Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 14:49

Beli Asuransi Secara Online, Ini Cara Mudahnya

membeli asuransi online

Setiap individu pasti pernah mengalami hal-hal yang tidak terduga dalam kehidupannya. Berbagai risiko mungkin saja terjadi di mana saja dan kapan saja. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghadapinya? Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari perlindungan dalam bentuk asuransi.

Apakah yang dimaksud dengan asuransi? Berdasarkan pasal 246 KUHD, definisi asuransi atau pertanggungan adalah sebuah perjanjian antara seorang penanggung yang mengikatkan diri kepada seorang tertanggung dengan menerima suatu premi untuk memberikan penggantian kepadanya akibat kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang mungkin akan dideritanya akibat suatu peristiwa yang terjadi.

Saat ini, Anda dapat menemukan beragam jenis produk asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, baik dalam bentuk perlindungan kesehatan keluarga, perlindungan dari kecelakaan, perlindungan investasi, hingga perlindungan terhadap berbagai aset properti seperti rumah, mobil, dan sebagainya.

Seiring dengan meningkatnya pemahaman masyarakat akan arti pentingnya proteksi asuransi, banyak perusahaan-perusahaan asuransi yang menawarkan produk proteksi hingga menjangkau berbagai aspek kehidupan, salah satunya pendidikan.

Bahkan, beberapa perusahaan asuransi menawarkan produk perencanaan dalam bentuk tabungan masa depan yang dapat digunakan untuk kebutuhan Anda di kemudian hari.

Cara Agar Tidak Salah Membeli Asuransi

membeli asuransi online
jangan salah membeli asuransi via ratelab.ca

Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, perusahaan asuransi terus melakukan inovasi untuk mempermudah masyarakat dalam menjangkau produk proteksi yang mereka tawarkan, salah satunya adalah dengan membuka pendaftaran secara online. Pada prinsipnya, mendaftar secara online maupun tatap muka secara langsung (offline) tidak terlalu berbeda.

Hanya saja dibutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam memilih dan memahami produk karena Anda tidak bisa berkonsultasi dan bertanya langsung dengan pihak penyedia asuransi. Lalu, hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum mendaftar asuransi secara online? Berikut ini adalah langkah-langkahnya agar Anda tidak salah memilih produk proteksi.

  1. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dan pahami produk proteksi yang mereka tawarkan. Perusahaan asuransi yang baik memiliki RBC (risk base capita) di atas 120%. RBC adalah standar kemampuan minimal yang dimiliki sebuah perusahaan asuransi dari sisi kecukupan modal dalam menanggung risiko.
  2. Pelajari kewajiban yang harus Anda penuhi, manfaat yang Anda peroleh, berbagai fitur dan jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi, serta proses klaim jika suatu saat terjadi risiko. Pahami juga hal-hal apa saja yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.
  3. Pilih produk proteksi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Tentukan prioritas Anda. Apakah Anda ingin fokus kepada perlindungan jiwa atau perlindungan kendaraan? Jangan sampai Anda salah mengambil produk asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Pahami tentang premi dan periode pembayarannya. Besarnya premi menentukan fasilitas proteksi. Semakin besar premi yang Anda bayar maka semakin banyak pula pertanggungan yang akan Anda terima. Namun, sekali lagi Anda harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai hanya mendatangkan kerugian pada diri Anda di kemudian hari.
  5. Perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik, biasanya menyediakan layanan konsultasi dan informasi yang mudah dihubungi kapan saja dan di mana saja. Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki fasilitas tersebut sehingga dapat memberikan respons cepat dan membantu Anda dalam keadaaan darurat.
  6. Ketika Anda mendaftar asuransi secara online, pastikan situs perusahaan asuransi yang Anda kunjungi benar untuk keamanan data Anda. Lebih baik jika Anda menghindari akses internet di tempat umum karena selalu ada risiko data Anda dapat diakses orang yang tidak bertanggung jawab.

Tahapan Pendaftaran Asuransi Secara Online

membeli asuransi online
daftar asuransi sesuai dengan tahapan yang diperlukan via npr.org

Setelah beberapa tips di atas, mungkin saat ini Anda telah menentukan perusahaan asuransi dan memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, apa langkah selanjutnyaa? Bagaimana cara mudah untuk mendaftar asuransi secara online? Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah dan tahapan proses pendaftaran asuransi secara online.

  1. Siapkan berkas dan lengkapi dokumen yang dibutuhkan. Sebagai langkah awal dan syarat utama, Anda akan mendapatkan instruksi untuk melampirkan tanda pengenal beserta identitas diri Anda, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran tertanggung, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), serta nomor telepon aktif dan alamat surat elektronik (email) untuk konfirmasi pendaftaran.
  2. Buka halaman situs perusahaan asuransi yang telah Anda pilih.
  3. Isi data Anda di formulir yang telah disediakan, yaitu identitas yang mencakup data diri, pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan dengan pilihan instansi yang Anda pilih  sebagai tempat rujukan.
  4. Pilih biaya premi per bulan yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda.
  5. Simpan data dan tunggu notifikasi balasan berisi nomor pendaftaran di email Anda, kemudian cetak lembaran akun virtualnya.
  6. Lakukan pembayaran asuransi di bank yang telah ditunjuk secara resmi oleh perusahaan asuransi tersebut.
  7. Setelah Anda menyerahkan sejumlah uang dan akun virtual Anda kepada pihak bank, Anda nantinya akan mendapatkan bukti pembayaran. Pembayaran premi biasanya dapat menggunakan layanan pendebitan automatis (autodebit) dari rekening untuk memudahkan Anda melakukan pembayaran asuransi setiap bulannya.
  8. Setelah Anda telah selesai melalui proses pendaftaran asuransi secara online, biasanya Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui telepon dari perusahaan asuransi yang bersangkutan bahwa Anda telah terdaftar sebagai tertanggung.

Jangan Ragu Membeli Asuransi Secara Online

membeli asuransi online
beli asuransi secara online via erbourtoi.org

Produk asuransi telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan setiap individu. Asuransi digunakan sebagai bentuk pencegahan terhadap hal-hal terburuk yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang.

Fasilitas pendaftaran secara online bisa menjadi solusi bagi banyak orang yang berniat untuk membeli produk asuransi. Melalui sistem online, masyarakat dapat dengan mudah dan cepat melalui proses pendaftaran tanpa harus menghadapi antrian yang panjang.

Saat ini, Anda dapat menemukan banyak perusahaan asuransi dengan produk asuransi yang bervariasi. Ada baiknya jika Anda melakukan survei dan perbandingan terlebih dahulu sebelum Anda mendaftar sehingga Anda terhindar dari berbagai penipuan maupun kekecewaan di kemudian hari. Namun, jika Anda cermat dan teliti dalam memilih perusahaan atau produk maka Anda tidak perlu takut. Oleh karena itu, jadilah individu yang bijak dan cermat dalam berasuransi.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts