Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 14:52

KTA Online, Apa Keunggulan dan Kekurangan yang Ditawarkan?

kta online

Urusan pinjam-meminjam uang sudah dipermudah dengan adanya pinjaman tanpa agunan semisal KTA. Dengan KTA, tidak perlu lagi memberikan agunan sebagai jaminan kepada bank atau lembaga penyedia pinjaman untuk menerima dana cair. Anda hanya perlu melengkapi dokumen yang disyaratkan.

Kemudahan tersebut, kini, ditambah lagi dengan kemudahan lainnya. Apa itu? Yaitu kemudahan mengajukan pinjaman via online. Segala prosesnya dilakukan lewat jaringan internet, Anda pun tidak perlu repot lagi meluangkan waktu untuk pergi ke bank. Di manapun dan kapanpun, proses pengajuan pinjaman dapat dilakukan.

Lalu, sudahkan Anda memahami tentang pengajuan KTA dengan sistem online ini? Apa saja keuntungan lain yang dapat diperoleh dan ada adakah kekurangannya? Mari simak ulasan berikut untuk mengegtahuinya.

Keunggulan dari KTA Online

kta online
ajukan KTA Online via pinimg.com

Ternyata, KTA online  memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan para calon debitur. Apa saja keuntungan tersebut, mari simak.

1. Proses Cepat

Proses pengajuan KTA online terbilang sangat cepat. Hanya kurang dari seminggu, maka pinjaman akan cair dan sampai ke tangan Anda. Bahkan, ada beberapa bank atau lembaga penyedia pinjaman bisa memberikan proses yang lebih cepat, yaitu berkisar 2-3 hari. Cepat sekali bukan?

Hal tersebut tentu saja bisa dirasakan bila persyaratan sudah dilengkapi. Anda harus mengisi data diri pada website penyedia pinjaman dan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pinjaman.

2. Bisa Dilakukan Di Mana Saja dan Kapan Saja

Dengan memilih KTA online, pengajuan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja (everywhere and everytime). Berbeda dengan pengajuan KTA ke bank secara konvensional, Anda diwajibkan untuk datang sesuai dengan jam buka bank. Hal tersebut tentunya akan menganggu waktu yang dimiliki jika Anda merupakan orang yang super sibuk.

Hanya lewat ponsel atau laptop, maka pengajuan pinjaman KTA dapat dilakukan. Dokumen yang dibutuhkan juga tidak perlu dikirimkan. Scan dokumen persyaratan Anda, lalu unggah ke website penyedia pinjaman. Proses pinjaman akan dimulai. Mudah dan efisien bukan?

3. Nasabah Tidak Diwajibkan Memiliki Kartu Kredit

Sebagian besar bank atau lembaga penyedia pinjaman lainnya, mensyaratkan kartu kredit untuk pengajuan KTA. Hal tersebut tidak berlaku untuk KTA online, karena Anda tidak diwajibkan memiliki kartu kredit. Jadi tidak perlu lagi repot-repot mengajukan kartu kredit terlebih dahulu. Selain itu, biaya pinalti jika pinjaman dilunasi lebih awal juga dihilangkan.

4. Plafon Kredit Besar

Berapa dana yang dibutuhkan untuk pinjaman? Apakah cukup jika diajukan melalui KTA? Hal tersebut tentunya merupakan keresahan sebagian orang yang akan mengajukan KTA. Namun, tidak perlu khawatir lagi karena KTA online dapat menyediakan pinjaman hingga Rp300 juta dengan tenor yang relatif panjang yaitu 60 bulan atau setara dengan 5 tahun.

5. Biaya Administrasi Dibagi Rata

Kadang, biaya administrasi memberikan rasa tidak nyaman karena dirasa membebankan. Tetapi, Anda tidak perlu cemas akan biaya administrasi tersebut. Hal ini karena biaya administrasi KTA online tidak dibayar sekaligus di muka. Namun, dibagi rata ke cicilan tiap bulannya. Jadi debitur tidak akan merasa terbebani, mereka akan merasa ringan dan menganggap biaya administrasi sudah lenyap.

6. Bunga Ringan

Bunga yang tinggi membuat orang enggan melakukan pinjaman ke bank. Terlebih, bunga dari KTA yang dirasa cukup tinggi. Akan tetapi, hal tersebut bisa diatasi dengan KTA online. KTA online menawarkan bunga yang bersahabat, yaitu 1%. Bahkan, ada lembaga penyedia KTA yang menawarkan bunga di bawah itu. Tergantung kita memilihnya.

7. Bisa Melakukan Perbandingan

Ini dia cara mudah mendapatkan KTA murah. Ya, salah satu keunggulan dari KTA online adalah bisa dibandingkan. Singkat kata, Anda dapat melakukan perbandingan mengenai bunga dan syarat-syarat pengajuan KTA antara produk KTA satu dan lainnya.

Hal tersebut bisa dilakukan di berbagai situs pembanding yang ada di internet. Pilihlah KTA yang berbunga rendah. Selain itu, perhatikan syarat dan ketentuannya. Semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda agar mudah dalam proses pengajuan dan cicilannya.

Kekurangan dari KTA Online

kta online
jangan abaikan kekurangan dari kta online via businessfirstfamily.com

Di samping kelebihannya yang banyak, KTA online juga memiliki kekurangan. Tapi, tidak perlu khawatir karena kekurangannya tidak sebanyak keunggulannya. Untuk itu, perhatikan kekurangan KTA online berikut.

1. Penyedia Masih Sedikit

Saat ini, penyedia pinjaman KTA online masih terbatas ruang lingkupnya. Maksudnya, area operasional dari bank atau lembaga penyedia pinjaman baru mencakup pulau Jawa saja. Di daerah-daerah lain belum tersedia layanan KTA online. Namun, buka berarti layanan KTA konvensional tidak ada di kota lain.

Seiring berjalannya waktu, ada kemungkinan layanan KTA online akan melebarkan sayap operasionalnya. Sehingga, orang-orang di daerah lain dapat merasakan manfaat dan keunggulan dari produk ini.

2. Orang Gaptek akan Kesulitan Mengajukan

Apa itu orang gaptek? Gaptek merupakan akronim dari gagap teknologi, menggambarkan seseorang yang tidak paham bagaimana mengoperasikan suatu perangkat teknologi, misalnya komputer. Lalu apa hungungannya denga kTA online? Tentu ada.

Karena pengajuan KTA via online membutuhkan perangkat elektronik berupa ponsel atau laptop, orang yang tidak familiar dengan perangkat ini tentu saja akan kesulitan melakukan pinjaman. Solusinya, jika Anda gaptek, minta tolonglah kepada teman atau saudara yang terbiasa menggunakan perangkat tersebut untuk melakukkan pengajuan KTA online.

3. Ada Denda Keterlambatan Harian

Beberapa bank atau lembaga penyedia KTA online akan memberikan denda jika terlambat membayar cicilan per bulannya. Umumnya, besaran dendanya adalah 0.16% per hari dari pinjaman nasabah, dihitung dari tanggal jatuh tempo. Lumayan bukan? Jadi, jangan menunda-nunda pembayaran cicilan KTA online.

Ada baiknya, bagi Anda yang tidak ingin menambah cicilan KTA dengan denda, buat catatan atau pengingat tanggal berapa cicilan harus dibayar. Misalnya, dengan membuat reminder pada ponsel tiga hari sebelum waktu jatuh tempo agar aman.

Bandingkan, Pilih, Ajukan!

Prosedur pengajuan KTA secara online terbilang mudah. Anda hanya perlu memahaminya sebentar. Pertama, buka website penyedia, isi data diri dengan benar, kemudian unggah dokumen yang dibutuhkan, maka pinjaman akan diproses.

Namun, ada tips sebelum Anda mengajukan KTA online, yaitu, bandingkan terlebih dahulu beberapa produk KTA pada situs pembanding di internet, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, lalu klik tombol ajukan. Dengan begitu pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts