Diperbaharui pada Senin, 22 Februari 2021 | 11:05

Daftar Mobil Second Berpenumpang 4-7 Orang, Di Bawah 100 Jutaan

Oleh Imam Ali

Mobil Berpenumpang 4-6 Orang

Kapasitas besar, mesin irit dan harga yang terjangkau menjadi salah satu mobil yang paling laris di Indonesia. Mobil jenis ini cocok pengguna sehari-hari atau juga dijadikan taksi online.

Untuk kapasitasnya sendiri bisa menampung 4 - 7 penumpang atau lebih. Sehingga bisa juga digunakan mengangkut penumpang atau barang. Untuk memiliki mobil second ini pun sangat mudah, Anda bisa mencicil melalui lembaga pembiayaan yang kini menjamur.

Tapi pastikan memilih lembaga kredit yang terpercaya untuk kenyamanan Anda. Jadi tidak perlu menabung bertahun-tahun untuk membeli tunai.

Untuk memudahkan, berikut pilian mobil second harga murah berkapasitas 7 penumpang yang bisa dipilih.

1. Toyota Calya

Toyota memiliki varian MPV paling lengkap di kelasnya dari varian paling murah hingga yang paling mahal. Bagi Anda yang baru bekerja, Toyota Calya sangat cocok untuk Anda.

Toyota Calya merupakan varian mobil murah ramah lingkungan (LCGC) yang menawarkan mesin yang irit dan harga terjangkau. Menawarkan bodi yang besar dan mampu menampung 7 orang penumpang di dalam kabinnya.

Desainnya, terlihat sedeharna dengan lekuk halus di samping bodinya. Toyota Calya juga memiliki desain lampu dan grille yang elegan dan sangat menggoda calon konsumen.

Toyota Calya mengusung mesin Dual VVT-I dengan kapasitas 1.197 cc dengan varian sistem transmisi otomatis dan manual. Selain itu, Toyota Calya juga mempunyai rem ABS dan Dual SRS Airbag.

Toyota Calya telah memiliki Rear AC Circulator untuk menjaga suhu dalam kabin tetap stabil. Toyota Calya juga memiliki fitur hiburan yang lengkap seperti audio dan video system hingga port USB untuk mendukung kebutuhan konektivitas gadget.

Tak hanya itu, Toyota Calya juga mempunyai fitur immobilizer dan remote alarm.

2. Daihatsu Sigra

Sebagai tandem Toyota Calya, Daihatsu menjual Daihatsu Sigra di Indonesia. Daihatsu Sigra menawarkan konsep desain, komponen mesin, spesifikasi, dan fitur yang berkualitas dan menarik.

Daihatsu Sigra mampu menampung 7 penumpang dan memiliki gaya desain yang stylish serta elegan dengan ruang kabinnya yang luas. Mengusung mesin 1.0 liter atau 1.2 liter VVT-i dengan kapasitas 1.000 cc atau pun 1.200 cc tergantung dari variannya.

Model itu juga memiliki fitur keamanan dan keselamatan dan fitur hiburan audio visual yang nyaman dan aman. Daihatsu Sigra mengusung fitur keselamatan berupa rem ABS, Air Bags, Brake Assist, pelindung benturan samping dan crash sensor serta sabuk pengaman.

Daihatsu Sigra juga mempunyai fitur hiburan yaitu Audio-Visual, AC (Air Conditioner), Power Steering, Audio 2 DIN, dan port soket USB serta Bluetooth. Daihatsu Sigra juga memiliki fitur keamanan yang menawarkan fitur Alarm Anti Maling dan Centra Lock.

3. Datsun Go Panca 

 

Nyaris tiga dekade, Datsun mati suri di pasar Indonesia hingga kemudian pada 2012 memutuskan untuk comeback. Datsun kembali menunjukan ketajaman di pasar Indonesia dengan meluncurkan varian Datsun Go Panca+ yang mampu menampung 7 penumpang.

Datsun Go+ adalah pelopor LCGC bersegmen small MPV tiga baris dan memberikan alternatif untuk keluarga kecil yang menginginkan mobil keluarga dengan harga kompetitif.

Datsun Go Panca+ memiliki spesifikasi mesin 1.2L yang menjamin performa bertenaga dan tetap irit konsumsi bahan bakar. Datsun Go Panca+ menawarkan desain yang simple dan minimalis sehingga banyak konsumen yang menyukainya.

Datsun Go Panca+ menawarkan pedal akselerator elektronik, suspensi poros ganda, drive computer dan speed sensitive electric power steering yang menjamin kenyamanan maksimal untuk pengendara.

Untuk fitur, Datsun Go Panca+ memiliki fitur penunjang keselamatan standar seperti Drive-side Airbag plus Pretensioner Seatbelt dan fitur kenyamanan seperti Drive Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Whiping System, dan Parking Sensors.

Selain itu, semua tipe Datsun Go+ memiliki AC manual yang cukup memberikan kesejukan di dalam kabin. Kemudian, ada juga fitur keamanan standar mobil modern, mulai dari Immobilizer, Central Door Lock, dan Keyless Entry lengkap dengan alarm.

4. Toyota Avanza

Siapa yang tidak kenal dengan mobil yang satu ini. Toyota Avanza adalah salah satu mobil paling laris di Indonesia. Tidak percaya, cobalah jalan ke luar ke depan rumah Anda, Anda pasti akan menemukan banyak Toyota Avanza berseliweran.

Tidak heran, banyak orang menyebutkan Toyota Avanza adalah mobil sejuta umat di Indonesia karena mobil itu sudah banyak sekali di jalanan. Apalagi Toyota Avanza adalah model MPV yang menawarkan kabin yang lapang dan irit bahan bakar.

PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek mengandalkan Grand New Toyota Avanza dan Toyota Veloz yang merupakan varian tertinggi Avanza.

Toyota Avanza mempunyai layar LCD Multi Information Display (MID) dan ada tombol audio dan AC yang terletak di bawah MID tersebut. Pada panel itu, Anda akan menemukan ECO lamp indicator, fuel indicator, indikator lampu utama dan lampu sein.

Toyota Avanza hadir dalam dua pilihan mesin yaitu mesin 1.3L dan mesin 1.5 L dan juga Grand New Avanza 1.5L. Model itu mengusung tipe mesin DOHC empat silinder 16 katup dengan teknologi Dual VVT-i. Mesinya sanggup menyemburkan tenaga 95.5 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsinya 12,3 Nm pada 4.200 rpm.

Toyota Avanza juga telah mengadaptasi teknologi Cabin Quitness yang akan meningkatkan kesenyapan kabin dan memastikan Anda tak akan terganggu oleh suara bising di luar. Untuk fitur keamanan, Toyota Avanza memiliki fitur 3-points seat belt untuk penumpang di kursi baris kedua.

Selain itu, Toyota juga memasang seatbelt dengan fitur Pretensioner and Force Limiter yang akan menghindarkan Anda dari cedera fatal ketika terjadi benturan keras. Tak lupa, ada fitur SRS Airbags untuk meningkatkan keselamatan penumpangnya.

5. Daihatsu Xenia

Sudah lebih dari satu dekade, Daihatsu Xenia menjadi mobil keluarga idaman orang Indonesia. Daihatsu Xenia menawarkan ruang kabin yang luas dan efisien bahan bakar minyak (BBM).

Daihatsu Xenia menawarkan kabin 3 baris dan mampu menampung 7 penumpang. Daihatsu Xenia menawarkan dua varian mesin yaitu mesin 1.0 untuk tipe D dan M dan mesin juga 1.3 untuk tipe X dan R. Pertama, mesin 989 cc itu merupakan tipe mesin EJ-VE DOHC VVT-i 3 silinder dan menawarkan 16 katup.

Mesin Daihatsu Xenia tipe D dan M itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 63 PS pada putaran 5600 rpm dan torsi maksimal sebesar 9,2 Nm pada 3600 rpm.

Daihatsu Xenia menawarkan fitur Window Jam Protection yang terpasang pada jendela depan dan fitur side impact beam yang melindungi penumpang dan pengemudi ketika terjadi benturan dari samping.

Kemudian, Daihatsu Xenia menawarkan fitur Dual Airbag yang terpasang pada kabin depannya, fitur Corner Sensor, Fresh Air Control, dan MID dan ECO Indicator.

6. Honda Mobilio

 

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia sangat jeli melihat pasar dan kebutuhan pelanggan Indonesia yang menyukai mobil MPV. Honda Indonesia telah mempermak wajah New Honda Mobilio baik dari sisi eksterior dan interior serta penambahan beragam fitur terbaru.

Selain itu, New Honda Mobilio mengusung konsep outstanding style, high utility, advanced feature dan value for money. Bahkan, desain New Honda Mobilio yang elegan sukses menyabet penghargaan Best Low MPV of The Year 2015.

Menggunakan mesin 1.5 Liter SOHC 4 Silinder Tunggal Segaris berteknologi i-VTEC+DBW yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 88 Kw pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

New Honda Mobilio memiliki dua varian transmisi yaitu transmisi otomatis CVT dan varian 5-Speed bertransmisi manual. Dashboard New Honda Mobilio mengusung fitur audio visual canggih dengan layar sentuh yang interaktif.

Bahkan, Honda Mobilio RS memiliki New Advanced 6.8 inchi Touchscreen A/V System dengan enam Premium Speakers, New Auto AIC, New Meter Cluster Design, dan desain interior hitam dengan kombinasi jahitan oranye yang lebih sporty.

Tak hanya itu, New Honda Mobilio juga memiliki fitur USB Connection dan Quick Charging (1.5A) yang akan memberikan kemudahan kepada penggunanya yang ingin mencharge smartphone.

Honda pun memasang fitur keselamatan meliputi Dual Front SRS Airbags untuk melindungi penumpang depan dan pengemudi ketika terjadi benturan keras dari depan. New Honda Mobilio juga memiliki seatbelt di masing-masing kursi.

Seatbelt itu juga memiliki fitur Pretensioner with Load Limiter untuk mengindari tubuh cedera saat kecelakaan. Masih fitur keamanan, New Honda Mobilio menawark fitur Wave Key, Keyless Entry (tipe E), Immobilizer, dan Security Alarm (tipe E).

Tak ketinggalan, New Honda Mobilio memiliki kamera parkir yang memudahkan parkir dan adanya tombol pengaturan pada lingkar kemudi (untuk tipe E CVT). Tidak kalah penting, jok New Honda Mobilio memiliki ISOFIX dan Tether yang ditempatkan pada bagian kedua untuk kursi bayi.

New Honda Mobilio menunjang segala kebutuhan hiburan dan multimedia seperti sistem audio single DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input (tipe S), Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input + USB Port + Made for iPod dan iPhone khusus untuk Honda Mobilio tipe E.

Selain itu ada juga fitur-fitur seperti Power Door Mirror, Power Window, Power Outlet, Green Glass, Footrest, Eco Indicaor, serta AC Double Blower yang kesemuanya tersedia di semua tipe Mobilio.

7. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga telah menggoyang dominasi Toyota Grand Avanza Veloz dan Daihatsu Great Xenia yang mendominasi MPV di Indonesia selama satu dekade terakhir. Bahkan, Suzuki Ertiga berhasil masuk dalam 10 mobil terlaris di Indonesia.

Mesinnya sudah mengusung teknologi Variable Valve Timing (VVT), Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain dan Drive Wire Technology sehingga menghasilkan tarikan mesin yang bertenaga tetapi halus.

Mengandalkan mesin K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kapasitas mesin 1.400 cc sanggup memuntahkan daya maksimum sebesar 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Suzuki Ertiga menawarkan sistem audio Double DIN dan AC Double Blower serta mengusung fitur New Parking Censore yang memudahkan pengemudi ketika ingin memarkir kendaraannya.

Untuk keamanan, Suzuki Ertiga menawarkan adanya dual airbags yang mampu melindungi penumpang dan pengendara di kabin paling depan. Model itu juga mengusung rem ABS plus EBD dan fitur Side Impact Beam sebagai standar keselamatan ketika terjadi kecelakaan.

Suzuki Ertiga juga menawarkan fitur Child Proof Rear Door Locks pada pintu belakang mobil dan fitur keamanan yang sudah menggunakan sistem Keyless Entry dan Immobilizer sehingga mobil itu tidak akan bisa nyala tanpa kunci yang asli.

Like us!

Komentar