode Quick Wash pada mesin cuci akan mengurangi jumlah bilasan yang dilakukan, mengurangi jumlah putaran, mengurangi jumlah pakaian yang bisa dicuci bersamaan, jumlah deterjen yang digunakan harus dikurangi atau bahkan tidak digunakan sama sekali, serta temperatur air tidak dihangatkan.

Syarat-syarat ini tentunya akan mempersingkat waktu pencucian. Namun jangan khawatir karena jika syarat-syarat tersebut dipenuhi, maka diharapkan pakaian yang dicuci akan tetap bersih optimal meskipun waktunya lebih singkat.

Kelebihan dan Kekurangan Quick Wash

quick wash
fitur quick wash memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan via youtube.com

Mengapa fitur Quick Wash banyak dicari pembeli mesin cuci? Tentunya karena bisa mempersingkat waktu pencucian pakaian yang ujung-ujungnya akan menghemat air dan listrik. Semakin cepat durasi Quick Wash yang ditawarkan, mungkin akan semakin banyak dicari konsumen.

Dengan fitur Quick Wash, Anda tak perlu berlama-lama menunggu pakaian selesai dicuci yang artinya Anda bisa segera menjemur, pakaian cepat kering, bisa cepat disetrika dan disimpan kembali. Bahkan bagi Anda yang terburu-buru, dengan Quick Wash ini setelah dikeringkan Anda bisa langsung menyetrika pakaian tersebut dan memakainya.

Namun meskipun menjadi favorit karena kecepatannya, fitur Quick Wash ini sebenarnya memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya, hingga saat ini fitur Quick Wash belum memiliki standard dan tidak diregulasi. Hal ini membuat Anda tidak bisa membandingkan hasil yang optimal antara Quick Wash yang ditawarkan merek satu yang mengklaim durasi 15 menit dengan Quick Wash dari merek lain yang durasinya 1,5 jam.

Tidak ada jaminan juga apakah metode Quick  Wash ini akan mencuci baju seoptimal seperti yang diharapkan karena ternyata metode ini kurang baik dalam menghilangkan noda seperti bekas tanah, bekas makanan dan bekas kosmetik.

Metode ini ditengarai juga kurang baik dalam menghilangkan aroma badan dan keringat. Dan penggunaan metode ini secara terus menerus juga cenderung akan meninggalkan bakteria di dalam mesin cuci. Penggunaan metode Quick Wash yang terus-menerus juga akan mempercepat pakaian menjadi rusak.

Kapan Sebaiknya Metode Quick Wash Digunakan?

quick wash
ada saat yang tepat untuk menggunakan fitur quick wash via helpmeclean.com.au

Melihat pada kekurangan dari metode ini, sebaiknya Anda hanya menggunakan Quick Wash untuk kondisi-kondisi tertentu saja. Anda bisa menggunakan metode ini saat Anda membutuhkan pakaian bersih dalam waktu yang mepet. Dengan Quick Wash Anda bisa segera mencuci pakaian dan menjemurnya atau cukup dengan mengangin-anginkannya saja, kemudian menyetrikanya.

Metode Quick Wash ini juga bisa digunakan sebagai ‘penyegaran’ di mana Anda mungkin memiliki pakaian bersih tapi sudah lama tersimpan di lemari dan Anda ingin menyegarkan pakaian-pakaian tersebut. Karena pada dasarnya belum kotor, Anda bisa mencucinya dengan metode Quick Wash ini sehingga pakaian Anda bisa segar kembali.

Quick  Wash juga bisa digunakan saat pakaian kotor yang akan dicuci tidak banyak sehingga Anda tak perlu menggunakan metode pencucian Normal. Namun Anda sebaiknya tidak mencuci pakaian yang sangat kotor, misal celana jeans, baju yang terkena noda tanah, makanan atau bahkan oli dengan Quick Wash karena dengan pengurangan air, deterjen dan jumlah putaran, maka tidak dijamin Anda bisa mendapat hasil pakaian bersih yang optimal.  

Cara Memilih Mesin Cuci dengan Fitur Quick Wash Terbaik

quick wash
pilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan via futurecdn.net

Hampir semua mesin cuci sudah memiliki fitur Quick Wash. Jika Anda ingin membeli mesin cuci yang memiliki fitur ini, tentu saja Anda tetap harus memperhitungkan budget, kebutuhan, keawetan dan service centre dari merek yang Anda pilih.

Hal lain yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin membeli mesin cuci dengan aqfitur Quick Wash ini agar mendapatkan yang terbaik adalah Anda sebelumnya harus memperhatikan waktu yang diperlukan untuk melakukan pencucian normal 40˚C untuk kain katun (cotton wash).

Cotton wash sendiri adalah metode pencucian yang paling sering digunakan dan metode ini bisa digunakan untuk memberi indikasi kecepatan asli dari mesin cuci ini. Setelah mendapat yang tercepat Anda kemudian bisa membandingkan penggunaan listriknya untuk mendapat yang tercepat dan terefisien.

Fitur-Fitur yang Ada Pada Mesin Cuci

quick wash
pilih mesin cuci yang memiliki fitur sesuai kebutuhan via fluffloveuniversity.com

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, hal yang sama juga terjadi pada mesin cuci yang makin canggih. Kecanggihan yang ditawarkan tentu saja terletak pada fitur yang ditawarkan. Memang, beda merek beda fitur pula yang akan disematkan. Salah satu fitur terbaru yang sekarang banyak disematkan pada mesin cuci adalah pengoperasian lewat perangkat smartphone.

Namun, kita semua belum tentu membutuhkan fitur itu, karena teknologi-teknologi ini pastinya akan mendongkrak harga mesin cuci itu sendiri. Jika memang Anda tidak terlalu membutuhkan, lebih baik pilih mesin cuci dengan fitur yang umum saja, seperti cuci, bilas, mengeringkan, yang sudah pasti akan terpakai.

Artikel Lainnya

Komentar