Diperbaharui pada Kamis, 11 Februari 2021 | 11:55

Perbedaan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading

Oleh Restu Aji Siswanto

Selain kepraktisan dan kebutuhan, alasan orang membeli mesin cuci bisa bermacam-macam. Umumnya konsumen memilih jenis mesin cuci berdasar pada berbagai pertimbangan seperti kualitas, fungsi, desain, merk, hingga harga.

Terlepas dari apapun alasannya, konsumen tentu ingin mendapatkan mesin cuci terbaik dan awet. Di pasaran saat ini ada dua jenis mesin cuci yakni mesin cuci top loading dan mesin cuci front loading.

Kedua jenis mesin cuci tersebut masih memiliki beberapa tipe dan fitur dengan pilihan 1 tabung, atau 2 tabung. Lalu apa yang membedakan antara mesin cuci front loading dengan top loading?

Pada artikel ini, kami akan menjabarkan perbedaan antara mesin cuci top loading dan front loading, serta memberikan beberapa rekomendasi merk mesin cuci terbaik yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Perbedaan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading

memilih mesin cuciFoto: Good Housekeeping

Bila diperhatikan, perbedaan paling mendasar pada mesin cuci top loading dan front loading adalah letak ruang tabung pada mesin cuci. Sesuai namanya, mesin cuci top loading memiliki tabung yang bisa diakses dari atas, dan front loading, dari depan.

Selain perbedaan yang cukup signifikan tersebut, terdapat satu lagi perbedaan yang sangat mencolok diantara keduanya. Mesin cuci top loading umumnya memiliki dua model, dengan 1 tabung, atau 2 tabung.

Model ini lah yang tidak kita temui pada produk-produk mesin cuci front loading, dimana hanya ada satu tabung di bagian depan, yang memiliki dua fungsi, untuk mencuci dan mengeringkan pakaian.

Lalu, apa kelebihan dan kekurangan dari mesin cuci top loading dan front loading?

Mesin Cuci Top Loading

Kelebihan: Penggunaan daya listrik lebih rendah, dan lebih praktis karena akan bekerja secara otomatis mulai dari mengisi air, mencuci, membilas hingga memeras cucian.

Kekurangan: Harganya relatif lebih mahal, dan tingkat kekeringan hanya mencapai 70%, serta membutuhkan volume air yang cukup banyak (boros air).

Mesin Cuci Front Loading

Kelebihan: Proses pencucian lebih efektif, risiko kerusakan pada bahan atau pakaian lebih minim karena putarannya vertikal, tidak menggunakan pulsator dan putarannya tidak terlalu cepat, lebih praktis karena semua dikerjakan otomatis, jumlah volume air yang dibutuhkan lebih sedikit, dan tingkat kekeringan maksimal 90%.

Kekurangan: Harganya mahal, konsumsi listrik pada umumnya cukup tinggi, dan proses mencucinya membutuhkan deterjen khusus.

Memilih Antara Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung

memilih mesin cuciFoto: Gadget Guy

Setelah mengetahui perbedaan antara mesin cuci top loading dan mesin cuci front loading, serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis tersebut, petimbangan lain saat akan membeli adalah 1 tabung, atau 2 tabung.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilihan berdasarkan jumlah tabung juga bisa menjadi bahan pertimbangan saat akan membeli mesin cuci.

Selain disesuaikan dengan harga, fungsi dan kebutuhan juga harus dipertimbangkan karena jenis mesin cuci akan cukup menentukan.

Berikut ini kelebihan dan keurangan dari mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung.

Mesin Cuci 2 Tabung Top Loading

Kelebihan: Harganya relatif lebih murah, daya listrik lebih rendah (hemat Listrik) karena mesin cuci ini didesain agar ekonomis dan hasil cucian relatif lebih bersih

Kekurangan: Kurang praktis karena saat selesai mencuci pakaian, harus dipindahkan ke tabung satunya untuk mengeringkan. Penggunaan air juga relatif lebih banyak.

Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Kelebihan: Praktis karena tidak perlu memindahkan pakaian, karena proses mencuci dan mengeringkan dalam satu tabung, daya listrik cukup rendah dan efisien karena memiliki sistem otomatis (hemat listrik).

Kekurangan: Harganya relatif lebih mahal, butuh air yang cukup banyak

Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Kelebihan: Praktis dan tidak perlu memindahkan pakaian, karena proses mencuci dan mengeringkan dapat dilakukan dalam satu tabung, penggunaan air lebih sedikit, hasil cucian lebih kering, dan pakaian lebih terjaga dari kerusakan.

Kekurangan: Harganya lebih mahal dan daya listrik yang dibutuhkan juga lebih besar.

Rekomendasi Merk Mesin Cuci Terpopuler

memilih mesin cuci

Dari banyaknya merk mesin cuci yang beredar di pasaran, ada beberapa nama yang selalu menjadi top of mind konsumen Indonesia, sebut saja Samsung, LG, Sharp, hingga Electrolux.

Selain karena terpercaya, merk-merk yang kemi sebutkan tersebut juga termasuk yang peling inovatif dalam hal teknologi, sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.

Namun selain dari merk-merk tersebut, terdapat pula beberapa merk yang lebih unggul dari segi harga seperti Aqua Japan, Denpoo, Arisa, Daewoo, hingga Akari.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu Anda sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci top loading atau front loading.

Like us!

Komentar